Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arinarni Haditjaroko
"ABSTRAK
Persaingan industri penerbangan domestik indonesia meningkat dengan menciutnya
pasar akibat krisis multidmensional yang tak kunjung pulih. Kehadiran perusahaan
penerbangan baru mempertajam persaingan, apalagi perusahaan baru ini juga merambah ke
rute gemuk yang sebelumnya didominasi oleh pemain lama, seperti Garuda Indonesia,
Merpati Nusantara, Bouraq Indonesia dan Mandala Airlines. Dalam persaingan bisnis yang
ketat dan kompleks tersebut, layanan yang dapat memuaskan pelanggan merupakan
competitive edge. Oleh sebab itu, agar perusahaan dapat menciptakan kepuasan pelanggan
yang tinggi, maka perlu diketahui aspek-aspek yang relevan dengan kepuasan pelanggan.
Dengan dasar peinikiran di atas, maka penelitian ini dilakukan untuk
mengidentifikasi atribut-atribut yang mempengaruhi pelanggan dalam memutuskan
pemilihan perusahaan penerbangan domestik, kinerja masing-masing perusahaan
penerbangan dalam memuaskan pelanggan, faktor-faktor pendorong kepuasan, dan posisi
relatif masing-masing perusahaan penerbangan. Selain itu dikaji hubungan kepuasan
pelanggan dengan loyalitas dan perilaku mengeluh, serta implikasi manajerial dari hasil
penelitian.
Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari 100 responden yang
berdomisili di Jabotabek melalui pengisian kuesioner di mana pengumpulan data dilakukan
dengan metode self-administered survey. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui
penelitian eksploratif terhadap berbagai media cetak. Metode pemilihan sampel yang
digunakan adalah non probability sampling (convenience sampling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut-atribut yang mempengaruhi
pelanggan dalam memutuskan pemilihan perusahaan penerbangan berdasarkan urutan
prioritas adalah kemudahan memperoleh tiket pesawat, harga tiket yang terjangkau, dan
keramahan staf/petugas (pada kategori ?sebelum penerbarigan?); ketanggapan awak kabin
dalam memecahkan masalah dan berfungsinya fasilitas yang ada, dan keramahan awak
kabin (pada kategori ?selama penerbangan?); dan ketepatan penanganan bagasi (pada
kategori ?sesudah penerbangan?).
Hasil analisa terhadap kinerja perusahaan menunjukkan bahwa pelanggan yang puas
paling banyak dijumpai pada Garuda, dan berturut-turut diikuti oleh Merpati, Bourag
dan Mandala.
Dengan mengacu kepada tingkat kepentingan dan prioritas atribut, ketanggapan
awak kabin dalam memecahkan masalah yang termasuk dalam kategori layanan selama
penerbangan selain merupakan atribut yang menduduki prioritas tertinggi daiam keputusan
pemilihan jasa penerbangan domestik, juga merupakan atribut yang perlu ditingkatkan
kinerjanya oleh masing-masing perusahaan penerbangan.
Atribut strategik yang perlu ditingkatkan kinerjanya dapat diidentifikasi berdasarkan
keunggulan pesaing tethadap atribut yang memiliki prioritas tinggi. Hal yang menonjol
tampak pada Garuda dalam pemberian harga yang dianggap terjangkau oleh pelanggan.
Sementara pesaingnya (Merpati, Bouraq dan Mandala) menunjukkan kinerja yang baik
dalam harga tiket pesawat, Garuda menunjukkan kinerja yang sebaliknya.
Faktor yang paling mendorong kepuasan keseluruhan adalah kepuasan selama
penerbangan, sedangkan kenyamanan interior merupakan faktor yang paling mendorong
kepuasan selama penerbangan
Dilihat dari posisi antar perusahaan penerbangan, diketahui bahwa perusahaan
penerbangan memiliki ciri yang dominan dalam memuaskan pelanggan, kecuali Mandala.
Dengan demikian, maka hanya Mandala yang tidak memiliki positioning yang jelas.
Temuan lain menunjukkan bahwa minat untuk tetap menggunakan jasa
penerbangan yang sama di masa mendatang dan kesediaan untuk merekomendasikan jasa
penerbangan tersebut kepada pihak lain lebih tinggi pada mereka yang puas dibandingkan
dengan mereka yang tidak puas, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelanggan
yang puas lebih loyal dibandingkan pelanggan yang tidak puas.
Ditemukan pula bahwa pelanggan yang tidak puas belum tentu bersedia untuk
menyampaikan masalahnya kepada pihak perusahaan penerbangan. Hal ini terutama
disebabkan perusahaan penerbangan belum dapat meyakinkan pelanggan akan kredibilitas
mereka dalam menangani masalah pelanggan. Sementara itu, temuan juga menunjukkan
bahwa pelanggan yang puas Iebih bersedia untuk merekomendasikan jasa penerbangan
yang sama kepada pihak lain dibandìngkan pelanggan yang tidak puas.
Temuan-temuan pada penelitian ¡ni mengarahkan pada hal-hal yang seyogyanya
dilakukan oleh perusahaan penerbangan domestik., yaitu: (1) mendesain jasa berdasarkan
atribut yang memiiki prioritas tinggi; (2) mengidentifikasi atribut-atribut yang memiliki
nilai strategik untuk memenangkan persaingan melalui benchmarking dan penetapan
standar layanan yang sesuai dengan tuntutan pasar sasaran; (3) mengembangkan strategi
untuk memaksimumkan kepuasan pelanggan, diantaranya melaiui pengelotaan harapan
pelanggan yang efektif; (4) mendemonstrasikan kepedulian serta kredibilitas perusahaan
dalam penanganan masalah pelanggan melalui praktek-praktek pemulihan layanan (service
recovery) yang komprehensif dan tenntegrasi Dengan meleverage pemulihan layanan.
maka loyalitas pelanggan dapat ditingkatkan
"
2001
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lee, Vincent
"Tesis ini membahas tentang bagaimana cara UKM Demour Collection yang bergerak di bidang produksi tas untuk dapat mengakuisisi pasar yang baru dan melakukan diferensiasi bisnis agar dapat berkembang dengan maksimal, dengan intervensi business coaching. Coach melakukan wawancara tidak terstruktur terhadap coachee dan proses observasi untuk mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk proses analisis dan pembentukan solusi terhadap masalah atau kesenjangan yang ada pada hasil analisis tersebut yang dilakukan di Jakarta Timur.
Hasil dari wawancara dan observasi tersebut dianalisis dengan menggunakan Business Model Canvas, STP, Bauran Pemasaran, Porter's Five Forces, SWOT dan TOWS, Gap Analysis, dan Analisis Pareto agar dapat mengerucutkan masalah dan kendala pada Demour dari yang paling penting untuk diselesaikan. Hasil pengerucutan masalah menghasilkan dua masalah atau kendala utama yang harus segera diselesaikan, yaitu: 1) ketidakmampuan mengidentifikasi peluang bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan usaha, dan 2) bagaimana implementasi online marketing berbasis customer decision journey. Dengan dilakukannya business coaching ini diharapkan dapat membantu UKM Demour Collection untuk terus bertahan dan berkembang dalam bisnis mereka.
......This thesis discusses about how UKM Demour Collection that is working in bag production business to acquire new market and create a business differentiation so that they can develop optimally, with business coaching intervention. A series of unstructed interview and observation were conducted to the coachee in order to obtain all the information that is needed for analyzing process and creating solutions to the problem or gap that is occurred from the analysis results that was done in East of Jakarta. The results from the interview and observation is analyzed by using Business Model Canvas, STP, Marketing Mix, Porter's Five Forces, SWOT and TOWS, Gap Anlysis, and Pareto Analysis in order to purify the problems or obstacles from Demour rating from the most important thing to be finished. The results from purifying the problems resulting 2 main problems that is needed to be solved, those are: 1) Not knowing how to identify business opportunity in order to increase company's growth, 2) How to implement online marketing with customer decision journey. By doing this, business coaching is expected to help UKM Demour Collection to be sustained and developed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Humaira Zahra
"This study aims to determine the impact of Islamic culture practice in the form of Islamic Attributes and Islamic Value which applied in Islamic Bank towards customer intention to choose Islamic Bank in Indonesia. Religiosity was also being measured as a factor as a part of Islamic culture practice by societies. This study using quantitative approach method by analyzing the data using SEM (Structural Equation Modeling). Respondents in this study are Islamic Bank uncaptured target customers which consist of 148 Muslim in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi who have a high degree of education. The result shows that Islamic value has significant influence on customer intention. On the other hand, Islamic Attributes and Religiosity has no significant impact on customer intention.

Penelitian ini mengkaji tentang dampak dari praktik budaya Islam dalam bentuk Atribut Islam dan Nilai Islam yang diterapkan di Bank Syariah terhadap niat pelanggan untuk memilih Bank Syariah di Indonesia. Religiusitas menjadi salah satu variabel yang diukur sebagai bagian dari praktik budaya Islam oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Responden dalam penelitian ini adalah target konsumen Bank Syariah yang belum terdaftar sebagai nasabah Bank Syariah, terdiri dari 148 Muslim di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang memiliki tingkat pendidikan sarjana dan sederajat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pelanggan. Di sisi lain, Atribut dan Religiusitas Islam tidak memiliki dampak signifikan pada niat pelanggan."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54027
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Armi Yunedi
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan nasabah memilih KPR bank syariah di wilayah DKI Jakarta dan untuk menemukan faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan mereka. Faktor yang diteliti adalah karakteristik individu yang terdapat pada variabel: religiusitas, pengetahuan tentang bank syariah, tingkat pendidikan, pendapatan dan usia, kemudian faktor stimuli pemasaran bank yang terdapat pada variabel: Produk, harga, reputasi dan pelayanan. Penelitian dilakukan terhadap nasabah yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitamya, dengan jumlah sampel sebanyak 117 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama, minimal satu dari variabel religiusitas, pengetahuan tentang bank syariah, tingkat pendidikan, pendapatan, usia, produk, harga, reputasi dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. Nasabah memilih bank syariah untuk KPR adalah karena faktor: religiusitas, harga, reputasi dan pelayanan, sedangkan variabel lain yaitu: pengatahuan, tingkat pendidikan, pendapatan dan usia, serta produk tidak berpengaruh secara signifikan. Faktor dominan yang mempengaruhi keputusan adalah reputasi.

The purpose of this study is to determine why customers choose sharia banks for mortgages in areas of Jakarta and to find the most dominant factors influencing their decisions. Various factors such as individual characteristics contained in the variables: religiosity, knowledge of syariah banks, educational level, income and age, then the bank marketing stimuli factors contained in the variables: product, price, reputation and service. Research carried out on customers who are in areas of Jakarta and surrounding areas. Data were collected through questionnaires which passed the test of validity and reliability of the 117 respondents who had become Islamic bank for housing loan customers. The analytical method used is multiple linear regression.
The results showed that together, at least. one of the variables of religiosity, knowledge of syariah banks, educational level, income, age, product, price, service and reputation influence on customers decisions. Customers choose the Islamic bank for mortgages is because of factors: religiosity, price, reputation and service, while other variables: knowledge, education level, income and age, as well as the product does not influence significantly. Dominant factor influencing the decision is reputation.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2010
T33533
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Rosiana Valentin
"Penelitian ini berfokus untuk meneliti pengaruh dari interaktivitas sistem Electronic Word of Mouth (EWOM) dan E-Quality pada Decision Support Satisfaction. Dalam mengembangkan hipotesis, penelitian ini mengembangkan tiga pandangan teori, yaitu recognition to action loyalty framework, the interactivity theory, dan E-Quality model. Model dan pengukuran dalam penelitian ini berdasarkan literatur yang digunakan.
Hasil analisis menggunakan teknik analisis Partial Least Square dengan software SmartPLS 3.2.4. Penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh positif dari interaktivitas sistem Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap kepuasan pelanggan pada keputusan pembelian dan juga secara positif mempengaruhi kualitas situs. E-Quality atau kualitas situs memiliki pengaruh positif terhadap Decision Support Satisfaction, serta Decision Support Satisfaction berpengaruh positf terhadap E-Loyalty.
......This study aims to investigate the impact of the interactivity of Electronic Word of Mouth (EWOM) systems and E-Quality on decision support satisfaction. To develop hypotheses, this study adopted three theoretical lenses, the cognition-toaction loyalty framework, the interactivity theory, and E-Quality model. The model and measurements were based on the literature.
The analysis applied Partial Least Square (PLS) technique with software SmartPLS 3.2.4. The findings illustrate that interactive Electronic Word of Mouth (EWOM) systems positively affect customer satisfaction on the purchase decision and also positively influence the website quality. E-Quality was found to have a positive impact on decision support satisfaction, then also decision support satisfaction have a significant impact on E-Loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63340
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desiana
"ABSTRAK
This study aims to analyze the factors that influence the customers' decision in using Islamic banking in Tasikmalaya. This study uses a quantitative method. The data used in this study is primary data. Primary data was obtained from questionnaires distributed to a hundred customers of Islamic banking in Tasikmalaya. Analysis of data uses multiple linear regression and the results show that in partial the variable of profit sharing has significantly positive effect on the customers' decision to use islamic banking, the variable of religion quality has significantly positive effect on the customer's decision to use islamic banking, the variable of education has significantly positive effect on the customer's decision to use islamic banking,the variable of income doesn't have significantly positive effect on the customer's decision to use islamic banking and the variable of products and services have significantly positive effect on the customers' decision to use islamic banking in Tasikmalaya."
Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018
657 ATB 11:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library