Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Affan Maulana Ghiffari
Abstrak :
Dalam lingkungan pekerjaan yang sangat dinamis dan penuh ketidakpastian, organisasi atau perusahaan membutuhkan sumber daya yang dapat diandalkan untuk dapat bertahan, bersaing dan berkembang. Salah satu bentuk sumber daya yang dapat digunakan adalah kreativitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan tidak langsung antara core self-evaluation (CSE) dengan kreativitas karyawan melalui peran mediasi motivasi intrinsik, serta melihat peran budaya organisasi pembelajaran dalam memoderasi hubungan antara motivasi intrinsik dengan kreativitas karyawan. Penelitian ini juga melihat hubungan tidak langsung antara CSE dengan kreativitas melalui motivasi intrinsik, yang dimoderasi oleh budaya organisasi pembelajaran pada hubungan antara motivasi intrinsik dengan kreativitas karyawan. Penelitian dilakukan terhadap 144 karyawan BUMD. Uji hipotesis menggunakan Hayes’ PROCESS Macro model 14 menunjukkan bahwa motivasi intrinsik memediasi hubungan antara CSE dengan kreativitas karyawan. Namun demikian, budaya organisasi pembelajaran tidak memoderasi hubungan antara motivasi intrinsik dengan kreativitas karyawan. Hasil juga menunjukkan bahwa hubungan tidak langsung antara CSE dengan kreativitas karyawan yang dimediasi oleh motivasi intrinsik, tidak dimoderasi oleh budaya organisasi pembelajaran pada hubungan antara motivasi intrinsik dan kreativitas karyawan. ......In highly dynamic and uncertain work environment, organizations or companies need reliable resources to survive, compete and develop. One form of resource that can be used is employee creativity. This study aimed at investigating the relationship between core self-evaluation (CSE) and employee creativity mediated by intrinsic motivation, and to see the role of organizational learning culture in moderating the relationship between intrinsic motivation and employee creativity. This study also looked at the indirect relationship between CSE and employee creativity through intrinsic motivation, which is moderated by organizational learning culture on the relationship between intrinsic motivation and employee creativity. The study was conducted on 144 BUMD employees. Hypothesis testing using the moderated-mediation Hayes' PROCESS Macro model 14 shows that intrinsic motivation mediates the relationship between CSE and employee creativity. However, organizational learning culture does not moderate the relationship between intrinsic motivation and employee creativity. The results also show that the indirect relationship between CSE and employee creativity mediated by intrinsic motivation, not moderated by organizational learning culture on the relationship between intrinsic motivation and employee creativity.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ellen
Abstrak :
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk meneliti peran evaluasi diri inti sebagai mediator dalam hubungan antara kesadaran penuh dan keseimbangan pekerjaan-keluarga. Tingkat kebutuhan dan biaya hidup yang tinggi di kota-kota besar menuntut istri untuk bekerja guna membantu suami dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, ibu yang bekerja seringkali merasa sulit untuk menyeimbangkan antara perannya sebagai ibu di keluarga dan perannya di dalam pekerjaan. Responden dalam penelitian ini adalah 305 ibu bekerja waktu penuh 40 jam/minggu yang minimal memiliki 1 anak berusia di bawah atau sampai dengan enam tahun le; 6 tahun di Jabodetabek. Hasil perhitungan analisis korelasi dan uji mediasi model sederhana Hayes 2013 menunjukkan bahwa 1 terdapat hubungan antara kesadaran penuh dan keseimbangan pekerjaan-keluarga r = 0.33, p = 0.000, p. ......This research is a correlational research which aim to investigate the role of core self evaluation as a mediator in the relationship between trait mindfulness and working family balance. High need and cost of living in urban areas demanding wife to participate in working to help her husbands to meet their needs. However, a working mother often find it difficult to balance between her role as a mother in the family and her role in the job. Respondents in this study were 305 full time working mothers 40 hours week who had at least 1 child and aged under or up to six years old le 6 years old in Jabodetabek. The results of the calculation of correlational analysis and simple mediation model show that 1 there is the effect of trait mindfulness on work family balance r 0.33, p 0.000, p
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andini Nabilah Sari
Abstrak :

Perubahan sistem belajar menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memberi dampak kepada guru secara personal, terkhusus bagaimana guru menilai seberapa layak dan mampu dirinya menjalankan perannya secara efektif. Maka dari itu, perlu adanya identifikasi karakteristik yang ada di dalam diri guru untuk meningkatkan performanya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran core self-evaluation dalam memprediksi efektivitas guru di masa pembelajaran jarak jauh. Partisipan penelitian ini adalah 172 guru SMA di Jabodetabek yang sedang mengajar secara jarak jauh. Hasil analisis menunjukkan core self-evaluation secara signifikan berperan pada varians dari efektivitas guru, F(172) = 6.825, p<0.05,  R²= 0.039,  R² Adjusted= 0.033. Hasil analisis linear berganda mengetahui bahwa self-esteem dan generalized self-efficacy memiliki kontribusi yang positif dan signifikan sementara emotional stability dan locus of control yang dimiliki oleh guru tidak memiliki kontribusi terhadap efektivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa core self-evaluation merupakan karakteristik yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas guru. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan core self-evaluation dengan mempertimbangkan adanya faktor lain yang memperkuat hubungan kedua variabel untuk menunjang efektivitas guru. ......The change in the learning system to Distance Learning (PJJ) has an impact on the teacher personally, especially how the teacher assesses how worthy and able he is to carry out his role effectively. Therefore, it is necessary to identify the characteristics that exist within the teacher to improve his performance to the maximum. This study aims to examine the role of core self-evaluation in predicting teacher effectiveness in distance learning. The participants of this study were 172 high school teachers in Jabodetabek who were teaching remotely. The results of the analysis showed that core self-evaluation significantly contributed to the variance of teacher effectiveness, F(172) = 6.825, p<0.05, R²= 0.039, R² Adjusted= 0.033. The results of multiple linear analysis found that self-esteem and generalized self-efficacy had a positive and significant contribution while emotional stability and locus of control did not have any contribution. The results showed that core self-evaluation is a necessary characteristic to increase teacher effectiveness. The implication of this research is the need to increase core self-evaluation by considering other factors that strengthen the relationship between the two variables to support teacher effectiveness.

Depok: Fakultas Psikologi Univeraitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alia Shinta Dewi
Abstrak :
Teori Konstruksi Karir pada dasarnya menjelaskan bagaimana calling pada karyawan dapat terbentuk melalui proses adaptasi. Melalui penelitian ini, peneliti hendak menunjukkan bagaimana faktor individu, khususnya trait memiliki peran penting dalam mempengaruhi penemuan calling, juga peneliti ingin menunjukkan bahwa faktor situasional seperti gaya kepemimpinan turut berperan dalam memperkuat faktor individu dalam menemukan calling. Pada penelitian ini partisipan diperoleh melalui teknik sampling convenience dan partisipan merupakan karyawan yang bekerja dalam sebuah perusahaan consumer goods dengan masa kerja minimal 1 tahun (N=145). Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan teknik Moderated Multiple Regression melalui program IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian ini berkontribusi untuk menjelaskan mekanisme penemuan calling menggunakan teori konstruksi karir secara pararel, dimana core self-evaluation sebagai bentuk kesiapan individu menghadapi perubahan dapat mempengaruhi calling secara langsung. Selain itu, individu yang merespon perubahan dengan perilaku proaktif seperti job crafting juga dapat menemukan calling mereka secara langsung. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dalam proses adaptasi individu, keterlibatan pemimpin yang transformasional juga mengambil bagian dalam upaya memperkuat hubungan antara core self-evaluation, job crafting dengan calling. ......Career Construction Theory (CCT) explains how employee’s calling can be discovered through an adaptation process. Through this study, we aims to prove how individual factors especially traits have an important role in affecting the discovery of calling, as well we wants to investigate the situation factor such as leadership style were play a role in support individuals to find their calling on work. In this study, participants were set using a convenience sampling technique. Participants were employees from a consumer goods company with minimum 1 year of working experience. Data were analyzed using the Moderated Multiple Regression technique on the IBM SPSS version 26 programme. The results of this study contribute to proving the calling discovery mechanism using CCT but in a pararel way, where core self-evaluation as a form of individual readiness can directly affect calling on employee. In addition, individual who did a job crafting as a response to adaptation can also find their calling directly. Moreover, the results of this study shows in the adaptation process, the involvement of transformational leaders also takes part in strengthening the relationship between core self-evaluation, job crafting and calling.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Muhammad Faisal
Abstrak :
Work engagement merupakan kondisi pikiran yang memuaskan, positif, dan berkaitan dengan seluruh bentuk pekerjaan yang menantang. Hal tersebut mendeskripsikan kemampuan pegawai dalam membawakan kapasitas penuhnya terhadap pemecahan permasalahan, melakukan pengembangan layanan inovatif manajemen yang membentuk perbedaan, berhubungan dengan orang-orang, serta respon pegawai pada struktur organisasi, kebijakan, dan praktik yang mempengaruhi potensinya agar terikat dimana hal tersebut bergantung pada proactive personality, core self evaluation dan entrepreneur resilience. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis pengaruh proactive personality dan core self evaluation terhadap work engagement dimediasi entrepreneurial resilience pada perusahaan Start-Up di Jabodetabek. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 250 responden dengan 45 pernyataan. Tehnik analisis data yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan software LISREL 8.0. Hasil penelitian menunjukkan proactive personality memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap work engagement, core self evaluation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement, proactive personality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial resilience, core self evaluation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial resilience, entrepreneurial resilience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement, proactive personality memiliki pengaruh positif terhadap work engagement dimediasi entrepreneurial resilience dan signifikan, dan core self evaluation memiliki pengaruh positif terhadap work engagement dimediasi entrepreneurial resilience ......Work engagement is a state of mind that is satisfying, positive, and associated with all forms of challenging work. It describes the ability of employees to bring their full capacity to problem solving, develop innovative management services that make a difference, relate to people, and employee responses to organizational structures, policies, and practices that affect their potential to be engaged where this depends on being proactive personality, core self-evaluation and entrepreneur resilience. The purpose of this study is to examine and analyze the effect of proactive personality and core self-evaluation on work engagement mediated by entrepreneurial resilience in Start-Up companies in Greater Jakarta. Data were obtained by distributing questionnaires to 250 respondents with 45 statements. The data analysis technique used is structural equation modelling (SEM) using LISREL 8.0 software. The results showed that proactive personality has a positive but insignificant effect on work engagement, core self-evaluation has a positive and significant effect on work engagement, proactive personality has a positive and significant effect on entrepreneurial resilience, core self-evaluation has a positive and significant effect on entrepreneurial resilience, entrepreneurial resilience has a positive and significant effect on work engagement, proactive personality has a positive effect on work engagement mediated entrepreneurial resilience but insignificant, and core self-evaluation has a positive effect on work engagement mediated entrepreneurial resilience
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nungky Karina Putri
Abstrak :
Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa adaptabilitas karier merupakan faktor yang menentukan keberhasilan mahasiswa strata 1 (S-1) dari Provinsi Papua dan Papua Barat dalam menyelesaikan pendidikannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan sosial yang dirasakan dari orang tua, teman dan dosen terhadap adaptabilitas karier melalui core self-evaluation pada mahasiswa S-1 dari Provinsi Papua dan Papua Barat. Responden penelitian adalah 176 mahasiswa S-1 dari Provinsi Papua dan Papua Barat yang menempuh pendidikan di beberapa wilayah di Indonesia, baik perguruan tinggi atau swasta. Instrumen yang digunakan meliputi tiga macam skala yaitu Social Provision Scale, Core Self-Evaluation Scale dan Career Adapt-abilities Scale yang disebarkan dalam jaringan (online). Pengolahan data menggunakan macro PROCESS dari Hayes. Hasil uji menunjukkan bahwa core self-evaluation memediasi sebagian pengaruh dukungan dari orang tua (ab = 0,1105, p < 0,05), teman (ab = 0,1142, p < 0,05) dan dosen (ab = 0,1390, p < 0,05) terhadap adaptabilitas karier mahasiswa S-1 dari Provinsi Papua dan Papua Barat. Selanjutnya implikasi, limitasi dan saran untuk penelitian akan didiskusikan. ......The phenomenon in the field shows that career adaptability is a factor that determines the success of undergraduate students from Papua and West Papua Provinces in completing their education. Therefore, this study aims to examine the effect of perceived social support from parents, friends and lecturers on career adaptability through core self-evaluation among undergraduate students from Papua and West Papua Province. Research respondents were 176 undergraduate students from Papua and West Papua Province who studied in several regions in Indonesia, either public or private universities. The instruments used include three different scales, namely the Social Provision Scale, the Core Self-Evaluation Scale and the Career Adapt-abilities Scale. All scale are distributed online. Data processing uses the PROCESS macro from Hayes. The test results showed that the core self-evaluation partially mediated the influence of perceived social support form parents (ab = 0.1105, p <0.05), friends (ab = 0.1142, p <0.05) and lecturers (ab = 0.1390, p <0.05) on the career adaptability among undergraduate students from Papua and Papua Barat Provinces. Further implications, limitations and suggestions for research are discussed.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aviva Lutfiana
Abstrak :
Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) menjadi salah satu program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang paling diminati mahasiswa karena dapat membekali keterampilan nyata dunia kerja dengan konversi maksimal 20 SKS. Selain memberikan manfaat bagi mahasiswa, program tersebut juga memberikan tantangan baru bagi mereka. Mahasiswa dinilai membutuhkan kemampuan adaptabilitas karier agar dapat mengoptimalkan performanya dalam program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran core self-evaluation dan kepribadian proaktif dalam memediasi hubungan dukungan sosial dengan adaptabilitas karier pada mahasiswa yang sedang menjalani program MSIB. Partisipan penelitian ini terdiri atas 175 orang mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani program MSIB. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Career Adapt-Abilities Sca le International Form (CAAS-IF), Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS), Core Self-Evaluation Scale (CSES), dan Proactive Personality Scale (PPS), yang sudah diadaptasi dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia serta dimodifikasi sesuai dengan konteks penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa core self-evaluation dan kepribadian proaktif memediasi secara parsial hubungan antara dukungan sosial dan adaptabilitas karier mahasiswa yang sedang menjalani program MSIB. Semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh mahasiswa, maka akan semakin meningkatkan core self-evaluation dan kepribadian proaktifnya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan adaptabilitas kariernya. Di sisi lain, dukungan sosial sendiri dapat memengaruhi adaptabilitas karier secara langsung, yaitu semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh mahasiswa, maka akan semakin meningkatkan kemampuan adaptabilitas kariernya. ......Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) program is one of the Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) programs that most in demand by undergraduate students, because it can equip students with real skills needed by the world of work with maximum 20 credits conversion. Despite of the benefits, this program provides new challenges for them. Students are considered need career adaptability to optimize their performance in the program. In order to develop these abilities, social support, core self-evaluation, and proactive personality are factors that play an important role for students. This study aims to determine the role of core self-evaluation and proactive personality in establishing the relationship between social support and career adaptability in students who are undergoing the MSIB program. The participants of this study consisted of 175 Indonesian students who were undergoing the MSIB program. The instrument used in this study are the Career Adapt-Abilities Scale International Form (CAAS-IF), Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS), Core Self-Evaluation Scale (CSES), and Proactive Personality Scale (PPS), which have been adapted and translated into Indonesian and modified according to the research context. The results showed that core self-evaluation and proactive personality partially mediated the relationship between social support and career adaptability of students undergoing the MSIB program. The higher the social support obtained by students, the more they will increase their core self-evaluation and proactive personality, which in turn will increase their career adaptability.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library