Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Imam Akbari
Abstrak :
Usaha mikro, kecil dan menengah merupakan bentuk utama dari kegiatan bisnis di Indonesia dimana UMKM secara kolektif mewakili 99% dari jumlah total bisnis dan 57% dari PDB Indonesia (OECD, 2012). Namun hasil penelitian pada 437 usaha kecil dan menengah di Indonesia memperlihatkan bahwa 36 persen usaha kecil dan menengah masih menggunakan metode luring atau offline dan 58 persen pengusaha mikro masih menjalankan bisnisnya dengan metode luring (Deloitte, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor teknologi, organisasi, dan individual terhadap tingkat adopsi e-commerce pada usaha mikro, kecil, dan menengah di Jabodetabek serta pengaruh adopsi tersebut terhadap kinerja umkm. Berdasarkan penelitian pada 232 usaha mikro, kecil, dan menengah di Jabodetabek yang telah mengadopsi e-commerce, peneliti menemukan bahwa perceived benefit, kompatibilitas, kesiapan teknologi, kompetisi, tekanan dari supplier/vendor, dukungan eksternal, pengetahuan IT pemilik usaha, dan tingkat kemampuan IT pemilik usaha berpengaruh secara positif terhadap tingkat adopsi sedangkan biaya berpengaruh negatif terhadap tingkat adopsi. ......Small and medium enterprise is the main form of business in Indonesia which collectively represents 99% of businesses and 57% of Gross Domestic Product of Indonesia (OECD, 2012). But the fact is, SMEs shows low adoption in e-commerce technology. Research shows that of 437 SMEs in Indonesia, 36% are still using offline method and 58% of small enterprise are still using offline (Deloitte, 2015). The purpose of this study is to determine the factors that influence such low adoption of e-commerce in SMEs in Jabodetabek and the impact to their performance. This study shows that of 232 SMEs in Jabodetabek, perceived benefit, compatibility, technological readiness, competition, supplier/vendor pressure, external support, CEO IT knowledge, and CEO IT ability have significant influence and positive correlation to adoption level. While cost also have significant influence and negative correlation to adoption level of e-commerce in SMEs.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Martyna Theodora
Abstrak :
Pembinaan yang dilakukan adalah pembinaan terhadap UMKM Sofisticake dimana UMKM Sofisticake bergerak di industri roti dan kue. Sofisticake merupakan usaha mikro yang beroperasional di Depok. Target Sofisticake adalah meningkatkan pertumbuhan penjualan dan keuntungan. Penilaian dilakukan berdasarkan analisa marketing  yaitu analisa internal dan eksternal, analisa marketing mix dan analisa ansoff. Solusi yang ditawarkan adalah membentuk strategi ekspansi melalui strategi agen. Proses business coaching dilakukan selama 1.5 bulan dan diharapkan dapat memberi ruang UKM untuk memperbesar kapasitas. Metode pengumpulan data  dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan bisnis coaching dilakukan sebagai aktivitas harian UMKM bersama ......The guidance that is providing guidance to SMEs Sofisticake where Sofisticake SMEs engaged in bread and cakes industry . Sofisticake is a micro-enterprises operating in Depok . Target Sofisticake is to expand its sales volume and  margin. Assessment is based on the analysis of marketing , Through internal and external analysis , marketing mix analysis and Ansoff Analysis . The solution offered is to establish an expansion strategy through strategies agent . Business coaching process is carried out for 1.5 months and is expected to enlarge the capacity of SMEs . Data collection methods through a qualitative approach . Business coaching is done through daily activities of SMEs together with coach .
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Widawardhani Agustini
Abstrak :
ABSTRAK
Kabupaten Boyolali merupakan daerah penghasil susu terbesar di wilayah Jawa Tengah yang menstimuli berkembangnya industri olahan susu salah satunya adalah yogurt. Studi ini bertujuan menggambarkan peran jaringan sosial dalam memasarkan produk UKM yang mana harus bersaing dengan produk "branded". Pendekatan penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif dengan studi kasus dua UKM yogurt lokal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jaringan sosial berperan dalam pemasaran yogurt khususnya jaringan pertemanan.Jaringan sosial yang dimiliki UKM berdampak pada munculnya kerjasama dalam memasarkan produknya. Hal ini terlihat pada kelangsungan pemasaran dimana pemilik usaha juga mendapatkan pelanggan dari saudara, teman dekat, dan teman baru.
ABSTRACT
Boyolali is the largest milk producing region on Central Java which stimulate develop of the dairy industry one of them is yoghurt. This study aim to describe the role of social network in marketing the SMEs product, that have to compete with "well-known" product. The research approach used in this study is qualitative with case study of two local yogurt-producing SMEs. These result showed that social network play a role on yoghurt marketing in particular a network of friends. Social network owned SMEs have an impact on emergence of cooperation in marketing their product. This is seen on survival of marketing where business owners also get customer from relatives, close friends, and new friends.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62315
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Gabriel Mercy Tovano
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini meneliti tentang pengaruh penerapan sejumlah aktivitas dalam green supply chain management (GSCM), terhadap operational performance dan supply chain performance pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di JABODETABEK. Responden dari penelitian ini melibatkan 70 responden yang merupakan pemilik dan manajer dari UKM dengan bidang usaha umum yang berlokasi di JABODETABEK. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berupa Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS versi 3. Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh positif dari aktivitas reverse logistics dan green manufacturing terhadap operational performance dan terdapat pengaruh positif dari operational performance terhadap supply chain performance. Selain itu hasil analisis turut menunjukkan adanya pengaruh langsung dari reverse logistics dan green manufacturing terhadap supply chain performance. Hasil ini menunjukkan perlu adanya perencanaan dan pemilihan atas aktivitas yang tepat dalam penerapan GSCM pada UKM di JABODETABEK, melalui penerapan aktivitas GSCM yang tepat pada kegiatan UKM dapat mempengaruhi secara positif performa dari operasional UKM, bahkan turut mempengaruhi secara langsung performa dari rantai pasokan UKM.
ABSTRACT
This thesis examines the effect of implementing a number of activities in green supply chain management (GSCM), on operational performance and supply chain performance in Small and Medium Enterprises (SMEs) in JABODETABEK. Respondents from this study involved 70 respondents who were owners and managers of SMEs with general business fields located in JABODETABEK. This research uses data analysis method in the form of Partial Least Square (PLS) with SmartPLS version 3. The results obtained are there are positive effects of the activities of reverse logistics and green manufacturing on operational performance and there is a positive effect of operational performance on supply chain performance. In addition, the results of the analysis also showed the direct influence of reverse logistics and green manufacturing on supply chain performance. These results indicate the need for planning and selection of appropriate activities in GSCM implementation for SMEs in JABODETABEK, through the application of appropriate GSCM activities in SME activities that can positively influence the performance of SME operations, and even directly influence the performance of SME supply chains.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vina Amanda
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong para pelaku UMKM di Indonesia untuk menjadi Halalpreneurs. Penelitian ini menganalisis faktor attitude yang terdiri atas awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and innovation, honesty and integrity, dan perceived desirability, faktor subjective norm terdiri atas family support dan peers influence, faktor perceived behavioral control terdiri atas perceived feasibility dan perceived governmental support, dan faktor religiosity terhadap kecenderungan para pelaku UMKM untuk menjadi halalpreneurs. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 450 responden muslim yang merupakan pelaku UMKM di bidang kuliner, kosmetik, obat-obatan, dan bidang usaha lainnya yang memerlukan sertifikasi halal untuk menjamin kehalalan produknya di Indonesia. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini adalah intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, perceived desirability, perceived feasibility, dan perceived governmental support signifikan positif berpengaruh terhadap halalpreneurial propensity. Sedangkan awareness of halal entrepreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, family support, peers influence, dan religiosity tidak signifikan mempengaruhi halalpreneurial propensity para pelaku UMKM di Indonesia. ......This study aims to determine the factors that encourage MSME entrepreneurs in Indonesia to become Halalpreneurs. This study analyzed the relationship between attitude such as awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunities, creativity and innovation, honesty and integrity, and perceived desirability, subjective norm such as family support and peers influence, perceived behavioral control such as perceived feasibility and perceived governmental support, and religiosity to the propensity of MSME entrepreneurs to become halalpreneurs. Data were collected from 450 muslim respondents who are MSME entrepreneurs in the culinary, cosmetics, pharmaceutical, and other business fields that require halal certification to ensure the halalness of their products in Indonesia. Data were analyzed using descriptive analysis and partial least squares using the SmartPLS 3.0. The results of this study are intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, perceived desirability, perceived feasibility, and perceived governmental support significantly influenced the halalpreneurial propensity of MSME entrepreneurs in Indonesia. Meanwhile, awareness of halal entrepreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, family support, peer influence, and religiosity did not significantly influence the halalpreneurial propensity of MSME entrepreneurs in Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Valentinus Ricky Sjofyan
Abstrak :
ABSTRAK
Usaha Kecil-Mengengah UKM sejatinya secara konsisten berkontribusi banyak terhadap perekonomian sebuah negara. UKM menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan angka produktivitas, ekspor, inovasi dan kewirausahaan. Salah satu strategi yang menjadi pilihan kebanyakan UKM adalah strategi diferensiasi, yang dicirikan dengan produk yang unik yang sulit untuk ditiru oleh pesaing, sehingga pelanggan tidak memiliki banyak pilihan, yang mengakibatkan pelanggan tidak terlalu sensitif terhadap perbedaan harga. Dalam penelitian ini dikumpulkan 131 responden yang terdiri pemilik dan pengelola UKM untuk menganalisa strategi diferensiasi yang dikembangkan di Indonesia dan dikombinasikan dengan karakter pemilik-pengelola bisnis agar mampu menghasilkan performa perusahaan yang lebih tinggi, dan pada akhirnya menghasilkan keunggulan bersaing.
ABSTRACT
Small Medium Enterprises SMEs plays a significant role in a nation economy. They contribute by creating more employment jobs, higher production volumes, increasing export and introducing innovation and entrepreneurship skills. One of the strategies that most SMEs tend to pursue is differentiation strategy, which characterized by a unique product that is hard to imitate by competitor, resulting customer to have a less comparable alternatives and therefore they are less price sensitive. We distribute questionnaires to 131 respondents that consists of owner manager of SMEs to analyze the differentiation strategy that is implemented in Indonesia, combined with the owner manager characteristics that would result in a higher firm rsquo s performance which eventually would lead to a competitive advantage.
2018
T49087
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library