Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Louigi Rahmat Bramantya Moriza
Abstrak :
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan desain eksperimental yang bertujuan untuk menguji peran dehumanisasi terhadap pengaruh justifikasi moral terhadap dukungan kebijakan pendekatan keras. Desain penelitian ini adalah penelitian antar subjek posttest saja. DV penelitian ini merupakan dukungan untuk pendekatan keamanan (hard approach). IV (pembenaran moral) dimanipulasi menggunakan indusi teks. Kelompok eksperimen diberikan teks yang berisi pembenaran moral, sedangkan kelompok kontrol akan diberikan teks netral yaitu berita tentang sepak bola. Moderator dalam penelitian ini adalah dehumanisasi. Sebanyak 91 peserta direkrut melalui media sosial Line. Pembagian kelompok dalam eksperimen kali ini gagal membuktikan adanya pengaruh antara justifikasi moral dan dukungan terhadap pendekatan keamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dehumanisasi tidak berinteraksi dengan justifikasi moral untuk mendukung pendekatan keamanan. ...... This research is a type of quantitative research and experimental design which aims to examine the role of dehumanization on the effect of moral justification on hard-approach policy support. The design of this study was a posttest inter-subject study only. The DV of this research is a support for the security approach (hard approach). IV (moral justification) is manipulated using text indusion. The experimental group was given a text containing moral justification, while the control group was given a neutral text, namely news about football. The moderator in this research is dehumanization. A total of 91 participants were recruited through the social media Line. The division of groups in this experiment failed to prove the existence of an influence between moral justification and support for the security approach. The results showed that dehumanization did not interact with moral justification to support a security approach.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asyrul Maulana
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah peran dari moral disengagement pada mahasiswa-mahasiswa di Indonesia dalam pengaruh dari religiusitas mereka pada munculnya perilaku kecurangan akademis. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Partisipan dari penelitian ini adalah 286 mahasiswa program Sarjana dan Diploma di Indonesia, dimana mereka berpartisipasi dalam penelitian ini melalui suatu survey online menggunakan tiga alat ukur berbeda, yaitu self-report scale untuk kecurangan akademik oleh Lin & Wen (2007), centrality of religiosity scale oleh Huber & Huber (2012), dan self report scale untuk moral disengagement oleh Detert, Trevino & Sweitzer (2008). Hasil penelitian ini tidak berhasil membuktikan bahwa bahwa moral disengagement memiliki dampak yang signifikan sebagai moderator pada pengaruh dari religiusitas mahasiswa terhadap munculnya perilaku kecurangan akademis, namun hasil penelitian ini dapat mendukung adanya korelasi antara moral disengagement dan kecurangan akademis, dan juga mendukung bahwa religiusitas memiliki peran yang negatif terhadap munculnya perilaku kecurangan akademis. Peneliti menduga bahwa hasil penelitian ini masih terbatas dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti korelasi yang dekat antara variabel moral dan religiusitas itu sendiri, ataupun adanya faktor social desirability dalam pengisian tes. Sebagai saran, penelitian kedepannya perlu untuk melihat apakah faktor social desirability memiliki peran yang signifikan dalam penelitian mengenai kecurangan akademik seperti ini. ......The focus of this study is to discuss the role of moral disengagement in college students in Indonesia as a moderator towards the influence of religiosity on their tendency to commit academic dishonesty. This research is a quantitative research with its research design being descriptive. The participants for this research are 286 college students from Indonesia that participated in this research through an online survey, which utilized three (3) different scales, which are the self-report scale for academic dishonesty by Lin & Wen (2007), centrality of religiosity scale by Huber & Huber (2012), and self report scale for moral disengagement by Detert, Trevino & Sweitzer (2008). The research findings did not succeed in producing any proof on the role of moral disengagement as a moderator for the influence from students' religiosity on their tendency to commit academic dishonesty, however this research managed to support the idea that moral disengagement is correlated with academic dishonesty. The researcher suggests that the result of this research might be limited due to the existence of social desirability factor during the data collection phase. It is suggested for future research in this topic that social desirability be included as an additional measure.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juneman Abraham
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini memperluas tesis Gino, Norton, dan Ariely 2010 serta Cornelissen, Bashshur, Rode, dan Le Menestrel 2013 , masing-masing tentang pengaruh diri yang palsu dan mindset etis dalam dinamika tingkah laku moral. Perluasan tesis dilakukan dalam sejumlah cara, di antaranya: Perluasan pertama, bahwa diri yang palsu mampu memprediksi pembungkaman moral sebagai wakil atau proxy dari tingkah laku korupsi; Moore, 2008 dalam situasi alamiah non-laboratorium , sedangkan studi Gino et al. menggunakan situasi eksperimental-laboratorium. Perluasan kedua, bahwa mindset etis berbasis hasil dan teori-diri entitas berpengaruh sebagai moderator hubungan antara diri yang palsu dan tingkah laku korupsi. Guna menguji hipotesis-hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dua buah studi. Studi 1 merupakan studi korelasional terhadap 994 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas, dengan teknik analisis data berupa structural equation modelling, untuk menguji signifikansi peran variabel diri yang palsu prediktor serta mindset etis dan teori-diri kandidat moderator dalam memprediksi tingkah laku korupsi yang diwakili oleh pembungkaman moral variabel dependen Studi 1 . Studi 2 merupakan studi kuasi-eksperimental terhadap 154 mahasiswa-mahasiswi guna menguji hipotesis efek moderasi mindset etis berbasis hasil dan teori-diri entitas terhadap hubungan antara diri yang palsu dan tingkah laku korupsi variabel dependen Studi 2, secara operasional merupakan kinerja dalam bribery game dengan teknik analisis data berupa analisis variansi ANOVA . Hasil penelitian ini Studi 1 dan Studi 2 secara umum mengkonfirmasikan hipotesis yang diajukan oleh peneliti. Kontribusi penelitian ini di samping secara substantif mengembangkan teori psikologi moral dalam konteks saliensi historis, adalah temuan bahwa tingkah laku moral seseorang saat ini dipengaruhi oleh sejarah moralitas diri diri palsu, atau diri otentik dan variabel-variabel personologis mindset etis, teori-diri yang berinteraksi dengannya, juga secara metodologis menjadikan korupsi pertama kali diteliti dalam bentuk simulasi tindakan di Indonesia dengan menggunakan tinjauan psikologis.
ABSTRACT
This study extends the thesis of Gino, Norton, and Ariely 2010 and Cornelissen, Bashshur, Rode, and Le Menestrel 2013 , consecutively, on the effect of counterfeit self and ethical mindset in the dynamics of moral behavior. The extensions of the theses are carried out in a number of ways, among others The first extension, counterfeit self is capable of predicting moral disengagement as the proxy of corruption behavior Moore, 2008 in a natural non laboratory situation, while Gino et al. rsquo s finding is on experimental laboratory situation. The second extension, the outcome based ethical mindset and entity self theory act as the moderating variables of the effect of counterfeit self on corruption behavior. In order to test the hypotheses, two studies were conducted. Study 1 was a correlational study on 994 senior high school students, with data analysis techniques in the form of structural equation modeling, to test the significance of the role of the counterfeit self predictor as well as ethical mindset and self theory moderator candidates in predicting the behavior of corruption which was represented with moral disengagement the dependent variable of Study 1 . Study 2 is a quasi experimental study on 154 university students to test the hypotheses of the moderating effects of outcome based ethical mindset and entity self theory on the effects of counterfeit self on corruption behavior dependent variable Study 2, operationally defined as a performance in a bribery game with data analysis technique in the form of analysis of variance ANOVA . The results of those studies Study 1 and Study 2 generally confirmed the hypotheses proposed. The contribution of this study, in addition to substantively develop the theory of moral psychology in the context of historical salience, is a finding that an individual rsquo s current moral behavior is influenced by the history of moral self i.e. counterfeit, or authentic self and the personological variables ethical mindset, self theory that interact with the self, also methodologically makes corruption for first time examined in the form of performance simulations in Indonesia by using psychological perspective.
2017
D2424
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irsal Harifasyah
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini adalah tipe penelitian cross-sectional yang bertujuan meneliti hubungan antara identifikasi dan pelepasan moral individu. Desain penelitian ini non-eksperimental yang membandingkan karakter-karakter dalam tokoh One Piece menjadi tiga karakter. Variabel outcome dalam penelitian ini adalah pelepasan moral individu, sedangkan variabel predictor dalam penelitian ini adalah identifikasi. Penelitian ini juga berusaha mencari mengungkap peran mediasi dari penilaian moral dalam hubungan antara variabel prediktor dan outcome. Responden dalam penelitian ini dibagi secara acak ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok karakter bermoral paling baik, kelompok karakter bermoral ambigu, dan kelompok karakter paling immoral. Sebanyak 1471 responden mengisi penelitian ini dan dianalisis. Identifikasi terbukti berkorelasi secara positif dengan pelepasan moral individu. Dalam hasil juga terdapat bahwa penilaian moral tidak memediasi hubungan antara identifikasi dan pelepasan moral individu.
ABSTRACT This study is cross-sectional research aimed to investigate relationship between identification and moral disengagement. This study is non-experimental that compares three characters that exist in the story of One Piece. Outcome variable of these study is moral disengagement, whereas the predictor is identification. Also, these study try to reveal the mediation model of the predictor and outcome. 1471 respondents randomly assigned into one of three group character that based on moral continuum which are most morally, morally ambiguous, and most immoral character. The result shows that identification positively correlate with moral disengagement, but the mediation which explains that moral judgement mediates the relationship between identification and moral disengagement is not significant.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ishaq Mahmudil Hakim
Abstrak :
Kecurangan merupakan fenomena negatif yang terjadi di berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah kecurangan dapat dipengaruhi oleh moral disengagement dan pengaruh tersebut dapat dimoderasi oleh identitas moral. Sebanyak 213 orang mahasiswa dari 7 universitas di Indonesia mengikuti penelitian ini. Peneliti mengukur kecurangan dengan Tugas Matriks Angka yang pernah digunakan oleh banyak peneliti-peneliti lain. Moral disengagement diukur menggunakan adaptasi dari Moral Disengagement Scale yang dirancang oleh Detert, Treviño, dan Sweitzer (2008). Identitas moral diukur dengan hasil adaptasi dari Moral Identity Questionnaire yang dikembangkan Black dan Reynolds (2016). Penelitian ini menemukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan moral disengagement terhadap kecurangan (odds ratio = 1,111; n = 213; p > 0,05; two-tailed). Lebih lanjut, identitas moral tidak memoderasi pengaruh moral disengagement terhadap kecurangan (odds ratio = -1,140; p > 0,05; two-tailed). Elaborasi dari hasil penelitian ini dibahas di dalam diskusi. ...... Dishonest behavior is a negative phenomenon that occurs in various contexts. This study aims to find out whether dishonest behavior can be influenced by moral disengagement and whether that influence can be moderated by moral identity. 213 students from 7 universities in Indonesia participated in this study. Dishonest behavior was measured by the Number Matrix Task that had been used by many other researchers. Moral disengagement was measured using adaptations from the Moral Disengagement Scale designed by Detert, Treviño, and Sweitzer (2008). Moral identity was measured by the adaptated Moral Identity Questionnaire developed by Black and Reynolds (2016). This study found no significant effect of moral disengagement on dishonest behavior (odds ratio = 1.111; n = 213; p> 0.05; two-tailed). Furthermore, moral identity did not moderate the effect of moral disengagement on dishonest behavior (odds ratio = -1,140; p> 0.05; two-tailed). The elaboration of these results was discussed.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tegas Ananda Affair
Abstrak :
Sejak hadirnya pandemi Covid-19, terjadi berbagai perubahan yang berdampak terhadap bagaimana sebuah bisnis dijalankan. Pandemi Covid-19 menyebabkan penyusutan ekonomi global sebesar 5%. Dampaknya, 47,4% dari 1.105 perusahaan di Indonesia merugi secara ekonomi dan 52% pekerja global harus bekerjad dari rumah selama pandemi Covid-19. Bahkan, lebih dari 6,40 juta karyawan harus terdampak pemutusan hubungan kerja. Sehingga, 54,8% pekerja di Indonesia merasa khawatir terkait dengan kondisi keuangan mereka selama pandemi Covid- 19. Namun, dengan segala tekanan yang hadir selama pandemi Covid-19, para atasan atau supervisor banyak memanfaatkan Supervisor Bottom-Line Mentality guna meningkatkan keuntungan perusahaan. Bidang pemasaran kerap dijadikan ujung tombak perusahaan untuk mendatangkan keuntungan selama masa pandemi Covid-19. Akan tetapi, berfokus pada hasil akhir dapat menciptakan iklmu kompetitif dalam perusahaan yang akan meningkatkan Perceived Competitive Climate. Di tengah segala ketidakpastian kondisi, karyawan akan melakukan segala cara untuk tetap bertahan di perusahaan, bahkan dapat melakukan tindakan tidak etis, namun menguntungkan perusahaan atau dikenal dengan Unethical Pro- Organizational Behavior. Kemudian, pelepasan moral atau Moral Disengagement dianggap sebagai pemoderasi lahirnya tindakan Unethical Pro-Organizational Behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei berdasarkan purposive sampling. Data dari 135 responden yang bekerja di dibidang marketing diolah menggunakan SPSS dan SmartPLS melalui analisis statistik deskriptif dan SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan Supervisor Bottom-Line Mentality dan Perceived Competitive Climate terhadap Unethical Pro-Organizational Behavior dimoderasi oleh Moral Disengagement tidak berpengaruh positif secara sigifikan. ......Since the presence of the Covid-19 pandemic, there have been various changes that have an impact on how a business is run. The Covid-19 pandemic caused the global economy to shrink by 5%. As a result, 47.4% of 1,105 companies in Indonesia lost economically and 52% of global workers had to work from home during the Covid- 19 pandemic. In fact, more than 6.40 million employees have been affected by layoffs. Thus, 54.8% of workers in Indonesia are worried about their financial condition during the Covid-19 pandemic. However, with all the pressure that was present during the Covid-19 pandemic, supervisors or supervisors used the Supervisor Bottom-Line Mentality a lot to increase company profits. The marketing sector is often used as the spearhead of companies to bring in profits during the Covid-19 pandemic. However, focusing on the end result can create a competitive climate within the company that will enhance the Perceived Competitive Climate. In the midst of all uncertain conditions, employees will do everything they can to stay in the company, even taking unethical actions that benefit the company or known as Unethical Pro-Organizational Behavior. Then, moral disengagement or Moral Disengagement is considered as a moderator of the birth of Unethical Pro- Organizational Behavior. This research uses a quantitative approach through a survey method based on purposive sampling. Data from 135 respondents who work in the field of marketing were processed using SPSS and SmartPLS through descriptive statistical analysis and SEM. The results of this study indicate that the relationship between Supervisor Bottom-Line Mentality and Perceived Competitive Climate on Unethical Pro-Organizational Behavior was moderated by Moral Disengagement has no significant positive effect.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library