Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Theresa Victory Gloria
Abstrak :
At its introduction, instant messaging (IM) was predicted to facilitate communication between businesses and customers. Growing numbers of smartphones coupled with internet penetration then led to the development of mobile instant messaging (MIM). Some MIM provides a feature for businesses to communicate to customers, which enables businesses to send promotions and information directly to customers. For this to be effective, loyalty is crucial for continued MIM use, especially MIM that can be used as a promotional tool, or mobile instant messaging promotion (MIMP). This study focuses on the factors that affect loyalty and satisfaction in MIMP. The results suggest that loyalty is affected by satisfaction and perceived usefulness, satisfaction by perceived enjoyment and attention focus, and perceived usefulness by referent network size and attention focus. MIMP should increase the user referent network size by offering rewards for inviting contacts. Perceived enjoyment and attention focus can be strengthened by enhancing the user experience and offering additional features.
Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2016
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Audrey Sarah Kristina
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam suatu interaksi, terdapat upaya pemaknaan suatu hal konseptual sebagai bagian dari pemahaman suatu konteks. Konstruksi makna, atau yang disebut konstruksi sosial suatu makna tidak hanya terjadi pada interaksi tatap muka, tetapi juga komunikasi termediasi dan dalam jaringan, salah satunya melalui group chat, fitur dari aplikasi pesan instan sebagai media baru, yang berisi ragam individu dengan latar belakang yang bervariasi, dengan remaja sebagai demografi pengguna terbesarnya di Indonesia. Setiap isu yang dibahas merupakan bentuk konstruksi sosial yang melibatkan kebebasan pikiran sehingga kebenarannya bersifat relatif. Hal ini menyebabkan kebebasan sebagai suatu konteks menjadi penting untuk diteliti, dengan mengingat juga banyaknya riset terdahulu yang membahas kebebasan sebagai hak maupun pencitraan dengan tidak terpusat dan dianggap menjadi makna yang statis, dengan kata lain one size fits all. Riset ini menyediakan interpretasi dari pemaknaan kebebasan pada interaksi group chat remaja dengan menggunakan model Coordinated Management of Meaning dan metode netnografi yang disempurnakan sesuai unit analisis. Riset ini menunjukkan adanya penggunaan simbol atau emoji dalam interaksi, adanya pola partisipasi, klasifikasi anggota, nilai individu benteng diri yang dilibatkan, kebutuhan akan interaksi tatap muka, adanya preferensi pemaknaan dari bahasa lain, serta tidak adanya makna kebebasan yang fundamental. Pada akhirnya, riset ini mengindikasikan bahwa kebebasan dalam konteks interaksi berbasis internet memiliki makna konstruktif yang utama, yakni bentuk penentuan sikap dalam menghadapi lawan bicara di suatu percakapan remaja Indonesia. <
ABSTRACT
In an interaction, there rsquo s an effort to purpose the conceptual meaning as a part of understanding the context given. Construction of meaning, or so called social construction of meaning doesnt rsquo only occur in face to face communication, but also mediated and online communication, one is a group chat, a feature of instant messaging application as the new media which containts a variety of individual backgrounds, in this case, teenagers as the biggest number of instant messaging user demographic in Indonesia. Every discussed issue is a social construction which takes personal thoughts as granted that lead into the relative truth. This causes the importance of study the meaning of liberty and or freedom, with bear in mind that recent studies refer only to the definition as rights or image branding that still unsettled, more like one size fits all. This research provides the interpretation of constructing the meaning of liberty and or freedom in group chat with Coordinated Management of Meaning model and an enhanced netnography method according to unit of analysis. Then this research shows the use of emoji and symbol in interaction, participation patterns, member classifications, involvement of individual values self fortress , need for face to face interaction, other language preferences of liberty or freedom, and there is no essential meaning of liberty and or freedom as well. At the end, this indicates that liberty and or freedom does have primary constructed meaning, that is the behavior of decision making in interacting to other, by Indonesian teenagers in an online discussion.
2016
S66684
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin Yulianto
Abstrak :
Popularitas Mobile Instant Messaging (MIM) terus meningkat jaman sekarang ini. Hal ini menyebabkan peningkatan penggunaannya dalam organisasi juga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor psikologis dalam penggunaan MIM dalam komunikasi informal berdasarkan Teori Reasoned Action (TRA) dan untuk mengamati dampak penggunaan MIM terhadap kepuasan komunikasi organisasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan survey, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Dengan 89 responden dari Inspektorat Jenderal BPK RI, penelitian menunjukkan bahwa TRA tidak sepenuhnya diterapkan dalam penggunaan MIM dalam komunikasi informal. Norma subyektif tidak berpengaruh signifikan terhadap niat dan perilaku. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan MIM di komunikasi informal berpengaruh signifikan terhadap kepuasan komunikasi organisasi. The popularity of Mobile Instant Messaging (MIM) continues to rise nowaday. This causes a rise in its use in organization as well. This study aims to examine the psychological factors in the use of MIM in informal communication based on the Theory of Reasoned Action (TRA) and to observe the effect of MIM’s use toward the organizational communication satisfaction. Using quantitative approach and survey, the data are collected through questionnaires and analyzed by Partial Least Square (PLS). With 89 respondents from Principal Inspectorate of BPK RI, the study shows that TRA is not fully applied in the use of MIM in informal communication. Subjective norm has no significant effect on intention and behavior. The result also shows that the use of MIM in informal communication has significant effect on organizational communication satisfaction.
Medwell Journals, 2016
MK-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Erwin Yulianto
Abstrak :
Popularitas Mobile Instant Messaging (MIM) terus naik, termasuk dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor psikologis Penggunaan MIM dalam komunikasi informal menggunakan Theory of Reasoned Action (TRA) sekaligus melihat pengaruh Penggunaan MIM terhadap Kepuasan Komunikasi Organisasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, data dikumpulkan melalui kuesioner, kemudian dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian dengan 89 responden dari Inspektorat Utama BPK RI, menunjukkan bahwa TRA tidak sepenuhnya terterapkan pada Penggunaan MIM dalam komunikasi informal. Norma subjektif tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi maupun perilaku. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Penggunaan MIM dalam komunikasi informal berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Komunikasi Organisasi.
The popularity of Mobile Instant Messaging (MIM) continues to rise nowadays, including its use in organization. This study aims to examine the psychological factors in the use of MIM in informal communication based on the Theory of Reasoned Action (TRA), and to observe the effect of MIM?s Use toward the Organizational Communication Satisfaction. Using a quantitative approach and survey methods, the data were collected through questionnaires, and analyzed by Partial Least Square (PLS). With 89 respondents from Principal Inspectorate of BPK RI, the study shows that TRA is not fully applied in the use of MIM in informal communication. Subjective norm has no significant effect on intention and behavior. The result also shows that the use of MIM in informal communication has significant effect on Organizational Communication Satisfaction.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46324
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iqbal Irwansyah
Abstrak :
SMS Gateway adalah suatu sistem antar muka antara web/internet dengan sistem seluler dengan menggunakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan yaitu SMS. Dengan SMS Gateway ini, pengguna dapat mengirimkan atau menerima SMS dengan antar muka web. Pengguna dapat mengirim SMS ke banyak tujuan (SMS Broadcasting) atau menerima SMS dari pengguna dan dapat menjawabnya secara otomatis (Auto Replying SMS). Dengan antar muka web, maka penggunaannya akan menjadi mudah, siapapun dapat menggunakannya tanpa kesulitan. SMS Gateway Server adalah sebuah perangkat yang akan menjadi server antar muka yang menghubungkan web dengan operator seluler. Aplikasi ini bersifat lintas operator, jadi pengguna (user) dapat menggunakan operator seluler apapun. SMS Gateway Server dapat berupa sebuah komputer pribadi biasa (PC) atau dapat pula sebuah komputer khusus sekelas server. SMS Gateway Server akan dibuat dengan sistem operasi Ubuntu Linux yang akan dilengkapi dengan Apache Web Server untuk antar muka web. SMS Gateway Server juga akan dilengkapi dengan GSM modem untuk menghubungkannya dengan operator seluler. Untuk koneksi dengan internet dapat dilakukan dengan menyewa ISP (Internet Service Provider) yang dilengkapi dengan sebuah IP dedicated. Dengan IP dedicated, maka server dapat diakses oleh web user dan mengakses jaringan internet. Pada Tugas Akhir ini penulis akan membuat perangkat lunak pengaksesan SMS melalui web dan fungsi SMS gateway untuk keperluan berbagai layanan SMS seperti pengiriman single SMS, pengiriman SMS broadcast, dan fitur balas SMS otomatis (auto-reply) dengan bahasa pemrograman PHP.
SMS Gateway is a system interface between web/internet with celluler system using one of most used fiture which is SMS. With this SMS Gateway, user able to sent or receive SMS with web interface. User able to sent SMS to many recipient (Broadcasting SMS) or receive SMS from user and answer it automatically (Auto Replying SMS). With web interface, making simple for user, so anyone able to use it without any difficulties. SMS Gateway Server is a server that provide interface and connecting web with the celluler operator. This aplication work with any operator, so user able to use their own operator to receive/sent SMS. SMS Gateway Server can be just an ordinary personal computer (PC) or can be a specially made for server class. This SMS Gateway Server will be made with Ubuntu Linux as the operating system and equiped with Apache Web Server for web interface. SMS Gateway Server will also equiped with GSM modem to connect it with celluler operator. For internet connection can be implmented by providing an ISP (Internet Service Provider) with a dedicated IP. With a dedicated IP, so the server able to access by web user and accessing the internet. This final project will concentrate the writing to create a software for accessing SMS via web and SMS gateway function for every SMS service such as sending single SMS, sending broadcast SMS and SMS auto reply feature by using PHP programming language.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40444
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Lazuardi
Abstrak :
Skripsi ini membahas perancangan sebuah sistem jaringan listrik dengan SMS sebagai media kontrol terhubung dengan rangkaian pengendali yang dapat menterjemahkan perintah-perintah SMS menjadi suatu command control untuk mengendalikan switch breaker, juga memberikan laporan dari feed back device yang dikendalikan oleh mikrokontroller sehingga dapat mengetahui status proses kontrol suatu switch breaker sudah berjalan dengan benar atau tidak. Seperti sistem SCADA yang digunakan untuk mengontrol jaringan listrik level menengah keatas (>20kV). Dalam sistem ini rangkaian pengendali hanya mengenal nomor operator dan operator juga yang mengetahui passwordnya sehingga aman untuk digunakan.
This final project designs a electrical circuit system using SMS as control media with control circuit that can translate SMS command to be other command controls that can control switch breaker, it's also give report from controlled feed back device that's control by microcontroller for knowing either work or not. This system is like SCADA system that's common use for controlling middle level electrical circuit(>20 kV). This system is safety due to only operator that have the password and the number to control the system.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40435
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zie Zie Zia Sabtama
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini menganalisis pengaruh Kualitas SMS Gateway sebagai media informasi terhadap Kepuasan dan Komitmen Pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) menganalisis berapa banyak peningkatan kepuasan dan komitmen pelanggan dalam menggunakan SMS Gateway berdasarkan persamaan regresi linier 2) menganalisis berapa kuat hubungan antara kualitas pelayanan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya dengan kepuasan pelanggan dan 3) menganalisis berapa kuat hubungan antara kepuasan pelanggan atas penggunaan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya atas kualitas pelayanan SMS Gateway beserta dengan komitmen pelanggan 4) menganalisis berapa besar pengaruh kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan pelanggan dan menganalisis berapa besar pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap komitmen pelanggan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner sedangkan untuk pengolahan data menggunakan pengukuran skala likert. Adapun untuk analisis data menggunakan persamaan regresi linier, korelasi pearson dan koefisien penentu dengan bantuan software SPSS. Jumlah responden yang diteliti adalah sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu (z hitung) yaitu sebesar 8,4672 dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 9,365. Sedangkan pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas SMS Gateway terhadap komitmen pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,93 dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,55. Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa nilai z hitung lebih besar daripada nilai z table dimana nilai z tabel adalah sebesar 5,18. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan dan komitmen pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.
ABSTRACT
This thesis analyzes the influence of SMS Gateway Quality service as information media toward Customer’s Satisfaction and Commitment at PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. The purpose of this research are. 1) to analyze the improvement of customer’s satisfaction and commitment after using SMS Gateway by Linier Regression Equation 2) to analyze how strong the correlation between SMS Gateway quality service with it’s aspects and PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor customer’s satisfaction and 3) to analyze how strong the correlation between customer’s satisfaction with it’s aspects and customer’s commitment 4) to analyze how strong the influence of SMS Gateway quality service with it’s aspects toward customer’s satisfaction and the influence of customer’s satisfaction with it’s aspects toward customer’s commitment . This research uses survey method for data gathering, whereas uses likert scale, linier regression, pearson correlation, determinant coeficcien and SPSS Software for data processing. The total respondent of this research are 100 respondents. The result of data processing shows that determinant coefficien value (z value) of SMS Gateway quality service toward customer’s satisfaction is 8,4672, whereas it’s aspect is 9,365. The result of data processing shows that determinant coefficien value (z value) of customer’s satisfaction toward customer’s commitment is 6,93, whereas it’s aspect is 6,55. The result shows that z value is higher than z table where z table value is 5,18. It can be concluded that there is strong influence of SMS Gateway quality service toward customer’s satisfaction and commitment at PDAM Tirta Kahripan Kabupaten Bogor.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35153
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hikmatunnissa Herdiani
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39995
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leonard Mardhika Pranedya
Abstrak :
Informasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern saat ini. Tingkat mobilitas manusia modern yang begitu tinggi menuntut adanya pemenuhan yang tidak terbatas akan ruang dan waktu. Perkembangan teknologi untuk menunjang kebutuhan ini pun sudah berkembang dengan sangat cepat. Lahirnya teknologi penyampaian informasi singkat melalui Short massage Service (SMS) pada jaringan telepon seluler telah melahirkan budaya baru dalam penenuhan kebutuhan manusia modern saat ini. Short Massage Service (SMS) merupakan teknologi yang mudah (easy), murah (cheap), cepat (fast), kapan saja (anytime) dan dimana saja (anywhere) sehingga begitu banyak orang yang menyukai dan menggunakan teknologi ini. Pengembangan Sistem Informasi Akademik berbasis SMS dilakukan untuk memberikan salah satu solusi penyajian informasi bagi mahasiswa dan dosen. Sistem ini bersifat auto response dalam memberikan tanggapan atas permintaan dari pengguna. Sistem ini menggunakan basis data sebagai tempat sumber informasi. Sistem ini menggunakan telepon seluler yang berperan sebagai Modem GSM untuk melakukan komunikasi dengan jaringan GSM. Sistem ini bersifat fleksibel dan scalable sehingga dapat mengakomodasi pertumbuhan permintaan layanan dan aktivasi layanan baru. Sistem ini juga memiliki kompatibilitas dengan eksisting database seperti SIAK ataupun SISKA. Sistem Informasi Akademik berbasis SMS dibangun dengan bahasa Microsoft Visual Basic 6.0 dan basisdata Microsoft Office Access 2003. Sistem ini dapat menghadirkan informasi-informasi singkat seperti informasi jadwal kuliah, informasi nilai semester dan informasi masal dari dosen pengajar kepada peserta mata kuliah. Berdasarkan hasil pengujian bahwa kecepatan waktu tanggap ketika off time lebih cepat sekitar 6 - 14 % dibandingkan ketika pek time. Penggunaan telepon seluler sebagai modem GSM memiliki kelemahan yaitu pengiriman pesan tidak dapat dilakukan secara bersamaan (paralel) melainkan secara satu per satu (seri) sehingga menimbulkan keterlambatan (delay) untuk pengiriman lebih dari satu pesan.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40172
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>