Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Blumer, Herbert
London: University of California Press, 1998
302 BLU s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ike Iswary Lawanda
"Disertasi ini mendiskusikan proses sosial yang berlangsung dalam suatu organisasi menanggapi perubahan mendadak dijelaskan dengan interaksionisme simbolik. Interaksi sosial yang merupakan seperangkat aksi simbolik disebut resistensi dan akomodasi. Resistensi secara sembunyi-sembunyi sebagai transkripsi tersembunyi dan akomodasi dilakukan sebagai transkripsi publik oleh kelompok yang inferior dengan mengambil peran kelompok yang dominan. yang menyatakan dirinya modern. Gejala lain muncul di antara keduanya. Keberagaman refleksi resistensi dan akomodasi untuk meraih status terhormat, sumber daya dan melupakan asal mereka. Pernyataan tesis disertasi adalah interaksionisme simbolik yang berfokus pada simbol. Pendapat saya pembangunan bukanlah sekedar proses terencana yang direalisasikan menjadi seperangkat kegiatan untuk siapa saja dengan syarat-syarat tertentu. Pembangunan memerlukan sinergi antara program dan proyek yang belum bersinerg.

This thesis is to show that symbolic interactionism explains about resistance and accommodation by actors in social interaction focusing on symbols. Its methodology is focused on social action by actors and on groups and passes back and forth between two as unit of analysis within their social setting. Actor behavior including their reflection of organization is a positioning of actors as the product of interpretation by each of them about themselves and symbols within their social settings. By focusing on actor symbolic action in its interplay with social settings, which includes past and present, this thesis shows that resistance and accommodation is reflected variedly from one actor to another, and from one group and social organization to another. The case presented is that of librarians and library staff in Nagari Library. The librarians and library staff is variedly resistant but remain accommodative live side by side. In my opinion program of development is not merely well-planned process to be a set of activities applied generally to everyone. Development requires necessarily a synergy between program and project."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
D2283
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fandi Ardiansyah
"Tesis ini membahas mengenai pemahaman tentang simbol-simbol makulinitas dalam masyarakat, dalam hal ini adalah KB Pria. Dengan menggunakan penelitian kualitatif berpendekatan interpretatif, penelitian ini berusaha mengelaborasikan proses pemahaman terhadap simbol-simbol maskulinitas. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan kajian literatur. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive. Data dianalisa menggunakan teori interaksionisme simbolik dari Herbert Mead. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman KB Pria sebagai simbol maskulinitas ditentukan oleh bagaimana maskulinitas tersebut dipahami oleh para pria. Pemahaman ini terbentuk oleh interaksinya dengan peergroupnya dan dikukuhkan oleh budaya patriarki dalam masyarkat.

This thesis discusses about the understanding of masculinity symbols within society, in this case is male contraceptive. Using qualitative research with an interpretative approach, this study will try to elaborate how the understanding of the masculinity symbols emerge. Indepth-interview, observation and literary are simply tools for data collection. Informans for this research are choose with purposive method. Interactionism symbolic teory from Herbert Mead is used to analyze the data. The result shows that the undestanding of male contraseptive as masculinity symbols depend on how masculinity is undestanding by men. This understanding is formed by his interaction with his peergroups and is settled by the patriarchy culture within society."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43783
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putuhena, Agatha Gita
"Media sosial hari ini selalui diramaikan dengan komentar netizen, bahkan sampai dijadikan sebuah topik pemberitaan di media massa. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi yang terjadi melalui komentar di media sosial dapat membentuk online self, serta bagaimana negosiasi online self yang terjadi secara online juga terefleksikan dalam offline self. Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik dari Herbert Mead sebagai dasar untuk menganalisis temuan yang ada. Melalui wawancara dan observasi, diketahui bahwa komentar berupa kritik positif maupun negatif yang jumlahnya masif cenderung lebih memodifikasi online self. Selain itu, isi komentar yang tidak dapat diprediksi menyebabkan online self cenderung mengkomunikasikan diri sesuai dengan kehendak digital other. Proses modifikasi online self dan offline self terjadi secara beriringan, sehingga konsep online self yang terbentuk akan terefleksikan pada offline self dan juga mempengaruhi interaksinya dengan society. Implikasinya yaitu komentar di media sosial dapat diproyeksi terhadap self di dunia nyata.

Nowadays social media is always livened up by netizens comments, and even becomes a news topic in the mass media. Started out from this, the study aims to determine how interactions through comments on social media can build online self, as well as how online self negotiations conducted online are also reflected in offline self. This research uses the theory of Symbolic Interactionism from Herbert Mead as a basis for analyzing existing findings. Through interviews and observations, it was recognized that comments in the form of positive and negative criticisms whose numbers were massive tended to more modify online self. In addition, the unpredictable content of comments causes online self to tend to communicate themselves according to the digital others will. The online and offline self modification process is occur hand in hand, so the online self concept that is formed will be reflected in the offline self and affects its interaction with the society. The implication is that comments on social media can be projected to self in the real world."
2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tjipta Lesmana
"Pekerjaan wartawan di era Orde Baru sering dilukiskan "sulit", karena di satu sisi wartawan gigih menuntut kebebasan seperti yang dijamin oleh Undang-Undang Pokok Pers, tetapi di sisi lain pemerintah menilai kebebasan pers tanpa pembinaan dapat menciptakan situasi yang tidak kondusif bagi stabilitas nasional; padahal stabilitas nasional diyakini sebagai persyaratan mutlak bagi keberhasilan pembangunan nasional. Bagaimana pers, yang direpresentasikan oleh majalah Tempo, mengatasi kendala struktur dalam menjalankan tugasnya, tetapi pada waktu yang sama berupaya agar eksistensi penerbitannya tetap terjaga, itulah masalah yang hendak diteliti. Teori interaksi simbolik dipakai sebagai instrumen. Tujuannya, kecuali untuk menguji kebenaran ketiga asumsi dasar interaksi simbolik (Blamer, 1969:2), juga untuk mengkaji kegunaan model aksi Charon (1998) yang bertumpu pada definisi situasi (definition of situation) dalam memahami perilaku wartawan Tempo dalam hubungannya dengan pejabat-pejabat Departemen Penerangan.
Hubungan Tempo dan pemerintah dibatasi pada hubungan yang terjadi setelah keluarnya Undang-Undang Pokok Pers No 21 tahun 1982 hingga pembredelan majalah tersebut pada Juni 1994.
Ada empat pertanyaan penelitian yang diajukan: (1) Bagaimana obyek sosial didefinsikan sebagai berita? (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi definisi obyek sosial sebagai berita? (3) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan keputusan publikasi berita? (4) Bagaimana proses terjadinya konflik antara Tempo dan pemerintah?
Penelitian menggunakan desain kualitatif model interaksi simbolik (Muhadjir, 1990:125), mengambil majalah Tempo sebagai kasus studi. Data diperoleh dari wawancara mendalam (depth interview), analisis dokumen dan studi pustaka. Unit analisis adalah action, tindakan (Meltzer, 1964) dan dokumen; tindakan dari individu-individu yang berinteraksi sosial dan dokumen sebagai produk dari interaksi sosial. Duabelas informan Tempo dipilih dengan menggunakan teknik purposive dan snowball (Cresswell, 1994:148). Di kalangan pejabat, diwawancarai Subrata (mantan Direktur Jenderal Pembinaan Pers dan Grafika) dan Brigadir Jenderal TNI (Purnawirawan) Nurhadi Purwosaputro (mantan Kepala Pusat Penerangan ABM). Semua wawancara dilakukan oleh peneliti sendiri, berlangsung antara Juli 1996 sampai Nopember 1997, dengan menggunakan alat perekam. Dari hasil wawancara dibuat transcripts yang kemudian dituangkan ke dalam "kartu penulisan catatan" (Faisal, 1990) untuk dibuatkan kategori-kategori. Berita, laporan dan opini yang dianalisis, terutama, berita, laporan dan opini yang menimbulkan reaksi keras dari pemerintah. Sedang dokumen yang diteliti, antara lain, semua peringatan tertulis yang dikeluarkan Departemen Penerangan kepada Tempo, Keputusan Dewan Pers No 79/XIV/1974 tentang Pedoman Pembinaan Idill Pers, pidato-pidato Presiden Soeharto dan Menteri Penerangan Harmoko yang berhubungan dengan masalah pers.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) ketiga asumsi dasar teori interaksi simbolik dan model aksi Charon, secara umum, dapat menjelaskan hubungan majalah Tempo dan pemerintah yang bernuansa konflik. Namun, action sesungguhnya tidak selamanya ditentukan oleh makna obyek atau definisi situasi. Faktor kekuasaan dapat menghambat publikasi berita oleh wartawan serta tersumbatnya proses negosiasi. (2) Konflik Tempo dan pemerintah terutama disebabkan oleh perbedaan perspektif dan tidak adanya shared-meaning tentang simbol-simbol signifikan serta pemaksaan makna berita oleh pemerintah. (3) Faktor budaya kiranya juga dapat menghambat efektivitas aplikasi teori interaksi simbolik. Budaya Tempo yang individualistis tidaklah cocok dengan budaya Orde Baru yang bersifat kolektivistis, sehingga konflik pun tidak dapat dielakkan. Konflik yang berakhir dengan pembredelan Tempo.

Symbolic Interactionism as a Perspective In Understanding Press-Government Relations A Case Study on Tempo magazineA tough working condition was facing every journalist during New Order. Press freedom, while rigorously fought by journalists due to its guarantee in the Press Law, was not regarded as a positive factor in the maintenance of national stability. The government even constantly and systematically obstructing freedom of the press. How journalists fight against structural constraints, while not embarrassing the government officials, especially those in the Ministry of Information that is the core issue to be explored in this study. Symbolic interactionism is used as the instrument. Its objective is to make a further comprehension on the three basic assumptions of the interactionism (Blumer, 1969:2), as well as to see the relevance of Charon's (1998) action model which put a heavy stress on definition of situation in understanding social interaction, i.e. Tempo journalists' actions vis-a-vis government officials.
The study is restricted to the era following the proceeding of 1982 Press Law (Law No 21/1982) up to the clamp down of Tempo license permit in June 1994.
Four research questions are raised: (1) How social object is defined as news; (2) What factors influencing object definition as news; (3) What factors influencing decision in news publication and (4) How conflict between Tempo and government is proceeded.
The study is qualitative in design using symbolic interactionism model (Muhadjir, 1990:125). Data is collected through in-depth interviews. Twelve Tempo journalists were selected according to the purposive and snowball techniques. The unit of analysis is action (Mmeltzer, 1964), individuals (journalists and government officials) interacting each other and documents, such as government press guidance policy, sanction letters issued by the Ministry of Information to Tempo and speeches by the President and Minister of Information relating to the press issue. On the government' side, two ex high-ranking officials were interviewed: Subrata, former Director General of Press and Graphics Guidance (Ministry of Information), and Army Brigadier General (retired) Nurhadi Purwosaputro, former Armed Forces spokesman. All interviews, conducted from July 1996 to November 1997 by the researcher himself, were taped.
It was found that (1) symbolic interactionism perspective and Charon's action model are very relevant in explaining Tempo﷓government relation that is frequently colored by conflicts. Action, however, is not always determined by the meaning of object (assumption No 1). External power is also to be taken for granted in making decision on news publication. Power could make negotiation process obstructed, as well; contrary to the belief that meaning could always be negotiated through interaction (assumption No 2). (2) Conflict between Tempo and government is notably caused by perspective differences in interpreting political and social phenomena which, in turn, blocking the process of shared-meaning on significant symbols. (3) Cultural determinant also plays vital role in the effectiveness of symbolic interactionism. Tempo's orientation to Time magazine, heavily influenced by individualist culture, is not in line with New Order dominant collectivist culture. In the event of such cultural differences, conflict is unavoidable. And whoever in power is on the upper hand in conflict resolution."
2001
D198
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoas Lintang
"Peredaran narkotika ilegal mulai masuk ke media sosial dengan jenis-jenis yang semakin beragam. Ganja sintetis merupakan jenis narkotika baru yang salah satu kasusnya ada di daerah Bogor dan semakin sering dijadikan alternatif penggunaan narkotika ilegal. Penggunaan simbol yang masih terutama pada Instagram sangat membantu perdagangan narkotika ilegal. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan peran simbol dalam perdagangan narkotika di media sosial. Menggunakan Interaksionisme simbolik dengan Self-Conceptnya dan Social Learning Theory sebagai penunjang, metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur kepada tiga informan, dan observasi terhadap akun-akun penjual narkotika ilegal. Interaksionisme Simbolik, Social Learning Theory, dan Self-Concept digunakan untuk melihat bagaimana simbol menjadi cara komunikasi penting bagi penjual dan pembeli dalam perdagangan narkotika ilegal. Analisis yang dilakukan menemukan bahwa ada peran-peran dari simbol untuk mengidentifikasi pembeli dan penjual, Social Learning Theory yang melihat adanya pembelajaran terhadap simbol melalui teman atau broker, serta self-concept melalui simbol-simbol tersebut mempermudah pembeli dan penjual untuk mengetahui makna asli dan bisa sepaham akan posisi mereka dalam perdagangan. Simbol memiliki peran dalam proses perdagangan bila dapat dipelajari dan diidentifikasi serta dapat dipahami sebagai alat komunikasi bagi penjual dan pembeli narkotika ilegal.

The circulation of illegal narcotics has begun to infiltrate social media with increasingly diverse types. Synthetic cannabinoids is a new type of narcotic, with one case reported in the Bogor area, and is becoming a more frequent alternative for illegal drug users. The use of symbols, especially on Instagram, significantly aids in the trade of illegal narcotics. This study aims to explain the role of symbols in the trade of illegal narcotics on social media. Using Symbolic Interactionism with its Self-Concept and Social Learning Theory as supporting frameworks, the method employed is qualitative research involving semi-structured interviews with three informants, and observation of illegal drug seller accounts. Symbolic Interactionism, Social Learning Theory, and Self-Concept is used to explore how symbol become an important way of communicating. The analysis finds that symbols play roles in identifying buyers and sellers, Social Learning Theory reveals learning about symbols through peers or brokers, and self-concept through these symbols aids buyers and sellers in understanding the original meanings and reaching mutual agreement on their positions in the trade. Symbols play a crucial role in the trading process when they can be learned, identified, and understood as communication tools for illegal drug sellers and buyers."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kamaruddin
"Penelitian ini berfokus pada kemampuan manusia secara individu maupun kelompok dalam mengkonstruksi realitas proses transformasi konflik Aceh pasca MoU Helsinki. Termasuk penelitian kualitatif dengan disain interpretatif yang menggunakan pendekatan paradigma konstruksionisme. Permasalahan utama adalah bagaimana realitas proses transformasi konflik dari perjuangan bersenjata menuju perjuangan politik kasus Gerakan Aceh Merdeka-GAM Pasca MoU di konstruksikan oleh informan, bagaimana komunikasi dibangun oleh para pihak dalam proses transformasi konflik Aceh serta bagaimana dan mengapa kendala- kendala mesti dapat di selesaikan.
Model operasional penelitian menggunakan perspektif komunikasi budaya terutama tentang konsep-konsep konstruksi realitas, interaksionis simbolik, proses dialektika, identitas, etnisitas dan resolusi-transformasi konflik. lnforman terdiri dari mantan GAM, korban konflik, BRA, intelektual/akademisi, peace builder dan tokoh masyarakat Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, partisipan observasi dan analisis dokumen sedangkan analisis dilakukan dengan merujuk pada standar dan pendapat para peneliti kualitatif dengan paradigma konstruksionisme- interpretive.
Analisis hasil wawancara, partisipan observasi dan analisis dokumen bahwa: Fase awal transformasi yang ditandai dengan pengalaman sejarah, dari kegagalan HDC, Gempa dan tsunami, hadimya IMC, lahir MoU Helsinki, proses decommissioning dan pembubaran sayap militer GAM dengan membentuk KPA serta penarikan TNI/Polisi non organik berhasil dilakukan. Lahirnya BRA sebagai wadah reintegrasi menimbulkan dan menyisakan berbagai permasalahan. UUPA suksesnya Pilkada dengan calon Independen, lahirnya partai lokal sebagai bagian dari road map to peace proses dan Pemilu legislatif secara demokratis dimenangkan partai lokal mantan GAM relatif mampu memberi ruang baru bagi sirkulasi kekuasaan sosial, budaya dan politik di Aceh.
Kendala proses transformasi; pemahaman sejarah keacehan masih kurang, mutual trust terus merosot di Aceh, implementasi MoU dan BRA-PKK setengah hati, kurangnya penerimaan mantan GAM oleh Militer, milisi dan sebaliknya, peran KPA yang berlebihan dalam masyarakat Aceh, keterbatasan pemerintah Irwandi-Nazar mengatasi budaya korupsi, kolusi dan nepotisme, perbedaan penafsiran self government, terhambatnya pembentukan KKR, isu ALA-ABAS serta peran peace builders relatif kurang, penerapan trust building. Dialektika realitas tersebut menjadi persoalan sosial, politik, budaya dan hukum.

This study is focused on the human ability, as individual or group, in constructing the reality of conflict transformation process in Aceh post MoU in Helsinki. This is qualitative study with interpretative design using an approach of constructionism paradigm. The main problem is how the reality of conflict transformation from armed-struggle to political struggle in case ofthe Aceh Freedom Movements (GAM) post MoU constructed by informant, how the communication is established by the person in charge in the process of conflict transformation in Aceh also how and why the obstacles should be solved.
The operational model of this study was using the perspective of cultural communication, especially regarding the concepts of reality construction, symbolic interactionism, dialectic process, identity, ethnicity, and resolution-transformation of the conflict. informants consist of former GAM members, the victims ofthe conflict, BRA, academician, peace builder, and prominent figures in Aceh’s community. The data collection was done by interview, observation of the participants, and document analysis; while the data analysis was done by referring to the standard and the opinion of the qualitative researchers.
The analysis of interview result, stated that the initial phase marked by the history experiences, the failure of HDC, earthquake and tsunami, the present of IMC, MoU Helsinki, decommissiomng process, the dissolution of GAM military wings by forming KPA, and the success of the pulling of non-organic TNI/Police. The establishment of BRA as an umbrella for the reintegration produces and leaves several problems. UUPA the success of Pilkada with independent candidates, emerging of local parties as a part of road map to peace process, and legislative general election which held democratically and won by local party that consist of former GAM'member is relatively be able to create a new space for the hegemony circulation in social, cultural, and political aspects in Aceh.
Obstacles of transformation process; the lack of understanding regarding to history of Aceh, the decline of mutual trust in Aceh, the implementation of MoU and BRA that is still half-hearted, lack of acceptance of fomtcr GAM members by the Indonesian military, military and vice versa, the over role of KPA in Aceh’s community, the limitedness of Irwandi Nazar’s govemment in overcoming KKN, the different opinion in translating the meaning of seygovemnrent, the impeded of the KKR formation, issue about ALA-ABAS, andthe lack of peace builders roles and the implementation of trust building as well. The dialectic of those realities has become a social, politics, cultural, and law problems.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33952
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Teresa Anyelir Putri
"Artikel ini mengkaji gejala interaksi sosial antara guru dan murid dengan ldquo;kesulitan belajar spesifik rdquo; KBS seperti murid-murid autis, ADHD, dan disleksia di sekolah khusus. Tujuannya untuk menyingkap fungsi interaksi sosial guru dan murid KBS sebagai pembelajaran nilai dan norma penuntun tindakan sosial. Topik ini belum dibahas dalam studi-studi terdahulu yang memusatkan analisisnya pada masalah psikologis murid KBS, antara lain masalah kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah umum, pelabelan negatif oleh guru dan teman, perkembangan perilaku, dan ketergantungan murid pada guru. Dengan mengggunakan konsep-konsep fungsi sosial sekolah Meyer , tindakan komunikatif Habermas , dan interaksionisme simbolik Blumer , fungsi interaksi sosial guru dan murid sebagai pembelajaran nilai dan norma sosial diungkapkan melalui studi kasus kualitatif di Sekolah Pantara, sebuah sekolah khusus di Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan interaksi sosial guru dan murid KBS di Sekolah Pantara merupakan proses pembelajaran nilai-nilai kesantunan, kepekaan, tanggungjawab, dan kemandirian yang terkandung dalam kurikulum tersembunyi. Penelitian menyimpulkan interaksi simbolik antara guru dan murid KBS di kelas intervensi dini di Sekolah Pantara sampai batas tertentu meningkatkan kemampuan sosial murid KBS.

This article examined the phenomenon of social interaction between teachers and students with ldquo specific learning difficulties rdquo SLD , namely autism, ADHD, and dyslexia at the special school. It uncovered the function of that social interaction as a learning process of social values and norms which guide the social actions. This subject has not yet studied properly since the previous researches mainly examined the psychological aspect of students with SLD, such as the difficulties they faced in regular school, negative labelling gave them by teachers and classmates, their behaviour development, and their depencency to the teachers. Using an analytical framework linked the concepts of school social function Meyer , of communicative action Habermas , and of symbolic interactonism Blumer , the function of social interaction between teachers and students with SLD as a learning process of social values and norms examined through a qualitative case study on Sekolah Pantara, a special school at South Jakarta. The research pointed out that social interaction between teachers dan students with SLD at Sekolah Pantara is a learning process of social values namely politeness, sensitifity, responsibility, and independency included in a hidden curriculum. This research concluded simbolic interaction between the teachers and the student with SLD in the early intervention class at Sekolah Pantara, to some extent, increased the social abilities of the student with SLD."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library