Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 33 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fauzia Diah Rembulan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas informasi akuntansi dan auditor spesialisasi pada efisiensi investasi perusahaan. Penelitian ini juga meneliti efek moderasi spesialisasi auditor dalam mempengaruhi informasi akuntansi
kualitas dan efisiensi investasi. Penelitian ini menggunakan regresi data panel dan sampel adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI untuk periode 2012 hingga 2017. The
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi akuntansi tidak signifikan berpengaruh pada efisiensi investasi dan spesialisasi auditor berpengaruh positif signifikan
berpengaruh pada efisiensi investasi. Penelitian ini menghasilkan moderasi auditor spesialisasi memiliki pengaruh yang tidak signifikan meningkatkan pengaruh akuntansi
kualitas informasi tentang efisiensi investasi. Implikasi dari penelitian ini adalah kualitas informasi akuntansi tidak cukup efektif untuk meningkatkan investasi efisiensi dan spesialisasi auditor dapat memberikan informasi yang memadai untuk mempengaruhi efisiensi investasi.

ABSTRACT
This study aims to look at the effect of the quality of accounting and auditor information specializes in the efficiency of corporate investment. This research also examines the moderating effect of auditor specialization in influencing accounting information investment quality and efficiency. This study uses panel data regression and The sample is a manufacturing company listed on the IDX for the period 2012 to 2017. The The results of this study indicate that the quality of accounting information is not significant effect on investment efficiency and auditor specialization significantly positive effect effect on investment efficiency. This research resulted in auditor moderation specialization has an insignificant effect increasing accounting influence quality of information about investment efficiency. The implications of this research are
the quality of accounting information is not effective enough to increase investment the efficiency and specialization of the auditor can provide sufficient information to influence
investment efficiency."
2019
Spdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arfive Gandhi
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya kualitas informasi (KI) web portal Indonesia Kreatif serta merumuskan strategi untuk meningkatkannya. Penelitian terdiri atas tiga tahap utama, yaitu sintesis dimensi KI, dilanjutkan penilaian KI, serta perumusan strategi. Sintesis dimensi KI dilakukan melalui 3 framework, yaitu AIM Quality, CC/LC, dan Gasser-Stvilia. Beberapa temuan faktor penyebab rendahnya KI web portal antara lain: ketentuan penulisan informasi dan image/file belum lengkap; sumber informasi belum merata, banyak informasi perlu diverifikasi; tidak ada ketentuan rentang waktu produksi informasi; tidak ada dokumentasi penyuntingan informasi; tidak ada penilaian tingkat pemahaman pengguna terhadap informasi; serta ada celah keamanan informasi.
Penelitian menghasilkan 24 strategi meningkatkan kualitas informasi web portal Indonesia Kreatif. Ke-24 strategi ini web portal Indonesia Kreatif ini disusun dalam kerangka strategi KREATIV. Bebeberapa strategi yang menjadi prioritas meliputi ekspansi sumber informasi kegiatan kreatif dari berbagai daerah, perancangan target produktivitas, standar waktu produksi, peningkatan target verfikasi profil orang kreatif, pencantuman referensi sebagai sumber informasi, serta pembuatan dokumen content change log.

ABSTRACT
The aims of this research are analyze causative factors that cause Indonesia Kreatif web portal has poor information quality (IQ) and also formulate strategy to improve its information quality. The main phases from this research are: IQ dimension synthesis from AIM Quality, CC/LC, and Gasser-Stvilia; IQ assessment; and strategy formulation. Some factors that cause Indonesia Kreatif web portal has poor IQ are: incomplete rules about information writing and its image/file; big gap among provinces as information source, unverified informa-tion, no information production timeschedule regulation, no documenta-tion for information editing, no user assessment about information understanding, and also information security vulnerability.
This research produces 24 strategies to improve information quality in Indonesia Kreatif web portal. Those has formulated in KREATIV strategy framework. Some priority strategies are: expansion the information source about creative event from many provinces, productivity target planning, time production standardization, increase verified creative people profile, insert references as information resource, and also content change log documentation.;The aims of this research are analyze causative factors that cause Indonesia Kreatif web portal has poor information quality (IQ) and also formulate strategy to improve its information quality. The main phases from this research are: IQ dimension synthesis from AIM Quality, CC/LC, and Gasser-Stvilia; IQ assessment; and strategy formulation. Some factors that cause Indonesia Kreatif web portal has poor IQ are: incomplete rules about information writing and its image/file; big gap among provinces as information source, unverified informa-tion, no information production timeschedule regulation, no documenta-tion for information editing, no user assessment about information understanding, and also information security vulnerability.
This research produces 24 strategies to improve information quality in Indonesia Kreatif web portal. Those has formulated in KREATIV strategy framework. Some priority strategies are: expansion the information source about creative event from many provinces, productivity target planning, time production standardization, increase verified creative people profile, insert references as information resource, and also content change log documentation., The aims of this research are analyze causative factors that cause Indonesia Kreatif web portal has poor information quality (IQ) and also formulate strategy to improve its information quality. The main phases from this research are: IQ dimension synthesis from AIM Quality, CC/LC, and Gasser-Stvilia; IQ assessment; and strategy formulation. Some factors that cause Indonesia Kreatif web portal has poor IQ are: incomplete rules about information writing and its image/file; big gap among provinces as information source, unverified informa-tion, no information production timeschedule regulation, no documenta-tion for information editing, no user assessment about information understanding, and also information security vulnerability.
This research produces 24 strategies to improve information quality in Indonesia Kreatif web portal. Those has formulated in KREATIV strategy framework. Some priority strategies are: expansion the information source about creative event from many provinces, productivity target planning, time production standardization, increase verified creative people profile, insert references as information resource, and also content change log documentation.]"
2015
TA-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tabita Febriyanti Tahir
"Latar Belakang : Youtube menjadi platform Media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini. Namun, kualitas informasi mengenai kesehatan di Youtube masih diragukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas video berbahasa Indonesia mengenai Stomatitis Aftosa Rekuren yang tersedia di Youtube dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Metode: Melakukan pencarian di Youtube menggunakan kata kunci “Sariawan”. 250 video pertama diseleksi dengan kriteria eksklusi, menghasilkan jumlah video inklusi sebanyak 90 video. Mencatat tanggal video diunggah, sumber pengunggah, durasi, Views, likes,dab dislikes. Video dinilai visibilitas, popularitas, kualitas, kegunaan, dan reliabilitas oleh 1 orang penguji. Uji statistik menggunakan Uji Mann-Whitney. Hasil: Sebagian besar video diunggah oleh pengguna independen (78,8%), tenga kesehatan profesional (12,2%), tv channel (7,8%), dan organisasi profesional (2,2%). Secara keseluruhan, mayoritas video memiliki skor GQS, Usefulness, dan Discern rendah. Namun, video yang diunggah profesional memiliki kualitas yang lebih baik dibanding pengguna independen (p<0.05, Uji Mann-Whitney) . Kesimpulan: Terdapat sedikit video berbahasa Indonesia mengenai SAR di Youtube yang memiliki kualitas baik. Diperlukan adanya keterlibatan profesional untuk menigkatkan kualitas informasi kesehatan di Youtube dengan mengupload video berkualitas baik dengan merujuk serta menyertakan sumber yang reliabel.

Background :Youtube has become the most used social media platform in Indonesia. However, the quality of information regarding health on Youtube is still questionable. This study aims to analyze the quality of Indonesian-language videos about Recurrent Aphtous Stomatitis available on Youtube within the last 1 year. Method : A systematic search of Youtube was performed using the keyword “Sariawan”. 90 videos were inluded. The date video uploaded, source, duration, views, likes, and dislikes. Videos were assssed for visibility, popularity, quality, utility, and reliability by one examiner. Results : Most of the videos were uploaded by independent users (78,8%), health professionals (12,2%), TV Channels (7,8%), and professional organizations (2,2%). Overall, the majority of th evideos had low GQS (Global Quality Score), Usefulness, and Discern scores. However, videos uploaded by professionals had a better quality, utility, and reliability than independent users (p<0,05), Mann-Whitney test. Conclusion : There are still a few videos in Indonesia-language which are of good quality. Professional involvement is needed to improve the quality of health information on Youtube by uploading good quality videos by referring and mention reliable source."
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Widiyanto
"Saat ini layanan informasi melalui media sosial dipandang sebagai sebuah layanan penting bagi instansi pemerintah termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemdikbud Jumlah follower akun media sosial Kemdikbud tumbuh cepat namun kepuasan masyarakat belum sesuai harapan Tidak adanya strategi dan masih rendahnya kualitas informasi merupakan penyebab dari masalah tersebut Penelitian ini bertujuan menyusun strategi media sosial dan indikator kinerja untuk meningkatkan kualitas informasi media sosial Kemdikbud
Metodologi penelitian yang digunakan adalah action research Data dikumpulkan melalui wawancara observasi dan survei Strategi media sosial disusun dengan mengadopsi kerangka kerja Third Wave dan menggunakan analisis SWOT Penelitian ini menemukan bahwa kualitas informasi intrinsik sangat penting bagi kepuasan masyarakat Penelitian ini menghasilkan 6 strategi pengelolaan 1 strategi people 4 strategi konten 1 strategi platform dan 8 indikator kinerja.

Nowadays information service through social media is considered as an important service for government agency including Ministry of Education and Culture Kemdikbud In Kemdikbud number of social media followers are growing larger but people's satisfaction is still below expectation The lack of strategies and poor information quality are considered to be main factors causing the problem The aim of this study is to formulate media social strategies and performance indicators to improve information quality on information service through social media in Kemdikbud
This research used action research methodology Data were collected through some interviews observations and surveys The strategies are formulated by adopting The Third Wave Media Social Strategy Framework and using SWOT analysis In this research it was found that intrinsic information quality is important for people's satisfaction This research formulated 6 managerial strategies 1 people strategy 4 content strategies 1 platform strategy and 8 performance indicators
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Pambudi
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh kualitas dan kredibilitas informasi terhadap persepsi kegunaan Instagram Goods Dept sebagai sumber informasi dan pengaruhnya terhadap intensi pengikut untuk terus menggunakan Instagram Goods Dept sebagai sumber informasi. Penelitian ini menemukan bahwa kualitas dan kredibilitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan Instagram Goods Dept sebagai sumber informasi. Namun, persepsi kegunaan Instagram Goods Dept memililiki pengaruh signifikan terhadap intensi pengikut untuk terus menggunakan Instagram Goods Dept sebagai sumber informasi.

This study is about analyzing the influence of information quality and credibility towards perceived usefulness of Goods Depts Instagram as an information source and its followers intention to continue using Goods Depts Instagram as information source. The results are information quality and credibility has no significant influence towards perceived usefulness of Goods Depts Instagram, and perceived usefulness of Goods Depts Instagram has significant influence towards the followers intention to continue following Goods Depts Instagram.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60714
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanet Kemala Putri
"Penelitian ini mengkaji pengaruh kualitas informasi konten, keakraban merek, keterlibatan konsumen pada media sosial merek, dan sikap pada media sosial merek terhadap repurchase intention konsumen superfood kategori oats di ruang lingkup Instagram. Lebih lanjut, studi ini meneliti apakah dieters dan non-dieters dapat memoderasi pengaruh kualitas informasi, keakraban merek, keterlibatan, dan sikap pada media sosial terhadap repurchase intention. Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling terhadap 360 pengguna Instagram aktif yang sedang dan/atau pernah membeli oats dalam satu tahun terakhir. Survei dilakukan secara daring menggunakan Google Form yang disebarkan melalui WhatsApp dan penyematan pada fitur Instagram story. Selanjutnya, berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan metode PLS-SEM menunjukkan bahwa kualitas informasi dan keakraban merek berpengaruh positif pada keterlibatan kemudian keterlibatan berpengaruh positif pada sikap. Yang menarik dalam hal ini adalah bahwa variabel sikap berpengaruh positif pada repurchase intention, namun variabel keterlibatan justru tidak memberikan pengaruh positif pada repurchase intention. Lalu, dilakukan uji moderasi multigrup tipe konsumen untuk melihat kemungkinan adanya perbedaan antara kelompok dieters dan non-dieters pada kelima variabel tersebut. Hasil uji Multi-Group Analysispada PLS SEM menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh involvement terhadap attitude antara kelompok Dieters dan kelompok non-Dieters

This study examines the influence of information quality, brand familiarity, consumer’s involvement on brand's social media, and attitude toward brand’s social media on the repurchase intention of superfood consumers in the oats category in the scope of Instagram. Furthermore, this study examines whether dieters and non-dieters could moderate the effect of information quality, brand familiarity, involvement, and attitude on repurchase intention. This study uses a convenience sampling method of 360 active Instagram users who are currently and/or have consumed oats in the past year. The survey was conducted online using Google Forms distributed via WhatsApp and embedded in the Instagram story feature. Furthermore, based on data analysis conducted using the PLS-SEM method, it shows that information quality and brand familiarity have positive effect on involvement on brand’s social media. Furthermore, involvement has a positive effect on attitude toward brand’s social media. What is interesting in this case is that the attitude variable has a positive effect on repurchase intention, but the involvement variable does not have a positive effect on repurchase intention. Then, a multigroup moderation test has been conducted for the type of consumer to see possible differences between the dieters and non-dieters groups in the five variables. The results of the Multi-Group Analysis on PLS SEM shows that there is a difference in the influence of involvement on attitude between the dieters group and the non-dieters group."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Muhamad Edwin
"ABSTRAK
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang telah dikenal dimancanegara. Taman Nasional Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu destinasi wisata yang masuk sebagai 10 destinasi wisata prioritas yang ada di Indonesia. Berdasarkan data dan hasil wawancara yang dilakukan, informasi yang ada pada situs www.wakatobitourism.com belum memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan. Tantangan terbesar sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas ialah Taman Nasional Kabupaten Wakatobi pada tahun 2019 jumlah kunjungan wisatawan ditargetkan mencapai 100.000 kunjungan. Hal ini untuk menunjang target kunjungan wisata Nasional yaitu 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 260 juta wisatawan nusantara. Dengan peningkatan kunjungan yang hanya 1000 ndash; 4000 pertahunnya, untuk mencapai 100.000 kunjungan menjadi hal yang sulit jika tidak ditunjang dengan upaya ndash; upaya strategis dengan memanfaatkan sumber daya teknologi informasi yang ada saat ini. Untuk menjelaskan permasalahan tersebut peneliti telah melakukan studi literatur terhadap beberapa jurnal terkait kualitas informasi destinasi wisata. Menurut Sung-Eun Kima, Kyung Young Leeb, Soo Il Shinc, Sung-Byung Yang 2017 , informasi yang berkualitas tentunya akan membantu wisatawan dalam hal pengambilan keputusan untuk berkunjung, dengan kata lain kualitas informasi yang baik akan memberikan dampak terhadap minat berkunjung wisatawan. Penjelasan terkait kualitas informasi destinasi wisata dijelaskan pula oleh Selira Kotoua dan Mustafa Ilkan 2017 , pada penelitiannya dijelaskan bahwa, wisatawan umumnya akan mencari informasi terkait produk maupun jasa yang ditawarkan oleh destinasi wisata yang akan ia kunjungi melalui internet, sehingga kualitas informasi yang disajikan akan sangat membantu wisatawan dalam mencari produk-produk pariwisata. Berdasarkan masalah dan penjelasan pada studi literatur yang diperoleh, maka perlu untuk melakukan analisis terkait pengaruh kualitas informasi destinasi wisata di situs www.wakatobitourism.com terhadap minat berkunjung wisatawan. Merujuk pada pembahasan paragraf sebelumnya, hasil penelitian ini telah membuktikan keterkaitan antara komponen kualitas informasi yang secara langsung berdampak terhadap minat berkunjung wisatawan yang dijelaskan dalam bentuk destination image model. Komponen tersebut antara lain contextual quality yang secara signifikan mempengaruhi affective image, representational quality berpengaruh secara signifikan terhadap cognative image, cognative image berpengaruh signifikan terhadap affective image, dan affective image berpengaruh secara signifikan terhadap conative image.

ABSTRACT
As an archipelagic country, Indonesia has various tourist destinations that have been known abroad. Wakatobi District National Park is one of the tourist destinations that enter as 10 priority tourist destinations in Indonesia.Based on data and interview results conducted, the information available on the site www.wakatobitourism.com has not had a significant impact on the increase in tourist visits. The biggest challenge as one of 10 priority tourist destinations is Wakatobi District National Park in 2019 the number of tourist visits is targeted to reach 100,000 visits. This is to support the target of national tourist visit is 20 million foreign tourists visit and 260 million domestic tourists. With an increase in traffic of only 1000 4000 per year, to reach 100,000 visits becomes difficult if not supported by strategic efforts by utilizing existing information technology resources. To explain the problem, researchers have conducted literature studies on several journals related to the quality of tourist destination information. According to Sung Eun Kima, Kyung Young Leeb, Soo Il Shinc, Sung Byung Yang 2017 , quality information will certainly help tourists in terms of decision making to visit, in other words the quality of good information will have an impact on visiting tourists. Explanation related to the quality of tourist destination information is also explained by Selira Kotoua and Mustafa Ilkan 2017 , explained that, tourists will generally find information related products or services offered by tourist destinations that he will visit via the internet, so the quality of information presented will very helpful for tourists in looking for tourism products. Based on the problems and explanations in the literature study obtained, it is necessary to conduct an analysis related to the influence of the quality of tourist destination information on the site www.wakatobitourism.com to the interests of tourists visiting. Referring to the discussion of the previous paragraph, the results of this study have proved the interrelationship between the components of information quality that directly impact on tourist visiting interests are described in the form of destination image model. These components include contextual quality that significantly affects the image, representational quality significantly influence the cognative image, cognative image has significant effect on the affective image, and affective image significantly influence the conative image."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Danang Tejo Pamungkas
"Latar belakang: Sindrom ovarium polikistik dapat memberi dampak yang besar
terhadap kualitas hidup wanita. Adanya informasi yang cukup dapat mendukung
perbaikan gaya hidup dan kemandirian pasien untuk menentukan tatalaksana terapi
yang tepat .Akurasi dan presisi suatu informasi yang berasal dari internet masih
sangat bervariasi. Diperlukan suatu data tentang kualitas informasi yang beredar di
internet berbahasa Indonesia.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran kualitas informasi tatalaksana SOPK
berbahasa Indonesia berbasis internet.
Metode: Dilakukan pencarian situs internet berbahasa Indonesia dengan kata kunci
sindrom ovarium polikistik menggunakan 2 mesin pencari (Google dan Bing).
Situs teratas pada hasil pencarian dilakukan penilaian dengan daftar tilikan
penilaian yang sudah dibuat sebelumnya.
Hasil: Terdapat 69 situs yang menjadi subjek penelitian. Dalam hal akurasi konten
dan kredibilitas, sebagian besar situs memiliki kualitas yang baik. Tidak terdapat
perbedaan kualitas situs antara kedua mesin pencari. Situs yang tampil pada 2
halaman teratas memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan halaman-halaman
berikutnya (p=0,02). Situs edukasi memiliki kualitas informasi yang lebih baik
(p=0,05). Situs yang dibuat oleh organisasi yang bergerak di bidang kesehatan
memiliki kualitas informasi yang lebih baik (p=0,04). Situs non komersial memiliki
kualitas yang lebih baik dibandingkan situs komersial (p=0,01).
Kesimpulan: Faktor yang mempengaruhi kualitas informasi kesehatan pada situs
adalah ditampilkan pada 2 halaman pertama hasil pencarian, dibuat untuk tujuan
edukasi, dibuat oleh organisasi kesehatan, dan bersifat non komersial.

Background: Polycystic ovarian syndrome has pronounced quality of life effect on
women. Sufficien information contribute significant role in lifestyle improvement,
as well as patient empowerment. However, data on health information quality in
the internet is limited, especially in Bahasa Indonesia.
Objectives: To investigate health information quality about PCOS on the internet
in Bahasa Indonesia.
Methods: Top website from two separate search engine (Google and Bing) was
collected using keyword of sindrom ovarium polikistik (polycistic ovarian
syndrome). Analysis of health information quality on those website was performed.
Results: Sixty-nine website were included for analysis. Majority of those website
have good infromation quality in terms of content accuracy and website credibility.
There was no difference in quality between two search engine. Website were found
at top two pages in each search engines have better quality than the latter pages
(p=0.02). Educational website had better quality (p=0.05). Website made by
healthcare organization had better quality (p=0.04). Non-commercial website had
better information quality (p=0.01).
Conclusion: Criteria affecting health information quality in the internet was as
follows: found at top two pages on search engine; educational website; made by
healthcare organization; and non-commercial purpose."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2020
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rossalia Marine Andanni
"Tesis ini membahas mengenai pengaruh kualitas informasi dan sistem dari berita online terhadap terhadap kepuasan pengguna hingga niat revisit dan niat berbagi berita online generasi z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner online dari 400 orang generasi z. Metode analisis data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa Structural Equation Modelling (SEM) untuk membuktikan hipotesis penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi kualitas informasi yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan generasi z dalam mengkonsumsi berita online adalah kekinian (currency), sedangkan dimensi dominan dari kualitas sistem adalah waktu respon. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kualitas informasi dan sistem berita online terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan terhadap niat revisit dan niat berbagi.

This thesis discusses the effects of information and system quality of online news on user satisfaction to revisit intentions and news sharing intentions of generation z. This quantitative research data were collected using online questionnaire, from 400 people who responded to the survey focuses on 400 respondents of generation z. Researcher used descriptive statistical and Structural Equation Modeling (SEM) to analyze the data to prove the research hypothesis. This research shows that the most dominant dimension of information quality that influencing satisfaction in consuming online news is currency, while the most dominant dimension of system quality is response time. There is a significant positive effect between information and system quality of online news on user satisfaction, also between satisfaction with revisit intentions and sharing intentions."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hashella Kostan
"Kebijakan reformasi birokrasi pada instansi pemerintahan mendorong pegawai ASN pada level eselon tiga ke bawah untuk segera melakukan peralihan jabatan menuju jabatan fungsional. Tidak terkecuali Instansi X, yang saat ini sedang didorong untuk memenuhi target proporsi 60% pejabat fungsional hanya dalam kurun waktu satu tahun. Target ini idealnya hanya dapat dicapai apabila karyawan secara proaktif menunjukkan perilaku keterlibatan karier. Berdasarkan studi awal yang dilakukan, salah satu hambatan yang dihadapi pegawai ASN di Instansi X adalah keterbatasan informasi terkait kebijakan, pola karier, dan proses peralihan jabatan. Oleh karena itu, penelitian ini hendak meneliti pengaruh kualitas informasi karier di organisasi terhadap perilaku keterlibatan karier pegawai ASN. Variabel kejelasan karier dipilih sebagai variabel mediator sejalan dengan teori proses pencarian informasi. Penelitian ini melibatkan sampel penelitian sebanyak 211 pegawai ASN level eselon 3,4, ataupun 5 yang belum berstatus jabatan fungsional. Uji mediasi dilakukan menggunakan metode statistik regresi menggunakan macro PROCESS oleh Hayes pada aplikasi SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan langsung antara variabel persepsi akan kualitas informasi dengan perilaku keterlibatan karier tidak signifikan (β=0.02, p>.05). Meskipun demikian, hubungan tidak langsung antara keduanya melalui mediator kejelasan karier terbukti signifikan (β=0.28, p<.05), begitupun dengan hubungan total antara kedua variabel (β=0.30, p<.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel kejelasan karier memediasi penuh hubungan antara persepsi akan kualitas informasi karier dan perilaku keterlibatan karier.

National bureaucratic reform policies that apply to government agencies compel echelon III, IV, and V civil service workers to transfer into functional positions. Institution X is no exception. In fact, Institution X was expected to fulfill the 60% functional position proportion target merely in a span of one year. To achieve this target, it was essential for civil servants at Institution X to proactively engage in their own career development. However, based on the preliminary study conducted, information inadequacy regarding the organization’s career policy was considered as one main obstacle during the position transfer process. This study was then conducted to examine the effect of perceived career-related information quality on civil servants’ career engagement. Career clarity was chosen as mediator variable between the two based on the information search process theory. 211 Institution X’s echelon III, IV, and V civil servants who have not held functional positions were recruited as participants of the study. Mediation analysis was performed using regression statistical method using macro PROCESS by Hayes in SPSS. The result showed that the direct effect between perceived information quality and career engagement is not significant (β=0.02, p>.05). However, indirect effect between the two is found significant (β=0.28, p<.05), along with the total effect (β=0.30, p<.05). In summary, career clarity fully mediated the relationship between perceived career-related information quality and career engagement."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>