Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Jafar Fathul Haq
"Seiring dengan pertumbuhan internet, kegiatan customer engagement melalui media sosial menjadi penting untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dan customer-nya. Disamping itu, electronic word of mouth telah menjadi bentuk iklan yang paling dipercaya oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara customer engagement terhadap pembentukan electronic word of mouth positif pada Twitter XL @XL123 serta melihat dimensi customer engagement manakah yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap pembentukan electronic word of mouth positif pada Twitter XL @XL123. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan non-probability sampling. Sample dalam penelitian ini adalah 100 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan multiple regression. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa customer engagement memiliki pengaruh terhadap pembentukan electronic word of mouth positif. Dimensi customer engagement yang memiliki pengaruh terbesar pada pembentukan electronic word of mouth positif adalah Cognitive Attachement.
Following the growth of the Internet, customer engagement activities through social media have become an important activities to increase the company relationship with its customer. In addition, electronic word of mouth have become the most trusted form of advertising. This research aimed to observe the effect of customer engagement on establishing positive electronic word of mouth, and to observe which dimension of customer engagement had the greatest effect on establishing positive electronic word of mouth. This research applied quantitative approach and collected using non-probability sampling. The sample of this research was 100 respondent. This research used questionnaire as a research instrument and analyzed with multiple regression. This research proved that customer engagement had an effect on establishing positive electronic word mouth. The dimension of customer engagement which has the greatest effect on establishing positive electronic word of mouth was cognitive attachement."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S55432
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anggraeni Joga
"
ABSTRAKTesis ini membahas pengaruh media sosial dalam mewujudkan customer engagement yang dimoderasi oleh co-creation pada brand LOIS Jeans. Dewasa ini internet memegang peranan penting dalam era digital, terutama dalam dunia marketing yang dilakukan melalui media sosial. Penelitian ini adalah penelitian metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode survey. Dimana perangkat yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada follower media sosial LOIS Jeans Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis penelitian danĀ menjelaskan hubungan antar variabel yang diteliti. Hasil dari penelitian ini ialah membuktikan adanya pengaruh media sosial terhadap customer engagement yang dimoderaasi oleh co-creation. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media sosial LOIS Jeans Indonesia dapat digunakan sebagai sarana dalam digital marketing untuk meningkatkan customer engagement.
ABSTRACTThe research discussed about the influence of social media to create customer engagement that moderated by co-creation on LOIS Jeans brand. Nowadays, internet held an important role in digital era, especially on marketing that is done through social media. This research is quantitative research method with collection data technique using questionnaire that is spread out to the follower of LOIS Jeans Indonesia social media. The purpose of this research is to test the research hypothesis and explain the correlation between research variables. The outcome of this research is to prove the influence of the social media to customer engagement that moderated by co-creation. The conclusion of this research is social media can be use as tool in digital marketing to increasing customer engagement."
2018
T52094
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Alif Hidayatullah Prizasaputra
"
ABSTRAKRidwan Kamil menggunakan media sosial untuk membangun personal brand dan alat komunikasi kepada publiknya. Media sosial digunakannya sebagai media interaktif dengan warga Bandung dan alat membangun citra atau personal brand. Personal branding merupakan upaya untuk mengidentifikasikan apa yang membuat brand relevan sehingga brand berbeda. Berbagai cara digunakan untuk memotivasi publik berinteraksi dengan brand termasuk melibatkan publik dalam strategi-strategi perusahaan dalam tingkatan fisik, kognitif, dan emosional yang bersifat jangka panjang didasari kepentingan masing-masing pihak atau disebut dengan customer engagement. Penelitian ini menemukan bahwa customer engagement Ridwan Kamil melalui media sosial membantu pembentukan personal brandnya. Meski customer engagement hanya berkontribusi sebesar
ABSTRAKRidwan Kamil uses social media to build personal brand and communication tools to the public. Social media used as interactive media for the citizens of Bandung and image building and personal branding tools. Personal branding is an attempt to identify what makes a brand relevant and differentiate them from another brand. Various means are used to motivate the public to interact with the brand that includes engaging the public in the companie strategies on physical, cognitive, emotional levels in a long-term based on the interests of each party or commonly known as customer engagement. This study found that Ridwan Kamil customer engagement through social media help build his personal brand. Although it only contribute of 20% to the Ridwan Kamil?s personal branding, respondents stated that Ridwan Kamil?s official Facebook account management had involved the public with collaboration dimension values as the most influential according to the respondents. Research also shows that Ridwan Kamil had build a very good and strong personal brand in respondent?s mind."
2016
S63140
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Zhilan Fachri Ihsan Putra
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa social media interaction dapat mempengaruhi konsumen dalam memilih hotel. Media sosial telah menjadi alat pemasaran yang sangat efektif di industri perhotelan, mempengaruhi keputusan konsumen melalui berbagai interaksi dan konten yang disajikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survei yang melibatkan responden yang aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi tentang hotel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan software SmartPLS. Penelitian ini mengungkapkan bahwa social media interaction memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pilihan hotel oleh konsumen di Indonesia melalui tiga faktor utama: source credibility, homophily, dan content quality. Dalam hasilnya terlihat bahwa source credibility dan homophily terbukti berperan penting dalam meningkatkan visit intention dan behavioural engagement, namun untuk content quality belum dapat memediasi hubungan antara social media interaction dengan visit intention, walaupun demikian content quality tetap penting untuk meningkatkan behavioural engagement. Hasil serta saran lebih lanjut dibahas dalam penelitian ini.
This study aims to determine that social media interaction can influence consumers in choosing a hotel. Social media has become a very effective marketing tool in the hospitality industry, influencing consumer decisions through various interactions and content presented. This research uses quantitative methods by collecting data through surveys involving respondents who actively use social media to find information about hotels. Data analysis was carried out using the Structural Equation Modeling (SEM) method and SmartPLS software. This study reveals that social media interaction has a significant positive influence on hotel choice by consumers in Indonesia through three main factors: source credibility, homophily, and content quality. The results show that source credibility and homophily prove to play an important role in increasing visit intention and Behavioural engagement, but content quality has not been able to mediate the relationship between social media interaction and visit intention, although content quality is still important to increase behavioural engagement. Further results and suggestions are discussed in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library