"
ABSTRAKPenelitian ini merupakan upaya eksplorasi untuk menyelidiki peran network sebagai faktor penting
dalam keberhasilan perusahaan Born Global yang bergerak dibidang IT dalam usahanya untuk
masuk ke dunia internasionalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa network (bisnis,
marketing, keuangan, IT) yang dimiliki oleh perusahaan born global selama tiga fase
internasionalisasi adalah kunci penting bagi perusahaan born global ntuk melaksanakan bisnis
mereka secara global dan menyusun strategi yang baik untuk memasuki negara dan pasar yang
baru. Fokus pada tiga kasus bisnis serupa dari perusahaan Born Global di Belanda disediakan
untuk dukungan lebih lanjut. Penelitian ini menunjukkan pentingnya network bagi perusahaan
born global selama fase awal mereka terbentuk, fase pengembangan untuk masuk ke dunia
iternasional, dan fase konsolidasi pertumbuhan internasional
ABSTRACTThis research is an exploratory attempt to investigate the role of network as a success factor behind
the internationalization performance of born global IT firms. The result shows that network
(business, marketing, financial, IT) acquire by the born global firm during the three phases of
internationalization does help the born global to implement their business globally as well as
compose country strategy and market establishment. A focus on three similar business cases of
born global IT firm are provided for further support. This research shows the importance of
network acquire by the born global during the pre-start-up phase, the early international entry
development phase, and the international growth consolidation phase
"