Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 123 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tobin, Joseph Jay
New Haven: Yale University Press, 1989
372.21 TOB p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Tri Hartanto Sukamto
"Pasai 10 BAB IH Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahlm 2002 tentang Perlindungan Anak secam jelas membuka kesempatan pada anak agar mendapat dukungan dan penghargaan terhadap pengembangan dirinya, sesuai dengan dngkat keoerdasan dan usianya. Oleh sebab itu, pemberian rangsangan yang tepat sangatlah panting pada masa lima tahun panama dalam kehidunpan anak yang dikenal dengan istilah "The Golden Age"_Konsep dari kecendasan yang semakin berkembang mengantarkan temuan bam mengenai konsep Mulnple Intelligences yang kemudian diterapkan pada Prasekolah-pmsekolah dengan tujuan untuk mengembangkan segala aspek kecerdasan yang oleh anak didiknya. Pencrapan konsep tersebui seyogyanya didukung oleh kemampuan dari pengajarnya agar penerapan terscbut dapat berjalan secara optimal, sehingga sangatlnh pcnting dalam membuat suatu rancangan modul pelatihan dalam upaya unmk mempersiapkan tenaga pcngajar agar dapat menjalankan fungsinya tersebut dengan baik. Program pelatihan ini dirancang untnk membekali pam pengajar dalam upaya penerapan konsep Multiple Intelligences secara optimal dan juga mengatasi keluhan dan kendala yang diakibatkan kesenjangan kemampuan yang mereka miliki sebelumnya Subjek penelitian adalah para pengajar di prasekolah yang mencrapkan konsep Multiple Intelligences seperti Sekolah Alam Bogor dan Global Islamic LabSchool Depok. Metodc pcngumpulan data dengnn menggunakan metode wawancara serta kuesioner bagi para pcngajar untuk didapatkan informasi yang berguna untuk menyuslm materi dari modul pelatihan yang dirancang berdasarkan basil analisa kebutuhan. Rancangan modul pelatihan dirancang beniasarkan hal-hal yang perlu dikembangkan pada para pengajar yang antara lain adalah pcngetahuan dasar mengenai perkembangan anak usia dini, kemampuan merancang pola pengajaran Multiple Intelligences yang sesuai, pengembangan kreativitas pengajar dalam penerapannya serta keterarnpilan dalam mengkornunikasikan perkembangan siswa kepada orang tuanya.

23 Year 2002 about Protection of Child clearly open opporttmity for child in order to get appreciation and support to development of themselfl as according to iutellegence storey;level and hisfher age. On that account, giving of correct excitement of vital importance at a period of five first year in child life, lt's recognized with term " The Golden Age. Conception of intelligence which progressively expand to send new finding regarding concept of Multiple Intelligences which is 1ater;then applied by preschools as a mean to develop all intellegence aspect had by its protege. Applying of the concept is properly supported by ability of its instructor so that the applying can walk in an optimal fashion, so that of vital importance in making a training module device in the effort to draw up instructor energy, so that can nm its iimction better. this Training program is designed to supply all instructor in the effort applying of concept of Multiple Intelligences in an optimal fashion as well as overcoming resulted by constraint, and sigh ability dilference which they have previously. Research Suhjek are instructors in preschool which is applying concept of Multiple Intelligences like Natural School of Bogor and Global of Islamic Labschool Depok. Method data collecting by using method interview and also quesioner to all instructor in order to got information which good for compiling items of designed training module pursuant to result of requirement analysis. Module training device designed pursuant to things required to developed by all instructors which for example; basic knowlcdges concerning growth of age child early, ability design pattem instruction of appropriate Multiple Intelligences, development of instructor creativity in its applying and also skill in communicating growth of student to its old fellow."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T34079
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fasya Fauzani
"Beberapa penelitian telah menemukan kaitan antara regulasi emosi dan executive function (EF), namun masih terdapat inkonsistensi terkait komponen EF mana yang dapat memprediksi regulasi emosi pada anak prasekolah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana peran komponen cool dan hot dari EF, beserta dengan jenis kelamin, dalam memprediksi regulasi emosi pada anak prasekolah usia 5-6 tahun. Sebanyak 84 anak diuji dengan sejumlah tes cool EF, hot EF, dan regulasi emosi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hot EF dan jenis kelamin, namun tidak dengan cool EF, dapat memprediksi kemampuan regulasi emosi berdasarkan performa langsung dari anak. Sebaliknya, tidak ditemukan adanya kaitan di antara cool EF, hot EF, maupun jenis kelamin, dengan kemampuan regulasi emosi berdasarkan laporan orang tua. Adanya temuan terkait kontribusi hot EF dalam memprediksi performa regulasi emosi, dapat menjadi pertimbangan dalam memberikan intervensi regulasi emosi berbasis hot EF pada anak prasekolah, dengan mempertimbangkan jenis kelamin.

A number of studies had found the relation between emotion regulation and executive function (EF), but there are still some inconsistencies regarding which components of EF that have the ability to predict emotion regulation in preschoolers. The current study investigated the contribution of cool EF, hot EF, and sex, in predicting emotion regulation in preschoolers 5- to 6-year-olds. 84 preschoolers were assessed using cool EF, hot EF, and emotion regulation tasks.
The results revealed that hot EF and sex, but not cool EF, were able to predict preschoolers’ emotion regulation performance. Meanwhile, it was also found that cool EF, hot EF, and sex did not have any relation with emotion regulation based on parent-reports. These findings suggest that hot EF intervention can be given to those preschoolers claimed to have less optimal emotion regulation.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60343
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Kusuma Dewi
"Perbedaan kemandirian anak dalam setiap anak usia prasekolah menjadi gambaran adanya faktor-faktor yang berhubungan dengan kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian anak usia prasekolah 5-6 Tahun di TK Jakarta Utara. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif cross sectional pada 108 responden yang dipilih menggunakan teknik consecutive sampling di 6 TK Jakarta Utara. Hasil penelitian menunjukkan 48,1% anak usia prasekolah 5-6 tahun memiliki tingkat kemandirian yang sedang yang berhubungan dengan mayoritas ibu memiliki pendidikan menengah dan sebagai ibu rumah tangga, sebagian besar anak sebagai anak bungsu, dan berjenis kelamin laki-laki. Penelitian ini merekomendasikan peran perawat untuk melakukan edukasi kepada orangtua terkait aspek kemandirian perkembangan anak usia prasekolah dan bekerja sama dengan pendidik di sekolah taman kanak-kanak.

The difference in the independence of children in every preschooler is a form of a description of what factors influence the child's independence. This study aims to determine the description of the independence of 5-6 years old preschool children in kindergarten North Jakarta. The design of this study used a cross-sectional quantitative descriptive method for 108 respondents selected using consecutive sampling technique in 6 TK North Jakarta. The results showed 48,1% preschool children aged 5-6 years had a moderate level of independence. The independence of children who are being influenced by factors of majority level education of mothers with secondary education, and mothers employment status as a housewife, and most of children are the youngest child and male gender. This research recommends the role of nurses to educate parents related independence aspects of development preschool age children and to cooperate with educators in kindergarten."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardita Putri Ayuwardhani
"Masyarakat Indonesia kini mulai memasuki era modern sehingga banyak sekali melakukan perkembangan teknologi seperti yang ada di luar negeri mulai dari internet, gadget, sampai dengan inovasi yang dapat mempermudah kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Semua aspek kehidupan manusia dapat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang begitu pesat. Dampaknya mencakup hampir seluruh kalangan, dari anak usia dini hingga orang dewasa. Penggunaan gadget pada anak usia dini dapat memiliki efek buruk yang cukup signifikan, yaitu semakin memprihatinkan perkembangan pada anak usia dini. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif pendekatan cross sectional pada 114 responden dengan metode random sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil uji chi-square mendapatkan hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan kemampuan bersosialisasi anak usia prasekolah (p = <0,001). Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar pengetahuan dalam pendidikan terkait dengan intensitas penggunaan gadget dan kemampuan bersosialisi anak usia prasekolah.

Indonesian society is now starting to enter the modern era so that there are many technological developments such as those abroad ranging from the internet, gadgets, to innovations that can make it easier  for us to carry out daily activities. All aspects of human life can be affected by such rapid technological progress. The impact covers almost all circles, from early childhood to adults. The use of gadgets in early childhood can have a significant adverse effect, which is increasingly concerning development in early childhood. The research design used was a descriptive cross-sectional approach on 114 respondents with a random sampling method with a simple random sampling technique. The result of the chi-square test found that there was a significant relationship between the intensity of gadget use and the social ability  of preschool-age children (p = <0,001). The result of this study can be the basis of knowledge in education related to the intensity of gadget use dan the ability to socialize preschool-age children."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Anggraeni
"Mual muntah merupakan efek samping kemoterapi yang paling umum dan paling merugikan bagi anak. Mual muntah akibat kemoterapi pada anak dapat dikurangi dengan pemberian terapi nonfarmakologis seperti relaksasi. Salah satu relaksasi yang dapat dipergunakan adalah membacakan buku cerita dengan teknik storytelling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh storytelling terhadap mual muntah akibat kemoterapi pada anak usia prasekolah. Desain penelitian adalah quasi experiment posttest only control group design. Sampel sebanyak 42 anak usia prasekolah yang terbagi menjadi kelompok intervensi (n=21) dan kelompok kontrol (n=21). Pemilihan responden dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Analisis perbedaan mual muntah pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dilakukan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik tidak ada perbedaan yang signifikan antara skor mual muntah pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan nilai p=0,461 (p>0,05). Namun, dari hasil kajian secara klinis terdapat perbedaan antara mual muntah pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan storytelling tidak memberikan efek pada pencegahan mual muntah akibat kemoterapi pada anak usia prasekolah secara statistik, tetapi memberikan efek secara klinis. Penelitian ini merekomendasikan untuk pemanfaatan storytelling sebagai terapi suportif pada anak yang menjalani kemoterapi untuk mengurangi kejadian mual muntah dan untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak usia prasekolah.

Nausea and vomiting is the most common and most detrimental side effect of chemotherapy for children. Nausea and vomiting due to chemotherapy in children can be reduced by providing non-pharmacological therapy such as relaxation. One form of relaxation that can be used is reading story books using storytelling techniques. The aim of this study was to identify the effect of storytelling on nausea and vomiting due to chemotherapy in preschool children. The research design is a quasi experiment posttest only control group design. The sample was 42 preschool age children divided into intervention group (n=21) and control group (n=21). Respondent selection was carried out using consecutive sampling technique. Analysis of differences in nausea and vomiting in the intervention group and the control group was carried out using the Mann Whitney test. The statistical test results showed that there was no significant difference between the nausea and vomiting scores in the control group and the intervention group with a value of p=0.461 (p>0.05). It can be concluded that the use of storytelling does not have a statistical effect on preventing nausea and vomiting due to chemotherapy in preschool children, but does have a clinical effect. This research recommends the use of storytelling as a supportive therapy for children undergoing chemotherapy to reduce the incidence of nausea and vomiting and to reduce the use of gadgets in preschool children."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fifi Firdiana
"Masa prasekolah merupakan masa dimana anak mengalami mengalami peningkatan yang pesat dalam perkembangan Bahasa, kognitif dan psikososial. Dalam hal ini dibutuhkan stimulasi agar perkembangan fungsi organ tubuh dan otak optimal. Stimulus dilakukan pada empat sektor utama perkembangan anak, yaitu motorik kasar dan motorik halus, bahasa, serta personal sosial. Seiring dengan perkembangan teknologi dan maraknya penggunaan internet. Anak usia prasekolah sudah mulai terpapar dengan gadget. Namun, gadget tidak bisa memenuhi keempat sektor utama perkembangan anak yang harus di stimulasi orang tua agar perkembangan anak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah. Penelitian menggunakan pendekatan Fisher Exact pada 167 responden orang tua dan anak yang dipilih melalui teknik simple random sampling menggunakan instrumen kuesioner penggunaan gadget dan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan anak yang dibuktikan dengan nilai p value = 0.001 (p < 0.05).

The preschool period is a time when children experience a large increase in language, cognitive, and psychosocial development. In this case, stimulation is needed so that the development of body organs and brain function is optimal. Stimulus is carried out in four main sectors of child development, namely gross and fine motor skills, language, and social personality. Along with the development of technology and the widespread use of the internet. Preschool children are starting to be exposed to gadgets. However, gadgets cannot fulfill the four main sectors of child development that parents must stimulate for optimal child development. This research aims to identify the relationship between the intensity of gadget use and the development of preschool children. The research used a Fisher Ecxact approach with 167 parent and child respondents who were selected through a simple random sampling technique using gadget-use questionnaire instruments and developmental pre-screening questionnaires (KPSP). The results of the research show that there is a significant relationship between the intensity of gadget use and children's development, as evidenced by the p value of 0.001 (p < 0.05)."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
S7604
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Tri Hartanto Sukamto
"ABSTRAK
Pasal 10 BAB III Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun
2002 tentang Perlindungan Anak secara jelas membuka kesempatan pada anak
agar mendapat dukungan dan penghargaan terhadap pengembangan dirinya,
sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya. Oleh sebab itu, pemberian
rangsangan yang tepat sangatlah penting pada masa lima tahun pertama dalam
kehidunpan anak yang dikenal dengan istilah “The Golden Age
Konsep dari kecerdasan yang semakin berkembang mengantarkan
temuan baru mengenai konsep Multiple Intelligences yang kemudian diterapkan
pada Prasekolah-prasekolah dengan tujuan untuk mengembangkan segala aspek
kecerdasan yang dimiliki oleh anak didiknya. Penerapan konsep tersebut
seyogyanya didukung oleh kemampuan dari pengajarnya agar penerapan tersebut
dapat beijalan secara optimal, sehingga sangatlah penting dalam membuat suatu
rancangan modul pelatihan dalam upaya untuk mempersiapkan tenaga pengajar
agar dapat menjalankan fungsinya tersebut dengan baik. Program pelatihan ini
dirancang untuk membekali para pengajar dalam upaya penerapan konsep
Multiple Intelligences secara optimal dan juga mengatasi keluhan dan kendala
yang diakibatkan kesenjangan kemampuan yang mereka miliki sebelumnya
Subjek penelitian adalah para pengajar di prasekolah yang menerapkan
konsep Multiple Intelligences seperti Sekolah Alam Bogor dan Global Islamic
LabSchool Depok. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode
wawancara serta kuesioner bagi para pengajar untuk didapatkan informasi yang
berguna untuk menyusun materi dari modul pelatihan yang dirancang berdasarkan
hasil analisa kebutuhan.
Rancangan modul pelatihan dirancang berdasarkan hal-hal yang perlu
dikembangkan pada para pengajar yang antara lain adalah pengetahuan dasar
mengenai perkembangan anak usia dini, kemampuan merancang pola pengajaran
Multiple Intelligences yang sesuai, pengembangan kreativitas pengajar dalam
penerapannya serta keterampilan dalam mengkomunikasikan perkembangan siswa
kepada orang tuanya.

ABSTRACT
Section 10 CHAPTER of III [Code/Law] Republic Of Indonesia Number
23 Year 2002 about Protection of Child clearly open opportunity for child in order
to get appreciation and support to development of themself, as according to
intellegence storey;level and his/her age. On that account, giving of correct
excitement of vital importance at a period of five first year in child life, it's
recognized with term11 The Golden Age.
Conception of intelligence which progressively expand to send new
finding regarding concept of Multiple Intelligences which is later,then applied by
preschools as a mean to develop all intellegence aspect had by its protege.
Applying of the concept is properly supported by ability of its instructor so that
the applying can walk in an optimal fashion, so that of vital importance in making
a training module device in the effort to draw up instructor energy, so that can run
its function better, this Training program is designed to supply all instructor in the
effort applying of concept of Midtiple Intelligences in an optimal fashion as well
as overcoming resulted by constraint, and sigh ability difference which they have
previously.
Research Subjek are instructors in preschool which is applying concept of
Multiple Intelligences like Natural School of Bogor and Global of Islamic
Labschool Depok. Method data collecting by using method interview and also
quesioner to all instructor in order to got information which good for compiling
items of designed training module pursuant to result of requirement analysis.
Module training device designed pursuant to things required to developed
by all instructors which for example; basic knowledges concerning growth of age
child early, ability design pattern instruction of appropriate Multiple Intelligences,
development of instructor creativity in its applying and also skill in
communicating growth of student to its old fellow"
2007
T37620
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Th. Ratih Sawitridjati
2007
T38300
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>