Samosir, Rian Simon
Abstrak :
Industri pakaian merupakan industri yang tidak akan menghilang dan dapat memberikan peluang bisnis yang besar. Dengan tingginya permintaan akan pakaian dan aksesoris, maka dibutuhkan usaha untuk mendukung UMKM dalam memanfaatkan kesempatan ini. Alaskaki Concept sebagai subjek dari penelitian ini merupakan salah satu UMKM yang menjual pakaian dan aksesoris. Business coaching dilakukan pada UMKM ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam,observasi dan survei kepada pemilik, karyawan, dan pelanggan UMKM. Data yang terkumpul dianalisis melalui analisis proses bisnis, analisis kanvas model bisnis, analisis STP (Segementing, Targetting, Positioning), analisis internal dan eksternal, dan mengarah pada analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram sebagai saluran pemasaran digital dan pembuatan panduan dalam mengunggah konten instagram untuk UKM Alaskaki Concept.
......The clothing industry is an industry that will not disappear and can provide great business opportunities. With the high demand for clothing and accessories, efforts are needed to support MSMEs in taking advantage of this opportunity. Alaskaki Concept as the subject of this research is one of the SMEs that sells clothing and accessories. Business coaching is carried out on these MSMEs using a descriptive qualitative approach. Data was collected through in-depth interviews, observations and surveys to owners, employees, and customers of MSMEs. The data collected is analyzed through business process analysis, business model canvas analysis, STP (Segementing, Targeting, Positioning) analysis, internal and external analysis, and leads to a SWOT analysis. This study aims to optimize the use of Instagram as a digital marketing channel and guide making on uploading Instagram content for Alaskaki Concept MSME.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library