Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
Dewitz, Sandra Donaldson
New York: McGraw-Hill, 1996
003 DEW s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Mochamad Ashari
Surabaya: ITS Press, 2015
621.313 MOC d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rinaldy Dalimi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Dwi Prasetyo Budi Utomo
"Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sistem informasi Persediaan pada Perusahaan Dagang. Persediaan merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan bisnis dan ketersediaan nya tidak dapat dihindari. Dengan adanya persediaan, maka perusahaan dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan tepat waktu. Pengendalian sistem persediaan dengan tepat akan memudahkan perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional dan menjaga kelancaran siklus operasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Framework for the Application of System Thinking (FAST) dan Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, and Services (PIECES). Penyediaan informasi data khususnya antara cabang serta kantor pusat dan gudang tidak dapat dilakukan secara cepat, tepat (real-time) dan efisien karena sistem penulisan produk dan pemasukan data produk masih dilakukan secara manual ke sistem. Kondisi ini berdampak pada pengambilan keputusan yang kurang baik, dan jumlah karyawan yang relatif tinggi. Hasil analisis dan perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan adalah PT P dapat mengintegrasikan kegiatan pelaporan persediaan yang berada pada Divisi Pengadaan, Divisi Distribusi dan Divisi Keuangan & Anggaran dengan seluruh cabang yaitu dengan cara memakai perancangan sistem baru berbasiskan database supaya pengelolaan persediaan antar cabang saling update satu sama lain. Selain itu diharapkan perancangan yang baru ini dapat diketahui data-data yang diperlukan mengenai pembelian persediaan, perpindahan persediaan, data supplier, kadaluarsa persediaan, tanggal penyimpanan, ketersediaan persediaan, kondisi kelayakan, hingga tanggal pengiriman dan tujuan pengiriman yang semuanya akan disimpan pada database induk persediaan, dengan pengelolaan database yang baik akan didapatkan hasil report yang diinginkan. kemudian dikarenakan sistem ini sudah terintegrasi maka data yang diperlukan oleh kantor pusat tidak perlu dimasukkan ulang secara manual lagi seperti yang dilakukan oleh kantor cabang selama ini.
The purpose of this research is to develop inventory information system in Trading Company. Inventory is one of the important factors in business activities and availability is inevitable. With the availability, the company can meet customer demand in a timely manner. Proper control of the inventory system will make it easier for the company to carry out operational activities and maintain the smooth operation cycle of the company. This research uses Framework for the Application of System Thinking (FAST) and Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, and Services (PIECES) methods. The provision of data information, especially between branches and head offices and warehouses, cannot be done quickly, precisely (real-time) and efficiently because the product writing system and product data entry are still done manually to the system. This condition has an impact on poor decision making, and a relatively high number of employees. The result of analysis and design of Inventory Management Information System is that PT P can integrate inventory reporting activities located in the procurement division, distribution division and finance &budget division with all branches by using the design of a new database-based system so that inventory management between branches is updated with each other. In addition, it is expected that the new design can be known the necessary data on inventory purchases, inventory transfer, supplier data, inventory expiration, storage date, inventory availability, eligibility conditions, up to the delivery date and delivery destination which will all be stored in the inventory parent database, with good database management will be obtained the desired report results. then because this system has been integrated, the data required by the head office does not need to be manually re-entered again as done by the branch office so far."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sudikse Inggrid Natalia
"Pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia dan menyebabkan banyak kerugian di berbagai sektor industri terutama industri farmasi. Kemampuan beradaptasi dan bertahan selama pandemi ini sangat dibutuhkan khususnya pada industri farmasi yang memegang peran penting dalam menyokong kesehatan di Indonesia. Hal tersebut menimbulkan banyak keresahan, ketakutan dan keraguan industri farmasi menghadapi ketidakpastian yang dimana di dalam perusahaan tentu akan menyangkut kehidupan banyak karyawan, maka dari itu sebuah sistem perusahaan yang diharapkan dapat membantu perusahaan bertahan selama masa pandemi. Berangkat dari keresahan itulah tulisan ini akan menghasilkan rancangan sistem yang dapat membantu perusahaan termasuk seluruh karyawan untuk dapat bertahan selama masa pandemi dengan perpaduan manajemen perubahan dan manajemen krisis, dimana strategi manajemen perubahan yang kemudian bisa dijadikan dasar untuk memastikan implementasi dari rancangan sistem bisa terlaksana dengan baik. Hasil yang didapatkan melalui tulisan ini adalah rancangan sistem perusahaan seperti rancangan manajemen dengan manajemen perubahan, pembentukan tim perubahan, prosedur yang digunakan sebagai pemandu perusahaan selama menghadapi pandemi COVID-19.
The Covid-19 pandemic spread worldwide and caused many losses in various industrial sectors, especially the pharmaceutical industry. The ability to adapt and survive during this pandemic is needed, especially in the pharmaceutical industry, which plays an important role in supporting health in Indonesia. This raises a lot of anxiety, fear, and doubt in the pharmaceutical industry is facing uncertainty. The company will certainly involve many employees' lives. Therefore a company system is expected to help the company survive during a pandemic. Departing from this concern, this paper will produce a system design that can help companies including all employees to survive during the pandemic with a combination of change management and crisis management, where a change management strategy can be used as the basic for ensuring the implementation of the system design can be carried out properly. The results obtained through this paper are the design of a company system such as a management plan with change management, the formation of a change team, the procedures used as a company guide during the COVID-19 pandemic."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Anandra Emyr Abdulkadir
"Penangkapan berlebih pada ikan telah menjadi salah satu penyebab terbesar penurunan kehidupan laut global. Australia, yang dikelilingi oleh Samudra Pasifik dan Samudera Hindia, telah mencoba mengatasi penangkapan ikan berlebihan menggunakan sistem Catch-share yang disebut quota-managed fisheries. Sistem Catch-share adalah sistem penangkapan ikan yang memungkinkan nelayan untuk membeli saham di lokasi tertentu, saham ini kemudian memungkinkan mereka untuk menangkap ikan dalam jumlah tertentu setiap hari. Namun dalam pelaksanaannya banyak proses yang menggunakan dokumen manual, sehingga menyebabkan inefisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengelola dan mengurangi overfishing di Queensland melalui perancangan aplikasi Catch-Share System. Studi literatur dilakukan untuk menentukan sistem Catch-share sekarang, yang digunakan sebagai dasar perancangan sistem untuk memvisualisasikan sistem yang akan digunakan pada aplikasi tersebut, kemudian digunakan metode sprint untuk melakukan prototyping, yang melibatkan 5 wawancara pengguna yang komprehensif. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi sistem Catch-share yang komprehensif & teruji, yang dapat digunakan oleh nelayan komersial dan rekreasional.
Overfishing has been one of the biggest causes of the decrease of global sea life. Australia, being surrounded by the pacific and the Indian ocean, has tried to tackle overfishing using a catch-share system called quota-managed fisheries. Catch-share system is a fishing system which allows fishers to buy shares in a specific location, these shares then allows them to fish a specific amount of fish each day. However, in its execution, many of its processes are still using manual paperwork, causing inefficiency. Not to mention, recreational fishers are not subjected to the leading to the system, causing many illegal and unregulated fishing. This research aims to manage and reduce overfishing in Queensland through Catch-Share System application design. The literature study was conducted to determine the current catch-share system, which was used as the basis of a system design to visualize the system that would be used in the application. Then, the sprint method was used to conduct the prototyping, which involves 5 comprehensive user interviews. The final result of this research was a comprehensive & user-tested catch-share system application that can be used by both commercial and recreational fishers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alme Wirdiani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada kegiatan pengadaan melalui penyedia dan memberikan solusi dengan merancang sistem terintegrasi untuk memonitor pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Instansi XXX. Instansi XXX merupakan instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Instansi XXX mengikuti tata cara dan alur yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan pengadaan dalam Peraturan Presiden No.16 Tahun 2018. Pada penelitian ini, penulis membagi kegiatan penelitian menjadi dua tahap, yaitu identifikasi masalah menggunakan PIECES Framework berdasarkan hasil wawancara dan perancangan sistem menggunakan metode FAST (Bentley, 2007). Hasil analisis masalah adalah terdapat enam permasalahan kegiatan pengadaan pada Instansi XXX, yaitu ketidakjelasan batasan tugas/akses, ketidaktepatan waktu, ketidaktepatan spesifikasi, pembayaran tidak tepat, kurang termonitor proses dan banyaknya pengadaan pada waktu bersamaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, selanjutnya dikembangkan sistem monitoring pengadaan terintegrasi dengan menggunakan metode FAST. Pendekatan perancangan sistem menggunakan end-user development, yaitu aplikasi berbasis komputer yang dapat digunakan oleh user untuk mengembangkan aplikasi sendiri (Romney, 2018). Hasil dari perancangan sistem adalah adanya sistem yang dapat digunakan pelaku pengadaan untuk memonitor setiap proses kegiatan pengadaan barang/jasa di Instansi XXX. Berdasarkan hasil analisis masalah dan sistem yang telah dirancang, sebagian permasalahan pada kegiatan pengadaan di Instansi XXX telah dapat diselesaikan.
This study aims to identify problems in procurement activities through providers and provide solutions by designing an an integrated system to monitor the implementation of the procurement process at XXX Institute. XXX Institute under the authority of Government that services in education and training. XXX institute follows the procedures and rules set by the government to achieve the procurement objectives in Presidential Regulation No. 16 Tahun 2018. In this study, the authors divided research activities into two stages consist of problem identification using the PIECES Framework based on interview results and designing the system using the FAST method (Bentley, 2007). The results of the problem analysis, there are six problems that occur in procurement activities consist of unclear assignment or access restrictions, inaccurate time, inaccurate specifications, inaccurate payments, the processes is not monitored and the load of procurements request which will then be analyzed by the PIECES Framework. Based on these problems, an integrated procurement monitoring system was developed using the FAST method. The system design approach uses end-user development, which is a computer-based application that can be used by users to develop their own applications (Romney, 2018). The result of the system design is a system that can be used by procurement parties to monitor every process of the procurement at XXX Institute. Based on the resultes of the problem analysis and the system that has been designed, some of the problems found in procurement activities at XXX Institute have been resolved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Harmon, Paul
Waltham, MA: Elsevier Saunders, 2014
658.406 HAR b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Lyana Indah Wijayanti
"Program Pengendalian Infeksi (PPI) merupakan suatu upaya pada fasilitas kesehatan untuk mengurangi penyebaran infeksi. Di RSCM Kencana selama ini telah dilakukan program pengendalian infeksi ini, salah satunya melalui audit monitoring hand hygiene para petugasnya namun masih menggunakan sistem paper-based sehingga memiliki banyak keterbatasan. Di zaman sekarang, teknologi informasi digital semakin berkembang, salah satunya di dunia kesehatan. Teknologi ini berpotensi dalam memfilter dan mengolah data menjadi sebuah informasi, kemudian disimpan dalam sebuah database sehingga dapat menyimpan informasi dalam jumlah yang lebih banyak. Penelitian ini bertujuan memberikan rancangan suatu aplikasi digital agar memudahkan proses pengambilan data audit hand hygiene pada perawat IPCN dan Link di area Unit RSCM Kencana dengan perancangan desain aplikasi menggunakan DFD (Data Flow Diagram) level nol dan level satu. Adapun teori dalam perancangan ini menggunakan metode waterfall dengan variabel investigasi sistem, analisis sistem, desain sistem dan implementasi sistem. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam mengaudit kebersihan cuci tangan menggunakan aplikasi android-based sehingga dapat memudahkan dalam menghasilkan data dan informasi sebagai bahan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan nantinya.
The Infection Control Program is an effort on health facilities to reduce the spread of infection. During the RSCM Kencana program, this infection control program has been carried out, one of which is through the monitoring of hand hygiene audits of its officers but still using paper-based systems so that it has many limitations. Today, digital information technology is growing, one of them in the world of health. This technology has the potential to filter and process data into information, then stored in a database so that it can store more information. This study aims to provide a design for a digital application to facilitate the hand hygiene audit data collection process for IPCN nurses and links in the RSCM Kencana Unit area with the design of application designs using zero level and one level DFD (Data Flow Diagrams). The theory in this design uses the waterfall method with variable system investigation, system analysis, system design and system implementation. The results of this study are expected to provide convenience to users in auditing hand washing hygiene using an android-based application so that it can facilitate the production of data and information as consideration in the decision making process."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T54324
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Clarinta Pramudya Afiefah
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi terhadap proses pengembangan tiga sistem baru yang digunakan sebagai automasi dan efisiensi beberapa alur kerja Accounting Operations Division pada PT White, yang bergerak dalam industri fast moving consumer goods (FMCG) dengan fokus produksi makanan dan minuman di Indonesia. Evaluasi dilakukan dengan melihat kesesuaian antara praktik pengembangan sistem dalam PT White dengan salah satu teori selaku kerangka evaluasi mengenai pengembangan sistem, yakni systems development life cycle (SDLC). Cakupan pembahasan dalam laporan ini termasuk evaluasi terhadap tahapan proses pengembangan sistem yang dijalankan PT White, mulai dari perencanaan hingga implementasi, serta rekomendasi yang dapat dijalankan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengembangan sistem. Berdasarkan evaluasi, meskipun PT White telah menjalankan mayoritas dari aktivitas yang ada pada teori SDLC, terdapat dua aspek yang masih dapat ditingkatkan PT White guna menjalankan proses pengembangan sistem yang efektif dan efisien. Kedua aspek tersebut yaitu dokumentasi pekerjaan dan kegiatan selama proyek berjalan, serta perihal waktu yang dibutuhkan dalam mengembangkan sistem. Terdapat tiga rekomendasi yang dapat dilaksanakan PT White untuk kedua aspek tersebut, yaitu implementasi Gantt Chart, pembuatan dokumentasi pengerjaan proyek, serta dokumentasi operasi.
This internship report discusses about the evaluation of the development of three new systems that will be used for automating and increase the number of workflows’ efficiency in the Accounting Operations Division at PT White, which operates in the fast moving consumer goods (FMCG) industry in Indonesia, with the production focus on food and beverages. The evaluation was done by comparing the actual practice of systems development in PT White with one of the systems development theories, namely the systems development life cycle (SDLC). The scope of the discussion in this report includes the evaluation of the systems development process carried out by PT White, starting from the planning to the implementation, as well as recommendations that can be implemented by the company to increase efficiency and effectiveness of the systems development process. Based on the evaluation, although PT White has done most of the relevant activities listed in the SDLC theory, there are two aspects that can still be improved by PT White to carry out an even more effective systems development process. The two aspects are as follows: work and activities documentation while the project is worked upon, as well as the time needed in developing a system. There are three recommendations that can be implemented by PT White to improve the mentioned two aspects, namely Gantt Chart implementation, creation of project documentation, and creation of operational documentation"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library