Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Alvarian Adnan
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari convenience, economic efficiency, functional risk, security risk, critical mass, number of services, dan trust terhadap adoption intention dan continuance intention pada konteks konsumen gen-z bank digital di Indonesia. Sampel yang diteliti terbagi dalam kedua kelompok non-adopters dan adopters bank digital di Indonesia yang merupakan warga negara indonesia yang lahir pada tahun 1995-2004 (generasi Z). Kuesioner dalam penelitian ini disebarluaskan secara online dan mencakup area geografis di seluruh Indonesia. Jumlah responden yang berhasil dikumpulkan pada penelitian ini adalah 440 responden, yang terbagi atas 2 kelompok non-adopters dan adopters yang masing-masing sejumlah 220 responden. Data yang sudah berhasil dikumpulkan diolah melalui metode Multiple Linear Regression menggunakan software IBM SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa economic efficiency, critical mass, number of services, dan trust memiliki pengaruh positif terhadap adoption intention. Sedangkan convenience, economic efficiency, number of services, dan trust memiliki pengaruh positif terhadap continuance intention. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan determinan behavioral intention pada kelompok non-adopters dan adopters. Terakhir, penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan persepsi konsumen pada kelompok non-adopters dan adopters. Saran manajerial dan penelitian selanjutnya dibahas dalam penelitian ini. ......This study aims to determine the effect of convenience, economic efficiency, functional risk, security risk, critical mass, number of services, and trust on adoption intention and continuance intention in the context of gen-z consumers of digital banks in Indonesia. The sample studied was divided into two groups of non-adopters and adopters of digital banks in Indonesia who were Indonesian citizens born in 1995-2004 (generation Z). The questionnaires in this study were distributed online and covered geographical areas throughout Indonesia the number of respondents who were collected in this study were 440 respondents, which were divided into 2 groups of non-adopters and adopters, each of which was 220 respondents. The data that has been collected is processed using the Multiple Linear Regression method using IBM SPSS software. The results of this study indicate that economic efficiency, critical mass, number of services, and trust have a positive influence on adoption intention. Meanwhile, convenience, economic efficiency, number of services, and trust have a positive influence on continuance intention. Furthermore, the results of this study indicate that there are differences in the determinants of behavioral intention in the non-adopters and adopters stages. Finally, this study also shows that there are differences in consumer perceptions in the non-adopters and adopters stages. Managerial suggestions and further research are discussed in this study
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Sagita Pranata
Abstrak :
Internet banking merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh BNI untuk kemudahan dalam melakukan aktivitas perbankan. Terdapat tiga fitur utama dari layanan internet banking, yaitu : fitur administrasi, fitur finansial, dan fitur non finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan menganalisis pengaruh tiap variabel kualitas layanan internet banking BNI terhadap kepuasan nasabah. Faktor lain yang juga dianalisis untuk mengetahui kepuasan nasabah atas layanan internet banking adalah reputasi perusahaan (corporate reputation) dan nilai manfaat (perceived value). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan nasabah terhadap terciptanya positif word of mouth dan keinginan nasabah untuk terus menggunakan layanan internet banking. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert terhadap 262 sampel, dan diolah dengan teknik analisa multivariat dengan metode Structural Equtation Model (SEM) menggunakan Software LISREL 8.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang diujikan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Sementara dimensi kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah adalah reliability. ...... Internet banking is one of the services provided by BNI in order to make easiness of banking activities. There are three main features of internet banking services: administrative features, features financial and non-financial features. This study aims to determine the performance and analyze the effect of each variable BNI Internet banking service quality towards customer satisfaction. Corporate reputation and perceived value are also considered as factors of customer satisfaction of internet banking service. In addition, this study also aimed to determine the effect of customer satisfaction for making positive word of mouth and customer's intention of continuance. Research instrument use questionnaires with Likert scales to 262 samples, and processed with multivariate analysis techniques with methods Structural Equtation Model (SEM) using LISREL 8.7. The results showed that all tested variables affected and influenced on customer satisfaction. While the dimensions of service quality which has most relation on satisfaction is reliability.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Rahmajati
Abstrak :
Pandemi Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19), yang masuk ke Indonesia di tahun 2020, menyebabkan pemerintah Indonesia memberlakukan program pembatasan sosial yang menyebabkan penerapan kebijakan pelaksanaan pekerjaan perusahaan, yaitu menjadi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini mengharuskan perusahaan untuk menggunakan aplikasi video conference guna menjaga keberlangsungan komunikasi antar pekerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference di lingkungan pekerjaan pasca pandemi. Penelitian ini menggunakan mix-method yang terdiri dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk merancang model dan mengeksplorasi technology affordance yang sesuai dengan aplikasi video conference. Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan metode PLS-SEM. Data responden penelitian ini berjumlah 457 responden. Penelitian ini menggabungkan teori technology affordance, task-technology fit, dan expectation-confirmation model. Penulis menemukan technology affordance dari aplikasi video conference yaitu communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, dan social presence affordance. Hasil dari penelitian ini adalah task characteristic dan technology affordance memiliki pengaruh positif pada perceived task-technology fit (TTF). Kemudian, TTF memiliki pengaruh positif terhadap continuance intention secara langsung dan tidak langsung melalui perceived usefulness, confirmation, dan satisfaction. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa semua post acceptance variable dalam ECM terbukti. Terakhir, penelitian ini juga membuktikan bahwa expected degree of working flexibility memiliki pengaruh positif pada continuance intention. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan fitur bagi penyedia aplikasi video conference dan menjadi acuan dalam memilih aplikasi video conference bagi perusahaan yang menggunakannya. ......The Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19) pandemic, which entered Indonesia in 2020, caused the Indonesian government to impose a social restriction program that led to the implementation of a company policy implementation of work, namely to work from home (WFH). This requires companies to use video conferencing applications to maintain continuous communication between employees. This study aims to explain the factors that influence the post-pandemic continuance intention of video conference applications in the workplace. This study uses mix-method consisting of qualitative and quantitative approaches. A qualitative approach is used to build the research model and explore technology affordances of video conference applications. A quantitative approach is used to test the hypothesis using the PLS-SEM method. This study collected data from 457 employees in Indonesia. This study combines technology affordance theory, tasktechnology fit, and expectation-confirmation model. This study found 4 technology affordances of video conference applications, namely communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, and social presence affordance. The results of this study show that task characteristic and technology affordance improve perceived task-technology fit (TTF). Then, TTF improves continuance intention directly and indirectly through perceived usefulness, confirmation, and satisfaction. This study also found that all post-acceptance variables in ECM were proven. Finally, this study proves that the expected degree of working flexibility has a positive influence on continuance intention. This study hopefully can be a reference for video conference application providers to decide which features to develop and for companies that use them to decide which application to use.

Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library