Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ihsan Wahyu Prabawa
"Universitas Indonesia terdiri dari dua belas fakultas yang memiliki sistem perkuliahan yang beragam jenisnya. Dibutuhkan suatu sistem informasi yang handal untuk dapat membantu sistem akademik yang telah berjalan saat ini. Selama ini, pihak universitas maupun masing-masing fakultas telah berusaha untuk mengembangkan sistem informasi akademik yang handal bagi masing-masing fakultas. Akan tetapi sistem informasi akademik tersebut seperti sistem SIAK Client Server, SIAK Online, maupun SIAK FEUI dirasakan masih kurang mengakomodasi kebutuhan universitas maupun fakultas. Masih ada fungsi-fungsi yang belum diterapkan atau diterapkan kurang tepat, skema basis data yang masih kurang memadai dan kurang fleksibel, serta banyaknya informasi yang tidak bisa dihasilkan secara tepat baik waktu maupun kandungan datanya adalah beberapa contoh dari masalah yang ada pada sistem-sistem saat ini.
Proyek mahasiswa ini bertujuan untuk melakukan pengembangan awal suatu sistem informasi akademik yang baru untuk mengatasi kelemahan dan kekurangan sistem yang ada saat ini. Sistem yang baru ini diharapkan memiliki fitur-fitur yang diperlukan, seperti mendukung integrasi UI melalui pengelolaan data akademik mahasiswa, memungkinkan administrasi akademik dilakukan secara terpusat oleh Registrar pada Direktorat Pendidikan, dan memiliki kesesuaian rancangan dan fasilitas untuk berinteraksi secara transparan dengan subsistem-subsistem lain dalam sistem informasi Universitas Indonesia. Hasil dari proyek mahasiswa ini adalah adanya suatu definisi requirement yang jelas, rancangan sistem maupun basis data dan framework sebagai dasar implementasi sistem informasi akademik selanjutnya."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Lukman
"Kemudahan untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi sekolah merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dewasa ini. Di tengah persaingan yang sangat ketat, sebuah sistem yang mampu menghadir kan data yang terintegrasi dapat menjadi sebuah keunggulan bagi suatu sekolah. Untuk itu dikembangkan sebuah sistem akademik terpadu yang merupakan sistem informasi yang memfasilitasi pemenuhan kebutuhan sekolah dengan menyediakan sebuah gerbang tunggal yang mengintegrasikan sistem akademik, sistem kesiswaan dan sistem keuangan sekolah dalam satu sistem.
Proyek mahasiswa ini dilakukan dengan tujuan integrasi modul akademik dengan modul kesiswaan yang sudah dikembangkan sebelumnya dan menambahkan modul keuangan sehingga dapat menjadi sebuah Sistem Akademik Terpadu yang dapat memenuhi kebutuhan sekolah. Sistem ini juga telah melalui beberapa pengujian, diantaranya adalah unit test, integration test, black-box testing dan user acceptance test. Pengujian dilakukan untuk memastikan sistem yang dikembangkan bebas dari error maupun bugs serta berjalan sesuai
dengan bisnis proses yang diinginkan oleh klien. User acceptance test sendiri dilakukan oleh pembimbing proyek mahasiswa ini.
Laporan ini disusun sebagai laporan proyek mahasiswa yang dilaksanakan mulai dari 27 Februari 2007 sampai dengan 29 Juni 2007 dalam rangka pengembangan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKDU) yang pelaksanaannya mengacu pada metodologi FAST. Pengembangan sistem ini dilakukan oleh lima orang anggota tim yang memiliki peranan yang berbeda-beda. "
Depok: Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shifa Nur Annida
"Seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, kalangan pendidikan mulai memanfaatkan penerapan teknologi informasi contohnya seperti penerapan sistem informasi akademik di Politeknik Negeri Media Kreatif. Mengingat adanya beberapa permasalahan yang terjadi dalam penerapan sistem informasi akademik di Polimedia antara lain jumlah aktifitas login pengguna terhadap sistem yang masih sangat rendah yaitu sebesar 11%, sistem informasi akademik masih sering mengalami down pada saat sistem tersebut sedang digunakan dan melakukan banyak aktivitas, serta kurang serasi antara hasil yang terdapat pada sistem dengan kenyataan yang ada dilapangan, maka dibutuhkan suatu penilaian dan pengecekan apakah sistem informasi akademik tersebut sudah berjalan sesuai dengan fungsinya.
Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis-hipotesis yang diajukan dengan bantuan tools SmartPLS. Pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari penyebaran kuisioner kepada 200 responden. Penelitian ini pun menggunakan kerangka pemikiran yang diambil dari model yang diusulkan oleh DeLone dan McLean serta penambahan beberapa variabel dari model UTAUT, yang berguna untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang menentukan kesuksesan suatu sistem informasi. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan organisasi dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan sitem informasi akademik sehingga dapat dilakukan perbaikan. Hasil akhir penelitian ini didapatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan sistem informasi akademik terdiri dari tiga faktor yaitu kualitas sistem, kualitas layanan, dan juga pengaruh sosial yang ada di Polimedia.

Concomitant with the growth of Information System nowdays, our educational institution is trying to absorb the implementation of this current technology into the latest academic system which being applied in Politeknik Negeri Media Kreatif. Considering the issue which often occurred in Polimedia academic information system implementation phase that creates a low key percentage of user actvity login system who takes only 11%, academic information system is often getting down when its system activity is being actively used during peak hour. Since there is an unharmonious lack of the result from system with the actual fact on the site, it needs an objective assessment and examination about the current academic information system whether that system already works functionally based on its purpose.
In conducting this research, researchers used a method of Structural Equation Modeling (SEM) analysis with using SmartPLS tool. In this study using primary data obtained from questionnaires to 200 respondents. This reaserch also uses some model approach of the experts that the model proposed by DeLone and McLean, as well as the addition of several variables of UTAUT. This model is use to know what are the variables that determine the success of an information system.Given this research, the organization is expected to determine the factors that influence the application of academic information system so that it can be repaired. The final results of this study showed that the factors that affect the application of academic information system consists of three factors: system quality, service quality, and social influences also exist in Polimedia.
"
[Depok;, ]: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yaya Sudarya Triana
"ABSTRAK
Dalam rangka mengantisipasi era globalisasi di sektor pendidikan program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) dituntut untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanannya, sehingga dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasinya. Untuk mewujudkan usaha tersebut MM-FEUI harus didukung dengan pelayanan teknologi informasi, diantaranya yaitu pelayanan di bidang akademik.
MM-FEUI berharap sistem registrasi online yang akan dikembangkan ini dapat memudahkan dalam melaksanakan administrasi dan pengelolaan data serta memiliki manual online. Sistem online ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam mendaftarkan kuliah yang dipilih pada cawu yang berlangsung berdasarkan mata ajaran yang ditawarkan pada cawu yang bersangkutan. Selain itu dapat memudahkan dosen untuk melihat jadual perkuliahan yang akan di-plot. Demikian juga untuk staf administrasi dapat menetapkan jadual registrasi dengan menentukan batas waktu registrasi dan melakukan proses transfer kedalam sistem pembayaran terhadap mahasiswa yang tidak konflik, serta menentukan jadual perkuliahan.
Sistem ini dapat menampung sebanyak mahasiswa yang terdaftar, dosen, staf administrasi dan manajemen yang memiliki otoritas terhadap sistem tersebut secara cepat dengan menggunakan platform sistem registrasi online, menggunakan linux sebagai server dan web sebagai solusi interface antara pengguna dan sistem.
Sistem ini akan dibuat dengan terlebih dahulu menggunakan proses requirement management, sehingga requirement yang dihasilkan adalah requirement yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna dan stakeholder. Selain itu requirement ini dapat dipantau dan dikendalikan, dimana apabila terjadi perubahan-perubahan yang besar dapat diantisipasi dan dapat dikembalikan ke dalam proses awal pembuatan requirement management.
Acceptance test harus dilakukan agar dapat diperiksa, apakah aplikasi yang dibangun sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum, untuk itu harus diperiksa fitur-fiturnya, keandalan, performansi dan keamanan. Penggunaan model untuk mengendalikan proses ini juga perlu dilakukan. Dalam tesis ini menggunakan model "V'' untuk mengendalikan antara satu requirement dengan yang lainnya.

ABSTRACT
In anticipating the globalization era, Master of Management program, faculty of Economic University of Indonesia (MM-FEUI) insisted to increase the education quality and it's services in order to defend and increase the education quality. To realize those effort, MM-FEUI 3hould be supported by information technology, especially is the academic services.
MM-FEUI insist to develop an on line system registration. This effort could make all administration and data process activities much easier and also could have on line document. This on line system expected to be a smooth facility for the students to register subject. They may choose courses in quarterly bases. Other advantage is to make the lecturer could access their schedule easier. This could also facilitate the administration staff in ascertaining registration schedule by enforcing registration deadline and transfering process into payment request system.
This system could enable more registered students, lecturers, administration staff and management person who have authority to make fast operation by using online registration platform. Using the system will adopt linux as server and web interface solution between user and system.
The development effort is in initialized by constructing the requirement become closed to the user and stakeholder needs. Beside that, this requirement could be evaluated if there are some big changes can be anticipates and returned to the first making process of requirement management.
Acceptance test make us able to check the result, in order to guarantee the application already fullfill the requirement. Therefore we have to check the futures, reliability, performance and security. To control the process, we need some pattern. This test will follow the "V' model to control from one to another requirements."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40500
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Yuliyanto
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan riset literatur yang membahas tetang aspek security dan authentication sistem informasi on line khususnya Rancangan Sistem Informasi Akademik (SIA) On Line Program Extension Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Dalam memasuki milenium ke tiga, organisasi bisnis, pendidikan serta organisasi lainnya tidak bisa lepas dari pengaruh perkembangan Teknologi Informasi dalam menjalankan proses bisnisnya. Berkembangnya teknologi informasi dan komputer memberikan dukungan terhadap aktivitas-aktivitas operasional organisasi untuk meningkatkan kualitas produksi dan pelayanan pada pelanggan. Namun demikian juga memberikan ancaman terhadap aspek security dan authentication sistem komputer.
Fokus pembahasan dalam tesis ini adalah membangun Sistem Informasi Akademik On Line yang mempunyai mekanisme security dan authentication handal sesuai dengan kebutuhan PEFEUI. SIA On Line PEFEUI dibangun dalam tiga tahap. Pertama adalah melakukan pengamatan terhadap sistem informasi di Universitas Katolik Atmajaya, Universitas Pelita Harapan, lingkungan PEFEUI dan kondisi terakhir sistem informasi di PEFEUI sebagai bahan masukan untuk membangun SIA On Line PEFEUI. Pada bagian ini, dibahas masalah sekuriti dan autentikasi pada masing-masing perguruan tinggi. Disamping itu juga dibahas masalah manajemen, teknologi dan komponen yang digunakan untuk membangun sistem informasi. Pembangunan tahap kedua adalah merancang Sistem lnformasi Akademik On Line yang sesuai dengan kebutuhan di PEFEUI. Terakhir, mengidentifikasi ancamanancaman terhadap aset yang dimiliki PEFEUI dan memberikan solusi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya ancaman-ancaman tersebut ; teknologi dan manaJemen operasional yang digunakan untuk mencegah terjadinya ancaman, diantaranya penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak seperti firewall, melakukan segmentasi Janngan dan penerapan prosedur-prosedur dalam pelaksanaannya, seperti penerapan kewenangan dalam pemprosesan data.

ABSTRACT
This thesis is a literature research on the aspect of security and authentication of on line information system, particularly the On Line Academic Information System Design of the Faculty of Economics Extension Program of University of Indonesia (PEFEUI).
In entering the third millenium, it is certain that in the operation of their activities, organizations such as business, education and others will be inspired by the development of the Information System. Such information system and computers development will support the operational activities of the organization to improve the quality of the production and services to the clientele. Nevertheless it can also be a threat to the security and authentication aspects of the computer system.
The focus of the discussion in this thesis is the creation of the On Line Academic Information System with qualified . security and authentication mechanism in accordance with the need of PEFEUI. The On Line Academic Information System of PEFEUI was created in three stages. At the first stage a study of the information system in Atmajaya Catholic University, Pelita Harapan University, the Extension Program of the Faculty of Economics of the University of Indonesia and its latest information system was done to get inputs in order to develop the On Line Academic Information System for PEFEUI. This first part reviews the matter of security and authentication in the information system of each university. Other matters discussed are the management, the technology and components used to create the information system. The second stage was the design the On Line Academic Information System as needed by PEFEUI. At the last stage threats to PEFEUI assets are identified and solutions are given to lesser the possibility of such threats to occur, by suggesting the technology and the operational management in preventing such problems with the use of hardware and software such as firewall, network segmentation and the application of procedures such as the policy application in data processing."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000
T40248
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Murwantara
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi pada dekade terakhir ini telah berkembang dengan pesatnya. Piranti lunak bantu analisis yang telah dikembangkan banyak membantu para pengembang untuk membuat piranti lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Dalam dasawarsa ini, universitas dituntut memiliki integritas data yang tinggi dan kecepatan pelayanan yang prima. Teknologi informasi sebagai garda depan dalam pelayanan mahasiswa menjadi sarana vital sebagai pendorong strategi universitas untuk menghadapi persaingan dengan lembaga sejenis yang akan hadir dan telah mapan di Indonesia.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana mengendalikan pembangunan piranti lunak, Sistem Informasi Akademik dengan menerapkan metode requirement engineering yang terdapat dalam metodologi pengembangan perangkat lunak Rational Unified Process. Untuk memeriksa kebenaran piranti lunak terhadap user needs dan change requirement dilakukan acceptance test. Hal ini dicapai dengan merencanakan dan merancang serangkaian tes terhadap fitur dad piranti lunak tersebut.
Telaah kembali terhadap fitur-fitur ditemukan hal-hal yang kritis, yang harus ada pada registrasi perkuliahan, yaitu yang berkaitan dengan authorization, availability, data integrity, privacy dan reliability. Semua diatas diharapkan dapat meningkatkan efektifitas, efesiensi biaya dan tepat waktu dalam pengembangan sistem informasi akademik.

ABSTRACT
Improvement on information technology (IT)for the last decade has been increase amazingly. Analysis tools that have been build, help the developers to build the software which is satisfied to the user needs.
For the last decade, university has been challanged to give the high data integrity and excellence services. IT as the frontier ofservices for students has become a vital strategic to move forward the university to face for the competition against a kind establish organization and the new comers.
Problems that arrived by this research is how to manage software development on academic information system using requirement engineering methodology on the Rational Unified Process software development methodology. Acceptance test is held to check the correctness ofsoftware to the user needs and change requirements. It is achieved by planning and designing test series to the features ofsoftware.
Review on the features hasforwarded critical aspects that have to be present on the course registration, such as things that related to authorization, availability, data integrity, privacy and reliability. All ofthatfeatures expected to increase the effectivity, budget effeciency and on time at the development of academic information system."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40504
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nashrul Hakiem
"Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak berbagai bidang kehidupan dunia termasuk Indonesia yang dimulai sejak Maret 2019. Salah satu dampak nyata adalah disrupsi teknologi informasi yang begitu cepat daripada yang diprediksikan sebelumnya karena keharusan mengikuti protokol kesehatan physical distancing, sehingga penggunaan teknologi informasi menjadi suatu keniscayaan. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta juga mengikutinya dengan menjalankan kebijakan Work from Home (WFH) serta Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). UIN Jakarta sudah mempunyai aplikasi Academic Information System (AIS) berbasis web dalam media pembelajarannya. Saat ini juga sudah ada Mobile AIS berbasis Android untuk Pengguna Mahasiswa, akan tetapi belum ada aplikasi AIS berbasis mobile untuk pengguna Dosen. Tujuan praktek keinsinyuran ini adalah rekayasa perangkat lunak Mobile AIS berbasis Android untuk pengguna Dosen Modul Agenda Perkuliahan serta Absensi Dosen dan Mahasiswa yang terintegrasi dengan AIS untuk mendukung PJJ. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Kotlin Android sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan model Waterfall. Mobile AIS untuk Dosen berbasis Android sudah lolos uji unit (unit testing) dan sistem (system testing) menggunakan metode black box testing.

The COVID-19 pandemic has impacted various fields of life in the world including Indonesia, which began in March 2019. One of the real impacts is the disruption of information technology so quickly than previously predicted due to the necessity to follow physical distancing health protocols, so the use of information technology is a necessity. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta also followed it by implementing the Work from Home (WFH) and distance learning policies. UIN Jakarta already has a web-based Academic Information System (AIS) application as e-learning. There is also an Android-based AIS Mobile for Students, but there is no mobile-based AIS application for Lecturers. The purpose of this research is to develop an Android-based AIS Mobile software for Lecturers with the Lecture Journal Menu including Lecturer and Student Attendance which is integrated with AIS to support distance learning. The programming language used is Kotlin Android while the system development method uses the Waterfall model. Mobile AIS for Android-based lecturers has passed the unit testing and the system testing using the black box method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Fauziah Ulfa
"Universitas Sriwijaya (Unsri) sebagai salah satu institusi perguruan tinggi negeri selayaknya mampu untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang berbagai kegiatan salah satunya dalam kegiatan proses pembelajaran. Salah satu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada Universitas Sriwijaya yaitu dengan menggunaan sistem informasi akademik yang diberi nama Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) Universitas Sriwijaya. SIMAK merupakan aplikasi mandatory yang dikembangkan pada tahun 2008 untuk mendukung kegiatan akademik di Unsri. Berdasarkan data logactivity SIMAK yang diambil pada tanggal 26 Desember 2018, persentase rata-rata penggunaan aplikasi SIMAK tahun 2013-2018 yaitu 77,7% pengguna dosen yang mengakses aplikasi SIMAK, sehingga dapat dilihat rendahnya pengguna dosen. Universitas Sriwijaya belum pernah melakukan evaluasi terhadap faktor kesuksesan penggunaan SIMAK. Hal ini yang membuat peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kesuksesan penggunaan aplikasi SIMAK oleh pengguna dosen. Model penelitian yang digunakan merupakan hasil modifikasi teori kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean dengan menambahkan beberapa variabel dari aspek individu dan aspek organisasi. Pengumpulan data melalui survei kepada 1232 responden dosen yang menjadi pengguna SIMAK. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan metode mixed method. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan SmartPLS sebagai alat olah data. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan penggunaan aplikasi SIMAK Online yaitu information quality, system quality, service quality, top management support, self-efficacy, user satisfaction, dan net benefit.

Sriwijaya University (Unsri) as one of the state higher education institutions should be able to utilize information and communication technology in supporting various activities, one of which is in the learning process activities. One of the uses of information and communication technology at Sriwijaya University is by using an academic information system named Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) of Sriwijaya University. SIMAK is a mandatory application developed in 2008 to support academic activities in Unsri. Based on SIMAK activity log data taken on December 26, 2018, the average percentage of SIMAK application usage in 2013-2018 is 77.7% of lecturers who access SIMAK applications, so that they can be seen as low lecturer users. Sriwijaya University has never evaluated the success factor of using SIMAK. This makes the researcher want to know what factors affecting the success of SIMAK application usage by lecturer users. The research model used is a modification of DeLone and McLeans information system success theory by adding several variables from individual aspects and organizational aspects. Data collection through a survey of 1232 lecturer respondents who were SIMAK users. The research method used is the mixed method method. Data analysis method uses Structural Equation Modeling (SEM) and SmartPLS as data processing tools. The results of this study indicate the factors that influence the successful use of SIMAK Online applications, namely information quality, system quality, service quality, top management support, self-efficacy, user satisfaction, and net benefits"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library