Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nimeesha Sanya Atika
"Pulau Bintan merupakan sebuah destinasi wisata yang menghadirkan wisata dengan kekayaan wisata alam bahari. Untuk mendatangkan wisatawan, maka strategi pemasaran loyalitas tercipta akibat adanya kepuasan wisatawan akibat pengalaman perjalanan di sebuah destinasi pulau. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh travel experience terhadap destination loyalty melalui tourist satisfaction dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara travel experience terhadap destination loyalty, melalui mediasi tourist satisfaction. Hasil lain menunjukan bahwa tourist satisfaction menjadi faktor yang memiliki pengaruh langsung yang signifikan dalam menciptakan destination loyalty. Terdapat saran dari penelitian ini yaitu perlunya peningkatan untuk pembangunan daerah dalam menyediakan pelayanan dan fasilitas Pulau Bintan untuk meningkatkan pengalaman perjalanan wisata.

intan Island is destination that presents with natural landscape of marine tourism. To increase tourist visit, destination loyalty is marketing strategy to created tourist satisfaction with the travel experience in an island destination. This research was conducted to analyze the effect of travel experience on destination loyalty with mediation tourist satisfaction with a quantitative approach. The results showed that there was an effect between travel experience on destination loyalty, through the mediation of tourist satisfaction. Other results show that tourist satisfaction is a factor that has a significant direct effect in creating destination loyalty. There are suggestions from this research, namely need for improvement in regional development in providing services and facilities for Bintan Island to improve travel experience in destination."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wulan Octavianto Fatihah
"Wisata kebugaran merupakan jenis wisata minat khusus yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh wisatawan. Wisata kebugaran berkaitan dengan fasilitas atau aktivitas yang melibatkan diri para wisatawan, seperti yoga, spa, dan pergelaran seni. Salah satu destinasi wisata kebugaran di Indonesia yang saat ini sedang masuk tahap pengembangan adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi tersebut memiliki berbagai macam kearifan lokal yang menarik untuk menjadi daya tarik dalam kaitan aktivitas wisata kebugaran. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh travel motivation (motivasi wisatawan) terhadap destination loyalty (loyalitas terhadap destinasi) melalui tourist engagement (keterlibatan wisatawan) pada wisata kebugaran (wellness tourism) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 wisatawan domestik yang mengunjungi destinasi wisata kebugaran di Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis penarikan sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi dan Sobel Test yang digunakan untuk melihat pengaruh antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara travel motivation terhadap destination loyalty melalui tourist engagement pada wisata kebugaran (wellness tourism) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, variabel tourist engagement memiliki peran mediasi untuk variabel travel motivation dengan destination loyalty.

Wellness tourism is a type of special interest tourism that aims to maintain the body's wellness of tourists. Wellness tourism is related to facilities or activities that tourists engage in, such as yoga, spas, and art performances. Special Region of Yogyakarta have a variety of interesting local wisdom to be an attraction in terms of wellness tourism activities. This study was conducted to analyze the effect of travel motivation on destination loyalty through tourist engagement on wellness tourism in the Special Region of Yogyakarta. This study uses a quantitative approach, the type of explanatory research, by distributing questionnaires to 120 domestic tourists who visit wellness tourism destinations in the Special Region of Yogyakarta using a non-probability sampling technique with purposive sampling. The data analysis technique used is regression analysis and Sobel Test which is used to see the influence between variables, either directly or indirectly. The results of this study state that there is an influence between travel motivation on destination loyalty through tourist engagement on wellness tourism in the Special Region of Yogyakarta. In addition, the tourist engagement variable has a mediating role for the travel motivation variable with destination loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aghnia Putriningrum
"Atribut ramah halal merupakan indikator penting untuk memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim. Hal ini diperlukan dalam pengembangan pariwisata ramah halal, terutama bagi destinasi dengan mayoritas penduduk non-Muslim. Destinasi non-Muslim mungkin akan kesulitan dalam menyediakan atribut ramah halal karena mayoritas penduduknya tidak menerapkan nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Namun, perkembangan wisatawan Muslim mendorong destinasi non-Muslim untuk mengembangkan atribut ramah halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut ramah halal terhadap destination image, customer engagement, dan loyalitas wisatawan Muslim Indonesia. Survei daring dilakukan kepada wisatawan Muslim Indonesia yang pernah mengunjungi Singapura, Bangkok, atau Tokyo dalam dua tahun terakhir. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS dan AMOS dengan metode pengolahan data Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji variabel penelitian terhadap 408 responden. Hasil penelitian memperlihatkan atribut ramah halal berpengaruh positif terhadap destination image, customer engagement, dan loyalitas wisatawan Muslim Indonesia. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa customer engagement memediasi hubungan antara destination image dan loyalitas, serta terdapat peran moderasi dari kelompok destinasi (Singapura, Bangkok, dan Tokyo) dalam hubungan di antara variabel.

Halal-friendly attributes are an important indicator to meet the needs of Muslim tourists. This is necessary in developing halal-friendly tourism, especially for non-Muslim destinations. Non-Muslim destinations may find it difficult to provide halal-friendly attributes since they do not implement Islamic values in their daily lives. However, the development of Muslim tourists encourages non-Muslim destinations to develop halal-friendly attributes. This study aims to see the effect of friendly attributes on destination image, customer engagement, and loyalty of Indonesian Muslim tourists. The survey was conducted on Indonesian Muslim tourists who have visited Singapore, Bangkok, or Tokyo in the last two years. The data were analyzed using SPSS and AMOS with the Structural Equation Modelling (SEM) method to test the relationship among the research variables using 408 respondents. The results showed that halal-friendly attributes positively influence destination image, customer engagement, and loyalty of Indonesian Muslim tourists. The results also showed that customer engagement mediates the relationship between destination image and loyalty, and there is a moderating role of destination groups (Singapore, Bangkok, and Tokyo) in the relationship between variables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devia Tiwi Puspitasari
"Dalam konsep pemasaran relasional, menjaga hubungan yang baik dan kuat dengan wisatawan dianggap sebagai determinan utama dalam membangun loyalitas wisatawan terhadap suatu destinasi wisata. Tourist relationship perceptions yang terdiri dari service fairness, destination image, dan service quality merupakan faktor-faktor yang dianggap dapat memengaruhi relationship quality wisatawan dengan destinasi wisata dan selanjutnya memengaruhi loyalitas wisatawan terhadap destinasi wisata.
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tourist relationship perceptions, relationship quality, dan destination loyalty. Sebanyak 140 responden yang pernah berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Komodo dalam kurun waktu satu tahun terakhir berhasil dikumpulkan dan data kemudian diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa destination image dan service quality merupakan faktor-faktor penting yang memengaruhi destination satisfaction dan trust toward destination service providers. Selanjutnya, destination satisfaction memainkan peran yang sangat vital dalam menentukan dan memengaruhi loyalitas wisatawan.

In the relationship marketing concept, maintaining a good and strong relationship with tourists is considered as a key determinant to build tourists destination loyalty. Tourist relationship perceptions, which consisting of service fairness, destination image, and service quality are considered as factors that can affect tourists rsquo relationship quality with a destination and further affect tourists rsquo destination loyalty.
This quantitative research aims to analyze the relationship between tourist relationship perceptions, relationship quality, and destination loyalty. A total of 140 respondents who have visited the Komodo National Park Area within the last one year were collected and the data then processed using Structural Equation Modelling SEM method.
The result shows that destination image and service quality are important factors affecting destination satisfaction and trust toward destination service providers. Furthermore, destination satisfaction plays a vital role in determining and affecting tourists destination loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Binh Nghiem-Phu
"ABSTRACT
In the Southeast Asia region, Vietnam is a developing country and also a developing tourism destination. The number of international tourists to Vietnam has been increasing in recent years. However, the post-trip issues (e.g., not returning, bad word-of-mouth) have become the focal points of many arguments. Based on the existing literature, this study developed and tested a theoretical model to predict international tourists' loyalty to Vietnam from a combination of destination image, tourist motivation, and overall trip satisfaction. The findings revealed that destination image significantly and positively predicted tourists' overall satisfaction with the trip and their loyalty to the country in the future. Tourist motivation had some weak but significant effects on both overall trip satisfaction and destination loyalty when tested separately; however, the effect on overall trip satisfaction could not be observed when controlled by destination image. Implications were discussed for Vietnam and other small emerging destinations."
Depok: Department of Management Faculty of Economics and Business, Universitas Indonesia, 2017
658 AMJ 9:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Felicia Angelina
"Indonesia merupakan salah satu negara yang unggul dalam sektor pariwisatanya. Namun, masifnya laju pariwisata yang ada dapat menimbulkan dampak negatif. Kini, sustainable tourism mulai menjadi diupayakan untuk dikembangkan dan salah satu bentuk sustainable tourism adalah volunteer tourism. Voluntourism merupakan jenis pariwisata yang mengkonsepkan wisatawan untuk merelakan atau menukar waktu, uang, dan materi yang dimiliki secara tidak terbatas untuk membantu pihak lain, namun di sisi lain bertujuan memenuhi kebutuhan wisatawan akan self-challenge dan juga self-realization mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh emotional solidarity (keterikatan emosional wisatawan volunteer terhadap destinasi) terhadap destination loyalty (loyalitas terhadap destinasi) melalui memorable tourism experience (pengalaman wisata yang berkesan) pada destinasi wisata volunteer, yaitu wisata konservasi mangrove di TWA Mangrove Angke Kapuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 106 wisatawan volunteer yang melakukan penanaman mangrove di TWA Mangrove Angke Kapuk menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis penarikan sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara emotional solidarity terhadap destination loyalty melalui memorable tourism experience di wisata pengembangan konservasi mangrove di TWA Mangrove Angke Kapuk.

Indonesia is one of the countries that excels in its tourism sector. However, the massive growth of tourism can lead to negative impacts. Therefore, sustainable tourism is now being pursued and one form of sustainable tourism is volunteer tourism. Voluntourism is a type of tourism that encourages tourists to willingly devote or exchange their unlimited time, money, and resources to help others, while also aiming to fulfill the tourists' needs for self-challenge and self-realization. This research was conducted to analyze the influence of emotional solidarity (the emotional attachment of volunteer tourists to the destination) on destination loyalty through memorable tourism experience in a volunteer tourism destination, namely the mangrove conservation tourism in TWA Mangrove Angke Kapuk. This research uses a quantitative approach, specifically explanatory research, by distributing questionnaires to 106 volunteer tourists who participated in mangrove planting activities in TWA Mangrove Angke Kapuk, using a non-probability sampling technique with purposive sampling method. The data analysis technique used is to examine the direct and indirect influences between variables. The results of this study state that there is an influence of emotional solidarity on destination loyalty through memorable tourism experience in the mangrove conservation tourism at TWA Mangrove Angke Kapuk.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Yasmine Ramadhani
"Pariwisata di Indonesia sudah mengalami perbaikan pasca Covid-19. Pemerintah lewat Kemenparekraf sudah melakukan upaya untuk membantu destinasi wisata agar dapat mengembalikan jumlah wisatawan. Bali merupakan destinasi wisata yang didukung untuk pemulihan karena jumlah wisatwan yang kembali mengunjugi Bali belum kembali seperti sebelumnya. Wisatawan domestik merupakan potensi besar untuk wilayah Bali karena angka kunjungan yang tinggi untuk wisatawan domestik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan hubungan Destination Attribute Perception, Flow Experience, Satisfaction, Destination Loyalty, dan eWOM generation intention. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif melalui survei menggunakan kuesioner pada 209 responden secara langsung kemudian dianalisis menggunakan SPSS dan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan dimensi loss of self-consciousness dan goal clarity berpengaruh secara positif terhadap kepuasan turis. Sedangkan dimensi focus attention dan time distortion tidak mempengaruhi kepuasan turis di Bali. Penlitian berkontribusi pada teori flow experience pada lingkup pariwisata di suatu destinasi wisata terutama dalam penggunaan atribut destinasi wisata dan dimensi lain dari flow experience.

Tourism in Indonesia has experienced improvements after Covid-19. The government, through the Ministry of Tourism and Creative Economy, has made efforts to help tourist destinations to restore the number of tourists. Bali is a tourist destination that is supported for recovery because the number of tourists returning to visit Bali has not returned to what it was before. Domestic tourists have great potential for the Bali region because of the high number of visits for domestic tourists. This research aims to analyze the role and relationship of Destination Attribute Perception, Flow Experience, Satisfaction, Destination Loyalty, and eWOM generation intention. The method used in this research is quantitative through a survey using a questionnaire on 209 respondents directly and then analyzed using SPSS and PLS-SEM. The research results show that the dimensions of loss of self-consciousness and goal clarity have a positive effect on tourist satisfaction. Meanwhile, the dimensions of focus attention and time distortion do not affect tourist satisfaction in Bali. The research contributes to flow experience theory in the tourism sphere in a tourist destination, especially in the use of tourist destination attributes and other dimensions of flow experience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fajri Ilham Rusdianda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara event quality, personal involvement, destination image, tourist satisfaction, dan destination loyalty dalam penyelenggaraan event olahraga berskala besar pada kasus event MotoGP dan World Superbike (WSBK) yang dilaksanakan di Mandalika, Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan wisatawan nusantara (domestik) yang pernah menghadiri event olahraga MotoGP dan WSBK di Mandalika pada tahun 2022 atau 2023 lalu. Jumlah sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebanyak 154 responden dengan metode purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa personal involvement dan tourist satisfaction secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap destination loyalty. Di sisi lain, event quality dan personal involvement juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap destination image. Namun di sisi lain, event quality tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction dan destination loyalty. Selain itu, personal involvement dan destination image juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tourist satisfaction, yang juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memediasi hubungan destination image terhadap destination loyalty.

This study aims to determine the effect of event quality, personal involvement, destination image, tourist satisfaction, and destination loyalty in organizing large-scale sporting events in the case of the MotoGP and World Superbike (WSBK) events held in Mandalika, Indonesia. The sample used in this study are nusantara (domestic) tourists who have attended the MotoGP and WSBK sports events in Mandalika in 2022 or 2023. The number of samples obtained in this study were 154 respondents using purposive sampling method. The analytical method in this study uses Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). The results of this study indicate that personal involvement and tourist satisfaction have a significant positive effect on destination loyalty. On the other hand, event quality and personal involvement also have a significant influence on destination image. But on the other hand, event quality does not have a significant effect on tourist satisfaction and destination loyalty. In addition, personal involvement and destination image also do not have a significant effect on tourist satisfaction, which also does not have a significant effect in mediating the relationship between destination image and destination loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library