Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 64 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sophan Hidayat
Abstrak :
ABSTRAK
Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna pada web site dilakukan dengan cara mengevaluasinya. Sekarang ini telah banyak berkembang model evaluasi dari web site dengan berbagai macam perspektif dan cara, tergantung dari apa yang akan dicapai pada evaluasi tersebut. Salah satu perspektif pada evaluasi web site adalah dengan melihat tingkat user friendly pada antarmuka web site tersebut.

Istilah user friendly digunakan untuk menyatakan kemampuan yang dimiliki oleh perangkat lunak atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan Iain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut.

Pada evaluasi antarrnuka web site untuk menilai tingkat user friendly digunakan beberapa buah pedoman cara mendesain antarmuka web site yang balk. Pedoman tersebut nantinya dibandingkan dengan antarmuka dari web site yang akan dievaluasi. Sehingga akan terlihat sejauh mana antarmuka suatu web site itu clikembangkan_ apakah mengikuti aturan-aturan yang ditentukan atau tidak.

Skripsi ini bertujuan membuat catatan tentang tingkat user friendly dari antarmuka web site DOL yang berguna untuk proses pengembangan Iebih Ianjut_

Dalam Skripsi ini akan dievaluasi antarmuka web site Daskom On-Line (DOL) yang didasarkan didasarkan atas parameter evaluasi dari pedoman desain halaman web yang dikembangkan Grose dkk, Borges dkk, dan J. Nielsen.

Dengan melihat hasil evaluasi dan analisis melalui tampilan visual dan kode HTML dapat disimpulkan bahwa antarmuka web site Daskom On-line (DOL) termasuk antarmuka yang bersifat user friendly.
2001
S39753
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riny Savitri Kawi
Abstrak :
Hambatan paling utama dalam hubungan antara manusia dengan mesin komputer adalah bahasa. Mesin mengenal bahasa buatan (artificial language), sedang manusia mengenal bahasa manusia atau yang disebut jugs dengan istilah bahasa alami (natural language). Hal ini menimbulkan suatu pemikiran untuk menciptakan suatu sistem yang dapat menjembatani masalah bahasa tersebut. Sistem itu disebut dengan sistem pengolahan bahasa alarm (Natural Language Processing System). Sistem pengolahan bahasa alarm ini didasarkan pada metoda kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), yang mampu menyediakan layanan komunikasi yang user friendly bagi manusia pada waktu mengakses mesin komputer. Antarmuka bahasa alami ini menyediakan media penggunaan sistem yang lebih fleksibel dan alamiah, sehingga manusia dapat berkomunikasi dengan sistem secara nyaman. Sistem ini dapat diterapkan sebagai antarmuka (interface) pads berbagai bidang aplikasi, salah satunya adalah sebagai antarmuka pads sistem basis data pakar (Expert Database System). Istilah sistem basis data pakar mengacu pads suatu sistem untuk mengembangkan aplikasi yang membutuhkan pengolahan berorientasi pengetahuan dari suatu sistem informasi. Pada tugas akhir ini akan dibahas konsep dasar dari sistem pengolahan bahasa alami yang berbasiskan kecerdasan buatan sebagai antarmuka pada sistem basis data pakar: Konsep ini akan diimplementasikan dengan suatu model rancangan sistem yang cerdas (intelligent system) yang tidak saja dapat melakukan fungsi pengambilan informasi (information retrieval system), tetapi juga fungsi konsultasi dengan memberikan solusi dan saran dari masalah akademis kepada pemakai.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S38960
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winaring Suryo Satuti
Abstrak :
Gejala psikosis singkat ramai dibicarakan di dunia medis terkait kemunculannya dengan Covid-19. Di beberapa penelitian terbaru kasus psikotik singkat meningkat pada pasien Covid-19 maupun penyintasnya (Brown et al., 2020; Naomi Zahrani, 2021). Merujuk pada penelitian (Tarrier et al., 2004), disimpulkan bahwa kombinasi dukungan keluarga dan etrapi CBT dapat mengurangi gejala kekambuhan psikotik pada ODS (Orang Dengan Skizofrenia). Lalu, pada penelitian (Kim et al., 2018) yang membuat aplikasi khusus skizofrenia berbasis teori CBT (Cognitive Behavioral Therapy) menunjukkan bahwa ODS puas dengan penggunaan aplikasi tersebut. Di Indonesia, penelitian mengenai pembuatan prototipe aplikasi khusus ODS berbasis CBT yang lengkap belum ada. Maka dari itu, peneliti melanjutkan penelitian Kim menggunakan pendekatan riset DSR (Design Science Research) lalu dievaluasi dengan faktor adopsi secara umum. Penelitian ini menghasilkan prototipe dengan pengguna ada tiga yaitu ODS, caregiver dan psikiater/psikolog. Untuk pengguna ODS dihasilkan 11 fitur. Pada pengguna caregiver dihasilkan 8 fitur. Sedangkan, pada pengguna psikolog/psikiater dihasilkan 7 fitur. Keluaran dari penelitian ini selain menghasilkan prototipe, juga menghasilkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengguna untuk menggunakan aplikasi ini. Pada pengguna ODS faktor yang mempengaruhi pengguna yaitu variabel-variabel tersebut adalah perceived ease of use, perceived usefulness, social influence, m-health technology design, data privacy, resistance to change, technology anxiety, portability, trust in mobile health services, self efficacy dan facilitating condition. Ke 11 variabel tersebut mempengaruhi variabel intention to use pada pengguna ODS. Berbeda dengan pengguna ODS, hasil wawancara evaluasi caregiver tidak menghasilkan variabel resistance to change dan facilitating condition, lainnya, variabel yang berpengaruh terhadap intention to use sama dengan variabel yang ada di ODS. Sedangkan variabel yang berpengaruh terhadap intention to use pada psikiater/psikolog adalah semua variabel sama dengan ODS dan caregiver hanya saja pada psikiater/psikolog tidak memiliki variabel portability dan trust in mobile health services. Keluaran berikutnya adalah hasil skor SUS atas evaluasi prototipe yaitu 79 yang mana berdasarkan range skor SUS Bangor dan kawan-kawan (2008) acceptability ratingnya adalah acceptable, kemudian grade scale-nya adalah C dan adjective ratingnya adalah good. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prototipe yang dibuat mudah digunakan, dapat diterima dan memuaskan pengguna. ......Symptoms of brief psychosis are being discussed in the medical world related to their emergence with Covid-19. In several recent studies, brief psychotic cases have increased in Covid-19 patients and survivors (Brown et al., 2020; Naomi Zahrani, 2021). Referring to research (Tarrier et al., 2004), it was concluded that the combination of family support and CBT therapy can reduce psychotic relapse symptoms in ODS (People With Schizophrenia). Then, in a study (Kim et al., 2018) that made a special application for schizophrenia based on CBT (Cognitive Behavioral Therapy) theory, it showed that ODS were satisfied with the use of the application. In Indonesia, research on the development of a complete CBT-based ODS application prototype does not yet exist. Therefore, the researcher continued Kim's research using the DSR (Design Science Research) research approach and then evaluated it with general adoption factors. This study produced a prototype with three users, namely ODS, caregiver and psychiatrist/psychologist. For ODS users 11 features are generated. For caregiver users, 8 features are generated. Meanwhile, for psychologist/psychiatrist users, 7 features are generated. The output of this research in addition to producing a prototype, also produces what factors influence users to use this application. For ODS users, the factors that influence users are perceived ease of use, perceived usefulness, social influence, m-health technology design, data privacy, resistance to change, technology anxiety, portability, trust in mobile health services, self efficacy. and facilitating conditions. The 11 variables affect the intention to use variable on ODS users. In contrast to ODS users, the results of caregiver evaluation interviews do not produce resistance to change and facilitating conditions variables, other variables that affect intention to use are the same as those in ODS. While the variables that affect the intention to use in psychiatrists/psychologists are all the same variables as ODS and caregivers, except that psychiatrists/psychologist do not have portability and trust in mobile health services variables. The next output is the result of the SUS score on the evaluation of the prototype, which is 79 which based on the score range of SUS Bangor et al (2008) the acceptability rating is acceptable, then the grade scale is C and the adjective rating is good. So, it can be concluded that the prototype made is easy to use, acceptable and satisfying to users.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syahrul Imardi
Abstrak :
Ultrasonografi (USG) merupakan salah satu teknologi pencitraan medis. Teknologi ini paling banyak digunakan dalam dunia kedokteran saat ini. Beberapa faktor pemilihan teknologi USG ini adalah minimalnya faktor tingkat resiko serta persiapan fisik dan waktu pasien dan operator USG-nya. Kurangnya penelitian berkaitan dengan teknologi USG ini di Indonesia menjadi ketergantungan pembelian perangkat USG secara import. Peneliti mencoba melakukan pengembangan dan penambahan fungsi antarmuka visualisasi dengan memberikan analisa sederhana untuk penelitian lebih lanjut. Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan Matlab untuk pengolahan sinyal, pengolahan matrik, visualisasi, dan kontrol. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan suatu antarmuka perangkat lunak untuk visualisasi dan analisis citra USG. Algoritma yang ada dinalisis lebih jauh sehinga bisa dilakukan pemilahan proses. Eksperimen awal dilakukan dengan mengolah hasil data dari sinyal A-mode dan kemudian divisualisasi menjadi B-mode. Selanjutnya dikembangkan suatu antarmuka visual dan analisa proses pencitraan, serta penambahan fungsi citra lainnya. Visualisasi citra USG yang dilakukan belum secara real time. Visualisasi citra hasil pengembangan antarmuka perangkat lunak ini dapat dalam bentuk citra B-mode dan juga Video. Citra bisa dikarakterisasi dengan menggunaan filter IIR dan FIR ataupun tanpa filter. Aplikasi mendukung penggunaan lowpass filter dan highpass filter dan perubahan kondisi nilai cut-off secara dinamis. Pengubahan filter order menentukan hasil citra yang divisualkan. Pada nilai filter order tertentu dengan karakteristik filter yang berbeda akan menghasikan citra yang bervariasi. Hasil visual citra scan dapat disimpan dalam format Jpeg dan dapat dicetak. Aplikasi bisa memvisualkan konstruksi proses sinyal data grafik secara optimal. Dalam hal ini pengguna dapat memilih line data pada frame citra untuk dianalisa. Pengembangan antarmuka memberikan kemudahan dalam penggunaan aplikasi, serta bisa memahami proses visualisasi dengan lebih baik. Komponen-komponen antarmuka yang jelas menjadikan solusi analisa visualisasi, dan pemahaman terhadap algoritma USG lebih jauh. ......Ultrasonography (USG) is an application of medical image technologies. It is mostly used in medical practice nowadays. Several factors in selecting USG technology are risk factor level, physical and time preparedness for patient and USG operator. The lack of research related to USG technology in Indonesia is the major cause to import USG devices. Researchers try to develop interface and enrich functions with a simple analysis to study the existing algorithms. In this study, Matlab is used for signal processing, matrix processing, visualization, and control. The purpose of this research is to design and develop a software interface for visualization and image analysis of USG. The algorithm is analyzed further so they can be processed with filtering process. Early experiments performed by processing the data results from the A-mode signal and then visualized to B-mode. Furthermore, visualization interface and imaging process analysis are contructed, and enrichment of other imaging function. USG visualization is not in real time. Visualization of application outputs can be in the B-mode image and also Video. The image can be characterized with or without IIR or FIR filter. Applications support the use of lowpass filter and highpass filter, and capable of setting up of the cut-off value dynamically. The combination of the value of Filter Order capable of determined the outcome of the visualized image. By combining different filters, various images could be obtained. The results of scanned image can be stored in Jpeg format and printed directly. Application is capable of visualizing the contruction process in the form of grapichs. In this case the user can select the data line position on the frame layer for analisis. Tool interface provides ease of use of the application and better understanding of the visualization process. Clear component of the interface is created to visually analyze the solution and for understanding USG algoritms further.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T28029
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Andrianto
Abstrak :
Tugas akhir ini merancang suatu implementasi playback multimedia dengan menggunakan antarmuka metoda filter. Sistem yang dikembangkan dalam tugas akhir ini merupakan penyempurnaan aplikasi playback yang menjadi standar untuk sistem multimedia pada platform desktop PC dengan sistem operasi Microsoft WindowsTM dimana sistem tersebut menggunakan Media Control Interface (MCI) untuk Application Programming Interface (API)-nya. Penyempurnaan yang dilakukan adalah mengganti struktur antarmuka tersebut dengan antarmuka yang memilki filter-filter. Dengan melakukan modifikasi terhadap konfigurasi dan isi filter-filter tersebut memungkinkan untuk dilakukannya integrasi suatu proses pengolahan data ke dalam alur data multimedia yang dijalankan. Dalam tugas akhir ini playback multimedia diimplementasikan dalam bentuk dynamic link library yang dinamakan samsys.dll, yang memberikan kemampuan pada Windows untuk menjalankan aplikasi playback yang berbasiskan sistem tersebut. Pengendalian jalannya playback dilakukan melalui antarmuka pemakai yang dirancang khusus. Dengan memanfaatkan metoda filter, dalam tugas akhir ini diperlihatkan kemampuan antarmuka untuk melakukan integrasi media / informasi tambahan berupa tampilan teks, animasi, atau suara terhadap tampilan multimedia yang berjalan, tanpa merubah alur data multimedia yang asli, dan tanpa melakukan perubahan terhadap rancangan antarmuka secara permanen.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S38851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivan Bataro Dachi
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan oleh bahan florida terhadap fluks untuk pemrosesan aluminium dalam kaitannya untuk meningkatkan kualitas hasil pemrosesan aluminium dengan peleburan. Florida merupakan bahan tambahan yang umum digunakan dalam garam fluks selain bahan NaCl-KCl ekuimolar yang merupakan basis utama dari garam fluks untuk pemrosesan aluminium. Penelitian ini mengungkapkan pengaruh penambahan bahan florida pada fluks secara sifat, yaitu tegangan antarmuka, waktu koalesensi aluminium, serta viskositas garam fluks. Senyawa florida terbukti secara signifikan menurunkan tegangan antarmuka dari garam fluks dengan aluminium cair sehingga reaksi pembebasan aluminium dari inklusi semakin mudah terjadi. Selain itu, waktu koalesensi dan viskositas yang terpengaruh oleh penambahan bahan florida pada fluks ini juga merupakan faktor yang membantu pembebasan aluminium dari inklusi pada saat peleburan. Data yang disajikan berfokus pada penambahan senyawa NaF dan KF sebesar 5%, 10%, dan 15% pada garam fluks berbasis NaCl-KCl ekuimolar. Penambahan NaF dan KF pada garam fluks merupakan dua senyawa florida yang paling efektif dalam pembebasan aluminium dari inklusi. Penambahan senyawa florida tersebut dapat menurunkan tegangan antarmuka antara garam fluks dengan aluminium hingga sekitar 250 mN/m dimana sebelumnya tegangan antarmuka garam fluks dengan aluminium adalah sekitar 700 mN/m tanpa penambahan senyawa florida. Inklusi pada aluminium yang terjadi bisa ditekan hingga kurang dari 0.1% apabila menggunakan fluks dengan penambahan bahan florida. Hal ini menunjukan bahwa senyawa florida pada garam fluks dapat meningkatkan kualitas hasil pemrosesan aluminium. ......This research was conducted to determine the effect given by the flourides on the flux for aluminum processing related to improve the quality of aluminum processing. Fluoride is a common additive used in salt flux in addition to the equimolar NaCl-KCl which is the main base of salt flux for aluminum processing. The study revealed the effect of fluoride addition to the flux to the salt flux properties such as interfacial tension, coalescence time of aluminum, and viscosity of the salt flux. Fluoride compounds have been shown to reduce the interfacial tension between salt flux and molten aluminum significantly so the reaction to purify the aluminum from inclusion is much easier. In addition, the coalescence time and viscosity affected by the addition of fluoride to the salt flux are also factors that help to purify the aluminum from inclusion on the melting process. The main data presented focuses on adding 5%, 10%, and 15% NaF and KF compounds to the equimolar NaCl-KCl based salt flux. Addition of NaF and KF to the salt flux are two of the most effective fluoride compounds to purify the aluminum from inclusion. The addition of the fluoride can reduce the interfacial tension between the salt flux and aluminum to about 250 mN/m where previously the interfacial tension of the salt flux and aluminum was around 700mN/m without fluoride addition. Inclusion in aluminum can be reduced to less than 0.1% when using salt flux with the addition of fluoride. This shows that fluoride compounds in salt flux can improve the quality of aluminum processing results.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Ramadhani
Abstrak :
Pertumbuhan pesat industri halal menyebabkan fenomena pariwisata halal muncul di kalangan muslim. Platform penunjang pariwisata halal menjadi potensi terbesar pada pelaksanaan pariwisata halal. Halal Navi adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna muslim dalam menemukan dan mengidentifikasi tempat-tempat yang menjual atau menyediakan produk-produk halal. Aplikasi Halal Navi bermanfaat bagi penggunanya tetapi belum bisa memuaskan penggunanya terutama dari sisi kemudahan saat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pengalaman pengguna terhadap aplikasi halal navi dan merancang rekomendasi agar pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Metode yang digunakan dalam mengevaluasi terdiri dari Performance metrics, Self-Reported metrics, dan Issue-Based metrics. Riset pasar juga dilakukan untuk memaksimalkan potensi peningkatan pengalaman pengguna. Hasil evaluasi akan dianalisis dan menciptakan rekomendasi desain dengan dasar Eight Golden Rules dan Law of UX. Rekomendasi desain dievaluasi untuk dibandingkan dengan desain sebelumnya. Terdapat outlier pada data evaluasi desain rekomendasi. Hasil yang diperoleh yakni peningkatan evaluasi user experience pada desain rekomendasi baru dan pada dua fitur yang ditambahkan hasil riset. Dua fitur yang ditambahkan yaitu fitur informasi sholat dan fitur perencanaan perjalanan. ...... The rapid growth of the halal industry has caused the phenomenon of halal tourism to emerge among Muslims. Halal tourism support’s platforms are the biggest potential in the implementation of halal tourism. Halal Navi is an application designed to help Muslim users find places that provide halal products. The Halal Navi application is useful for its users but has not been able to satisfy its users, especially in terms of ease of use. This study aims to evaluate the user experience of the Halal Navi application and design recommendations to make the user experience better. The methods used in evaluating are Performance metrics, Self-Reported metrics, and Issue-Based metrics. Market research is conducted to maximize the potential for improving the user experience. The results of the evaluation will be analyzed and create design recommendations based on the Eight Golden Rules and the Law of UX. Design recommendations are evaluated to be compared with previous designs. There is an outlier in the recommendation design evaluation data. The results obtained are increase in user experience evaluation on the new recommendation design and on the two features added by research results. Two features added are the prayer information and the travel planning feature.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luqman Iffan Windrawan
Abstrak :
Video game pixel art pertama kali muncul karena keterbatasan perangkat keras pada komputer 8-bit dan 16-bit. Pada era 2000-an, video game pixel art diprediksi akan menghilang dengan berjalannya perkembangan perangkat keras. Namun, di luar prediksi tersebut video game bervisual pixel art masih mengalami kesuksesan hingga saat ini. Penelitian ini membahas tentang kesesuaian antara video game pixel art dari segi tampilan visual dan estetika, dengan sifat pixel art dan prinsip video game. Kesesuaian tersebut diukur dengan mengadaptasi instrumen Visual Aesthetics of Websites Inventory (VisAWI) ke dalam Bahasa Indonesia dan menyesuaikannya dengan konteks tampilan visual pada video game pixel art. Video game yang digunakan sebagai sebagai studi kasus adalah “Shovel Knight” dan “Shovel Knight Dig”. Data yang diperoleh dianalisis dan dikategorikan sesuai dengan sifat dan prinsip terkait, kemudian diinterpretasikan untuk menyusun seperangkat rekomendasi. Pada penelitian ini ditemukan bahwa kedua game sudah mengikuti semua properti dan prinsip terkait. Selain itu, responden memberikan peringkat yang lebih tinggi pada “Shovel Knight Dig” daripada “Shovel Knight” yang menunjukkan bahwa responden lebih menyukai game seni piksel yang lebih cerah, tidak padat, dengan tampilan visual yang halus atau jernih. ......Pixel art video games first appeared due to hardware limitations of the 8-bit and 16-bit computers. In the 2000s, pixel-art games were predicted to disappear as hardware development progressed. However, pixel-art games are still experiencing success even recently. This study discusses the conformity between pixel art games in terms of visual display and aesthetics, with pixel art properties and game principles. This conformity is measured by adapting an instrument called Visual Aesthetics of Websites Inventory (VisAWI) into Bahasa Indonesia and adjusting it with the context of the visual displays of pixel-art video games. Video games used as the case study are “Shovel Knight” and “Shovel Knight Dig”. The data obtained are analysed and categorised in accordance with related properties and principles, then interpreted to compose a set of recommendations. This study found that both pixel-art games do follow all related properties and principles. Additionally, the respondents provide a higher rating on “Shovel Knight Dig” than “Shovel Knight” which indicates that they prefer pixel art games that are brighter, not dense, with a smooth or clear visual appearance.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosa Nur Rizky Febrianty Tamarindus
Abstrak :
Adanya kursus pemrograman daring diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kompetensi orang-orang yang memiliki minat terhadap pemrograman sehingga bisa memenuhi kebutuhan ahli di sektor digital terutama programmer yang saat ini jumlah antara kebutuhan dan permintaan masih tidak sebanding. Meskipun banyak orang yang memiliki minat pemrograman dan kursus pemrograman daring sudah mulai menjamur, masih ditemukan berbagai kendala seperti kesulitan dalam memahami materi pemrograman. Tujuan dari penelitian ini ialah merumuskan kebutuhan untuk menerapkan desain instruksional dan mengembangkan desain antarmuka bagi sasaran utama penelitian ini serta berdasarkan hasil analisis dan rancangan umum yang telah ditentukan dengan studi kasus Skydu Academy. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Dilakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data kualitatif dan pelaksanaan evaluasi usability testing untuk mendapatkan data kuantitatif dan kualitatif. Selain itu, dilakukan juga analisis terhadap prinsip-prinsip dari Gagne’s Nine Events of Instruction, Chickering and Gamson’s Seven Principles of Good Practice in Online Teaching, dan Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil menunjukkan bahwa evaluasi usability testing dari segi kuantitatif memiliki task success rate sebanyak 93.32% dan dari segi kualitatif mayoritas partisipan menyatakan ekspektasi belajar pemrograman menggunakan aplikasi ini sudah terpenuhi. ......The existence of an online programming course is expected to help in increasing the competence of people who have an interest in programming so that they can meet the needs of experts in the digital sector, especially programmers, which currently there are a shortage of programmers. Although there is many people interested in programming and many online programming courses, there are still many obstacles such as difficulties in understanding programming material. The purpose of this research is to formulate the need to implement instructional design and develop interface design for the main objectives of this study and based on the results of analysis and general design that has been determined by the Skydu Academy case study. This research uses a mixed-methods approach. Questionnaires were distributed to obtain qualitative data and the evaluation of usability testing was carried out to collect quantitative and qualitative data. Also, the analysis of the principles of Gagne’s Nine Events of Instruction, Chickering and Gamson's Seven Principles of Good Practice in Online Teaching, and Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design has been conducted. The overall results showed that the evaluation of usability testing has a task success rate of 93.32% in quantitative and expressing the participant's expectation to learn programming has been fulfilled in qualitative.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farhan Fauzan Jamaludin
Abstrak :
Situs Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) adalah sistem informasi perpustakaan digital akademik yang dimiliki oleh Universitas Indonesia atau bisa disebut juga Library Automation and Digital Archive (LONTAR), yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Indonesia sebagai salah satu unit pendukung pengajaran dan penelitian. Dikembangkan mulai dari tahun 2003, situs Perpustakaan UI hingga saat ini belum pernah dilakukannya penelitian terkait evaluasi usability. Selain itu, situs Perpustakaan UI memiliki bounce rate yang tinggi apabila dibandingkan dengan perpustakaan digital Perguruan Tinggi Negeri lainnya, sehingga perlunya diadakan evaluasi pada situs Perpustkaan UI. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pengguna dan kesulitan apa saja yang dimiliki oleh pengguna selama menggunakan situs Perpustakaan UI. Pengguna yang akan diteliti di penelitian ini adalah mahasiswa dan juga alumni dari Universitas Indonesia. Evaluasi usability dan perancangan desain perbaikan dilakukan dengan menggunakan pendekatan User-Centered Design. Evaluasi dilakukan dengan survei daring, usability testing, dan juga contextual interview dengan metode kuantitatif dan kualitatif yang selanjutnya dihubungkan dengan prinsip Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil penelitian dari survei daring dan usability testing serta contextual interview dapat menghasilkan tiga persona dan menunjukkan bahwa usability dari situs Perpustakaan UI yang sekarang perlu dilakukannya perbaikan. Rancangan desain perbaikan yang telah dibuat terbukti menyelesaikan permasalahan usability yang ada, diukur dari completion rate dan time-based efficiency yang meningkat secara signifikan pada situs Perpustakaan UI. ......The Universitas Indonesia Digital Library website is an academic digital library information system owned by the Universitas Indonesia (UI) or can be called the Library Automation and Digital Archive (LONTAR), which is used by the Universitas Indonesia students as one of the learning and research support units. Developed since 2003, the UI Digital Library website has never been done any research on usability evaluation, to date. In addition, the UI Library website has a high bounce rate when compared to the other Public Universities Digital Library, so there is a need to conduct an evaluation on the UI Library website. This research was conducted to find out what is needed by the user and what kind of difficulties that user has while using the UI Library website. Users who will be examined in this research are the students and the alumni of Universitas Indonesia. Usability evaluation and design improvements is carried out using the User-Centered Design Approach. Evaluations are carried out with the online survey, usability testing and also contextual interviews with quantitative and qualitative methods which are then linked to the principle of Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. The results of the online survey, usability testing and contextual interview produced three personas of users and show that the usability of the UI Library website needs to be improved. The design improvements that have been made, has been proven to solve the existing usability problem measured by completion rate and time-based efficiency which have increased significantly on the UI Library website.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>