Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadine Amalia Royana
"Dengan banyaknya alternatif aplikai e-commerce yang tersedia, konsumen cenderung mencari variasi dengan menggunakan lebih dari satu platform belanja online secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana push notification dapat digunakan sebagai media untuk mobile advertising yang dapat mempengaruhi sikap, respons, dan membentuk intensi untuk terus menggunakan aplikasi. Penelitian ini menggunakan data dari 187 responden pengguna aplikasi e-commerce yang berasal dari kalangan Milenial dan Generasi Z, dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut informativeness, entertainment, credibility, dan incentive dalam iklan push notification memiliki pengaruh signifikan terhadap pembentukan advertising value, yang kemudian dapat mempengaruhi advertising attitude, brand attitude, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap ad clicks dan continuance intention. Meskipun advertising attitude tidak memiliki pengaruh langsung terhadap continuance intention, tetapi penelitian ini menemukan peran mediator brand attitude dalam hubungan advertising attitude dengan continuance intention.

With many alternatives of e-commerce platform that are available, consumers tend to seek variety by using more than one online shopping platform simultaneously. This research aims to analyze how push notifications can be used as a medium for mobile advertising which can influence attitudes, responses, and shape the intention to continue using the platform. This research used data from 187 e-commerce app users from Millennials and Generation Z. The result shows that informativeness, entertainment, credibility, and incentive attributes in push notification ads have a significant influence on the formation of advertising value, that can influence advertising attitude, brand attitude, which in turn can significantly influence ad clicks and continuance intention. Although advertising attitude does not have a direct influence on continuance intention, this study found the mediator role of brand attitude in the relationship between advertising attitude and continuance intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Wasi Na'wa
"E-commerce memungkinkan transaksi jual beli online tanpa pertemuan langsung. Meskipun memiliki kelebihan, berbelanja online di e-commerce konvensional masih terbatas dalam deskripsi produk. Untuk mengatasi ini, Shopee menghadirkan inovasi live streaming shopping melalui fitur Shopee Live pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat pembelian berkelanjutan pada Shopee live streaming. Penelitian ini menggunakan Expectation Confirmation Model dan menggabungkannya dengan konstruk Live Streaming Experience. Selain itu, penelitian ini juga memperhatikan tahapan Consumer Decision Process. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner online dan memperoleh 401 responden valid. Hasil data kuantitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk live streaming experience memengaruhi perceived usefulness in live streaming, lalu sebagian konstruk live streaming experience memengaruhi perceived usefulness in platform, untuk kemudian hal ini akan memengaruhi satisfaction dan continuance purchase intention pengguna. Penelitian ini juga memberikan implikasi secara teoretis untuk penelitian selanjutnya serta implikasi praktis untuk pengembang aplikasi Shopee dan host Shopee live streaming.

E-commerce enables online buying and selling transactions without direct face-to-face meetings. Despite having its advantages, online shopping on conventional e-commerce platforms is still limited in product descriptions. To address this, Shopee introduced the innovation of live streaming shopping through the Shopee Live feature in 2019. This study aims to analyze factors affecting continuance purchase intentions on Shopee live streaming. This study combines Expectation Confirmation Model, Live Streaming Experience construct, and the stages of Consumer Decision Process. This study uses a quantitative analysis method by distributing online questionnaires and obtaining 401 valid respondents. The data were processed and analyzed using the PLS-SEM method using SmartPLS 3 software. Based on the result of the analysis, show that live streaming experience construct influences perceived usefulness in live streaming, and some of live streaming experience constructs influence perceived usefulness in the platform. Furthermore, perceived usefulness in live streaming and perceived usefulness in the platform will influence satisfaction and continuance purchase intention of consumer. This study also provides theoretical implications for further research, and practical implications for Shopee application developers and Shopee live streaming hosts."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Satria Utama
"Perkembangan teknologi digital telah mendorong peritel untuk beralih dari saluran ritel berupa gerai fisik menjadi gerai online. Namun demikian, core retail competencies tetap sama dan sebuah survei oleh Oxford Institude of Retail menunjukkan bahwa sebagian besar peritel masih menganggap gerai fisik sebagai saluran ritel terpenting. Ketika penelitian yang berkaitan dengan sikap dan intensi pembelian konsumen ritel sangat penting untuk memastikan profitabilitas dan pertumbuhan peritel ritel, di Indonesia, penelitian dengan topik ini masih sangat langka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1 self-congruity, retailer awareness, retailer association, dan retailer perceived quality terhadap sikap konsumen terhadap peritel dan 2 sikap konsumen terhadap peritel terhadap intensi pembelian. Penelitian dilakukan di Indonesia, tepatnya di wilayah Jabodetabek, kepada 211 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa self-congruity, retailer awareness, dan retailer association memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap sikap konsumen terhadap peritel. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap peritel secara positif mempengaruhi intensi pembelian mereka. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti merekomendasikan kepada peritel, terutama department store, untuk mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan menciptakan imej yang sesuai dengan imej diri konsumen self-congruity , meningkatkan kesadaran konsumen awareness , dan menawarkan atribut dan karakteristik retailer association yang digemari konsumen.

Research related to retail consumers attitude and purchase intention is imperative to ensure retailers profitability and sustainable growth. In Indonesia, however, it remains a rare research subject. This study aims to determine the impact of 1 self congruity, retailer awareness, retailer association, and retailers perceived quality on consumers attitudes toward retailers and 2 consumers attitudes toward retailers on their purchase intention. The study was conducted in Indonesia, precisely in Jabodetabek area, to 211 respondents. The results show that self congruity, retailer awareness, and retailer association have significant positive impacts on consumers attitudes toward retailer. The results also indicated that consumers attitude toward retailers positively influences purchase intentions. Based on these results, researcher recommend retailers, especially department stores, to develop marketing strategies aimed at creating images that are congruent or in line with consumers self image self congruity , enhancing consumer awareness, and offering attributes and characteristics retailer association favored by consumers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69357
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Mulya Ilmi
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh intrinsic motivation dan ekstrinsic motivation terhadap consumers rsquo; attitude pada iklan video di YouTube. Dimana intrinsic motivation dipengaruhi beberapa variabel independen, yaitu consumers rsquo; innovativeness, dan perceived enjoyment. Sedangkan extrinsic motivation dipengaruhi timeliness, localization, dan personalization. Responden pada penelitian ini mencakup pengguna YouTube yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan waktu terakhir mengakses YouTube tidak lebih dari 3 tiga bulan yang lalu. Dan responden yang sudah sesuai dengan penelitian ini terkumpul 200 responden, yang kemudian data dari responden tersebut dioleh menggunakan metode SEM Structural Equation Modelling . Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa intrinsic motivation dipengaruhi secara positif oleh variabel independennya consumers rsquo; innovativeness dan perceived enjoyment. Kemudian variabel timeliness dan personalization terbukti berpengaruh positif dengan extrinsic motivation, namun variabel localization terbukti tidak berpengaruh positif terhadap extrinsic motivation. Dan pada penelitian ini terbukti bahwa intrinsic motivation dan extrinsic motivation berpengaruh positif terhadap consumers rsquo; attitude pada iklan video di YouTube, namun intrinsic motivation terbukti lebih kuat mempengaruhi secara positif terhadap consumers rsquo; innovativeness dibandikan extrinsic motivation.

ABSTRACT
This study was conducted to determine the effect of intrinsic motivation and extrinsic motivation toward consumers rsquo attitude on YouTube rsquo s video ads. Where intrinsic motivation is influenced by some independent variables, such as consumers rsquo innovativeness, and perceived enjoyment. While extrinsic motivation influenced by timeliness, localization, and personalization. The respondents in this study are YouTube users who lived in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi with the last time accessing YouTube is no more than 3 three months ago. And 200 respondents who are in accordance with this study have collected, then data from the respondents were obtained by using SEM Structural Equation Modeling method. The results of this study prove that intrinsic motivation is positively influenced by consumers rsquo innovativeness and perceived enjoyment. Then timeliness and personalization proved to have positive effect with extrinsic motivation, but localization variable proved not to have positive effect on extrinsic motivation. And in this study, it is evident that intrinsic motivation and extrinsic motivation have a positive effect on consumers rsquo attitude to video advertising on YouTube, but intrinsic motivation proved has stronger positive affect to consumers rsquo innovativeness than extrinsic motivation. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library