Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurina Ayuwardhani
"Penelitian ini membahas bagaimana interaksi yang dilakukan melalui media digital dalam mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap suatu merek dilihat dari tiga aspek user to user, user to document, dan user to user. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan desain eksplanatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang diberikan interaksi melalui media digital terhadap kepercayaan konsumen dan menyarankan agar kedua produk lebih memperhatikan tidak hanya dari materi konten yang diberikan namun juga desain yang ditampilkan; meningkatkan interaksi dengan konsumennya; mengemas informasi dengan semenarik mungkin.

This study examines the interaction using the digital media and its effects on the consumer trust towards brand from three of aspects: (1) user to system; (2) user to document; and (3) user to user. The study applies quantitative method with explanative approach.
The results of this study show positive effects of digital media interaction towards consumers trust. It also suggests that Sunsilk and Pantene to not limit their focus on the content of the digital media, but also prioritize the design; both products needs to improve the interaction with their consumers; and present the information as attractive as possible.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hartley, John
"An ambitious rendering of the digital future from a pioneer of media and cultural studies, a wise and witty take on a changing field, and our orientation to it Investigates the uses of multimedia by creative and productive citizen, consumers to provide new theories of communication that accommodate social media, participatory action, and user–creativity Leads the way for new interdisciplinary engagement with systems thinking, complexity and evolutionary sciences, and the convergence of cultural and economic values. Analyzes the historical uses of multimedia from print, through broadcasting to the internet. Combines conceptual innovation with historical erudition to present a high–level synthesis of ideas and detailed analysis of emergent forms and practices. Features an international focus and global reach to provide a basis for students and researchers seeking broader perspectives"
Chichester, West Sussex, U.K.: Wiley-Blackwell, 2012
e20385316
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Lindgren, Simon
"This book offers a comprehensive new analysis of the contemporary media landscape, looking at the central theories of the digital society, and the hot topics and key research methods in the field."
Los Angeles: Sage, 2017
302.231 LIN d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Qolbi
"Analisis Situasi: Eksistensi kebudayaan Betawi semakin terkikis akibat pembangunan, modernisasi, dan industrialisasi Jakarta. Orang Betawi sendiri tidak lagi mengenal kebudayaannya secara utuh. Padahal, pengetahuan dan penerapan kebudayaan diperlukan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter. Sayangnya, pendidikan, advokasi, dan sosialisasi kebudayaan Betawi yang ada dinilai masih kurang. Padahal, minat orang Betawi untuk mengenal kebudayaannya termasuk tinggi. Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe: Manfaat dari pembuatan situs Betawi Banget adalah untuk berbagi informasi kebudayan Betawi yang komprehensif yang membawa semangat memberdayakan komunitas Betawi, serta menjadi saluran komunikasi sesama orang Betawi. Betawi Banget diharapkan dapat menjadi salah satu upaya pelestarian kebudayaan Betawi, pemberdayaan komunitas Betawi, dan penguatan solidaritas sesama Betawi. Prototipe yang Dikembangkan: Situs Betawi Banget adalah situs yang membahas kebudayaan Betawi secara komprehensif, mulai dari kabar terkini terkait kebudayaan Betawi, acara-acara kebudayaan Betawi, pandangan hidup, kebiasaan-kebiasaan dan tradisi-tradisi, sejarah, bahasa, kesenian dan sanggar-sanggar, tempat wisata, kuliner, tokoh-tokoh Betawi, bisnis, hingga komunitas-komunitas yang melestarikan kebudayaan Betawi. Situs ini dikemas dengan multimedia sehingga konten tidak hanya terdiri dari tulisan, namun juga foto, video, infografis, dan ilustrasi. Khalayak sasaran dari situs ini adalah orang Betawi, laki-laki dan perempuan, bersusia 15-34 tahun dengan pendidikan SMA dan perguruan tinggi, serta berstatus sosial ekonomi A dan B. Betawi Banget memiliki alamat situs resmi, yaitu www.betawibanget.com. Evaluasi: Pre-test dan evaluasi akan dilakukan dengan menggunakan kuesioner online. Pre-test akan dilakukan sebulan sebelum situs diluncurkan secara resmi. Evaluasi yang dilakukan mencakup input jangka waktu harian , output jangka waktu harian , dan outcome jangka waktu tahunan untuk mengukur kualitas konten dan tampilan, umpan balik target khalayak, kualitas kerja karyawan, serta dampak dari konten situs Betawi Banget.
Anggaran:
Anggaran pembuatan prototipe: Rp2.770.000
Investasi Awal: Rp272.878.500
Total Pengeluaran Bulanan: Rp99.500.000
Total Pengeluaran Tahunan: Rp1.194.000.000
Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama: Rp248.539.945
Perkiraan Pendapatan Tahun Kedua: Rp1.058.805.000
Perkiraan Pendapatan Tahun Ketiga: Rp1.732.865.400
BEP dicapai pada tahun ketiga (bulan pertama)

Situation analysis: The existence of Betawi culture has been eroded due to the construction, modernization, and industrialization that happen in Jakarta. The Betawi people Betawis are no longer able to fully recognize their own culture. As a matter of fact, the cultural knowledge and the application of the culture itself are needed with the purpose to create a sterling next generation. Albeit the high interest of the Betawi people in knowing their culture, the education, avocation, and the socialization of the current Betawi culture are considered still left behind. The benefits and the purposes of the prototype development: The benefit from creating Betawi Banget website is to share full information about the Betawi culture and to engage the public in maintaining the existence of Betawi community as well as becoming the channels for the Betawi people to communicate within themselves. Betawi Banget is expected to be one of the cultural preservation endeavors, Betawi communities' empowerment, and the reinforcement of Betawi people's solidarity. The prototype which is developedBetawi Banget is a website which tells thoroughly about the Betawi culture, starting from the current news, Betawi culture events, views of life, costums and traditions, histories, language, art and art studios, tourist attraction, culinary, Betawi figures until the communities that conserve the Betawi culture. This site is supported with multimedia that makes the content not only consist of writings, but also pictures, videos, infographics, and illustrations. The target of this site is the Betawi people, males and females, within the age of 15-34 years old with high school degree or bachelor degree, and have social economic status type A and B. Betawi Banget has its own official site, which is www.betawibanget.com. Evaluation: Pre-test and evaluation will be conducted by using online questioner. The pre-test will be done within a month before the site official launching. The evaluation includes input daily period, output daily period, and outcome yearly period to measure the quality of the content and the display, feedback from the public target, the quality of the employees' performance, and the impact from the content of Betawi Banget website.
Budgeting:
Prototype Establishing: Rp2.770.000
Initial Investment Total: Rp272.878.500
Montly Expenditure Total: Rp99.500.000
Annual Expenditure Total: Rp1.194.000.000
First Year Revenue Estimation: Rp248.539.945
Second Year Revenue Estimation: Rp1.058.805.000
Third Year Revenue Estimation: Rp1.732.865.400
BEP is assumed to be reached in the third year (first month)"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lulitabuti Purwaningsih
"ABSTRACT
Penelitian ini membahas mengenai usia menarche dini dan faktor-faktor yang berhubungan pada siswi kelas 6 Sekolah Dasar di Jakarta Utara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui distribusi usia menarche serta membuktikan keterpaparan media elektronik sebagai faktor dominan dari usia menarche dini pada populasi studi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengukuran antropometri menggunakan timbangan berat badan, microtoise, BIA, wawancara food recall 1 x 24 jam, serta pengisian kuesioner untuk mengetahui data aktivitas fisik, keterpaparan media elektronik, usia menarche ibu, serta karakteristik orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 45,8% responden yang sudah menarche mengalaminya pada usia dini. Faktor yang paling berhubungan dengan usia menarche adalah keterpaparan media elektronik. Peneliti menyarankan untuk mempertegas aturan mengenai tayangan anak, memantau anak dalam penggunaan media elektronik, serta memantau status gizi anak.

ABSTRACT
This study discusses about early menarche age and factors associated with early menarche age in 6th grade elementary school students in North Jakarta. The purpose of this study is to determine the distribution of menarche age and to prove electronic media exposure as the dominant factor of early menarche age in the study population. This study is a quantitative study using cross-sectional study design. The data collection process is conducted with anthropometric measurements using  validated weight scales, microtoise, and BIA, 24-hour food recall interview, and self-administered questionnaires to collect information about physical activity, electronic media exposure, mothers menarche age, and parents characteristics. The result showed that 45,8% students who have experienced menarche, experienced it in early age. The factor that has the highest association with early menarche age is electronic media exposure. Researcher recommends to clarify every regulations about childrens television programme, monitor childrens electronic media usage, and monitor childrens nutritional status."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pertierra, Anna Cristina
Cambridge: Polity Press, 2018
302.231 PER m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yuni Ermaliza
"ABSTRAK
Fenomena awal abad ke-21 yang dapat dirasakan adalah transformasi masyarakat menjadi masyarakat digital. Teknologi digital memiliki peran penting pada masyarakat dalam membentuk maupun membentuk ulang kehidupan sosial. Salah satunya dapat dilihat pada peran yang dilakukan sosial media, khususnya instagram. Instagram mampu mengkonstruksi atau merekonstruksi gaya hidup masyarakat, khususnya kaum muda yang menjadi mayoritas pengguna instagram. Gaya hidup masyarakat digital bukan hanya konsumtif melainkan juga produktif, atau yang lebih dikenal prosumtif. Cerminan gaya hidup prosumtif dapat dilihat melalui gaya hidup kaum muda mengenai kecantikan. Artikel ini berargumen bahwa berlangsung melalui bekerjanya pekerja immaterial yang dijalankan oleh para pengguna instagram, di mana proses tersebut adalah bagian dari konstruksi kapitalisme dan kepentingan ekonomi global. Keberlangsungan gaya hidup prosumtif pada masyarkat digital sangat kompleks karena mendoronguntuk melakukan tindakan konsumsi pada tataran offline tetapi juga membuka ruang resisten kepada kekuatan kapitalis. Dalam membuktikan argument tersebut, artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawancara 9 informan dan melakukan survey terhadap 100 responden sebagai data pendukung.

ABSTRACT
The emergence phenomenon in the earlier 21st century is the transformation of society which turns into digital society. Digital technology has an important role in shaping or reshaping social life. This phenomenon could be seen on social media rsquo s role in society, especially instagram. Instagram could construct or reconstruct society rsquo s lifestyle, especially young people who became the major user of instagram. Digital society rsquo s lifestyle is not only consumptive but also productive, or which known as prosumtive. Thus prosumtive lifestyle could be seen through young people lifestyle about beauty. This article argues that prosumtive lifestyle about beauty works through immaterial labor, which is part of the construction process of capitalism and global economy. Prosumptive lifestyle is complex for digital society, because it increases consumption behavior in offline level but also let consumer do resistances. To prove this argument, this article use qualitative approach by interview 9 informants and survey for 100 respondents as a data support."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Romina Rosdianawati Sukma
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui preferensi media yang digunakan oleh mahasiswa kelompok milenial dalam mengakses berita serta faktor yang mempengaruhi pemilihan media tersebut. Generasi milenial merujuk pada individu yang lahir bersamaan dengan munculnya perkembangan teknologi digital. Teknologi digital kini telah mengubah proses produksi dan distribusi berita dari masa lalu. Teknologi digital juga telah mempengaruhi pilihan jenis media yang digunakan oleh millennial dalam mengakses berita. Untuk mengetahui preferensi media yang digunakan millennial, data untuk studi ini diambil melalui studi kuantitatif menggunakan metode survei online kepada 164 mahasiswa berusia 18 sampai 38 tahun yang telah mengakses berita dalam seminggu terakhir. Kami menemukan bahwa penggunaan media digital sebagai sumber berita sangat dominan pada milenial. Preferensi media tersebut didorong oleh faktor konten berita yang disajikan, kecepatan informasi yang didapatkan, biaya, aksesibilitas, dan tampilan berita.

ABSTRACT
This study was conducted to discover media preference used among university students particularly millennials in accessing news, and examine factors contributing to the choice of media preference. Millennial generation refers to individuals who were born along with the development of technology. Digital technology has transformed the process of news production and distribution from the past decades. It has also influenced the choice of media preference used by millennials in accessing news. To find out millennials rsquo; media preferences in accessing news, the data was collected through quantitative study using online survey method distributed to 164 students aged 18 to 38 who have accessed the news in the past week. We found that the use of digital media as a news source is very dominant among millennials. Choice of media preferences is driven by various factors including the news content presented, the speed of information, cost, accessibility, and news display."
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Isni Hindriaty Hindarto
"Penelitian dilatarbelakangi keunikan penerbitan komik “Superman; Son of Kal-El” pada preferensi seksualitas Superman. Dari segi pasar, komik berhasil memperluas jangkauannya melalui penyebaran produk digital ke kalangan minoritas seksual. Namun, dari aspek khalayak, konten komik memicu kontroversi di antara subkultur fandom setia Superman yang tidak rela identitas superhero arus utama dirusak historisitas, maskulinitas, dan aksi heroiknya. Dalam ilmu komunikasi fenomena pergeseran kemasan komik, perubahan model pemasaran dan intensi produksi merujuk pada konsep komodifikasi. Penelitian dengan tujuan untuk memberikan analisis secara kritis terhadap komodifikasi seksualitas superhero Superman yang dipilih oleh DC Comics ini, dilakukan secara kualitatif dengan paradigma kritis konstruktivisme.  Teknik pengumpulan data didasarkan pada sumber primer (teks, gambar, dan intensi produksi komik) serta elaborasi data sekunder melalui Analisis Wacana Kritis versi Fairclough. Analisis ini menitikberatkan pada teks/visual, praktik diskursif, dan praksis sosio-kultural. Hasil penelitian menunjukkan pergeseran wacana tidak sepenuhnya mengubah karakter utama Superman, melainkan hanya pada Superman generasi kedua. Meskipun masih terdapat ambiguitas pada konten biseksual Superman, khalayak pemegang teguh normativitas keagamaan atau ideologi kenegaraan tertentu menolak komik ini dan mengantarkan pada penghentian produksi. Kesimpulan, komik ini berhasil menciptakan dinamika terciptanya kesadaran baru terhadap kelompok minoritas di dunia global yang jumlahnya terus meningkat signifikan. Secara bisnis, keuntungan justru diperoleh dari kontroversial dan komitmen kuat komunitas minoritas. 

The background of this research is the uniqueness of comic “Superman; Son of Kal-El", regarding Superman's sexual preference. The comic has succeeded in expanding market reach through digital products distribution to sexual minorities. However, the content has sparked controversy among the subculture of Superman's loyal fandom, who reject their superhero’s mainstream new identity with damaged historicity, masculinity, and heroic actions. Communication science refers the phenomenon of changes in  comic packaging, marketing models, and production intentions as commodification concept. This research aimed at providing a critical analysis on Superman's sexuality commodification was conducted qualitatively with a critical constructivism paradigm. Data collection technique is based on primary sources (text, images, and comic production intentions), and secondary data elaboration through the Fairclough version of Critical Discourse Analysis.This analysis focuses on text/visuals, discursive practices, and socio-cultural praxis. The result shows that the discourse changes do not completely change the first Superman’s character, but the second generation of Superman. Despite ambiguity in Superman's bisexual content, religious audiences reject this comic and has led to production halt. In conclusion, commodification that leads comic production and distribution focus on the market has failed. Meanwhile, audience commodification has succeeded in creating new awareness of minority groups, whose numbers continue to increase significantly. This also reinforces the findings that comic publishers gain profits from the controversial and strong commitment of the minority groups and the fandom subculture of Superman lovers."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anaya Shaqira Salim
"Artikel ini menjelaskan tentang perubahan industri film, khususnya setelah pandemic COVID-19. Merebaknya COVID-19 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap industri perfilman. Akibat pandemi, terlihat bahwa transisi dari teater tradisional ke platform media streaming semakin cepat (Changsong et al, 2021). Di sisi lain, hal ini menguntungkan bagi platform streaming mengingat industri film konvensional beralih ke platform-platform streaming sehingga memudahkan akses bagi khalayak. Artikel ini akan menganalisis kasus tersebut menggunakan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Fill, 2006) dan mengambil contoh bagaimana Netflix, sebagai salah satu platform streaming daring terbesar, mempertahankan hubungan virtual yang kuat dengan penontonnya (Riaz, 2018) saat dan sesudah pandemi. Tulisan ini berargumen bahwa Netflix mengaplikasikan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang menitikberatkan pada platform media sosial.

This article describes the changes in film industries, specifically after the COVID-19 pandemic situation. The rampant COVID-19 has had a significant influence on the film industry. The transition from traditional theatres to streaming media platforms has quickened (Changsong et al., 2021). On the other hand, this situation creates an opportunity for streaming platforms industries as filmmakers try to make their products more accessible for audiences in the post-pandemic era, where restrictions on mobility are imposed. In order to understand this particular case, this article will be using Integrated Marketing Communication (Fill, 2006) and taking a case of how Netflix, as one of the biggest online streaming platforms, maintains a solid virtual relationship with the audiences (Riaz, 2018) during and after the pandemic. This paper argues that Netflix implies an integrated marketing communication strategy focusing on social media platforms.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>