Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
Almira Rizki Pontania, author
Penelitian ini membahas tentang program intervensi bercerita menggunakan flannelboard stories untuk meningkatkan pemahaman empati pada anak usia dini di Panti Asuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas bercerita menggunakan flannelboard stories dalam meningkatkan pemahaman empati pada anak usia dini di Panti Asuhan. Partisipan untuk penelitian ini terdiri dari...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53987
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Veronica Novelina Parapat, author
Kasus perundungan ialah salah satu masalah interaksi sosial yang sering terjadi di lingkungan sekolah, terutama pada tingkat sekolah dasar (Novianto, 2018). Hal ini disebabkan oleh individu yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan kelompok pertemanan dan berada dalam periode pencarian identitas sosial (Craig, 2016). Kasus perundungan juga menjadi perhatian bagi Sekolah...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T51908
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nindia Nahardita, author
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan mengasuh dengan empati dapat meningkatkan pengetahuan 'parental empathy' ibu-ibu Bhayangkari. Penelitian ini berbentuk pelatihan dengan dasar pikiran 'experiential learning' yang diberikan pada sekelompok ibu-ibu Bhayangkari yang memiliki anak usia 3-5 tahun, dan merupakan penelitian dengan 'one group pretest' dan 'posttest design'. Penelitian ini...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53157
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Stefani Emanuella, author
Mahasiswa generasi millennial menghadapi tantangan krisis empati di dalam lingkungan dimana teknologi berkembang pesat, ketersediaan informasi begitu kaya, dan berbagai media digital mengelilingi generasi ini. Hal ini menjadikan generasi ini rentan terhadap berbagai tekanan psikologis yang muncul dari pertarungan eksistensi diri intragenerasi dan prasangka dari generasi sebelumnya. Tekanan tersebut dapat...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S66666
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aliva Zennedya Kurnia, author
Kegiatan membaca, terutama genre fiksi, ditemukan dapat meningkatkan empati tanpa interaksi langsung. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk menguji kembali hubungan membaca dengan empati dan menguji efek mediasi intellectual humility dalam hubungan tersebut sebagai karakteristik individu yang mengindikasikan kesediaan untuk menerima pandangan yang berbeda. Penelitian ini juga menguji peran faktor gender,...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Korifanny Petrisia, author
ABSTRAK
Meningkatnya jumlah anak-anak sebagai pelaku beberapa tindak kejahatan memperlihatkan bahwa anak membutuhkan empati sebagai penyangga perilaku. Pemahaman empati akan membantu anak memahami apa yang dirasakan oleh orang lain sehingga akan peka saat melakukan sebuah perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program pembacaan buku cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman empati...
2017
T49688
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Alvin Theodorus Larosa, author
ABSTRAK
Mekanisme yang mendasari pengaruh stres akut kepada dimensi dari empati belum dipahami secara baik. Satu kemungkinan mekanisme adalah melalui kemampuan inhibisi. Menggunakan metode eksperimental, penelitian kali ini berusaha untuk mengkaji hubungan antara stres akut, yang dimunculkan menggunakan Paced Auditory Serial Addition Task-Computerized PASAT-C, kemampuan inhibisi, yang diukur menggunakan Stop Signal...
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library