Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurjihan Fahira
Abstrak :
Pandemi COVID-19 memaksa seluruh lapisan masyarakat untuk memanfaatkan teknologi di setiap aspek kehidupan, termasuk kegiatan pelayanan kefarmasian di apotek. Apotek Roxy Poltangan merupakan salah satu unit bisnis yang telah melaksanakan kegiatan telefarmasi dengan cara memberikan pelayanan resep secara online. Mengingat terdapat beberapa pelanggan membutuhkan informasi lebih dalam terkait cara penggunaan obat yang dibeli, maka kegiatan telefarmasi di Apotek Roxy Poltangan perlu dilengkapi dengan layanan konseling jarak jauh. Tugas ini disusun untuk merancang mekanisme pelaksanaan konseling jarak jauh yang dapat diterapkan di Apotek Roxy Poltangan. Rancangan dibuat dengan mengobservasi kegiatan telefarmasi yang berjalan di Apotek Roxy Poltangan dan membaca referensi yang memuat informasi mekanisme pelaksanaan konseling online di apotek. Terdapat 2 mekanisme pelaksanaan konseling online yang dapat diterapkan di Apotek Roxy Poltangan, yaitu mendirikan Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) khusus untuk Apotek Roxy dengan fitur konseling online bersama apoteker dan memanfaatkan akun bisnis WhatsApp. Apotek Roxy Poltangan diharapkan dapat mempertimbangkan kedua mekanisme tersebut untuk membuat kegiatan telefarmasi yang telah dilakukan menjadi lebih baik. ......The COVID-19 pandemic has made societies use technologies in every aspect of life, including pharmaceutical care at the pharmacy. Apotek Roxy Poltangan is one of pharmaceutical business unit that has been practicing telepharmacy by preparing medicines and dispensing them online. Since some customers need to know more about the medicines they buy, an online counseling feature must be added to the telepharmacy practice at Apotek Roxy Poltangan. This report give the designs of online counseling feature that might be implemented at Apotek Roxy Poltangan. The detailed designs were made by observing the existing telepharmacy practice at Apotek Roxy Poltangan and study some literatures about online counseling practice at the pharmaceutical business unit. There are 2 mechanisms that might be applicable at Apotek Roxy Poltangan: setting up a confidential Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) that provide Apotek Roxy Poltangan an online counseling feature and using business WhatsApp account. In order to make a better telepharmacy practice, Apotek Roxy Poltangan is expected to consider these two designs.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Delila Eliza
Abstrak :
Diabetes Melitus merupakan satu dari 10 penyakit penyebab kematian di Indonesia. Intervensi apoteker melalui telefarmasi menunjukkan adanya perbaikan pada kepatuhan, nilai HbA1c dan kualitas hidup pada pasien. Pada tahun 2020, Covid-19 menjadi pandemi di seluruh Negara. Telehealth mulai banyak digunakan kembali sebagai alternatif pelayanan Kesehatan salah satunya telefarmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektifitas intervensi apoteker melalui telefarmasi terhadap peningkatan kepatuhan pengobatan, perbaikan HbA1c dan peningkatan kualitas hidup pada pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 (DM Tipe2) di Rumah Sakit Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan desain Non-Randomized Controlled Trial yang melibatkan 70 pasien dengan DM tipe 2 yang dibagi menjadi kelompok intervensi (35 pasien) dan kelompok non-intervensi (35 pasien). Intervensi dilakukan dengan melakukan follow-up melalui telepon yang dilakukan selama 3 bulan dan intervensi diberikan 1 kali dalam sebulan. Karakteristik sosiodemografi dan klinis antar kelompok tidak ada perbedaan yang signifikan (p> 0.05). Intervensi melalui telefarmasi memiliki efektivitas yang signifikan terhadap peningkatan kepatuhan pengobatan dengan OR (95%CI) 7.11 (1.82-27.79) dan terhadap peningktan kualitas hidup pasien dengan OR (95%CI) 4.5 (1.41-14.35). Namun, efektifitas telefarmasi terhadap perbaikan HbA1c pada kelompok intervensi hanya sebesar OR (95%CI) 1.28  (0.48-3.37) yang statistik tidak signifikan (p>0.05). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa telefarmasi dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam menggunakan obat dan kualitas hidup pada pasien dengan DM Tipe 2. ......Diabetes Mellitus is one of the 10 causes of death in Indonesia. Pharmacist intervention through telepharmacy shows an improvement in adherence, HbA1c values and quality of life in patients. In 2020, Covid-19 became a pandemic throughout the country. Telehealth has begun to be widely used as an alternative to health services, one of which is telepharmacy. This study aims to assess the effectiveness of pharmacist interventions through telepharmacy in improvement of medication adherence, HbA1c and quality of life in patients with Type 2 Diabetes Mellitus (Type 2 DM) at Universitas Indonesia Hospital. This study was conducted using a Non-Randomized Controlled Trial design involving 70 patients with type 2 DM which were divided into an intervention group (35 patients) and a control group (35 patients). The intervention is carried out by conducting a telephone follow-up which is carried out for 3 months and the intervention will be given once a month. Sociodemographic and clinical characteristics between groups did not differ significantly (p>0.05). Intervention via telepharmacy has a significant effectiveness (p<0.05) on increasing medication adherence with OR (95%CI) 7.11 (1.82-27.79) and on improving the quality of life with OR (95%CI) 4.5 (1.41-14.35). However, the effectiveness of telepharmacy on HbA1c improvement in the intervention group was only OR (95% CI) 1.28 (0.48-3.37) which was not statistically significant (p>0.05). The conclusion of this study shows that telepharmacy effectively improve patient medication adherence and the quality of life in patients with Type 2 DM.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Puspasari
Abstrak :
Di Indonesia, kegiatan telefarmasi atau pelayanan kefarmasian jarak jauh telah berkembang luas dan banyak digunakan masyarakat, termasuk pada pembelian obat dengan resep. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari pelayanan ini, namun terdapat hambatan dan tantangan karena keterbatasan pengalaman, pengetahuan, dan studi yang serupa, termasuk pada penjaminan mutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kegiatan telefarmasi dalam pelayanan resep dilakukan dan mengevaluasi mutu pelayanan berdasarkan kepuasan pasien. Pengembangan kuesioner sebagai instrumen dilakukan berdasarkan dimensi mutu pelayanan kesehatan menurut WHO dan divalidasi dua tahap. Survei online yang dilakukan menghasilkan 106 responden sebagai subjek penelitian. Informasi sosiodemografi, implementasi, dan kepuasan responden terhadap kegiatan telefarmasi diperoleh dari jawaban kuesioner. Kuesioner memenuhi uji validitas dan reliabilitas dengan nilai r masing-masing item pertanyaan kuesioner bervariasi dari 0,378 – 0,857 (r tabel=0,361) dan rentang nilai cronbach’s alpha 0,805 – 0,900 pada setiap bagian kuesioner. Sebagian besar responden (35%) melakukan kegiatan telefarmasi di Jakarta dan komunikasi dengan apoteker/petugas farmasi dilakukan secara tulisan (46,23%) dan lisan (20,76%). Persentase pasien puas pada setiap dimensi dari yang tertinggi hingga terendah berturut-turut adalah aman (96,2%); adil (90,6%); aksesibilitas (80,2%); efektif (76,4%); efisien (71,7%), dan berpusat pada pasien (61,3%). Uji beda rerata untuk melihat faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada rata-rata skor kepuasan pasien kelompok jenis kelamin (p=0,017). Dari hasil analisis skor kepuasan, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pasien (83%) puas terhadap kegiatan telefarmasi yang dilakukan dimana dimensi pelayanan yang berpusat pada pasien memiliki persentase pasien puas yang paling rendah sehingga perlu dilakukan peningkatan mutu pelayanan. ......In Indonesia, telepharmacy or remote pharmaceutical care have developed and are widely used by citizen, including prescriptions drug transaction. Many benefits can be obtained from this service, but there are obstacles and challenges due to limited experience, knowledge, and similar studies, including quality assurance. This study aims to explore how telepharmacy activities in prescribing services works and evaluate service quality based on patient's satisfaction. The development of questionnaire as research instrument carried out based on WHO quality of care dimensions and was validated for two stages. The online survey conducted and resulted 106 respondents as research subjects. Respondents' sociodemographic information, implementation, and satisfaction score on telepharmacy were obtained. The questionnaire fulfills validity and reliability test with r value for each question varying from 0.378-0.857 (r table=0.361) and Cronbach's alpha values range at 0.805-0.900 in each part of the questionnaire. Most respondents (35%) using telepharmacy services in Jakarta and the communication with pharmacist have carried out by text (46.23%) and verbal (20.76%). The number of satisfied patients for each dimension from the most satisfied, respectively was safe (96.2%); equitable (90.6%); accessible (80.2%); effective (76.4%); efficient (71.7%), and patient-centered (61.3%). Mean difference test to assess factors affecting patient satisfaction showed that there was a significant difference in average of patient satisfaction scores for gender group (p = 0.017). Based on analysis results, we can conclude that most patient (83%) are satisfied with telepharmacy activities and patient-centered dimension has the lowest satisfied patients, so it necessary to improve services quality.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Permata Sari
Abstrak :
Program Rujuk Balik (PRB) adalah suatu program yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk menjamin kebutuhan obat peserta BPJS yang memiliki penyakit kronis dengan kondisi stabil dengan diberikannya surat rujukan dari dokter spesialis. Pasien PRB merupakan pasien – pasien dengan penyakit kronis yang umumnya mendapatkan terapi obat yang cukup banyak. Hal ini seringkali berpotensi terhadap ketidakpatuhan minum obat. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu pemantauan / monitoring terhadap penggunaan obat pasien oleh apoteker yang bertugas di apotek. Kegiatan monitoring ini dilakukan sebagai follow up kepada pasien agar terwujudnya keberhasilan terapi. Telefarmasi merupakan pelayanan kefarmasian yang diberikan kepada pasien dengan memanfaatkan teknologi informasi, sehinga pasien tidak langsung berinteraksi dengan apoteker (Direktorat Pelayanan Kefarmasian, 2021). Seluruh pasien yang berhasil dihubungi menyatakan telah patuh mengkonsumsi obat yang sudah diberikan. Akan tetapi untuk obat yang belum diberikan, pasien tidak mengkonsumsi obat tersebut. Satu dari sepuluh pasien yang berhasil dihubungi menyatakan telah membeli obat di tempat lain dan melanjutkan konsumsi obat tersebut. ......The Referral Back Program (PRB) is a program conducted by BPJS Kesehatan (Indonesia's national health insurance) to ensure the medication needs of BPJS participants with stable chronic conditions by providing a referral letter from a specialist doctor. PRB patients are individuals with chronic illnesses who typically require a significant amount of medication therapy. This often poses a risk of non-compliance with medication regimens. Therefore, it is necessary to monitor the medication use of patients by pharmacists working in pharmacies. This monitoring activity serves as a follow-up to patients to ensure the success of their therapy. Tele-pharmacy is a pharmaceutical service provided to patients utilizing information technology, allowing patients to interact indirectly with pharmacists (Directorate of Pharmaceutical Services, 2021). All contacted patients stated that they were compliant with the prescribed medication. However, for medications not yet provided, patients did not consume those medications. One out of ten contacted patients reported purchasing the medication from another source and continuing its use.
Depok: 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Heni Asnah Nurjannah
Abstrak :
Hipertensi adalah penyakit kronis yang menjadi salah satu masalah kesehatan baik secara nasional maupun global. Penyakit ini bersifat progresif dan tidak memiliki gejala sehingga efeknya pada kesehatan pasien dapat terjadi setelah bertahun-tahun. Dengan sifat asimtomatik penyakit ini menyebabkan kepatuhan pengobatan pasien hipertensi menjadi aspek penting dalam mencapai keberhasilan terapi pengobatan berupa tekanan darah yang terkontrol. Apoteker sebagai tenaga kesehatan bertugas memberikan pelayanan farmasi klinik untuk mencapai keberhasilan terapi pasien. Penelitian ini dilakukan dengan metode Literature Review dengan tujuan untuk mengetahui pemantauan terapi obat pasien hipertensi di fasilitas apotek. Pemantauan terapi pengobatan hipertensi dilakukan untuk memastikan pasien menerima pengobatan hipertensi yang aman, efektif dan rasional untuk mencapai tekanan darah yang terkontrol. Proses kegiatan ini merupakan proses yang komprehensif dimulai dari seleksi pasien, pengumpulan data pasien, identifikasi masalah terkait obat, rekomendasi terapi, rencana pemantauan sampai dengan tindak lanjut atau komunikasi. Pada tahap perencanaan pemantauan, apoteker juga harus menetapkan interval pemantauan, pemantauan fungsi ginjal dan hati, dan target terapi hipertensi. Selama proses pelaksanaan, apoteker harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang pengobatan dimulai dari informasi kontraindikasi obat, interaksi obat, hingga efek samping yang dapat muncul dari obat-obat terapi antihipertensi serta manajemen yang harus dilakukan. Kepatuhan pasien hipertensi perlu dinilai, dipantau dan dianalisis untuk mencapai tujuan pengobatan. Penilaian dapat dilakukan melalui metode pelaporan mandiri atau kuesioner, wawancara atau menghitung jumlah pil sisa. Implementasi pelayanan telefarmasi hipertensi di apotek sesuai standar pelayanan kefarmasian juga dapat dilakukan untuk memantau dan meningkatkan kepatuhan pengobatan pasien hipertensi. ...... Hypertension is a chronic disease that is a health problem both nationally and globally. It is a progressive disease and has no symptoms so its effects on the patient's health can occur after many years. With the asymptomatic nature of this disease, compliance with treatment for hypertensive patients becomes an important aspect in achieving successful treatment therapy in the form of controlled blood pressure. Pharmacists as health workers are tasked with providing clinical pharmacy services to achieve successful patient therapy. This research was conducted using the Literature Review method with the aim of knowing the monitoring of drug therapy for hypertensive patients in pharmacy facilities. Hypertension treatment therapy monitoring is carried out to ensure patients receive safe, effective and rational hypertension treatment to achieve controlled blood pressure. This activity process is a comprehensive process starting from patient selection, patient data collection, identification of drug-related problems, therapy recommendations, monitoring plans to follow-up or communication. At the monitoring planning stage, pharmacists must also determine monitoring intervals, monitoring kidney and liver function, and hypertension therapy targets. During the implementation process, pharmacists must have a comprehensive understanding of medication starting from information on drug contraindications, drug interactions, to side effects that can arise from antihypertensive therapy drugs and the management that must be carried out. Hypertensive patient compliance needs to be assessed, monitored and analyzed to achieve treatment goals. Assessment can be carried out through self-reporting methods or questionnaires, interviews or counting the number of remaining pills. Implementation of hypertension telepharmacy services in pharmacies according to pharmaceutical service standards can also be carried out to monitor and improve medication compliance for hypertension patients.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tasya Adinda Rahmania
Abstrak :
Perkembangan teknologi komunikasi di masa sekarang telah berkembang sangat pesat, dampak positif dari hal tersebut yaitu memudahkan seluruh masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya. Digitalisasi yang terjadi dalam bidang kesehatan disebut dengan Digital Health, salah satunya telefarmasi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menelaah pelaksanaan serta peran apoteker dalam pelaksanaan telefarmasi di Apotek Kimia Farma No. 364, Cilandak KKO. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dilakukan pengambilan data yang bersumber dari Aplikasi Kimia Farma Mobile dan WhatsApp Apotek Kimia Farma No. 364, Cilandak KKO dan didukung oleh studi literatur. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan data yang diperoleh dari Aplikasi Kimia Farma Mobile dan WhatsApp Apotek Kimia Farma yaitu berupa informasi ketersediaan obat, pelayanan resep elektronik, pelayanan swamedikasi, pengantaran obat, dan konsultasi dengan apoteker. Pelayanan telefarmasi yang dilakukan di Apotek Kimia Farma No. 364, Cilandak KKO sudah sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/4829/2021. ...... The development of communication technology nowadays has progressed rapidly, with one of its positive impacts being the facilitation of activities for the entire community. The digitalization in the field of health is referred to as Digital Health, one aspect of which is telepharmacy. This research aims to examine the implementation and the role of pharmacists in telepharmacy at Kimia Farma Pharmacy No. 364, Cilandak KKO. The method used in this research is qualitative descriptive, with data collection sourced from the Kimia Farma Mobile Application and WhatsApp of Kimia Farma Pharmacy No. 364, Cilandak KKO, supported by literature studies. The research results obtained based on data from the Kimia Farma Mobile Application and WhatsApp of Kimia Farma Pharmacy include information on drug availability, electronic prescription services, self-medication services, drug delivery, and consultation with pharmacists. The telepharmacy services provided at Kimia Farma Pharmacy No. 364, Cilandak KKO are in accordance with the Standard Operating Procedure (SOP) referring to the Decision of the Minister of Health of the Republic of Indonesia Number HK.01.07/MENKES/4829/2021.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library