Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
MacGregor, James G.
Upper Saddle River, N.J.: Prentice-Hall, 2005
624.183 MAC r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Damba Afnendar Arif
"Kekaguman akan keindahan karya arsitektural mungkin pernah dirasakan oleh setiap orang. Karya indah yang dikagumi tersebut tentunya tidak hadir begitu saja tanpa sebab. Di balik karya yang indah tersebut pasti memiliki proses atau tahapan yang cukup panjang hingga lahirlah karya seindah itu. Semua karya-karya bangunan yang berdiri di bumi ini pun pasti memiliki proses ?di atas kertas? sebelum keterbangunannya. Proses di atas kertas tersebut mungkin lebih akrab kita kenal dengan proses desain atau proses perancangan.
Dalam proses mendesain ada beberapa aspek yang membuat karya rancangan kita memiliki nilai keindahan atau kenyamanan visual menjadi baik, yaitu bentuk dan warna. Aspek bentuk mungkin sudah tidak terasa asing lagi bagi para arsitek, karena pada tahap desain, keterlibatan aspek ini memiliki porsi yang cukup dominan. Namun untuk aspek warna, kebanyakan arsitek dalam proses merancang sebuah karya arsitektur tidak pernah menyertakan warna dalam gagasan awalnya. Apa yang lebih dipikirkan dan dipersepsikan oleh para arsitek dalam benaknya adalah benda-benda kasatmata imajiner hitam-putih. Warna baru muncul hanya setelah karyanya hampir selesai dibangun atau paling awal setelah proses desain telah mendekati tahap akhir.
Apakah benar arsitek memperlakukan warna hanya sebagai finishing? Sebenarnya bagaimana proses pewarnaan yang dilakukan oleh para arsitek? Mereka mulai melibatkan warna pada fase kapan? Dan apakah warna yang dituangkan pada saat ?diatas kertas? merupakan warna yang akan direalisasikan nantinya ataukah hanya warna untuk menghias dan mempercantik penyajian atau presentasi saja? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut penulis melakukan beberapa kajian literatur dan menelusuri proses pewarnaan yang dilakukan oleh arsitek. Penelusuran dilakukan dengan mengamati dokumentasidokumentasi proses pewarnaan para arsitek dari dua periode yaitu periode black&white, ketika teknologi warna belum berkembang dan periode color. Dan dari pengamatan yang dilakukan memang pada umumnya arsitek melibatkan warna pada proses desain mendekati tahap akhir. Dan dari hasil rancangan arsitek yang telah terbangun, ternyata terlihat kesinambungan antara warna bangunan 'di atas kertas' dengan warna bangunan 'di lapangan'.

Admiration upon architectural aesthetic might have been experienced by every human being. Without any doubt there are indispensable rationales behind its existence, fashioned through process or extensive phases. Every architectural works positioned within this earth has acknowledged courses of actions even before it was born. This on-paper process is what we regularly called as planning or design process.
Design process has numerous aspects which persuade our design aesthetically, being visually contented. That concludes forms and colors. Form aspect might not sound odd to architectural society for its subsistence has quite dominant percentages within design process. Unlike form aspect, color aspect is dacommonly neglected in early stages of design process. What lies beneath architects? perceptions and ideas are typically delimited amid imaginary monochrome figures. Color mostly steps in after the completion of its construction or fortuitously discussed at the establishment of design process late stages.
Is it verity that every architect treats color as merely finishing statement? How is it essentially the coloring procedures done by architects? On what period do they engage color towards their design? And is color?in which exposed hypothetically?truthfully functions during realization process or operates plainly as ornaments and presentational enrichments? To answer those questions, the author have done some analysis from several literature to trace the coloring process by architects. The tracing was commited by observing some documentation process of architect?s coloring in two different periode which is the black and white period where coloring technology has not yet been developed and the color period. From the observation, it was generally understood that architect will involve the coloring technique when the design process was almost reach their final phase. And it will clearly seen the connection between the color of 'the building on top of the paper' and of 'the building on the site.'
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S48447
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ullman, David G., 1944-
Boston: McGraw-Hill, 2010
621.8 ULL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gian Yunfika Rahmi
"Kualitas suatu produk sangat penting dalam dunia industri. Karena itu setiap proses produksi di dalamnya harus dapat menghasilkan produk yang memiliki kualifikasi sesuai dengan permintaan pelanggan. Metoda Design For Assembly yang dapat digunakan selain untuk menekan biaya produksi juga dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk, dan mempermudah proses produksi. Begitu juga dengan metode Quality For Deployment yang akan mengantarkan kita pada tingkat kepentingan permintaan pelangan yang dapt memudahkan analisa DFA.
Kombinasi kedua metode tersebut dapat menghasilkan rancangan cetakan yang tidak hanya mudah dibuat, tapi juga memepermudah proses pembuatan produk dan menghasilkan produk yang sesuai dengan kualifikasi pelanggan. Walaupun waktu proses manufaktur naik selama 18,5 jam atau sebesar 8,85% tetapi untuk proses perakitan berkurang sebesar 11,28 jam atau 74,53%. Sehingga secara keseluruhan waktu proses rancangan baru bertambah 6.8 jam dari proses sebelumnya atau hanya sebesar 3.03 % dengan kualitas produk yang diharapkan memenuhi kualifikasi pelanggan.

The quality of product is important in industrial. Therefore, each process of production should be able to make qualification of product suitable with costumer requirement. Design For Assembly method can be used to reduce production costs, repair and improve product quality, and facilitate production process of manufacturing product. Quality For Deployment method take us on a level of importance customer requirements will facilitate for DFA analysis.
The result by combination of both methods not only make easiness production design of mold, but also easier manufacturing process of product and produce the products according to costumer qualifications. Although the manufacturing process up for 18.5 hours or by 8.85% but for the assembly process was reduced by 11.28 hours or 74.53%. Overall the new design increases the processing time 6.8 hours from the previous process or only 3,03% with expectation the quality products are meet costumer qualifications.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1858
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hendri Dwi Saptioratri Budiono
"Estimasi biaya produk manufaktur pada early phase of design process berguna dalam mempercepat waktu produk ke pasar, mengurangi biaya, dan meningkatkan kualitas untuk menghasilkan produk dengan tingkat daya saing yang tinggi di pasar bebas. Model estimasi biaya yang saat ini ada masih mendasarkan perhitungannya pada suatu disain yang sudah diputuskan sehingga sulit untuk diterapkan pada tahap awal proses design karena minimnya informasi.
Kecepatan dan keakurasian perkiraan biaya didapat dengan terlebih dahulu dikembangkan persamaan umum untuk menghitung besar kompleksitas proses pemesinan, ypcx = a*ln(xvol)+b dan persamaan umum untuk menghitung waktu pemesinan, ytime = c*{a*ln(xvol)+b}+d yang didasarkan atas feature produk yang bervariasi. Besar biaya didapat dengan memanfaatkan waktu pemesinan yang didapat untuk menghitung biaya langsung dan biaya tak langsung dari suatu produk. Hasil implementasi model pada rancangan produk SPMF menghasilkan perbedaan waktu pemesinan total sebesar 28,9 menit, sedangkan perhitungan Siemens-Nx menghasilkan total waktu pemesinan sebesar 25,9 menit atau turun (berbeda) sebesar 10%.
Hasil uji klarifikasi terhadap perkiraan harga dari beberapa industri pemesinan memperlihatkan bahwa model dapat menghasilkan perkiraan harga dibawah perkiraan terendah yang dilakukan oleh industri sebesar 6%. Selain uji klarifikasi juga menghasilkan suatu template struktur biaya yang akan memudahkan industri dalam melaksanakan proses estimasi biaya.

Product manufacturing cost estimation in the early stages of the design process is useful for accelerating product time to market, reducing costs, and increasing quality in order to obtain products with high level of competitiveness in the free market. Complexity and machining cost are important things to estimate final cost of the product. However, the current cost estimation model only considers its calculation based on design which has been determined before, so that it is difficult to apply in early design process because of minimum information.
The speed and accuracy of cost estimates obtained by first developed a general equation for calculating the complexity of machining processes, ypcx = a * ln (xvol) + b and a general equation for calculating the machining time, ytime = c * {a * ln (xvol) + b } + d that developed from variations of product features. Estimated cost is calculated by utilizing the machining time obtained to calculate the cost of direct and indirect costs of a product. Implementation of the model on the product SPMF produce differences in total machining time of 28.9 minutes, while the Siemens-Nx calculation resulted in a total machining time of 25.9 minutes or decrese by 10%.
The result of a clarification test done with some of the machinery industry about cost estimation show that the model can produce estimates of a price below the lowest estimate made by the industry amounted to 6%. In addition to clarifying the test also produced a template cost structure that will allow the industry to implement cost estimation process.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
D2153
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shabahannisa Dzakira
"Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor dalam memperjualbelikan salah satu produknya, yaitu Toyota Etios. Selain itu, skripsi ini juga membahas mengenai hal-hal apa saja yang menyebabkan Toyota Etios mengalami kegagalan di pasar Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan PT Toyota Astra Motor kurang gencar dari segi promosinya; produk yang ditawarkan masih memiliki kekurangan, seperti tidak adanya transmisi otomatis dan juga desain yang kurang mengikuti zaman.

Objective of this study is to explain about marketing strategy that used by PT Toyota Astra Motor to sales one of their product called Toyota Etios. Not only that, but also explain about something that makes Toyota Etios fail in Indonesian market. This research is quantitative. The data were collected by means of depth interview. The researcher suggest that failure of marketing strategy due to lack of promotion. Then the product still have some deficiencies are the transmission is manual only automatic transmission is not available and the design is too ancient."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salma Azhari Khairunnisa
"Banyak kesamaan dalam desain dan teknik dapat dilihat pada hubungan antara arsitektur dan fashion. Baik arsitektur dan mode berbagi prinsip yang sama dalam struktur, bentuk, dan bahan untuk melindungi penggunanya. Pengenalan material dan teknologi baru meningkatkan interaksi antara mode dan arsitektur. Garis batasan yang mulai kabur antara mode dan arsitektur telah mendorong terciptanya praktik hibrid yang menggabungkan karakteristik kedua disiplin ilmu tersebut, seperti munculnya produk arsitektur yang dapat dikenakan. Karena produk arsitektur yang dapat dikenakan ini berada diantara industri arsitektur dan industri fashion, maka penulis tertarik untuk memaparkan proses produksi produk hybrid tersebut sebagai tujuan dari skripsi ini.
Analisis teoretis tentang konvergensi industri arsitektur dan mode disebutkan dalam studi literatur. Investigasi penulis tentang bagaimana siswa di kelas digital fabrikasi menjalani proses berpikir dan merancang akan disebutkan dalam studi kasus. Penulis menyelidiki bagaimana keahlian dan pengetahuan dalam material dan manufaktur memengaruhi pendekatan desain merek

Many commonalities in design and engineering may be seen in the link between architecture and fashion. Both architecture and fashion share the same principles in structure, form, and materials to protect and shelter their users. The introduction of new materials and technology is increasing the interplay between fashion and architecture. The blurring barriers between fashion and architecture have driven the creation of hybrid practices that combine characteristics of both disciplines, such as the growth of wearable architecture. Since this wearable architecture stands in a class between the architectural industry and the fashion industry, the author is interested in exposing the production process of this hybrid product as the purpose of this thesis.
Theoretical analysis of the convergence of the architectural and fashion industries are mentioned in literature studies. Authors investigation on how students in a class go through the process of thinking and designing are mentioned in case study. The author investigates at how material and manufacturing expertise affects their design approach.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mandala Utama
"Sasaran akhir perancangan adalah menciptakan bentuk yang memuaskan perilaku. Dalam proses pemenuhan kebutuhan tersebut, menjadi sesuatu yang sangat sulit ditentukan secara mutlak yang terkait dengan kinerja waktu. Hal ini tentunya akan berakibat terjadinya keterlambatan pada proses penyelesaian pekerjaan yang sangat berpengaruh terhadap pembengkakan biaya serta citra/performance perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam proses perancangan arsitektur terhadap kinerja waktu, meningkatkan kinerja waktu proses perancangan arsitektur dengan menetukan tindakan pencegahan dan koreksinya, serta membuktikan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh tersebut terjadi pada perusahaan jasa konsultan arsitektur 'x' di DKI Jakarta.
Dengan menggunakan metode analisa AHP dan analisa korelasi statistik didapat variabel faktor yang berpengaruh yakni pada tahap persiapan, pengambilan keputusan yang tidak jelas dari pemilik, dan lambanya keputusan persetujuan pemberi tugas, pada tahap konsep rancangan, ketidaksiapan dari pemberi tugas, dan banyaknya pengambil keputusan dari pihak pemilik, pada tahap prarancangan, keterlambatan pihak disiplin lain, ketidak serasian kerjasama antar disiplin, dan situasi yang tidak terduga sebelumnya, pada tahap pengembangan rancangan, perubahan program rancangan dari pemilik, sedangkan pada tahap pembuatan gambar kerja, target dan strategi pemasaran terkait dengan pemenuhan kebutuhan pengguna, dan perubahan program rancangan dari pemilik.
Untuk menigkatkan kinerja waktu proses perancangan perlu dilakukan tindakan pencegahan dan koreksi untuk setiap faktor yang berpengaruh tersebut. Dan pembuktian studi kasus pada perusahaan jasa konsultan arsitektur 'x' di DKI Jakarta menunjukan indikasi dimana semua variabel hasil temuan penelitian ini terjadi pada proyek yang ditangani oleh perusahaan tersebut, walaupun tidak selalu terjadi secara keseluruhan pada satu jenis proyek.

Final target of design is to create satisfying form of behavior. In course of accomplishment of the requirement, becoming something that is very difficult determined absolutely which related to time performance. This matter it is of course will cause the happening of delay at completion of task process which is have an effect on to increase of expense of project and also image / the company performance. This research aim to to identify affecting factors in architecture design process to time performance, improving time performance of architecture design process with determining the action of preventif and correction, and also proving that affecting factors happened in architecture firm 'x' at DKI Jakarta.
By using method analyse AHP and statistical correlation analysis is got affecting factor variable on namely at preparation phase, ill defined decision making from owner, and tardy of decision of approval/permission from taskmaster, at design concept phase, unreadiness from taskmaster, and to the number of decision taker from owner, at pre-design phase, delay of other discipline, uncompatible of interdisciplinary cooperation, and situation that do not be anticipated previously, at design development phase, change of design program from owner, and while at working drawing phase, marketing strategy and goals related to accomplishment of requirement of new consumer needs, and change of design program from owner.
For improving the time performance of architecture design process require to be conducted action by correction and prevention to each every factor having an effect on is the. And verification of case study at architecture firm 'x' at DKI Jakarta showing an indication where all variable result of this research finding happened at project of handled by the company, although do not always happened as a whole at one type of project.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T25079
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ayi Supriatna
"Proses produksi cylinder comp dengan metode HPDC (High Pressure Die Casting) sering kali memunculkan variasi produk. Variasi ini dikategorikan sebagai part reject. Untuk menekan biaya prosuksi part reject cylinder comp di remelting supaya raw material dapat dimanfaatkan kembali. Namun aktual dilapangan hanya alumunium paduannya saja yang dapat dimanfaatkan sedangkan sleeve terbuang sia-sia. Supaya hal itu tidak terjadi maka perlu dilakukan perbaikan Analisa perbaikan menggunakan konsep TQM yaitu seven tools yang dipadukan dengan delapan langkah pemecahan masalah. Setelah penyebab utama ditentukan, selanjutnya adalah melakukan perbaikan proses remelting cylinder comp dengan jalan merancang alat bantu perkakas tekan yang dapat memisahkan body dan sleeve cylinder comp secara terpisah dari proses peleburan alumunium paduan.

Production process of Cylinder Comp with HPDC (High Pressure Die Casting) method frequently emerge the variation of product, and category as part reject. To decrease production cost, part reject is to be remelting hence the raw material will be reuse. Actually after remelting only aluminium alloy which can be reuse while sleeve of castaway and become useless. In case to avoid such condition, hence it need to conduct improvement. The analysis will be using the TQM (Total Quality Management) concept with seven tools combine by eight trouble shooting step. After detecting the main cause, hereinafter is to conduct the improvement of the remelting Cylinder Comp process through designing press tool which can dissociate body and sleeve Cylinder Comp separately from remelting process of aluminium alloy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S37938
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Hendrata Pratama
"Skripsi ini menjelaskan bagaimana pengetahuan second order cybernetics berlaku dalam proses desain arsitektur. Saya mengamati bahwa ide yang terbentuk dalam proses desain arsitektur berasal dari proses komunikasi antar subjek dalam proses desain tersebut. Komunikasi ini terjadi dalam sebuah siklus yang coba saya hubungkan dengan pengetahuan dalam bidang cybernetics yakni Black Box Theory dan Conversation theory. Dengan mengetahui cara kerja komunikasi dalam proses desain arsitektur melalui konsep second order cybernetics, kita dapat memahami bagaimana sebuah ide arsitektur muncul beserta variabelvariabel yang memengaruhinya.

This paper describes how the knowledge in second order cybernetics applies in the process of architectural design. I observed that the idea formed in the process of architectural design comes from the communication process between subjects in design process. This communication occurs in a cycle that I'm trying to connect with knowledge in the field of cybernetics like Black Box Theory and Conversation theory. By knowing how the communication in the architectural design process, through the concept of second order cybernetics, we can understand how an idea of architecture appear with variables that influence it."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S65854
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>