Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mimi Silvia
"Tesis ini membahas resiliensi content creator di bidang komunikasi digital. Profesi content creator terancam dengan berbagai tantangan yang dialami berupa kecemasan sosial, inferioritas individu, kredibilitas, ketakutan tidak otentik karena tidak menjadi diri sendiri. Permasalahan penelitian ini berfokus pada apakah kerangka Resiliensi dan Manajemen Strategi Content Creator dapat terbukti pada konteks Indonesia yang diadaptasi dari Johnson et al. (2015). Tujuan penelitian ini mengeksplanasi cara meningkatkan resiliensi content creator di tengah tekanan dan kompetisi content creator di media sosial sehingga bisa bermanfaat dalam bermedia sosial. Penelitian ini memiliki lima variabel yaitu variabel eksogen berupa Sosok Model Resiliensi, Penyemangat Resiliensi, Resiliensi serta variabel endogen berupa Manajemen Strategi Content Creator dan Peningkatan Jumlah Pengikut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap 83 responden yang berprofesi sebagai content creator. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Structural Equation Model (SEM) pada Smart PLS. Hasil penelitian adalah kerangka Resiliensi dan Manajemen Strategi Content Creator tidak terbukti di konteks Indonesia. Kerangka terakhir penelitian ini berkontribusi pada literatur teoritis mengenai pentingnya resiliensi dalam industri content creator. Sementara itu, penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi pelaku industri content creator dan pelaku kebijakan agar industri content creator terus berkembang.

This thesis discusses the resilience of content creators in the field of digital communication. The content creator profession is threatened with various challenges experienced in the form of social anxiety, individual inferiority, credibility, and fear of being inauthentic for not being yourself. The problem of this research focuses on whether the Resiliency and Strategy Management Content Creator framework can be proven in the Indonesian context, adapted from Johnson et al. (2015). The purpose of this research is to explain how to increase the resilience of content creators amid pressure and competition for content creators on social media so that they can be useful in social media. This study has five variables, namely exogenous variables in the form of Resilience Model Figure, Resilience Encouraging, Resiliency, and endogenous variables in the form of Strategy Management Content Creator and Increasing Number of Followers. This study uses a quantitative approach to 83 respondents who work as content creators. The data analysis used is using the Structural Equation Model (SEM) on Smart PLS. The result of the research is that the Resiliency and Strategy Management Content Creator framework is not proven in the Indonesian context. The final framework of this research contributes to the theoretical literature on the importance of resilience in the content creator industry. Meanwhile, this research is expected to be a reference for content creator industry players and policy makers so that the content creator industry continues to grow."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desta Bono Prayogo
"Tugas Akhir ini membahas tentang bagaimana fenomena plagiarisme banyak terjadi dalam pembuatan konten didalam media social Youtube, baik melakukan copy sebagian maupun seluruhnya, rata-rata content creator jangan memberikan apresiasi kepada pemilik asli konten yang bersangkutan . Tugas akhir ini  adalah hasil penelitian kualitatif dengan penjelasan deskriptif disertai dengan pemaparan beberapa kasus yang terjadi di masyarakat serta tertulis dalam artikel . Hasil tugas akhir ini menyarankan bahwa peranan orang-orang di dalam Industri Youtube dan peran serta sebuah regulasi tertulis memang sangat sesuai untuk mengurangi dampak plagiarisme didalam pembuatan konten. Selain itu dengan tidak diberikannya apresiasi monetize atau suspend sementara maupun teguran dari pihak Youtube langsung merupakan salah satu bentuk pengurangan pelanggaran Hak Cipta yang baik yang telah dilakukan dan perlu terus mendapatkan pengembangan sesuai dengan kebutuhan pasar

This Final Project discusses how a lot of the phenomena of plagiarism occur inmaking content in social media Youtube, either copying part or all of it, on average the content creator should not give appreciation to the original owner of the content in question. This final project is the result of qualitative research with a descriptive explanation accompanied by exposure to several cases that occurred in the community and written in the article. The results of this final project suggest that the role of people in the Youtube Industry and the role of a written regulation are indeed very appropriate to reduce the impact of plagiarism in content creation. Besides that, by not giving monetize appreciation or temporary suspend or reprimand from YouTube directly, it is one of the forms of reducing copyright infringement that has been done and needs to continue to get development in accordance with market needs.

Keyword               : Plagiarism, Copyright , Content Creator

 


This Final Project discusses how a lot of the phenomena of plagiarism occur inmaking content in social media Youtube, either copying part or all of it, on average the content creator should not give appreciation to the original owner of the content in question. This final project is the result of qualitative research with a descriptive explanation accompanied by exposure to several cases that occurred in the community and written in the article. The results of this final project suggest that the role of people in the Youtube Industry and the role of a written regulation are indeed very appropriate to reduce the impact of plagiarism in content creation. Besides that, by not giving monetize appreciation or temporary suspend or reprimand from YouTube directly, it is one of the forms of reducing copyright infringement that has been done and needs to continue to get development in accordance with market needs.

Keyword               : Plagiarism, Copyright , Content Creator 

"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ariq Naufal
"Content Creator merupakan seseorang yang menciptakan materi (konten) tertulis atau visual seputar topik / ide dan membuat informasi tersebut dapat diakses oleh audiens dalam bentuk blog, video, infografis, atau format konten lainnya. (multimedia). Saat ini sektor konten digital mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini didorong oleh beberapa faktor seperti ekonomi digital yang berkembang pesat, peluang baru untuk bisnis dan kreativitas, meningkatkan literasi dan keterampilan digital masuarakat, serta meningkatkan daya saing bangsa. Karya arsitektur ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan serta mengembangkan produktivitas dan kreativitas dalam media digital.

Content Creator is someone who creates written or visual material (content) around a topic/idea and makes the information accessible to the audience in the form of blogs, videos, infographics, or other content formats. (multimedia). Currently, the digital content sector has experienced rapid growth in recent years. This is driven by several factors such as the rapidly growing digital economy, new opportunities for business and creativity, increasing digital literacy and skills of the community, and increasing the nation's competitiveness. This architectural work is expected to be a forum for the community to increase and develop productivity and creativity in digital media.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arsenius Wisnu Aji Patria Perkasa
"ABSTRAK
Pembajakan digital telah dianggap sebagai tindakan yang lumrah dan sering terjadi di dalam masyarakat. Terlepas dari sekian banyaknya penelitian yang membahas mengenai pembajakan digital, penelitian dengan perspektif korban masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan perspektif lainnya. Tugas Karya Akhir ini memiliki tujuan untuk meneliti mengenai dampak dan respon yang dimiliki oleh korban pembajakan digital. Dengan menggunakan konsep victim cost, penulis berusaha memahami hal-hal yang dikorbankan oleh seorang content creator hingga kerugian apa yang harus ditanggung oleh mereka. Dilengkapi dengan konsep individual response yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana respon dan reaksi para content creator terhadap pembajakan digital yang dialaminya. Kedua konsep ini digunakan untuk membantah pemahaman umum yang mengatakan bahwa pembajakan digital merupakan kejahatan tanpa korban karena faktanya content creator mengalami kerugian tertentu.

ABSTRACT
Digital piracy has been considered as a common thing and commonly practiced in society. Apart from many studies that discuss digital piracy, research with a victim perspective is still less compared to other perspectives. The objective of this study is to examine the impact and response from victims of digital piracy. By using the concept of victim cost, author tries to understand things that are sacrificed by a content creator to what loss must be borne by them. Equipped with the concept of individual response that can be used to find out how their responses and reactions to digital piracy they experience. Both of these concepts are used to refute the general understanding that digital piracy is a victimless crime due to the fact that content creators suffer certain losses."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Nurlaily
"Catur pada beberapa tahun belakangan ini mengalami kebangkitan dalam wujudnya yang baru, yakni catur online. Melalui waktu-waktu sulit di masa pandemi, orang-orang menemukan kecintaannya pada catur melalui platform bermain online dan media sosial, di mana para pecatur profesional mulai tertarik untuk menjadi kreator konten dan menyajikan konten catur kepada masyarakat luas. Catur tidak pernah sepopuler ini sebelumnya, dan hal ini bisa jadi disebabkan oleh seorang guru catur internet, Levy Rozman, atau yang lebih dikenal sebagai Gotham Chess. Rozman menghasilkan pertumbuhan engagement yang masif pada Januari 2023 dengan membagikan konten video singkatnya pada YouTube shorts kanal Gotham Chess. Tulisan ini ingin mencari tahu bagaimana ia mengembangkan engagement secara pesat dengan menggunakan metode kualitatif analisis konten untuk menganalisis konten video singkat yang dibagikan oleh Gotham Chess pada Januari 2023. Menggunakan teori user engagement behavior dan media baru, tulisan ini menganalisis perilaku engagement pengguna konten YouTube shorts Gotham Chess. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya faktor-faktor yang berkontribusi dalam mendorong perilaku engagement pada konten video singkatnya, yakni: 1) frekuensi yang konsisten dan moderat, yakni sejumlah 30 video singkat dalam satu bulan, 2) jenis konten yang bervariasi, 3) penggunaan kalimat pembuka, hook, dan catchphrase, serta 4) penyebutan nama-nama besar selebritas catur. Meskipun demikian, tulisan ini terbatas pada faktor internalnya saja, sedangkan ada faktor-faktor di luar konten itu sendiri yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan perilaku engagement yang tentunya dapat dibahas di penelitian-penelitian selanjutnya.

Chess in recent years has been revived to its new form of online chess. Throughout the hard times of the pandemic, people found and rekindled their love of chess through online platforms and social media, where professional chess players were just getting started with their idea of creating chess content for the masses. Chess has never been more popular than it is today, thanks to the viral internet chess teacher, Levy Rozman, who is better known as his online persona, Gotham Chess. Rozman has found the way to generate massive engagement growth in January 2023 and this article seeks to know how by using methods of qualitative content analysis in order to analyze the short-form video contents of Gotham Chess in January 2023. Through the lenses of user engagement behavior and new media, this paper seeks to analyze the user engagement behavior on Gotham Chess’ YouTube shorts. The findings show a series of factors that contributed in boosting the engagements of his short-form video contents, namely: 1) consistent uploads with moderate frequency of 30 short-form videos per month, 2) a wide variety of content, 3) the use of intros, hooks, and catchphrases, and 4) mentions of big names and chess celebrities. However, this study is limited to the internal factors of a YouTube shorts content, while there are also other external factors to explore in the next studies to come that could contribute in generating user engagements for content creators in digital platforms."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hanna Rizkiva Subarkah
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan media sosial sebagai platform bagi pemasar untuk beriklan di era digital. Pada tahun ini sendiri, salah satu media sosial dengan minat penggunaan serta aktivitas komersil yang tinggi adalah TikTok. Dengan adanya platform yang menyediakan konten berupa video 15-120 detik tersebut menyebabkan banyaknya para pebisnis menggunakan TikTok sebagai lahan untuk mendapatkan kesuksesannya dengan cara endorse para Endorser Non-selebriti (content creator). Hal ini menambah fungsi TikTok yang awalnya untuk berbagi video atau audio visual, tetapi kini juga telah dipenuhi oleh postingan para creator yang mempromosikan endorsement mereka. Penggunaan strategi endorsement oleh non-selebriti yang dilakukan oleh pemasar telah memberikan dampak yang signifikan pada audiens. Keefektifan seorang endorser non-selebriti dapat dilihat dari karakteristik kredibilitas, daya tarik dan kekuatan yang menjadi sumber informasi. Akun TikTok milik Michele Alexander (@cheekykiddo) memiliki karakteristik yang memenuhi elemen-elemen tersebut, menunjukkan bahwa ia merupakan Endorser Non-Selebritis yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada khalayak. Efisiensi akun @cheekykiddo yang tinggi juga akan mempengaruhi sikap dan pembentukan asosiasi positif antara audiens dan merek iklannya. Michele Alex juga semakin populer di kalangan pemasar yang melihat adanya potensi dari creator tersebut.

This research is motivated by the widespread use of social media as a platform for marketers to advertise in the digital era. This year alone, one of the social media with a high interest in usage and commercial activity is TikTok. With a platform that provides content in the form of 15 to 120seconds video, many business people use TikTok as a land to gain success by endorsing non-celebrity Endorsers (content creators). This adds to TikTok's functionality that was originally for sharing video or audio visuals, but has now also been filled with posts by creators promoting their endorsements. The use of non-celebrity endorsement strategies by marketers has had a significant impact on audiences. The effectiveness of a non-celebrity endorser can be seen from the characteristics of credibility, attractiveness and power that are the source of information. Michele Alexander's TikTok account (@cheekykiddo) has characteristics that meet these elements, suggesting that she is a Non-Celebrity Endorser who is effective in delivering messages to the audience. The high efficiency @cheekykiddo accounts will also influence attitudes and the formation of positive associations between the audience and its advertising brands. Michele Alex is also increasingly popular among marketers who see the potential of the creator."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Syahrul Muhammad Ghiffari
"Era digital semakin berkembang pesat, ditandai dengan semakin banyak platform di internet guna menunjang aktivitas persebaran informasi. Web 2.0 sebagai bentuk inovasi baru di internet dengan tujuan memberikan keleluasaan bagi para pengguna untuk dapat berpartisipasi sebagai produsen maupun konsumen informasi di media digital melalui budaya partisipatoris. Keluaran dari fenomena tersebut ialah kehadiran content creator sebagai penyalur informasi baru di era Web 2.0 pada platform media sosial. Penelitian ini memadukan digital citizenship sebagai landasan etika dalam menjalankan budaya partisipatoris di dunia digital. Sehingga, peran warganet sebagai aktor budaya pengawasan diperlukan untuk menjaga batasan atau pelanggaran content creator yang berpotensi terjadi di dunia digital. Begitu pula bagi warganet sebagai bagian dari berjalannya budaya partisipatoris di media sosial. Penelitian ini berfokus untuk menganalisis budaya partisipatif content creator yang terbilang masih sangat bebas dengan disertai budaya pengawasan dari warganet agar tidak terjadi pelanggaran etika. Hasilnya, pengguna media sosial baik content creator maupun warganet memiliki kesadaran untuk menjaga etika di dunia digital. Namun, tak jarang ditemui ragam perilaku warganet lain yang melewati batas etika. Bentuk-bentuk budaya partisipatoris seperti afiliasi, ekspresi, pemecahan masalah kolaboratif, dan sirkulasi merupakan hasil implementasi yang dilakukan content creator. Sementara, warganet memiliki cara sendiri untuk menjalankan fungsi pengawasan persebaran konten di dunia digital melalui komentar.

The digital era is growing rapidly, marked by the increasing number of platforms on the internet to support information dissemination activities. Web 2.0 as a form of new innovation on the internet with the aim of providing freedom for users to be able to participate as producers and consumers of information in digital media through participatory culture. The output of this phenomenon is the presence of content creators as distributors of new information in the Web 2.0 era on social media platforms. This study combines digital citizenship as an ethical basis for implementing participatory culture in the digital world. Thus, the role of netizens as actors of supervisory culture is needed to maintain the boundaries or violations of content creators that have the potential to occur in the digital world. Likewise for netizens as part of the implementation of participatory culture on social media. This study focuses on analyzing the participatory culture of content creators which is still relatively free accompanied by a culture of supervision from netizens so that ethical violations do not occur. As a result, social media users, both content creators and netizens, have an awareness to maintain ethics in the digital world. However, it is not uncommon to find various other netizen behaviors that cross ethical boundaries. Forms of participatory culture such as affiliation, expression, collaborative problem solving, and circulation are the results of implementation carried out by content creators. Meanwhile, netizens have their own way to carry out the function of monitoring the distribution of content in the digital world through comments."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pandu Ardani Dhalymardha
"Penelitian ini menganalisis bagaimana implementasi dari strategi key opinion leader (KOL) marketing yang dilakukan oleh brand Evolene dalam menyampaikan produknya melalui kerja sama dengan Zharif, salah satu seorang publik figur yang berkecimpung sebagai content creator di media sosial Instagram. Memanfaatkan jenis teori komunikasi berupa two-step flow communication untuk menjabarkan secara spesifik bagaimana peran Zharif sebagai penghubung produk brand dengan khalayak. Menggunakan metode penelitian kualitatif berupa analisis konten dan studi kasus untuk memahami interaksi yang terjadi. Hasil temuan menunjukkan Zharif mampu membangun kredibilitas dia melalui personal branding-nya sebagai fitness influencer, dengan berbagai konten yang diunggah menciptakan komunikasi yang relevan dengan audiens-nya. Strategi KOL marketing efektif dalam meningkatkan asosiasi positif antara merek Evolene dengan Zharif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bagaimana pentingnya pemilihan pemimpin opini (key opinion leader) dalam mempromosikan produk sebuah brand yang harus sesuai, dimana nilai-nilai yang dianut selaras dengan visi-misi yang diinginkan oleh perusahaan brand dalam menciptakan rencana kampanye iklan yang efektif.

This research examines the implementation of key opinion leader (KOL) marketing strategies by Evolene in promoting its products through collaboration with Zharif, a public figure and content creator on Instagram. Using the two-step flow communication theory, the study explores Zharif's role as a mediator connecting the brand's products with its audience. A qualitative approach, including content analysis and a case study, is employed to understand the interactions involved. The findings demonstrate that Zharif effectively builds his credibility through personal branding as a fitness influencer, delivering relevant communication to his audience via various content formats. The KOL marketing strategy has proven to be effective in establishing a positive association between the Evolene brand and Zharif. This research concludes that selecting the right opinion leader is crucial in promoting a brand, ensuring alignment between the KOL's values and the brand's vision and mission to create a successful advertising campaign."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Rahman
"Berapa banyak dari kita yang pernah melihat kenalan atau orang-orang dekat disekitar, yang dengan percaya diri mendeklarasikan jasa bisnisnya, membuat design, layanan foto, videografi, event organizer, website bahkan membuat aplikasi mobile phone atau merekam lagu-lagu karyanya dan menyebut diri sebagai musisi. Dan ternyata dalam hitungan bulan, kita mendapati mereka..."
Yogyakarta: Bentang, 2017
658.5 ARI c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ivan Setiawan
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara leadership emergence dan kreativitas karyawan pada perusahaan event organizer dan content creator dengan menggunakan analisis jaringan sosial serta memberikan rekomendasi alternatif bagi industri untuk meningkatkan leadership emergence antara karyawan dan meningkatkan kreativitas karyawan untuk merespon terhadap perubahan. Penelitian ini dilakukan pada enam perusahaan yang termasuk kategori event organizer dan content creator dengan total jumlah responden sebanyak 73 orang. Untuk mengukur leadership emergence, penelitian ini menggunakan analisis jaringan sosial dengan melihat nilai kepadatan jaringan dan nilai centrality masing-masing perusahaan untuk mengidentifikasi aktor-aktor yang berpengaruh dalam proses leadership emergence. Pengukuran hubungan antara leadership emergence dan kreativitas karyawan dalam penelitian ini menggunakan nilai pearson correlation test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara leadership emergence dengan kreativitas karyawan pada perusahaan event organizer dan content creator serta jaringan kepemimpinan karyawan perusahaan event organizer dan content creator terdesentralisasi

The purpose of this study is to analyze the relationship between leadership emergence and employee creativity in event organizer and content creator companies using social network analysis and provide alternative recommendations for the industry to increase leadership emergence among employees and increase employee creativity to respond to change. This research was conducted on six companies that are included in the category of event organizers and content creators with a total number of 73 respondents. To measure leadership emergence, this study uses social network analysis by looking at the network density and centrality values ​​of each company to identify the influential actors in the leadership emergence process. Measurement of the relationship between leadership emergence and employee creativity in this study used the Pearson correlation test. The results show that there is a relationship between leadership emergence and employee creativity at event organizer and content creator companies, also employee’s leadership networks at event organizer and content creator companies are decentralized."
Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>