Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Supriadi
"Penelitian im bertujuan untuk mengetahui kontribusi dukungan keluarga terhadap respons remaja menghadapi masa pubertas di Cinanjung Tanjungsari Sumedang dengan disain cross sectional. Jumlah sampel 223 orang dengan kriteria telah berusia 11-15 tahun untuk perempuan, 12-16 tahun untuk laki-laki serta telah terjadi perkembangan seks primer, sampel ditentukan melalui simple random sampling dengan lottery technique. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengetahui karakteristik responden, respons responden dan dukungan keluarga terhadap remaja pubertas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dukungan keluarga dalam membantu perkembangan emosi, hubungan sosial, bakat khusus dan kemandirian berkontribusi terhadap respons remaja menghadapi masa pubertas, sedangkan dukungan keluarga dalam membantu pertumbnhan fisik dan perkembangan kognitif tidak berkontribusi, basil penelitian juga menunjukan bahwa dukungan keluarga yang paling dominan berkontribusi adalah dukungan keluarga dalam perkembangan emosi. Implikasi dari basil penelitian tersebut, maka perawat komunitas dalam memberikan asuhan keperawatan keluarga dengan remaja pubertas lebih memfokuskan pada aspek perkembangan emosi.
Dari hasil tersebut, maka disarankan ; perlu peningkatan pengetahuan dan pemahaman keluarga serta remaja pubertas berkaitan dengan dukungan keluarga dan respons remaja menghadapi masa pubertas, khususnya berkaitan dengan perkembangan emosi dengan mengembangkan pelayanan kesehatan remaja pubertas melalui klinik remaja maupun program UKS atau mengembangkan kemitraan dengan sektor-sektor yang memiliki kepedulian terhadap remaja pubertas.

This study has been made with the aim to obtain knowledge about how the family support contributes to the youngsters responses in dealing with the problems of their puberty age, as studied in the Cinanjung Tanjungsari Sumedang using the cross sectional design. The sample covered consisted of 223 youngsters, meeting the such criteria as : aged 11 to 15 years for girls, 12 to 16 years for boys, and already having their primer), sexual development. The sampling methode comprised the simple random sampling and the lottery technique. This instrument applied included questioners to find out the respondents characteristics, their responses and the support from their respective families in overcoming their puberty related problems.
Results of the study have shown that the support of families in helping youngsters with the development of their emotions, social interaction, specific talent and self reliance has indeed contributed to the youngsters responses to the ways in which they cope with their puberty age, while the support of families in their physical growth and cognitive development has not contributed to such responses. The study results have also revealed that the family support in the emotional development in the most significant contributory factor. Its implication, therefore would be that in giving nursing care to a family with puberty aged children, the nurse community should put their focus on the emotional development aspect.
Consequently the proper suggestion would be : the nurse community should increase their knowledge and understanding about the family and the puberty aged yaoungsters as regards the family support and the youngsters responses to focing his/her puberty problems, specifically those linked with his/her emotional development by youngsters clinic as well as the UKS programe, or through contracting partnerships with sectors they are concerned about the puberty youngsters.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
T18382
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Triyanto
"Penelitian ini menggali pengalaman remaja dalam mendapatkan tugas perkembangan keluarga selama pubertas. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi. Peneliti melakukan wawancara mendalam terhadap remaja pubertas di Purwokerto. Analisis data menggunanan metode Colaizzi. Tema penelitian pertama adalah perubahan pubertas (fisik, psikoseksual, sosial, emosi, sikap, kognitif dan perasaan berubah). Tema kedua masalah remaja yaitu gangguan gambaran diri dan putus harapan. Tema ketiga peran keluarga yang dirasakan berupa dukungan, sikap negatif dan cara menegakkan aturan. Tema keempat perilaku keluarga yang diharapkan yaitu diperhatikan, dipahami, dicukupi, diberikan hak berpendapat, frekuensi komunikasi ditingkatkan, diijinkan bermain, diarahkan dan dikontrol. Remaja merasakan perilaku keluarga masih kurang. Peneliti menyarankan pembentukan peer counselor remaka, klinik konsultasi remaja dan promosi tugas perkembangan keluarga."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T28465
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Prihadi Elta
"Usia remaja adalah masa transisi anak-anak menjadi dewasa. Pada masa tersebut seorang remaja mengalami perubahan yang pesat secara fisik, psikologis dan sosial. Peningkatan ukuran rangka, perubahan berat badan, masalah-masalah fisik yang terkait dengan perubahan hormonal remaja mempengaruhi gambaran citra tubuh remaja menjadi masalah tersendiri bagi remaja yang digambarkan salah satunya dengan respon kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari ada tidaknya hubungan antara gambaran citra tubuh pada remaja dengan tingkat kecemasannya. Penelitian ini dilakukan terhadap 42 responden remaja laki-laki dan perempuan di SLTP. Muhammadiyah HI Jakarta Pusat. Analisa data dilakukan dalam dua tahap yaitu analisa univariat mencari tendensi sentral untuk distribusi data karakteristik responden dan analisa bivariat chi-square untuk mencari hubungan antara gambaran citra tubuh dengan tingkat kecemasan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan rata-rata remaja mempunyai gambaran citra tubuh yang negatif dengan mean 29,43 dan standar deviasi 2,11 serta mengalami kecemasan sedang dengan nilai mean 48,13 dan standar deviasi 2,66, ada hubungan bermakna antara gambaran citra tubuh dengan tingkat kecemasan ditunjukkan oleh nilai X^2 5,61 dengan nilai kemaknaan 0,05 nilai kritis 5,99, ada hubungan bermakna antara gambaran citra tubuh dengan jenis kelamin ditunjukkan oleh nilai X^2 1,14 dengan nilai kemaknaan 0,05 nilai kritis 3,84 dan ada hubungan bermakna antara tingkat kecemasan dengan jenis kelamin, nilai kemaknaan ditetapkan 0,05 nilai kritis 5,99.
Kata kunci : Pubertas, citra tubuh, kecemasan."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
TA5229
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raras Ambar Rukmi
"Pubertas adalah perubahan yang lazim dialami oleh remaja meliputi perubahan fisik, psikologis dan sosial (Davis & Youngkin, 1998). Informasi tentang pubertas pada remaja putri jauh lebih kita perhatikan dibandingkan remaja putra, karena ini dapat terlihat dari penelitian atau pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan pubertas remaja putra hampir tidak ada (Mahati, 2001). Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan tingkat pengetahuan remaja putra dan remaja putri tentang pubertas.
Desain penelitian ini menggunakan deskriptif perbandingan dngan jumlah sampel masing-masing 68 orang. Pengambilan sampel untuk kelompok responden remaja pulra diambil di SMPN 236 Jakarta Timur dan untuk kelompok responden remaja putri diambil di SDN Pulogebang O1 dan 02 Jakarta Timur. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner sebanyak 23 pertanyaan.
Hasil penelitian menunjukkan 97,05 % responden remaja putra mempunyai pengetahuan yang tinggi dan 95,58 % responden remaja putri mempunyai pengetahuan yang tinggi tentang pubenas. Untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang berrnakna yaitu dengan mengguuakan uji Chi Square dan dilakukan perbandingan p value dengan derajat kemaknaan atau α = 0,05. Hasil p value yang didapatkan yaitu 0,479S, sehingga. p value > nilai α. Hal ini menunjukkan Ho gagal ditolak, yang berarti tidak terdapat perbedaan yang bermakna dari tingkat pengetahuan antara remaja putra dan remaja puiri tentang pubertas. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
TA5429
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Usia remaja adalah fase saat terjadi perubahan-perubahan fisik yang signifikan dari keadaan
tubuh seperti anak-anak menuju keadaan lubuh seperti orang dewasa. Dalam fase perubahan
tersebut tak lepas dari bagaimana persepsi remaja terhadap perubahan-perubahan fisiknya,
yang akan mempengaruhi perkembangannya sclama fase tersebut dan perkembangan pada
fuse selanjutnya. Dalam penelitian ini, diteliti bagainmna pcrsepsi rcrnaja terhadap
perubahan-perubahan fisiknya. Desain penelitian ini adalah desain deskriptif sederhana.
Populasi yang diambil remaja usia 12-IS tahun dan pengambilan sampel menggunakan cara
sampel acak sederhana dengan jumlah sampcl scbanyak 30 orang. Data diperoleh melalui
pengisian kuesioner atas persetujuan responden. Dari data tersebut, dihitung kecenderungan
persepsi remaja dengan menggunakan rumus tendensi sentral rata-rata dan distribusi
frekuensi. Dari perhitungan, didapatkan sebanyak 90 % responden mempunyai persepsi yang
positif. Kesimpulan dari penelitian ini udalah remaja memiliki persepsi yang positif terhadap
perubahan-perubahan fisik yang terjadi pada usia remaja."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
TA5024
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Wahyuni
"Pubertas merupakan salah satu peristiwa penting dalam proses tumbuh kembang manusia. Pemahaman yang benar tentang pubertas dapat membantu remaja untuk melalui masa transisinya dari anak-anak menjadi dewasa dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang tingkat pengetahuan anak sekoluh usia 11-12 tahun tentang pubertas yang dikategorikan menjadi tingkat pengetahuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana dengan jumlah responden 34 orang, terdiri dari 18 responden laki-laki dan 16 responden perempuan.
Hasil penelitian yang didapat menyatakan bahwa dua responden perempuan (12.5%) sudah mengalami menstruasi, dan 14 orang (87,5%) belum mengalami menstruasi. Pada responden laki-laki, seluruhnya (100%)belum mengalami mimpi basah. Tingkat pengetahuan rata-rata untuk semua responden berada pada tingkat sedang (35, 4). Sumber infonnasi yang digunakan responden untuk mencari tahu tentang pubertas berturut-turut dari yang paling banyak sampai ke yang paling sedikit adalah: guru. orangtua, televisi, teman, majalah, radio, dan yang terakhir adalah kakak atau saudara lainnya seperti sepupu, paman dan bibi."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
TA5086
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Purbani Widya Mahati
"Masa remaja suatu tahap dalam perkembangan manusia, merupakan masa transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa yang diawali dengan pubertas. Pubertas ditandai dengan perubahan besar pada biologis yang menjadikan remaja makhluk seksual dan mampu bereproduksi. Pada remaja pria, perubahan yang terjadi adalah peristiwa ejakulasi pertama (spermarche) dan juga perubahan seks sekunder, seperti kumis, suara yang menjadi lebih besar dan dalam, rambut di kemaluan, wajah, dan ketiak, kulit berminyak, dan sebagainya.
Pubertas merupakan periode yang singkat, namun bagi sebagian orang dianggap sebagai periode yang sulit bagi remaja dan mempengaruhi keadaan fisik dan psikologis remaja di masa selanjutnya. Sehingga membutuhkan penyesuaian diri yang baik. Di Indonesia, pentingnya pemberian pendidikan seks pada remaja masih dipengaruhi mitos tradisional yaitu dapat meningkatkan perilaku seksual. Sedangkan Kuther (2000), menyatakan persiapan secara psikologis yang diberikan pada remaja sebelum mereka memasuki masa pubertas menentukan sikap dan perasaan mereka terhadap peristiwa yang teijadi pada masa tersebut. Selain itu, ketika kita membicarakan pubertas, anak perempuan cenderung untuk memperoleh perhatian yang lebih besar. Ini terlihat dari penelitian ataupun pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan pubertas remaja pria yang hampir tidak ada tidak ada.
Oleh karena itu, agar dapat memberikan informasi sebagai persiapan memasuki pubertas yang tepat dan sesuai kebutuhan remaja, perlu diketahui perasaan dan harapan yang timbul pada mereka saat memasuki pubertas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai perasaan dan harapan remaja pria yang timbul saat mereka memasuki pubertas. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode wawancara. Subyek penelitian adalah remaja pria yang telah memasuki usia pubertas dalam kurun waktu hingga dua tahun, sehingga diharapkan mereka telah mengalami spermarche dan perubahan seks sekunder. Selain itu subyek mendapat pendidikan seks, sebelum ataupun setelah memasuki pubertas. Pada umumnya, selain terjadi perubahan biologis dan fisik, terjadi juga perubahan psikologis, yaitu sikap dan perilaku yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar mereka (Sprinthall, 1995). Selain itu perubahan tersebut juga dipengaruhi oleh perasaan yang timbul dalam diri mereka mengenai peristiwa yang dialami saat memasuki pubertas, seperti perasaan yang positif, negatif, ataupun gabungan dari kedua perasaan tersebut. Setelah memasuki pubertas, dalam diri mereka juga timbul harapan, yang merupakan keinginan untuk mencapai tujuan atau keadaan tertentu.
Hasil penelitian ini secara umum, meskipun subyek telah mendapat pendidikan seks, pengetahuan mereka tentang seksualitas remaja kurang. Subyek juga merasa kurang dipersiapkan sebelum memasuki pubertas. Perasaan yang timbul terhadap spermarche pada setengah jumlah subyek adalah perasaan negatif berupa perasaan takut, bingung, dan cemas. Sedangkan pada sebagian subyek lainnya adalah perasaan positif, karena tanda mulai dewasa. Subyek merasakan adanya perubahan sikap dan perilaku setelah memasuki pubertas. Pada umumnya perubahan sikap dan perilaku yang terjadi timbul karena dipengaruhi oleh perubahan perlakuan yang diterima subyek dari lingkungan sekitar mereka. Subyek juga tidak merasa terganggu dengan keadaan mereka yang early atau late maturers, seperti yang dikemukakan dalam beberapa literatur, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada remaja pria di luar Indonesia. Harapan yang dikemukakan oleh sebagian besar subyek lebih berorientasi pada diri sendiri dan lingkungan terdekat mereka seperti keluarga, teman dan sekolah.
Dari penelitian yang dilakukan, penulis menyarankan untuk memberikan pendidikan seks pada remaja pria, sebelum mereka memasuki pubertas sesuai dengan tingkat perkembangannya. Pemberian penyuluhan pada orangtua dan pendidik dalam memberikan pendidikan seks pada remaja pria juga disarankan agar mereka mengetahui pentingnya pendidikan seks dan dapat memberikan informasi sesuai yang dibutuhkan remaja. Untuk penelitian lebih lanjut disarankan untuk melihat perasaan dan harapan orangtua saat anak memasuki pubertas dan persiapan mereka menghadapi pubertas anak. Penelitian juga dapat diperluas dengan membandingkan remaja pria dari tingkat sosial ekonomi yang berbeda, serta meneliti cara remaja pria mengatasi dorongan seks yang timbul dan perilaku seksnya."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
S3071
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Islah Akhlaqunnissa Jihadi
"Masa pubertas dialami oleh semua remaja. Pengetahuan dan sikap remaja memengaruhi perilaku remaja menghadapi masa pubertas. Penelitian ini dibuat dengan tujuan memberikan gambaran tingkat pengetahuan dan sikap remaja mengenai perubahan fisik dan psikososial pada masa pubertas di SMP Taruna Bhakti Depok. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana dengan metode penelitian analisis univariat. Jumlah sampel 96 orang dengan teknik pengambilan sampel secara Cluster. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden memiliki pengetahuan dan sikap baik terhadap perubahan fisik dan psikososial pada masa pubertas. Peneliti merekomendasikan untuk memfasilitasi remaja melakukan aktifitas yang dapat membantu remaja berperilaku sesuai dengan pengetahuan dan sikap baik yang telah dimiliki.

Puberty is experienced by all adolescents. Knowledge and attitudes affect the behavior of adolescent facing puberty. This research aimed to provide an overview of the level of knowledge and attitudes of adolescents regarding physical and psychosocial changes at puberty in Taruna Bhakti Middle School. This research design used simple descriptive with univariate analysis research methods. The total sample was 96 chosen by Cluster sampling. The results showed that majority of the respondents have good knowledge and attitudes towards physical and psychosocial changes at puberty. Researcher recommended to facilitate adolescents perform activities that help teens behave in line with good knowledge and attitudes that have been owned."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Victoria Imelda Indri
"Kesejahteraan remaja perlu mendapat perhatian, agar tercapai sosok remaja yang sehat secara fisik dan psikologis, berprestasi, dan bermoral, sehingga mereka siap menghadapi masa depannya dengan l^k. Para ahli mengatakan tahap perkembangan penting untuk dilewati dengan baik karena beipengaruh pada tahap selanjutnya. Masa remaja menipakan periode *i>adai dan tekanan" masa yang stressful!, karena ada perubatian fisik d^ biologis serta penibafaan tunohitan dari lingkvmgan, sehingga ^'perlukan suatu proses penyesuaian diii dari remaja. Remaja mengalami perubahan secara primer (menarche pada anak perempuan dan mimpi basah pada anak laki-laki) dan perubahan secara sekunder (perubahan suara, tinggi badan, otot tubuh, dan Iain-lain). Perubahan primer yang dialami remaja menghasilkan efek psikologis, sepeiti adanya efek psikologis daii menarcAe (Sprinthall, 1995).
Remaja periu memberikan peihatian teihadap kesehatan leproduksinya dan mengenal tubuhnya sejak dini. Kesehatan reproduksi menipakan satu keadaan di mana lisik, mental, dan sosial berlangsung baik, serta tidiik hanya absennya penyakit namun berhubun^n dengan sistem reproduksi beserta fimgsi dan prosesnya. Dengan demikian dihi^kan dapat mencegah penlaku-peiilaku kenakalan remaja (seks bebas,aborsi,d!l). Selain kasus-kasus kenakalan remaja yang b^yak teij^ pada remaja puteri, para ahli juga berpendapat bahwa salah satu ciri khas wamta adalah sistem reproduksinya. Seorang anak perempuan yang memasuki masa lemaia akan ditandai dengan menarche, dan temyata ada penghayatan emosionil dari remaja puteri terhadap hal itu. Penelitian terhadap reaksi [»ikologis dan remaja puteri teihadap menarche banyak dilakukan di luar Indonesia dan dan salah satu penelitian diketahui gadis-gadis mengalami menstruasi pertamanya sebagai peristiwa yang menggangpf Han menakutkan serta memalukan (Atwater, 1983). Untuk itu penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang ingin menggali perasaan dan harapan remaja puteri saat memasnki menarche.
Penelitian ini menggunakan Focus Group Discussion (diskusi kelompok terarah) karena remaja sudah terbiasa dengan metode diskusi yang informal dan sikap merefca untuk lebih terbuka kepada kelompok-kelompok teman sebaya. Dengan menggunakan Focus Group Discussion selama I jam, dimana jumlah subyek dalam penelitian adalah 18 remaja puteri dari SLTP Charitas (Jakarta) yang berusia 12-13 tahun dan mengalami haid pertama tidak lebih dari 6 bulan, maka diperoleh basil sebagai berikut, bahwa sebelum mengalami haid pertama, sebagian dari subyek belum mendapatkan persiapan sebelumnya; perasaan negatif (takut, panik, kaget, sedih, marah, bingung dan merasa direpotkan) lebih banyak ditampilkan oleh subyek. dlhandingkan dengan perasaan posirif saat memasuki menarche; remaja puteri juga mengalami kee«nasan selelah pengjdanian menarche-nya (terhadap tingkat pemerkosaan, perilaku Ictrmn-tcman dan lawan jenis terhadap keadaan saat menstruasi. sikap keluarga terhadap mereka, dan adanya ketidaknormalan saat mengalami menstruasi); subyek juga memiliki harapan-harapan setelah mengalami menarche (terhadap orang tua, diri sendiri, dan pentingnya pendidikan seks bagi mereka serta terhadap perilaku teman-teman sebaya); variabel lainnya adalah subyek juga merasakan adanya perubahan terhadap fisik, perilaku dan lingkungan setelah mengalami menstruasi; selanjutnya subyek merasakan adanya efek mentruasi terhadap risik, emosi dan perilaku mereka; dan dari hasil penelitian diketahui pula kurangnya pengetahuan subyek mengenai menstruasi.
Melihat dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan hendaknya untuk penelitian selanjutnya Jumlah sampel yang digunakan lebih banyak perlunya memberikan pendidikan seks secara dini kepada remaja, perlunya memb^ konseling kepada anak-anak perempuan sebelum menarche serta penyuluhan bagi orang tua dan guru serta pihak-pihak yang teikait agar mereka mampu membantu petmasalaihan yang dihadapi remaja selama masa perkembangannya; dan dapat pula dilakukan penelitian terhadap usia yang lebih awal dari pada usia yang digunakan dalam penelitian ini, mengingat sekarang ini usia anak perempuan yang kurang dari 12 tahun j uga telah mengalami menarche."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2000
S2883
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Batubara, Jose Rizal Latief
"Pubertas prekoks didefinisikan sebagai perkembangan pubertas yang timbul lebih dini. Batasan usia pubertas prekoks ini didasarkan pada awitan pubertas pada populasi normal. Beberapa kriteria yang dipertimbangkan adalah ras, jenis kelamin, kondisi nutrisi, dan secular trend. Pada perempuan, pubertas prekoks didefi nisikan sebagai perkembangan payudara yang timbul sebelum usia 8 tahun. Pada laki-laki, pubertas prekoks didefi nisikan sebagai gonadarke atau pubarke sebelum usia 9 tahun. Perjalanan klinis pubertas prekoks bervariasi, mulai dari alternating, progresif lambat, dan progresif cepat. Bentuk pubertas prekoks sentral idiopatik progresif cepat harus diterapi karena mengakibatkan penutupan epifi sis dini dan tinggi akhir pendek. Tujuan terapi adalah untuk menghentikan maturasi fi sik, mencegah menarke lebih dini dan juga memperbaiki tinggi dewasa. Gonadotropin releasing hormone analogue adalah terapi pilihan untuk pubertas prekoks sentral. GnRHa memiliki efek supresif terhadap aksis pituitari-gonad sehingga mampu mensupresi sekresi LH. Hal ini menyebabkan estradiol dan testosteron berada pada level prepubertal. Terapi menggunakan GnRHa mengurangi ukuran payudara, rambut pubis, ukuran uterus dan ovarium pada anak perempuan, serta mengurangi ukuran testis pada anak laki-laki. Gonadotropin releasing hormone analogue efektif menghambat progresi perkembangan karakteristik seks sekunder, siklus menstruasi, menghambat perkembangan usia tulang, dan memperbaiki tinggi akhir.

Precocious puberty is defi ned as pubertal development which occurs too early. The age limit in this term is based on the onset of puberty in normal population. Some points have to be taken into account, such as ethnicity, gender, nutritional conditions, and secular trends. In girls, precocious puberty is defi ned by breast development occured before 8 years old. In boys, precocious puberty is defi ned as gonadarche or pubarche before 9 years of age. The clinical course of precocious puberty varies widely, ranging from alternating, slowly progressive, and rapidly progressive form. The rapidly progressive forms of idiopathic central precocious puberty need to be treated because it may result in early epiphyseal closure and short fi nal height, and also pyschosocial problems in the affected children and the family. The aims of treatment are to arrest physical maturation, prevent early menarche, and also improve adult height combined with normal body proportions. Gonadotropin releasing hormone analogue is the treatment of choice for central precocious puberty. Gonadotropin releasing horomone analogue has suppressive effect on the pituitarygonadal axis, therefore it suppresses LH secretion. This leads to the return of estradiol and testosterone to prepubertal levels. Treatment using gonadotropin releasing horomone analogue is shown to reduce breast size, pubic hair, ovarian and uterine size in girls, and decrease testicular size in boys. Gonadotropin releasing hormone analogue is effective in halting progression of secondary sexual characteristics development, presenting menstrual cycle, slowing bone-age advancement, and also improving final height."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2010
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>