Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kemala Andiyani
"

Meningkatnya penggunaan teknologi membuat masyarakat beralih untuk memesan tiket pesawat secara daring. Selain itu, kepemilikan smartphone membuat aplikasi menjadi media yang paling sering digunakan untuk melakukan pemesanan. Meskipun demikian, loyalitas pengguna masih menjadi permasalahan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat. Hal ini dikarenakan pengguna masih sering berpindah-pindah layanan secara tidak menentu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi perceived value dan hubungannya dengan loyalitas dan kepuasan pengguna aplikasi pemesanan tiket pesawat di Indonesia berdasarkan alasan transaksi pengguna. Faktor-faktor tersebut dikelompokkan berdasarkan siklus transaksi, yaitu pre purchase, purchase, dan post purchase. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 1.160 responden yang pernah melakukan pembelian tiket pesawat melalui aplikasi. Data diolah dengan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) menggunakan AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara perceived value, kepuasan pengguna, dan loyalitas pengguna. Selain itu, ditemukan bahwa pengguna hedonic lebih mengutamakan pengalaman sebelum, saat, dan sesudah melakukan transaksi dibandingkan pengguna utilitarian yang lebih mengutamakan transaksi yang cepat, aman, mudah, dan ringkas. Hasil penelitian dapat digunakan bagi penelitian selanjutnya dengan topik serupa dan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dalam mengelola loyalitas pengguna.

 


The use of technology make people switch to order flight tickets by online. In addition, the increasing of smartphone usage makes the application the most often use medium for booking tickets. However, user loyalty is still a problem for flight booking service providers. This is because users still move from one-to-another service provider. Therefore, this study aim to determine the factors that influence perceived value, user loyalty and satisfaction of flight ticket booking applications in Indonesia based on user’s reason to make a transactions. These factors are grouped based on transaction cycle: pre-purchase, purchase, and post-purchase. This study uses a quantitative approach by surveying 1.160 respondents who had purchase flight tickets through applications. Data is processed by Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) using  AMOS 24.0. The results show that there is a relation between perceived value, user satisfaction, and user loyalty. In addition, this study is also found that hedonic users are more prioritize experiences before, during, and after making transactions, utilitarian users who prefer transaction that fast, safe, easy, and concise. The results of this study can be use for further research with similar topics and flight ticket booking service providers to manage user loyalty. 

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laneisha Sherissa
"Aplikasi PeduliLindungi saat ini menjadi aplikasi wajib yang digunakan oleh masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari selama masa pandemi COVID-19. Kualitas pelayanan aplikasi PeduliLindungi menjadi perhatian masyarakat mengingat aplikasi tersebut digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Namun, pengguna kerap kali mengeluhkan layanan aplikasi PeduliLindungi, seperti sertifikat vaksin COVID-19 yang tidak muncul, proses registrasi yang kerap terkendala, dan respon operator aplikasi PeduliLindungi yang cenderung lama. Berdasarkan permasalahan yang ada, skripsi ini bertujuan untuk menganalisis e-service quality pada aplikasi PeduliLindungi di DKI Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan teknik pengambilan data, yaitu metode kuantitatif dengan survei. Wawancara dan studi pustaka sebagai data pendukung. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan aplikasi PeduliLindungi masuk ke dalam kategori baik. Hasil tersebut dibuktikan dari empat dimensi e-GovQual yang dikemukakan oleh Papadomichelaki dan Mentzas (2012), tiga di antaranya, yaitu dimensi keandalan, kepercayaan, dan keandalan masuk ke dalam kategori baik dan hanya dimensi dukungan masyarakat masuk ke dalam kategori buruk. Untuk itu, penelitian ini memberikan beberapa saran, yakni diharapkan Kementerian Kesehatan mengembangkan fitur-fitur dan memperkaya informasi yang dapat memudahkan pengguna, dan kepada pihak puskesmas agar menetapkan batas maksimum waktu penginputan data masyarakat yang divaksin.
......PeduliLindungi app is currently a mandatory app to do daily activities during COVID-19. The service quality of the PeduliLindungi app has become a public concern considering that the application is currently used by all people. However, users often have some trouble about PeduliLindungi app services, such as certificate of COVID-19 vaccine takes time to appear on the app, the registration procces usually had a trouble, and the response form PeduliLindungi team regarding the complaints of users tend to be long. Based from the previous problems, this thesis aims to analyse electronic service quality on PeduliLindungi app in DKI Jakarta. The approach used in this research is quantitative, with collection techniques is quantitative method through survey. Interviews and literature study used for supporting data. The results of this study indicate that e-service quality on PeduliLindungi app is in good category. That results proved by four dimensions of e-service quality proposed by Papadomichelaki dan Mentzas (2012), three dimensions are in good category and only one dimension is in bad category. Therefore, this study provides suggestions to Ministry of Health to develop some features and enrich information that makes it easier for users, and to the health center to set a deadline for inputting data on people who are vaccinated."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Azhar
"Smartphone merupakan perangkat pintar yang dapat mendukung berbagai aktivitas manusia di era modern saat ini. Penggunaan smartphone ini sudah tersebar luas di berbagai kalangan usia. Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat mengakibatkan kecanduan smartphone bagi penggunanya yang dapat menjadi penyebab berbagai macam hal yang buruk termasuk penyakit dan penurunan IPK. Hal ini menyebabkan kecanduan smartphone perlu diusahakan untuk tidak terjadi. Untuk itu perlu diketahui faktor-faktor yang menyebabkannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempunyai hubungan yang signifikan terhadap terjadinya kecanduan smartphone. Penelitian dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI). Penelitian ini juga akan menganalisis hubungan antara kecanduan smartphone dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA UI.
Metode yang digunakan adalah Kruskal Wallis untuk menganalisis apakah ada perbedaan tingkat kecanduan smartphone untuk departemen yang ada di FMIPA UI dan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecanduan smartphone dapat dijelaskan oleh tingkat religiusitas untuk mahasiswa di seluruh departemen di FMIPA UI kecuali departemen Matematika. Kecanduan smartphone juga dijelaskan oleh kepuasan hidup untuk mahasiswa Departemen Matematika dan Kimia. Kecanduan smartphone juga dijelaskan oleh kepuasan hidup untuk mahasiswa Departemen Biologi. Kecanduan smartphone mempunyai hubungan signifikan terhadap IPK untuk mahasiswa Departemen Matematika dan Fisika.
......Smartphones are smart devices that can support various human activities in today's modern era. The use of this smartphone is widespread among various ages. Excessive use of smarpthone can lead to smartphone addiction for its users which can be the cause of all kinds of bad things including illness and decreased GPA. This causes smartphone addiction to be avoided. For that we need to know the factors that cause it.
The purpose of this study was to analyze the factors that have a significant relationship to the incidence of smartphone addiction. The research was conducted at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Indonesia (FMIPA UI). This study will also analyze the relationship between smartphone addiction and the Grade Point Average (GPA) of FMIPA UI Students.
The method used is Kruskal Wallis to analyze whether there are differences in the level of smartphone addiction for departments in FMIPA UI and Partial Least Square (PLS).
The results showed that the level of smartphone addiction can be expressed by the level of religiosity for students in all departments in FMIPA UI except the Mathematics department. smartphone addiction also serves by life satisfaction for Mathematics and Chemistry Department students. Smartphone addiction also serves by life satisfaction for Biology Department students. Smartphone addiction has a significant relationship to GPA for students of the Mathematics and Physics Department."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lathifah Alfat
"Dalam peminjaman uang atau kredit, financial trustworthiness adalah suatu elemen penting dalam menentukan kepercayaan dan resiko finansial seseorang. Institusi pemilik produk kredit menggunakan pemeringkatan kredit untuk menilai financial trustworthiness sebelum memberikan kredit. Masalah muncul ketika seseorang yang tidak memiliki riwayat keuangan tidak bisa dikenali oleh sistem pemeringkatan kredit sehingga pengajuan kredit mereka beresiko tertolak. Di lain sisi, keberadaan smartphone diperkirakan akan menghubungkan sekitar 73% penduduk di negara-negara Asia di tahun 2025. Maka, smartphone dapat menjadi alat untuk mengakses perilaku seseorang. Setelah melibatkan seratus sembilan puluh delapan responden menjawab tiga puluh satu pertanyaan dalam survei perilaku penggunaan smartphone, diperoleh sebelas pertanyaan paling berpengaruh dengan 70.4% variansi. Survei baru yang dilakukan pada 714 orang menjawab sebelas pertanyaan yang digunakan untuk memodelkan financial trustworthiness. Dalam tesis ini, pemodelan financial trustworthiness memanfaatkan metode machine learning dalam dunia keuangan. Pemodelan dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Python yang dikerjakan pada Jupyter Notebook, bagian dari software pengolah data Anaconda. Dilakukan pemisahan data menjadi training set dan testing set dengan pembagian 80:20 masing-masing. Kemudian beberapa algoritma diujikan untuk mengetahui performanya. Hasil penelitian menunjukan ke empat algoritma dinyatakan model yang baik dengan performa lebih dari 0,8. Logistic Regression menunjukan akurasi 0,874, presisi 0,90, recall 0,87. Sedangkan Decision Tree dengan akurasi 0,967, presisi 0,97, recall 0,97. Pada SVM menunjukan akurasi 0,825, presisi 0,83, recall 0,83. Sementara Naïve Bayes memiliki nilai presisi 1,00, akurasi 1,00, recall 1,00. Hal ini menjadikan algoritma Naïve Bayes memiliki performa paling baik dan sempurna.

In money lending or credit, financial trustworthiness is an important element in deciding the trust and financial risk of a person. Financial institution with credit product, uses credit rating measure for financial trustworthiness before giving the credit. Problem arises when people whith no financial history is unrecognized by the credit rating system, then their credit application is in the risk of being rejected. On the other side, prediction says that smartphone will connect approximately 73% of Asian countries citizen in 2025. Therefore, smartphone could become a device to access peoples behavior. We involved one hundred ninety eight respondents to answer thirty one questions on smartphone usage behavior. The survey generates eleven most influencial questions with 70.4% variance. Then, the new survey was conducted to 714 people who answers eleven questions used to model the financial trustworthiness. In this thesis, we present a financial trustworthiness model implementing machine learning method in financial world. In our proposed work, we use Python programming language which works in Jupyter Notebook, and the part of data processing software Anaconda. The next stage is data splitting into training set and testing set with partition of 80:20 each part. Subsequently, some algorithms were tested to compare the performance. The research result shows four algorithm stated as good model with performance more than 0.8. Logistic Regression shows accuracy of 0.874, precision of 0.90, recall of 0.87. While Decision Tree with accuracy of 0.967, precision of 0.97, recall of 0.97. In SVM display accuracy of 0.825, precision of 0.83, recall of 0.83. Meanwhile, Naïve Bayes has a precision of 1.00, accuracy of 1.00, recall of 1.00. This made Naïve Bayes algorithm as the best and perfect in performance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T55086
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devina Rivanti Nugita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan intensitas penggunaan smartphone pada mahasiswa FIK UI angkatan 2012-2013 reguler. Variabel penelitian ini mencakup karakteristik responden, tingkat stres, dan intensitas penggunaan smartphone. Desain yang digunakan ialah deskriptif kategorik dan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel ialah stratified random sampling. Peneliti mengambil data sebanyak 106 responden, data yang diambil juga sudah dicek kelengkapannya sehingga tidak ada yang missing.
Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara tingkat stres dengan intensitas penggunaan smartphone pada mahasiswa FIK UI angkatan 2012-2013 reguler (p=0,877, α=0,05). Tingkat stres yang mendominasi ialah tingkat stres tinggi (55,9%), namun intensitas penggunaan smartphone tinggi juga mendominasi (69%). Maka diharapkan adanya penelitian lanjutan yang menggunakan sampel tidak terbatas hanya kepada mahasiswa keperawatan saja.
......
The aim of this research was to describe the association between stress level and smartphone use intensity in college student in University of Indonesia, Nursing Faculty Reguler generation 2012 and 2013. Variable of this research include respondent characteristic, stres level, and smartphone use intensity. This research used descriptive category and technique that used to pick samples is stratified random sampling. Researcher took 106 people as respondents and the data also has been checked for completeness so that no missing data.
The results of this study showed no association between stress levels with the intensity of smartphone use in college student in University of Indonesia, Nursing Faculty Reguler generation 2012 and 2013 (p = 0.877, α = 0.05). The stress level that dominates is a high stress level (55.9%), but higher intensity of use of smartphones also dominates (69%). It is expected that further research use the samples not limited only to nursing students."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S64528
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Devi Nur Fadhila
"Skripsi ini membahas mengenai kejadian penggunaan ponsel pintar berlebih yang ada pada mahasiswa program sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia pada tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Juli 2020 dengan total sampel sebanyak 241 mahasiswa. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa beban kerja akademik, kesadaran diri, penggunaan ponsel pintar untuk membuka sosial media serta belanja online, dan durasi penggunaan ponsel pintar dalam sehari memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian penggunaan ponsel pintar berlebih. Karenanya, peneliti menyarankan kepada Kementerian Kesehatan untuk memberikan informasi serta edukasi kepada masyarakat, terutama kelompok remaja dan dewasa muda mengenai penggunaan ponsel pintar yang bijak dan sehat secara fisik dan mental.

This thesis discusses the excessive smartphone usage phenomenon that existed within undergraduate students of the Faculty of Public Health at University of Indonesia in 2020. This research is a quantitative study that used the cross-sectional study design that was conducted in June-July 2020 with a total sample of 241 students. The results of this research concluded that academic workload, self-awareness, use of smartphone to open social media and online shopping, and duration of smartphone use in a day are significantly related to excessive smartphone usage. Therefore, the researcher suggests for the Ministry of Health to provide information and education to the public, especially adolescents and young adults, about ways to use the smartphone wisely and healthily."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yeo, Michelle Mei Ling
New Jersey: World Scientific, 2017
649.5 YEO w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sandy Sugandhy
"Penelitian ini meneliti masalah yang terjadi pada Nelayan Kali Adem Muara Angke Jakarta. Terdapat beberapa masalah yang terjadi, yaitu : 1 ketersediaan modal, 2 rendahnya harga jual ikan dari Nelayan ke Tengkulak, 3 tidak memadainya peralatan tangkap dan kualitas kapal sehingga tidak mampu bersaing dengan Perusahaan Penangkap Ikan yang memakai peralatan tangkap dan kapal lebih modern, 4 sumberdaya manusia yang belum memiliki kemampuan pemanfaatan iptek dan pemahaman tentang inovasi yang rendah. Oleh karena itu penulis menawarkan gagasan sebuah inovasi yang bisa menjawab seluruh masalah diatas, yaitu Hi-U. Hi-U merupakan sebuah Platform berupa Aplikasi smartphone untuk Nelayan yang memiliki fitur antara lain : 1 menemukan pemilik Modal dan Nelayan 2 memberikan fasilitas jual beli ikan online 3 memberikan edukasi dan informasi teknologi serta pengembangan cara bagaimana menangkap ikan yang baik dan benar. Dengan fitur diatas penulis percaya Hi-U akan memberikan kesejahteraan bagi Nelayan. Sebagai syarat untuk bisa menggunakan Hi-U, Nelayan harus bersedia diedukasi mengenai perkembangan Teknologi Penangkapan ikan sehingga secara langsung memaksa perubahan Nelayan Indonesia kearah yang lebih baik dan modern.
This research examines the problem that happened to Fisherman in Kali Adem Muara Angke Jakarta. There are some problems that authors get on Kali Adem Muara Angke i.e. 1 availability of capital, 2 low prices of fish from Fishermen to Collectors, 3 insufficient equipment and ship quality, so it can not compete with fishing companies that using more modern fishing equipment and vessels, 4 human resources that do not have the ability to use science and technology and understanding of innovation is still low. Therefore, the author offers the idea of an innovation that can answer all the above problems, namely Hi U. Hi U is a Platform in the form of smart phone application for fishermen which has features such as 1 finding the owner of Capital and Fisherman 2 providing online fish selling facilities 3 providing education and information technology and developing ways how to catch fish. With the all features, authors believe Hi U will provide prosperity for Fishermen. As a condition to be able to use Hi U, Fishermen must be willing to be educated about the development of Fishing Technology so that directly force the change of Indonesian Fisherman towards a better and modern life."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67245
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riza Riffandi Pratiwi
"Penggunaan smartphone meningkat secara progresif pada usia remaja, sehingga berisiko menimbulkan kecanduan. Kecanduan smartphone menyebabkan individu kehilangan kemampuan mengontrol waktu penggunaan smartphone, sehingga menyita banyak waktu termasuk pada waktu sebelum tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan smartphone dengan kualitas tidur pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional ini melibatkan 241 siswa SMKN di Serang yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Kecanduan smartphone diukur dengan kuesioner Smartphone Addiction Scale-Short Version dan kualitas tidur dengan kuisioner Pittsburgh Sleep Quality Index. Rata-rata skor kecanduan smartphone yaitu 36,57 dan rata-rata skor kualitas tidur yaitu 6. Hasil uji Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecanduan smartphone dengan kualitas tidur p=0,0005; r=0,230 , semakin kecanduan smartphone, semakin buruk kualitas tidur. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan peran perawat dalam upaya promotif dan preventif terhadap perubahan gaya hidup akibat kemajuan teknologi dengan kualitas tidur, baik bagi remaja, orangtua, maupun pihak sekolah.

The use of smartphones increases progressively in adolescence and thus risks addiction. Smartphone addiction causes the individual to lose the ability to control the time of smartphone usage so that takes a lot of time including at bedtime. This study aimed to determine the correlation between smartphone addiction and sleep quality in vocational high school students. This desriptive correlation study with cross sectional approach involved 241 students of public vocational high school in Serang were selected by stratified random sampling technique. The data was collected using a Smartphone Addiction Scale Short Version questionnaire for teens addicted to smartphones and the Pittsburgh Sleep Quality Index for sleep quality. Mean score of the smartphone addiction is 36.57 and mean score of sleep quality is 6. Spearman test results show that there was a correlation between smartphone addiction and sleep quality p 0.0005 r 0,230 . This study is expected to increase the role of nurses in promotive and preventive efforts to lifestyle changes due to technological advances with sleep quality for students, parents, and school management."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S69076
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library