Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Mukodas
"Skripsi ini membahas tentang analisis penyebab traffic accident yang terjadi sepanjang tahun 2012 di PT Pamapersada Nusantara Jobsite Kideco, Batu Kajang, Kalimantan Timur dengan menggunakan metode telaah data sekunder dan diklasifikasikan ke dalam Human Factor Analysis and Classification System for Mining Industry (HFACS-MI) untuk melihat faktor penyebab berkaitan dengan unsafe act, precondition of unsafe act, dan unsafe leadership. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar traffic accident terjadi karena unsafe act dan terdapat manifestasi juga dari precondition of unsafe act dan unsafe leadership. Faktor yang berpengaruh paling besar dalam traffic accident adalah skill-based error. Skill-based error ini sendiri merupakan manifestasi dari overconfidence para operator.

The focus of this study is to analyze traffic accident happened in 2012 in PT Pamapersada Nusantara Jobsite Kideco, Batu Kajang, Kalimantan Timur using secondary data analysis method and classify it into Human Factor Analysis and Classification System for Mining Industry (HFACS-MI) to overview causal factor linked to unsafe act, precondition of unsafe act, and unsafe leadership. The result of this study shows that most of traffic accident caused by unsafe act and there is manifestation from precondition of unsafe act and unsafe leadership. The most influential factor that causes traffic accident is skill-based error. This skill-based error itself is a manifestation from overconfidence of the operators."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S47588
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sistia Fitriana
"Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus dengan akses berkendara yang strategis dan terbuka untuk umum Data PLK UI menunjukkan telah terjadi 89 kecelakaan lalu lintas pada tahun 2013 dan 54 kecelakaan hingga September 2014 Menurut informasi yang didapatkan dari PLK UI bahwa pengendalian dan program keselamatan lalu lintas dan jalan telah dilakukan namun kecelakaan masih terjadi Selain itu Universitas Indonesia belum melakukan kajian risiko keselamatan lalu lintas dan jalan Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengkaji risiko keselamatan lalu lintas dan jalan pada pengendara sepeda motor di sekitar halte PNJ dan halte FKM Metode yang digunakan adalah kualitatif bersifat deskriptif melalui wawancara mendalam dan observasi Hasil penelitian menunjukkan tingkat risiko keselamatan lalu lintas dan jalan yang diidentifikasi pada pengendara sepeda motor di sekitar halte PNJ dan FKM yaitu 18 risiko sangat tinggi 8 risiko tinggi 2 risiko sedang dan 6 risiko rendah

Universitas Indonesia is one of the campuses located in strategic area which has open access for publik Data from PLK UI shows that there have been 89 traffic accidents in 2013 and 54 traffic accidents until September 2014 According to PLK UI traffic and road safety controls and programs have been implemented yet accidents still happen Furthermore the assessment of risk od traffic and road safety in Universitas Indonesia has not been studied Thus this study aims to assessment of risk of traffic and road safety on motorcyclist around PNJ bus stop and FKM bus stop The method used descriptive through in depth interviews and observation The results showed that the level of risk of traffic and road safety identified on motorcyclist around PNJ bus stop and FKM bus stop is 18 extreme risk 8 high risk 2 moderate risk and 6 low risk
"
Depok: Fakultas Kesehatan masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
La Ode Syahrizal
"PT. X yang merupakan perusahaan pertambangan batubara, mengoperasikan ratusan vehicle alat berat, kendaraan sedang dan ringan . Operasional vehicle tersebut berpotensi menyebabkan kecelakaan kerja lalu lintas, yang salah satu penyebabnya adalah fatigue. Fatigue Management Training FMT diadakan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang fatigue kepada karyawan. Metode penelitian adalah cross sectional dengan jumlah sampel 111, mengambil seluruh sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Data dikumpulkan dengan mengambil data sekunder dari PT. X, yaitu seluruh data kecelakaan kerja lalu lintas tambang tahun 2010-2015, data operator alat berat, pengemudi kendaraan sedang dan ringan, serta data pelaksanaan FMT. Pada analisis bivariat didapatkan hubungan yang tidak bermakna antara faktor sosiodemografi dan faktor pekerjaan dengan fatigue p>0,05 . Variabel keikutsertaan FMT menunjukkan probabilitas terjadinya fatigue sama besar antara yang mengikuti FMT lengkap dengan yang tidak lengkap. Pada analisis multivariat yang dilakukan dua tahap, tidak didapatkan variabel dengan hubungan terkuat terhadap fatigue dengan p>0,05. Kata kunci: fatigue management training, fatigue kecelakaan kerja lalu lintas

PT. X, a coal mining company operated hundreds of vehicles heavy vehicle, medium and light vehicle . Operational of vehicles have a potency to experience traffic accident that fatigue is one of the caused. Fatigue Management Training FMT is aims to give knowledge and understanding of fatigue to employees. Research methodology is cross sectional with number of sample are 111, take all sample that meet the inclusion criteria. Data were collected by taking secondary data from PT. X , all data of work traffic accident in mine period of 2010 2015 , data of heavy equipment operator, medium and light vehicle driver, and data of the implementation of FMT. In bivariate analysis result, sociodemography factor and work factor have no associated with fatigue p 0.05 . Variable of FMT attendance showed that probability of fatigue occurrence was equally between the complete FMT attaendance and the incomplete. In multivariate analysis that was done in two step, did not obtain variable that has the strongest correlation to fatigue with p 0.05.Keyword fatigue management training, fatigue, work traffic accident.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Para
"Tesis ini adalah tentang proses pengungkapan kasus kecelakaan lalu lintas tabrak lari di Polres Pati. Fokus dari kajian ini adalah pada pelaksanaan kegiatan anggota unit idik laka lantas dalam menangani kasus tabrak lari. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan dari proses penyelidikan dan penyidikan yang menjadi tugas dan tanggung jawab setiap anggota unit idik laka.
Tujuan tesis ini adalah untuk menunjukan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh anggota unit idik laka tidak dilakukan sebagaimana mestinya, yang mengakibatkan kasus-kasus tabrak lari yang terjadi banyak yang mandeg.
Dalam mengkaji kegiatan-kegiatan tersebut digunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan etnografi dengan metodologi studi kasus, yang dilakukan melalui cara pengamatan, wawancara dan kajian dokumen.
Hasil penelitian yang dapat ditemukan adalah masih kurangnya kegiatan?kegiatan dari anggota unit idik laka dalam mengungkap kasus tabrak lari dengan indikasi bahwa kegiatan-kegiatan yang secara khusus dilakukan untuk mengungkap kasus tabrak lari tidak dilakukan. Hal ini terjadi karena, adanya berbagai faktor yang mempengaruhi antara lain: Kebijaksanaan pimpinan Polres, kualitas kasus tabrak lari, budaya Polisi dan tingkat motivasi angota unit idik laka.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan tersebut mengakibatkan kasus-kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi banyak yang tidak terungkap, yang dikarenakan kurangnya dukungan dari pimpinan, sistem kontrol yang masih lemah dan banyaknya tugas-tugas yang dilakukan anggota unit di luar tugas pokoknya sehingga sangat menyita waktu dan tenaga. Akibatnya, anggota unit idik laka tidak serius menangani kasus tabrak lari dan cenderung meremehkan kasus tabrak lari yang terjadi."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2002
T11175
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amin Suwarto
"Perkembangan mobilitas penduduk di Jakarta menuntut Pemerintah DKI Jakarta untuk menyediakan transportasi umum masal (mass transport) yang terjangkau oleh daya bell masyarakatnya. Transportasi umum masal yang paling tepat adalah angkutan kereta api yang mampu mengangkut ribuan penumpang setiap trip. Tetapi kereta api Jabotabek hanya mampu mengangkut 2 - 4 % dari kebutuhan angkutan, sehingga sisanya ditangani oleh angkutan bus kota, dan angkutan umum lainnya. Karena angkutan bus kota non AC tidak mampu memberikan pelayanan yang cepat, tepat, aman dan nyaman, maka Perkembangan angkutan pribadi meningkat lebih cepat dari kendaraan angkutan umum, sehingga pada jam jam sibuk angkutan pribadi yang hanya berpenumpang 1 - 3 orang memadati 75 % ruas jalan sedangkan angkutan bus yang memiliki kapasitas rata-rata 50 orang hanya memanfatkan 18 % dari, kapasitas jalan. Hal ini yang menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas, yang bukan saja menyebabkan terjadinya pemborosan bahan bakar minyak, pemborosan waktu, tenaga dan biaya, tetapi juga menyebabkan pencemaran udara dan gangguan kesehatan bagi pengemudi, penumpang dan masyarakat di jalan.
Di samping itu sebagian besar pengusaha angkutan tidak memahami pentingnya pendekatan dari segi manusia dalam mengelola kinerja perusahaannya. Bagi pengusaha bus non AC mereka memandang bahwa pengemudi sebagai alat produksi semata, sehingga mereka menetapkan sistem setoran kepada pengemudinya setiap ship ( 8 Jam operasi ) berkisar Rp 250.000,- untuk bus regulair. Jika pengemudi tidak mampu membayar setoran, bukan saja ia tidak memperoleh penghasilan untuk keluarga tetapi dianggap berhutang yang harus dibayar pada hari berikutnya. Jika dalam waktu 3 hari berturut-turut tidak mampu membayar maka pengemudi akan menanggung akibatnya yaitu diberhentikan.
Hal ini yang menyebabkan pengemudi bus non AC bukan hanya tidak disiplin terhadap peraturan lalu lintas, tetapi juga tidak memperhatikan keselamatan penumpang dan kesehatan dirinya sendiri. Oleh karena itu pengemudi selalu memperlambat kendaraan atau berhenti dipertigaan atau perempatan jalan untuk menunggu penumpang, kemudian memacu kendaraan secepat-cepatnya untuk berebut penumpang dangan kendaraan lainnya dalan satu trayek bahkan kadang-kadang dalam perusahaan yang sama. Hal ini lah yang menyebabkan timbulnya kecelakaan lalu lintas. Hal ini sangat berbeda dengan pengemudi bus PATAS -AC yang cukup disiplin karena penumpannya terbatas dan konsumennya golongan menengah, yang memerlukan keamanan dan kenyamanan sekalipun tarifnya Rp.2.300,?

The growth of Jakarta residence mobility has demanded the Municipal Government of DKI Jakarta for providing achievable mass transport for the societies. The appropriate mass transport is railways, whose capacity is thousands passengers per trip. However, since the Jabotabek railway only accommodate 2 - 4 % of the total demand for transportation services, therefore the rest of the passengers are served by city buses, and other public transportation modes. Since the non air-conditioned city buses do not provide fast, punctual, secure and safe services, it causes the growth of private cars higher than that of public transport vehicles. Hence, in the peak hours, the private cars -- with 1 - 3 passengers --- occupy 75 % of the road, in the contrary, public transportation vehicles whose capacity per bus is 50 passengers in average, occupy only around 18%. This phenomenon leads traffic jam, which does not only waste fuel, time, energy and cost, but also creates air pollution and threat the health of the drivers, passengers as well as societies on the road.
In addition, most of the transportation operators do not consider the importance of humanity approach in managing the company operation. The non air-conditioned buses' operators treat the drivers as a production mean, therefore they establish a rental fee system to their drivers with the amount of Rp 250,000,- for one shift (i.e. 8 hours operation) per regular bus. If the drivers can not pay the rental fee on that day, it means they do not only earn money for their family, but they also shoulder the debt which have to be paid on the day after. If it happens for 3 days at a stretch, the drivers will be fired.
It causes the non air-conditioned buses' drivers do not only obey the traffic regulations, but they also do not care of the passengers safety and their own health as well. Therefore, the drivers always slow their buses down or stop at three-way intersections or intersections to wait for passengers, and afterwards they drive as fast as possible in order to seize the passengers of other buses in the same line, even sometimes in the same company. It can be said that these driving habits evoke accidents. On the other hand, these habits are not conducted by the air-conditioned buses' drivers, since their passengers are limited and most of them are from middle-class societies, who are willing to pay Rp 2,300,- for security and comfortability. A traffic accident is an unpredicted and unintentionally incident on the road, which involves vehicles with or without other road users resulted in human victims or property loss. In general, traffic accident is caused by 3 (three) factors, namely driver, vehicle, and road. The three factors are influenced by the environment.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radius Affiando
"Hukum pidana mengenal dua bentuk kesalahan, yaitu kesengajaan dan kealpaan. Kecelakaan lalu lintas sebagai salah satu bentuk tindak pidana yang mengadopsi suatu bentuk kesalahan berupa kealpaan memiliki suatu masalah baru dengan adanya suatu moda transportasi Transjakarta. Hal ini berkaitan dengan suatu kecelakaan yang terjadi dalam jalur khusus bus transjakarta. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan suatu bentuk kealpaan dalam suatu kecelakaan lalu lintas di jalur Transjakarta. Adapun metode yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian yang bersifat yuridis normatif, dengan cara menggali secara mendalam mengenai konsep dari kealpaan. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan suatu bentuk kealpaan dengan teori lain yang terkait sehingga penelitian ini memiliki tipe penelitian deskriptif. Dalam melakukan penelitian ini, penulis berpegang pada satu bidang ilmu, yaitu ilmu hukum. Data penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang dilengkapi dengan tambahan data primer berupa wawancara dengan beberapa pihak terkait. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan hasil bahwa tidak terdapat suatu perbedaan penerapan mengenai suatu konsep kealpaan pada kecelakaan di jalur transjakarta dengan kecelakaan pada umumnya. Selain itu, suatu hal yang berbeda jauh antara penerapan pertanggungjawaban pidana dalam kereta api dengan jalur khusus transjakarta. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa suatu kecelakaan di dalam jalur transjakarta tidaklah ubahnya suatu kecelakaan lalu lintas pada umumnya dan bukan suatu kecelakaan khusus yang mempunyai suatu bentuk pertanggungjawaban pidana yang khusus pula.

Two kind of mistake in criminal law are negligence and deliberate. Traffic accident is one of the negligence criminal offence that become a new problem for DKI Jakarta Local Goverment. While transjakarta as a new public transportation operated and caused numerous traffic accident in transjakarta busway. The aim of this study is to find out how far negligence theory applied in transjakarta traffic accident. The method of this study is normative juridicial using in-depth review of negligence concept and used to explain any negligence type with another theory in a descriptive way. The source used in this method are secondary data consist of primary, secondary, and tertiary law data added with interview as additional primary law data. The result of this study is there are no significant difference in transjakarta traffic accident with common traffic accident. The criminal responsibility of transjakarta traffic accident is not mutual with railway accident. The conclusion of this study are there are no significant difference in transjakarta traffic accident with common traffic accident and no specific criminal responsibility."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2012
S43141
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Yanthi
"[ABSTRAK
Keperawatan kesehatan masyarakat perkotaan merupakan bagian keperawatan
komunitas yang memfokuskan pelayanan pada penyelesaian masalah kesehatan.
Masyarakat perkotaan memiliki karakteristik yaitu padat penduduk, tingginya angka
pertumbuhan kendaraan bermotor, dan mobilitas yang tinggi. Karakteristik ini
mempengaruhi pola aktivitas masyarakat, salah satunya penggunaan alat transportasi
untuk efektivitas waktu. Faktor mobilitas yang tinggi, tingginya angka pertumbuhan
kendaraan, dan ketidakdisiplinan pengemudi kendaraan menimbulkan risiko
kecelakaan yang berdampak pada masalah kesehatan salah satunya fraktur. Selama
praktik di ruang bedah RSUP Cipto Mangunkusumo penulis mengambil kasus klien
fraktur radius ulna dengan ansietas tinggi selama hospitalisasi. Penulis menganalisis
salah satu tindakan keperawatan untuk mengurangi ansietas klien.ABSTRACT Urban health nursing is part of the community nursing service that focuses on
addressing health problems in urban areas. Urban community is characterized by
dense population, a high rates in the growth of motor vehicles, and high mobility of
the society. These characteristics affect the pattern of community activities, one of
which is in the use of motor vehicle for transportation. High mobility factor, a high
rates of growth in motor vehicle and inappropriate behavior may increase the risk of
accidents that may impact on health, one of which is a fracture. During the practice in
the surgery department of Cipto Mangunkusumo Hospital, the author cared for the
patient with fracture of the radius ulna with high anxiety during hospitalization. The
authors analyze done of the nursing intervention provided to reduce client anxiety;Urban health nursing is part of the community nursing service that focuses on
addressing health problems in urban areas. Urban community is characterized by
dense population, a high rates in the growth of motor vehicles, and high mobility of
the society. These characteristics affect the pattern of community activities, one of
which is in the use of motor vehicle for transportation. High mobility factor, a high
rates of growth in motor vehicle and inappropriate behavior may increase the risk of
accidents that may impact on health, one of which is a fracture. During the practice in
the surgery department of Cipto Mangunkusumo Hospital, the author cared for the
patient with fracture of the radius ulna with high anxiety during hospitalization. The
authors analyze done of the nursing intervention provided to reduce client anxiety;Urban health nursing is part of the community nursing service that focuses on
addressing health problems in urban areas. Urban community is characterized by
dense population, a high rates in the growth of motor vehicles, and high mobility of
the society. These characteristics affect the pattern of community activities, one of
which is in the use of motor vehicle for transportation. High mobility factor, a high
rates of growth in motor vehicle and inappropriate behavior may increase the risk of
accidents that may impact on health, one of which is a fracture. During the practice in
the surgery department of Cipto Mangunkusumo Hospital, the author cared for the
patient with fracture of the radius ulna with high anxiety during hospitalization. The
authors analyze done of the nursing intervention provided to reduce client anxiety, Urban health nursing is part of the community nursing service that focuses on
addressing health problems in urban areas. Urban community is characterized by
dense population, a high rates in the growth of motor vehicles, and high mobility of
the society. These characteristics affect the pattern of community activities, one of
which is in the use of motor vehicle for transportation. High mobility factor, a high
rates of growth in motor vehicle and inappropriate behavior may increase the risk of
accidents that may impact on health, one of which is a fracture. During the practice in
the surgery department of Cipto Mangunkusumo Hospital, the author cared for the
patient with fracture of the radius ulna with high anxiety during hospitalization. The
authors analyze done of the nursing intervention provided to reduce client anxiety]"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sahrudin
"[ABSTRAK
Mayoritas populasi masyarakat dunia menepati daerah perkotaan. Akibat dari
kepadatan penduduk di daerah perkotaan timbul masalah yang berkaitan dengan lalulintas
salah satunya adalah tingginya jumlah kecelakaan lalu-lintas. Fraktur
merupakan salah satu akibat dari kecelakaan lalu-lintas yang memerlukan
penanganan segera untuk mempertahankan anatomi dan fungsi tubuh seperti semula.
Pasien post ORIF tibia dan fibula memerlukan tindakan ambulasi untuk
memperlancar sistem peredaran darah pasien. Karya ilmiah ini bertujuan untuk
menganalisis intervensi keperawatan ambulasi yang diberikan pada pasien post ORIF
fraktur tibia dan fibula di Ruang Angrek tengah kanan RSUP Persahabatan. Pasien
yang dilakukan tindakan ambulasi secara bertahap adalah pasien dapat terhindar dari
komplikasi akibat vaskularisasi yang buruk, dapat mempercepat proses penyembuhan
serta memperpendek masa perawatan pasien di rumah sakit.ABSTRACT The majority of world's population lived in urban areas. As a result of population
density in urban areas, problem relating to traffic is the high number of traffic
accident. Fracture is one result of a traffic accident that requires immediate action to
preserve the anatomy and function of the body as before. The tibia and fibula
fractures post ORIF patient requires ambulation intervention to expedite the
circulatory system of the patient. This scientific work aimed to analyze ambulation of
the nursing intervention which given to tibia and fibula fractures post ORIF patient
at Angrek tengah kanan ward RSUP Persahabatan. The patient who performed the
gradually ambulation intervention can avoid the complications due to poor
vascularization, accelerate the healing process, and shorten patient care in hospital.;The majority of world's population lived in urban areas. As a result of population
density in urban areas, problem relating to traffic is the high number of traffic
accident. Fracture is one result of a traffic accident that requires immediate action to
preserve the anatomy and function of the body as before. The tibia and fibula
fractures post ORIF patient requires ambulation intervention to expedite the
circulatory system of the patient. This scientific work aimed to analyze ambulation of
the nursing intervention which given to tibia and fibula fractures post ORIF patient
at Angrek tengah kanan ward RSUP Persahabatan. The patient who performed the
gradually ambulation intervention can avoid the complications due to poor
vascularization, accelerate the healing process, and shorten patient care in hospital.;The majority of world's population lived in urban areas. As a result of population
density in urban areas, problem relating to traffic is the high number of traffic
accident. Fracture is one result of a traffic accident that requires immediate action to
preserve the anatomy and function of the body as before. The tibia and fibula
fractures post ORIF patient requires ambulation intervention to expedite the
circulatory system of the patient. This scientific work aimed to analyze ambulation of
the nursing intervention which given to tibia and fibula fractures post ORIF patient
at Angrek tengah kanan ward RSUP Persahabatan. The patient who performed the
gradually ambulation intervention can avoid the complications due to poor
vascularization, accelerate the healing process, and shorten patient care in hospital., The majority of world's population lived in urban areas. As a result of population
density in urban areas, problem relating to traffic is the high number of traffic
accident. Fracture is one result of a traffic accident that requires immediate action to
preserve the anatomy and function of the body as before. The tibia and fibula
fractures post ORIF patient requires ambulation intervention to expedite the
circulatory system of the patient. This scientific work aimed to analyze ambulation of
the nursing intervention which given to tibia and fibula fractures post ORIF patient
at Angrek tengah kanan ward RSUP Persahabatan. The patient who performed the
gradually ambulation intervention can avoid the complications due to poor
vascularization, accelerate the healing process, and shorten patient care in hospital.]"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jetsada Kumphong
"Currently, the ASEAN Community has opened and this has resulted in the expansion of the road network between member countries, making it more convenient to drive crossing the border. However, the difference in laws relating to the speed limits and their enforcement may result in drivers unknowingly violating the laws in each country, leading to an increased risk of accidents. This research aims to determine the statistical correlation between the traffic accident fatalities, the enforcement of speed limits with the gross national incomes of Thailand and its cross-border countries. Linear and non-linear regression analyses were applied to develop models explaining their correlations at 95% confidence level. The results indicated that those countries with higher efficiency in enforcement on speeding laws and greater gross national income have a lower rate of traffic accident fatalities. The results of this study are useful for responsible agencies to determine the required traffic safety strategies in order to reduce the number of traffic accidents within ASEAN countries."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2016
UI-IJTECH 7:7 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>