Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Fahransyah
"ABSTRAK
Penggunaan internet sebagai media promosi dan interaksi saat ini meningkat secara drastis, sama halnya dengan yang terjadi pada bentuk promosi dan interaksi terhadap karya musik. Salah satunya pengembangan musik independen yang bersifat bebas, mandiri, dan tidak bergantung dengan sebuah label musik. Namun kelemahan pengembangan musik independen adalah adanya keterbatasan dana untuk melakukan promosi albumnya di pasaran. Oleh sebab itu, banyak musisi indie yang menggunakan media internet sebagai media promosi karyanya, salah satunya melalui media sosial. Beberapa situs internet dan media sosial menyediakan layanan yang memungkinkan musisi indie untuk menyebarkan informasi dari karyanya kepada masyarakat dalam bentuk foto maupun video, salah satunya adalah Instagram. Dua Drum merupakan kelompok musik (band) independen yang memanfaatkan Instagram sebagai sarana promosi dan menjalin interaksi dengan para penggemarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana serta dampak dari promosi melalui Instagram yang dilakukan oleh Dua Drum terhadap karya mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Dua Drum secara gencar membagikan konten musik dan aktif melibatkan penggemarnya yang membuat karya mereka semakin popular, sehingga penggunaan media sosial Instagram cukup efektif dalam meningkatkan popularitas nama dan karya maupun interaksi di antara musisi independen dengan para penggemarnya.

ABSTRACT
The use of the internet as a media for promotion and interaction is currently increasing drastically, as is the case with the forms of promotion and interaction with musical works. One of them is the development of independent music that is free, independent, and does not depend on a music label. However the weakness of independent music development is that there are limited funds to promote their albums on the market. Therefore, many independent musicians use internet media as a media for promoting their work, one of which is through social media. Some internet sites and social medias provide services that allow independent musicians to disseminate information of their work to the public in the form of photos and videos, one of which is Instagram. Dua Drum is an independent music group that uses Instagram as a means of promotion and interacts with its fans. The purpose of this study was to find out how and the impact of Instagram promotions carried out by Dua Drum on their work. The research method used is descriptive qualitative with data collection technique through observation. The results obtained from this study are that Dua Drum intensively distributes music content and actively engages fans who make their work more popular, so the use of Instagram is quite effective in increasing the popularity of names or musical works and interactions between independent musicians and their fans.

"
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fathurrahman Kushendrawan
"Strategi pemasaran media sosial menjadi faktor terbesar atas perkembangan dan kesuksesan industri perfilman lokal beberapa tahun terakhir ini. Media sosial seperti Instagram dapat memfasilitasi para pembuat film untuk membuat akun resmi untuk meningkatkan popularitas dan jumlah penonton film mereka. Penelitian ini menganalisis pengelolaan akun Instagram @filmnkcthi, sebagai akun resmi yang menjadi sarana promosi film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Analisis pengelolaan akun @filmnkcthi dilakukan berdasarkan 4 (empat) elemen kesuksesan dalam pemasaran media sosial oleh Susan Gunelius, yaitu pembuatan konten, penyebarluasan konten, membangun hubungan kerjasama, dan pengembangan komunitas online. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan akun Instagram adalah sarana promosi yang efektif untuk mempromosikan suatu film.

The social media marketing strategy has been the biggest factor in the development and success of the local film industry in recent years. Social media like Instagram can facilitate filmmakers to create an official accounts to increase the popularity and number of viewers of their movies. This study analyzes the management of the Instagram account @filmnkcthi, as an official account which is a promotional tool for the One Day We'll Talk About Today (ODWTAT) movie. Analysis of @filmnkcthi account management was carried out based on 4 (four) elements of success in social media marketing by Susan Gunelius, which are conten creation, content distribution, building cooperative relationships, and developing online communities. The analysis shows that the use of an Instagram account is an effective tool for movies promotion."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library