Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dian Handayani Lulun Lande
Abstrak :
Perencanaan dan pengadaan fasilitas pembangkit listrik berikut fasilitas terminal LNG masih dilakukan terpisah. Dari sudut pandang teori, integrasi sistem pembangkit listrik dengan sistem regasifikasi pada terminal LNG masih belum optimal karena masih terdapat potensi pemanfaatan energi terbuang baik energi panas maupun energi dingin yang merupakan peluang perbaikan untuk meningkatkan efisiensi sistem keseluruhan. Integrasi sistem dapat dilakukan dengan memanfaatkan energi panas pada air pendingin mesin dan pada gas buang dari proses pembangkitan energi listrik, sekaligus memanfaatkan energi dingin dari proses regasifikasi LNG untuk mendinginkan air pendingin mesin. Melalui metode analisis teknis, simulasi rancangan dengan pemanfaatan energi panas dari mesin pembangkit dapat dilakukan pada LNG Vaporizer tipe shell and tube. Dari hasil simulasi teknis dapat diketahui dengan flow rate LNG sebesar 4 MMSCFD akan menghasilkan daya sebesar 17230 kW dengan efisiensi 35,2%, dimana efisiensi tersebut lebih tinggi apabila dibandingkan dengan efisiensi sistem yang tidak terintegrasi. Dalam analisis ekonomi pada pola pembebanan mesin pembangkit dengan faktor kapasitas 80% dan asumsi harga listrik yang digunakan sebesar cent US$ 12 /kWh, diperoleh nilai IRR 19,7% dimana nilai IRR tersebut lebih besar dari nilai WACC (7,49%) sehingga pengembangan disain integrasi sistem layak untuk dilakukan.
Planning and procurement process of electricity generation facilities and LNG terminal facilities are still carried out separately. From a theoretical point of view, the integration of the power plant system with the regasification system at the LNG terminal is not optimal because there is still potential utilization of wasted energy both heat and cold energy which is an opportunity to improve overall system efficiency. System integration can be done by utilizing heat energy in engine cooling water and exhaust gas from the electricity generation process, while utilizing the cold energy from the LNG regasification process to decrease temperature of engine cooling water. Through a technical analysis method, design simulation with the utilization of heat energy from the gas engine can be carried out on the shell and tube type LNG Vaporizer. The results of the technical simulation can be seen that the LNG flow rate of 4 MMSCFD will produce power of 17230 kW with an efficiency of 35.2%, where the efficiency is higher compared to the efficiency of a standalone system. In the economic analysis, base on loading profile of gas engine with a capacity factor of 80% and the assumption of the electricity price at cent US $ 12 / kWh, an IRR value of 19.7% was obtained where the IRR value was greater than the WACC value (7.49%), the result shows that development of system integration design is feasible.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T52637
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This field study is aimed at elaborating three aspects: the forms of education transformation involving system transformation, value transformation and process transformation, the process of transformation,the factors causing the transformation......
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yoga Pamungkas
Abstrak :

Integrasi aplikasi e-Filing dengan aplikasi perpajakan lainnya menjadi salah satu tahapan dalam mencapai inisiatif strategis yang ditetapkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam Rencana Strategis (Renstra) DJP. Berdasarkan data layanan pengaduan (Lasis) yang telah dilakukan proses pengolahan masih terdapat permasalahan terkait integrasi aplikasi e-Filing dengan aplikasi perpajakan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis dan desain terhadap integrasi aplikasi e-Filing dengan aplikasi perpajakan lainnya yang ada di DJP. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menitikberatkan wawancara dan studi dokumen. Dari penelitian ini dihasilkan daftar usulan peningkatan terkait integrasi aplikasi e-Filing. Berdasarkan hasil validasi daftar usulan peningkatan, diketahui bahwa kebutuhan integrasi dengan e-SPT dan e-Faktur, integrasi dengan data SIDJP sebagai data prepopulated, dan integrasi dengan data pembayaran memiliki skala kebutuhan yang tinggi. Sebagai alat pembuktian konsep (Proof of Concept) terkait usulan peningkatan maka dilakukan pengerjaan prototipe. Prototipe yang dikerjakan memiliki cakupan web service data prepopulated PPh Pasal 23/26, web service data prepopulated harta, dan web service pencarian data untuk validasi NTPN. Tahapan prototipe adalah perancangan, pembuatan, dan validasi. Dari hasil validasi yang dilakukan, validator menerima atas prototipe yang telah dibuat.


The integration of e-Filing applications with other tax applications is one of the stages in achieving strategic initiatives determined by the Directorate General of Tax (DGT) in the DGT's Strategic Plan (Renstra). Based on data complaint service (Lasis) which has been processed, there are problems related to the integration of the e-Filing application with other tax applications. The purpose of this study is to conduct an analysis and design of the integration of e-Filing applications with other taxation applications in the DGT. This type of research is qualitative by focusing interviews and document studies. Output from this research is a list of proposed improvements related to the integration of e-Filing applications. Based on the list proposed improvements validation, integration with e-SPT and e-Faktur, integration with SIDJP as prepopulated data, and integration with payment have high of requirement. Prototye is required as a proof of concept related to the list proposed improvement. The scope of prototypes are web service for prepopulated data PPh Article 23/26, web service for prepopulated of data assets, and web service for NTPN validation. Prototype stages are design, development, and validation. From the results of the validation, validators accept the prototypes.

Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lazuardi Naufal
Abstrak :
Sistem navigasi memegang peranan penting dalam proses pelacakan posisi suatu objek, khususnya objek bergerak seperti kendaraan, pesawat, rudal, kapal, dan lainnya. Beberapa jenis sistem navigasi yang umumnya digunakan saat ini adalah sistem pemosisian global (GPS) dan sistem navigasi inersia (INS). GPS bergantung pada satelit agar dapat menentukan posisi suatu objek secara konstan. Berbeda dengan GPS, INS bekerja secara independen dengan memanfaatkan seperangkat sensor inersia (akselerometer dan giroskop) dan perangkat pemrosesan untuk mencari posisi, kecepatan, orientasi, dan besaran navigasi penting lainnya. Skripsi ini menyelidiki kinerja dari integrasi penggunaan GPS dan INS secara bersamaan dalam pelacakan posisi objek bergerak dan pencarian besaran navigasi penting lainnya. Proses filtering juga akan dilakukan untuk memberikan estimasi posisi yang lebih akurat dan meredamkan noise. Pengujian akan dilakukan pada mobil dengan lintasan yang cukup mendukung dalam pengambilan data agar dapat dianalisis. Analisis data hasil pengujian tersebut akan menentukan seberapa baik rancangan sistem ini dalam pelacakan posisi objek bergerak. ......The navigation system plays an important role in the process of tracking the position of an object, especially the moving objects such as vehicles, aircraft, missiles, ships, etc. Some types of navigation systems that are generally used today are global positioning system (GPS) and inertial navigation system (INS). GPS relies on satellites to constantly determine the position of an object. Unlike GPS, INS work independently by utilizing a set of inertial sensors (accelerometers and gyroscopes) and processing devices to find the position, velocity, orientation, and other important navigation quantities. This thesis investigates the performance of the integration of GPS and INS simultaneously in tracking the position of moving object and searching for other important navigation quantities. The filtering process will also be carried out to provide a more accurate estimated position and reduce noise. The test will be carried out on a car with a track that is sufficiently supportive of data collection so that it can be analyzed. Analysis of the test results data will determine how well the design of this system is in tracking the position of moving objects.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fany Apriliani
Abstrak :
ABSTRAK Indonesia sebagai negara dengan posisi skill intensive, perlu memperhatikan pengelolaan perguruan tinggi. Standardisasi dan pengembangan proses pendidikan di perguruan tinggi sangatlah penting. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui implementasi total quality management. Langkah awal menyukseskan total quality management perguruan tinggi adalah prinsip 5-S dan ISO 9000. Banyak kesamaan antara persyaratan standard sistem manajemen mutu ISO 9001 dengan prinsip 5-S. Dengan demikian, integrasi kedua sistem tersebut di perguruan tinggi sangat potensial untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada perguruan tinggi Program Diploma Institut Pertanian Bogor. Implementasi integrasi prinsip 5-S dengan persyaratan ISO 9001:2008 menggunakan metode Analytical Hierarchy Process, Crosstabulation-Correlation, serta Importance Performance Analysis. Hasil penelitian ini adalah tingkat kepentingan (prioritas) prinsip 5-S pada persyaratan ISO 9001:2008, kemudian diketahui juga keeratan hubungan (nilai korelasi) antara masing-masing prinsip 5-S dengan persyaratan ISO 9001:2008, dan selanjutnya mengetahui hasil evaluasi kinerja implementasi integrasi sistem tersebut di perguruan tinggi.
ABSTRACT Indonesia as a country with intensive skill positions, needs to pay attention to the management of colleges. Standardization and development of higher education process are very important. This can be achieved through the implementation of total quality management. The initial step to achieve total quality management in higher education is the principle of 5-S and ISO 9000. There are a lot of similarities between the requirements of the quality management systems standard of ISO 9001 and 5-S principles. Thus, the integration of both systems in higher education is very potential to be implemented. This research was conducted at college Diploma Programme, Bogor Agricultural University. The implementation of 5-S principle integration with the requirements of ISO 9001:2008 used Analytical Hierarchy Process, Crosstabulation-Correlation and Importance Performance Analysis. The results of this research shows the importance level (priority) of 5-S principles on ISO 9001:2008 requirements. It is also found out that there is close relationship (correlation value) between each 5-S principle and ISO 9001:2008 requirements, and the results of the performance evaluation of the implementation of the integration system in college.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42023
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library