Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferrel Oktavenus Rizalsan
"Pariwisata merupakan salah satu sumber pemasukan devisa negara terbesar dan terus menunjukkan pertumbuhan yang positif. Hal ini memberikan peran besar bagi industri pariwisata untuk mampu berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, pandemi Covid-19 di 2020 memberikan dampak negatif pada ekonomi secara global. Pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi yang terdampak secara luas. Kebijakan pembatasan yang diberlakukan pemerintah berdampak langsung terhadap kegiatan pariwisata secara nasional. Risiko penularan Covid-19 menjadi ketakutan baru bagi wisatawan yang ingin berwisata. Akibatnya terjadi penurunan wisatawan yang cukup drastis dibanding tahun sebelumnya. Oleh karena itu, penelitian ini membahas terkait pengaruh risiko yang diterima wisatawan selama pandemi dan pengaruhnya terhadap niat bepergian dari wisatawan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji deskriptif dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived risk berhubungan dan berpengaruh terhadap travel intention pada wisatawan Gen Z di daerah Jabodetabek. Penelitian ini diharapkan dapat membantu untuk menentukan kebijakan yang sesuai pada strategi pemulihan sektor pariwisata.
......Tourism is one of the largest sources of foreign exchange income for the nation and continues to show positive growth. This gives a huge role for the tourism industry to be able to contribute to Indonesia's economic growth. However, the Covid-19 pandemic in 2020 has had a negative impact on the global economy. Tourism is one of the most widely affected economic sectors. The travel restriction policy imposed by the government has a direct impact on tourism activities nationally. The risk of Covid-19 transmission is a new anxiety for tourists who want to travel. As a result, there was a drastic decrease in tourist visits compared to the previous year. Therefore, this study aims to discuss the influence of perceived risk by tourists during the pandemic and its effect on travel intention of the tourists. This research uses quantitative methods with descriptive tests and simple regression tests. The results of this study indicate that the perceived risk variable is related and has an effect on travel intention in Gen Z tourists in Jabodetabek area. This research is expected to help to determine the appropriate policy on the tourism sector recovery strategy."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Halsha Damira Putri
"Salah satu sektor strategis yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 adalah pariwisata. Berbagai wilayah tujuan pariwisata nasional Indonesia mengalami tantangan ekonomi dan kesulitan yang luar biasa. Penyesuaian strategi komunikasi dibutuhkan demi membantu sektor-sektor terdampak untuk bertahan dan bangun dari kesulitan yang dialami selama pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh risk communication message terhadap travel intention melalui risk perception dan information seeking. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan melakukan survei melalui penyebaran kuesioner terhadap 125 responden secara online untuk mengumpulkan data. Data diolah menggunakan software SPSS & AMOS. Hasil penelitian menunjukan risk communication message berpengaruh positif terhadap travel intention dan information seeking penerimanya. Risk communication message berpengaruh negatif terhadap risk perception. Selanjutnya risk perception berpengaruh negatif terhadap travel intention. Information seeking berpengaruh positif terhadap travel intention.  Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa risk communication message secara langsung mempengaruhi travel intention. Selain itu, risk communication message juga mempengaruhi travel intention melalui faktor yang memediasi, risk perception dan information seeking. Faktor-faktor tersebut selanjutnya harus diperhatikan oleh organisasi terkait, seperti pengelola bandara, maskapai penerbangan, travel biro, ataupun perusahaan pemesanan tiket,  dalam menarik niat konsumen untuk melakukan perjalanan.
......Tourism is one of the most affected sectors by the COVID-19 pandemic. Many Indonesia's national tourism destinations were experiencing serious economic challenges and difficulties. Communication strategy adjustment has been deemed necessary to help the affected sectors to survive amid challenging situations due to the pandemic.  This study aims to examine the effect of risk communication messages on travel intention through risk perception and information seeking. This study uses a quantitative approach by conducting online surveys to 125 respondents. SPSS & AMOS software used to process the collected data. The results showed that risk communication messages have a positive correlation on the travel intention and information seeking . However, it has negative correlation on risk perception. Furthermore, risk perception has a negative correlation on travel intention. In addition, information seeking has a positive correlation on travel intention. The study also showed that, risk communication messages directly affect travel intention. In addition, risk communication messages also affect travel intention through mediating factors, risk perception and information seeking. These factors must then be considered by related organizations, such as airport managers, airlines, travel agents or ticket booking companies, in attracting consumers to travel."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Intan Kumalasari
"Coronavirus disease 2019 (COVID-19), pandemi global yang mengancam serius ekonomi global dan kehidupan manusia. Adanya penerapan peraturan oleh pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus COVID-19, dikombinasikan dengan tingkat keparahan dan kompleksitas COVID-19 diketahui berdampak signifikan pada perilaku wisatawan terkait perjalanan. Mengingat faktor risiko pada situasi pandemi, penyampaian layanan yang dimediasi teknologi seperti wisata berbasis virtual reality (VR) dapat dipertimbangkan sebagai alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pandemi COVID-19 terhadap niat wisatawan menggunakan VR-tour dan kunjungan langsung ke destinasi wisata menggunakan perspektif Protection Motivation Theory. Seiring adanya vaksin COVID-19, penelitian ini juga bermaksud mengkaji potensi vaksin sebagai bentuk proteksi dan pengaruhnya terhadap niat perjalanan. Sebanyak 360 sampel diperoleh melalui survei online menggunakan teknik non-probability dan purposive sampling, kemudian dianalisis menggunakan partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Temuan menunjukkan perceived susceptibility dan self-efficacy pengunjung terhadap COVID-19 meningkatkan adopsi perlindungan melalui social distancing dan vaksinasi COVID-19. Akibatnya, social distancing meningkatkan niat untuk memanfaatkan wisata berbasis VR dan menurunkan niat perjalanan wisata selama pandemi. Keyakinan pada vaksinasi COVID-19 tidak memengaruhi niat perjalanan. Namun, kedua bentuk proteksi meningkatkan kebutuhan VR-tour yang canggih dan niat advokasi pada VR-tour.
......Coronavirus disease 2019 (COVID-19), a global pandemic that poses serious threat to the global economy and human life. The implementation of government-imposed regulations to reduce the frequency of occurrences, combined with the severity and complexity of COVID-19, had significantly affect travel behavior. Given the current situation, technology-mediated service delivery, such as virtual reality (VR) tour, offers a viable option. This study aims to determine the influence of the COVID-19 pandemic on how tourists intend to use VR and in-person tours using the Protection Motivation Theory perspective. In light of the COVID-19 vaccine development, this study also intends to examine the potential of the vaccine as a form of protection and its effect on travel intention. The 360 samples were acquired by online surveys using a non-probability and purposive sampling approach, and analyzed using partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). The findings show that visitors' COVID-19 perceived susceptibility and self-efficacy increase their protection adoption through social distancing and COVID-19 vaccination. Consequently, social distancing increases visitors' intent to utilize VR-tour while decreasing in-person tours during the pandemic. COVID-19 vaccination confidence didn’t affect travel intention. However, both types of protection enhance demand for advanced VR-tours and advocate for VR-tours."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistiyaning Rahayu
"ABSTRAK
Julukan Bandung sebagai kota dengan seribu satu menu, sejuta rasa untuk kuliner khas Bandung, menjadikan Bandung memiliki potensi sebagai salah satu tujuan wisata kuliner. Penelitian dengan desain riset deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dimensi culinary brand equity (brand loyalty, brand image, perceived quality dan brand awareness) terhadap future travel intention serta mengetahui destination familiarity sebagai efek moderasi berpengaruh positif terhadap hubungan antara dimensi culinary brand equity dengan future travel intention. Responden penelitian ini adalah 215 wisatawan domestik yang pernah berkunjung ke Bandung dalam tiga bulan terakhir. Model penelitian dengan delapan hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak semua dimensi culinary brand equity memiliki pengaruh terhadap travel intention. Satu-satunya dimensi culinary brand equity yang berpengaruh terhadap travel intention adalah brand loyalty. Penelitian ini juga menyatakan bahwa destination familiarity memiliki efek moderasi yang berpengaruh terhadap hubungan positif antara dimensi culinary brand equity dengan travel intention.

ABSTRACT
Bandung known as city of 1001 menu, a million appetite for Bandung's Culinary, it makes Bandung has potential as a culinary tourism destination. The purpose of this descriptive research is twofold: to identify the impact of culinary brand equity dimensions on travel intention, and to identify the moderating effect of destination familiarity, which positively moderates the effect of culinary brand equity dimensions on travel intentions. Research respondents are 215 domestic tourists who have visited Bandung for minimum three months. The eight-hypotheses research model is then tested with Structural Equation Modeling (SEM). The result suggests that not all dimensions of culinary brand equity give affect on domestic tourist's travel intention. The only one dimension affecting travel intention is brand loyalty. The other result suggests that destination familiarity has positively moderates effect of culinary brand equity on travel intention."
2013
S45044
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gerald Dwiananda Putra
"Intervensi non-farmasi sosial merupakan factor kunci dalam menanggulangi pandemic Covid-19 di Indonesia. Pentingnya intervensi non-farmasi sosial telah berkembang di Industri perjalanan dan wisata. Penelitian sebelumn menemukan bahwa kepercayaan pada intervensi non-farmasi social memidiasi hubunga antara upaya negosiasi dan minat berwisata. Studi ini meneliti hubungan antara intervensi non-farmasi social terhadap minat berwisata dalam negeri di Indonesia dan faktor yang memengaruhi minat berwisata dalam negeri seseorang baik yang sudah melakukan wisata dalam negeri sebelum situasi pandemic covid-19 dan yang belum. Data penelitian ini diambil di Indonesia, hal ini dikarenakan pada saat kasus covid-19 berkurang, regulasi yang berlaku di Indonesia memungkinkan untuk melakukan wisata dalam negeri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bagi yang terlah berwisata dalam negeri, motivasi secara positif memengaruhi minat berwisata, pembatasan secara negatif memengaruhi minat berwisata, pembatasan secara positif memengaruhi upaya negosiasi, dan negosiasi & kepercayaan pada intervensi non-farmasi memediasi hubungan antara motivasi dan negosiasi. Di sisi lain, bagi yang belum berwisata, motivasi secara positif memengaruhi minat berwisata, pembatasan secara positif memengaruhi upaya negosiasi, dan negosiasi & kepercayaan pada intervensi non-farmasi memediasi hubungan antara motivasi dan negosiasi, dan pembatasan tidak memiliki pengaruh yang signikan kepada minat berwisata
......Non-pharmaceutical intervention is one of the key factors in overcoming the Covid-19 pandemic in Indonesia. The importance of social non-pharmaceutical intervention (individual, social, and community) has been growing in the travel and tourism industries. Past research discovered that trust in social non-pharmaceutical intervention mediates the relationship between negotiation effort and travel intention. This study examined the relationship between non-pharmaceutical intervention on domestic travel intention in Indonesia and the factors influencing individual domestic travel intention among those who have and have not traveled during the pandemic situation. The data were collected in Indonesia as the regulation allow domestic travel when the covid case decreases. The results showed that among those who have traveled, motivation positively influences travel intention, constraint negatively influences travel intention, constraint positively influences negotiation efforts, and negotiation & trust in non-pharmaceutical intervention mediate the relationship between motivation and negotiation. On the other hand, for individuals who have not traveled, motivation positively influences travel intention, constraint positively influences negotiation efforts, and negotiation & trust in non-pharmaceutical intervention mediate the relationship between motivation and negotiation, and constraint does not have significant influence on travel intention"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arica Majdalimahkhairunnisa
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah crowding dan perceived threat COVID-19 memengaruhi travel intention pada generasi milenial Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental between subject design. Partisipan merupakan generasi milenial Indonesia berusia 22 - 40 tahun (N= 160, 98 perempuan dan 62 laki-laki) yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang mendapat stimulus high crowding dan kelompok yang mendapat stimulus low crowding. Pengujian menggunakan analisis statistik two-way ANOVA untuk melihat perbedaan pengaruh dari variabel crowding dan variabel perceived threat COVID-19 terhadap variabel travel intention. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan tingkat travel intention yang signifikan antara kedua variasi kelompok crowding. Lebih lengkapnya variasi low crowding memiliki pengaruh yang lebih besar dalam meningkatkan travel intention dibandingkan dengan high crowding pada generasi milenial Indonesia, namun tidak ditemukan adanya peningkatan travel intention dari pengaruh crowding dan perceived threat COVID-19 pada generasi milenial Indonesia.
......This study aims to test whether crowding and the perceived threat COVID-19 affect travel intention in Indonesia's millennial generation. This research is experimental research between-subjects design. Participants are Indonesian millennials aged 22 - 40 years (N = 160, 98 women and 62 men) who were divided into two groups, namely the group that received high crowding stimulus and the group that received low crowding stimulus. The test used a two-way ANOVA statistical analysis to see the difference in the effect of the crowding and the perceived threat COVID-19 on the travel intention. The results of this study found that there are significant differences in the level of travel intention between the two variations of the crowding group. Furthermore, low crowding variations have a greater influence on increasing travel intention compared to high crowding in the Indonesian millennial generation, but no increase in travel intention was found from the influence of crowding and the perceived threat COVID-19 in the Indonesian millennial generation."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Ayu Maharani
"Dalam era pemasaran saat ini, pemasaran influencer di media sosial telah mengubah strategi pemasaran secara keseluruhan, menjadi alat yang sangat efektif, terutama dalam konteks pemasaran destinasi wisata. Para influencer media sosial merupakan individu yang memiliki saluran atau halaman media sosial yang digunakan untuk membentuk persepsi pengikut mereka terhadap berbagai produk atau destinasi. Di samping itu, terjadi peningkatan aktivitas wisatawan nusantara yang mulai kembali berlibur. Meskipun demikian, masih ada destinasi wisata di Indonesia yang belum merata dalam mendapatkan jumlah wisatawan yang optimal. Oleh karena itu, studi penelitian ini menganalisis kredibilitas sumber dari influencer perjalanan dan niat perjalanan para wisatawan ke Pulau Timor Barat. Kelima dimensi source credibility yang diukur dalam penelitian ini meliputi daya tarik (attractiveness), kepercayaan (trustworthiness), keahlian (expertise), nilai hiburan (entertainment value), dan kesamaan (similarity). Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan mendistribusikan kuesioner untuk pengolahan data lebih lanjut. Metode purposive sampling digunakan, dengan kuesioner disebarkan kepada pengikut Instagram Leonardo Edwin di DKI Jakarta, dan berhasil mengumpulkan 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 20 dan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas sumber memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat berwisata (travel intention). Lebih lanjut, interaksi parasosial mampu berperan sebagai mediasi positif dan signifikan antara kredibilitas sumber dan minat berwisata. Temuan ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana kredibilitas dari seseorang travel influencer dapat membentuk ikatan dengan menumbuhkan minat untuk mengunjungi tempat wisata melalui interaksi parasosial. Studi ini memberikan beberapa implikasi akademis dan praktis baik pemerintah daerah ataupun destinasion planner.
......In the current era of marketing, influencer marketing on social media has fundamentally transformed marketing strategies, emerging as a highly effective tool, particularly in the context of destination marketing. Social media influencers are individuals who possess channels or pages on social media platforms used to shape their followers' perceptions of various products or destinations. Additionally, there is a resurgence in the activities of domestic tourists who are gradually returning to leisure travel. Despite this, there are still uneven distributions of tourists to various destinations in Indonesia, hindering them from achieving optimal visitor numbers. Hence, this research aims to analyze the source credibility of travel influencers and the travel intentions of tourists to West Timor Island. The five dimensions of source credibility measured in this study include attractiveness, trustworthiness, expertise, entertainment value, and similarity. Employing a quantitative approach, the research distributed questionnaires for further data analysis. The purposive sampling method was utilized, with questionnaires distributed to followers of Instagram's Leonardo Edwin in DKI Jakarta, successfully gathering responses from 100 participants. Data analysis was conducted using SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) with IBM SPSS Statistics 20 and SmartPLS 3.2.9 software. The study's findings indicate that source credibility significantly and positively influences travel intention. Moreover, parasocial interaction serves as a positive and significant mediating factor between source credibility and travel intention. These results offer insights into how the credibility of a travel influencer can foster a connection by cultivating interest in visiting tourist destinations through parasocial interaction. The study provides both academic and practical implications for local governments and destination planners.""
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stacia Reviany Mege
"ABSTRACT
The increasing popularity of reality shows renders them as potential media for tourism promotion. However, there is limited research regarding the impact of destination exposure in reality shows. This study aimed to investigate the impact of destination exposure in television reality shows on destination image, familiarity, and travel intention. To test the hypotheses, a within subject experiment was conducted. A worldwide popular reality show, The Amazing Race, was used as a stimulus for the participants. The results revealed that, in general, both cognitive and affective destination im- ages were rated higher after watching the reality show. Furthermore, familiarity with the destination and travel intention to the destination increased after watching the destination in the reality show. The result of this study will be useful for destination marketing organization and the government to explore alternative promotional media and aid the promotion of tourism destination."
Depok: Department of Management Faculty of Economics and Business, Universitas Indonesia, 2017
658 AMJ 9:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ngurah Ary Wiwekananda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, dan attitude toward destination di sektor pariwisata. Dalam hal ini peneliti memberikan beberapa batasan penelitian terkait objek yang akan diteliti yaitu online review dengan destinasi Lombok. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sampel sebagai responden yang memiliki kriteria pernah membaca ulasan perjalanan online untuk destinasi Lombok dan belum pernah berkunjung ke Lombok. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 163 orang responden. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity dan attitude toward destination memiliki pengaruh yang positif terhadap travel intention seseorang terhadap destinasi Lombok, dimana variabel dengan pengaruh terbesar terhadap travel intention adalah destination image.
......This study aims to determine and analyze the influence of electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, and attitude towards destination in the tourism sector. In this case the researchers provide several limitations of research related to the object to be studied, namely online review with the destination of Lombok. Data obtained by distributing questionnaires to the sample as respondents who have criteria; have read online travel reviews for Lombok destinations and have never been to Lombok. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling approach. Samples collected were 163 respondents. Data analysis using Partial Least Square (PLS) and assisted by Smart PLS 3.0 software. Based on the results of data processing, it was found that electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity and attitude toward destination have a positive influence on a person's travel intention towards Lombok destination, where the variable with the greatest influence on travel intention is the destination image."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Amalia Darin
"Industri Pariwisata memiliki tiga komponen utama yang harus diperhatikan, yaitu atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Penyandang disabilitas dalam kedudukanya sebagai konsumen memiliki beberapa jenis motivasi yang menggerakkan mereka untuk berwisata. Penelitian ini menganalisis aksesibilitas yang dirasakan dari industri pariwisata dan hubungannya terhadap motivasi perjalanan wisata sebagai anteseden partisipasi wisata yang pernah mereka lakukan serta sebagai hal yang memprediksi intensi perjalanan wisata yang ingin mereka lakukan di masa yang akan datang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan metode snowball sampling. Sebanyak 150 kuesioner disebarkan melalui platform Google Form dan 125 responden penyandang disabilitas berusia di atas 18 tahun yang pernah melakukan perjalanan wisata ke obyek-obyek wisata di DKI Jakarta dalam kurun waktu satu tahun terakhir berhasil dikumpulkan. Desain penelitian ini bersifat konklusif-deskriptif, kemudian data yang telah didapat diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa aksesibilitas yang dirasakan oleh penyandang disabilitas memiliki pengaruh langsung terhadap partisipasi dan intensi traveling mereka, dan diantaranya terdapat pengaruh tidak langsung melalui motivasi intrinsik, motivasi yang teridentifikasi dan motivasi yang berasal dari eksternal.
......The Tourism Industry has three main components that must be considered, these are attractions, amenities and accessibility. Persons with disabilities in their position as consumers have several types of motivation that move them to leisure travel. This study analyzes the perceived accessibility of the tourism industry and its relationship to travel motivation as an antecedent of leisure travel participation they have ever done and as a predictor of the intentions of leisure travel they want to do in the future. The sampling technique uses the non-probability snowball sampling method and total of 150 questionnaires have distributed via the Google Form platform and 125 respondents with disabilities over the age of 18 who have traveled to tourism attractions in DKI Jakarta in the past one year were successfully collected. The design of this research is conclusive-descriptive, the obtained data is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results find that accessibility perceived by persons with disabilities has a direct effect on their participation and traveling intentions, and among them there are indirect effects through intrinsic motivation, identified motivations and introjected/external motivation.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>