Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 48 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ballard, Brigid
Kuala Lumpur: Longman, 1984
370.196 BAL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Michael Wolter Thomas
"Skripsi ini membahas mengenai pengalaman sexting mahasiswa di kawasan urban. Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan tersebut diketahui menyebabkan disonansi pada diri akibat dari konsekuensi buruk kegiatan sexting. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi fenomenologi. Bagi mereka yang melakukannya dengan pasangan, sexting menjadi kegiatan untuk menjaga hubungan. Di sisi lain, sexting juga dapat menjadi sarana pemenuhan kebutuhan seksual. Penelitian juga menemukan bahwa mahasiswa mengalami disonansi kognitif ketika sexting karena kegiatan tersebut bertentangan dengan apa yang diyakini, risiko tersebarnya konten, masa lalu yang buruk, dan pertentangan dari orang sekitar. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi disonansi tersebut antara lain mengurangi keterlibatan dalam sexting, melakukan sexting dengan orang yang dipercaya, serta menghindari pembicaraan mengenai sexting. Berdasarkan temuan penelitian, sexting dipahami sebagai kegiatan yang dapat menimbulkan disonansi pada mahasiswa, dan keadaan tersebut mendorong mahasiswa untuk segera mengatasinya.

This thesis discusses the sexting experience of students in urban areas. The involvement of students in sexting has caused dissonance in themselves. This research is a qualitative research with a constructivist paradigm. The strategy used in this research is a phenomenological study. For those who do it with a partner, sexting becomes an activity to maintain a relationship. On the other hand, sexting can also be a means of fulfilling sexual needs. The study also found that students experienced cognitive dissonance when sexting because the activity was contrary to what they believed, the risk of spreading content, a bad past, and opposition from people around. Efforts made to overcome this dissonance include reducing involvement in sexting, doing sexting with trusted people, and avoiding talking about sexting. Based on research findings, sexting is understood as an activity that can cause dissonance in students, and this situation encourages students to immediately overcome them."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nerissa Arviana
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pemberian intervensi manajemen stres untuk mengurangi stres pada mahasiswa yang terlambat menyelesaikan skripsi. Intervensi ini terdiri dari lima sesi dengan berbagai macam teknik di dalamnya. Teknik-teknik yang digunakan adalah relaksasi progresif, psikoedukasi mengenai coping yang efektif, manajemen waktu, dan restrukturisasi kognitif. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari tiga mahasiswa yang belum menyelesaikan skripsi lebih dari dua semester. Metode pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif menggunakan Perceived Stress Scale PSS dan kuesioner stres skripsi, serta secara kualitatif menggunakan observasi dan wawancara. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah intervensi untuk melihat perbedaan kondisi partisipan sebagai hasil dari intervensi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan tingkat stres dan kemajuan dalam pengerjaan skripsi yang mengindikasikan bahwa intervensi efektif membantu partisipan untuk mengurangi stres.

The aim of this research was to examine the effectiveness off stress management for reducing stress in undergraduate students who are late in completing their thesis. There were five sessions in which involved several different techniques of stress management. The techniques used were progressive relaxation, psychoeducation about effective coping, time management, and cognitive restructurisation. There were three undergraduate students who hasn rsquo t finish their thesis more then two semesters. Data collection was through both quantitative and qualitative methods. The quantitative method used Perceived Stress Scale PSS and Questionnaire about thesis stress. On the other hand, qualitative method used observation and interview to collect additional information from participants. Pretest and posttest were assessed in order to investigate the differences that occur on the stress. It was found through the posttest that there wete decreased levels of stress and also progress in their thesis.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T47371
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fitri Arlinkasari
"Pada beberapa fakultas di Universitas Indonesia, salah satu prasyarat penyusunan skripsi adalah dengan telah mengikuti seluruh rangkaian tugas akademik seperti kerja praktik. Pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ditemukan bahwa kerja praktik dilaksanakan dalam satu semester yang sama dengan waktu untuk memulai penyusunan skripsi bagi mahasiswanya, yakni di semester 8. Penyusunan skripsi dan pelaksanaan kerja praktik dalam satu waktu yang bersaman bukanlah hal mudah untuk dijalani mahasiswa, terlebih jika keduanya harus dikerjakan di luar Pulau Jawa, tempat dimana mereka biasa tinggal dan menjalani aktivitas keseharian. Dalam O'Keefe dan Berger (1999), aspek-aspek dalam selfmanagement seperti afeksi, tingkah laku, dan kognisi diarahkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Afeksi, tingkah laku, dan kognisi saling berinteraksi dan saling mempengaruhi pada aktivitas kerja praktik dan skripsi yang dijalani oleh mahasiswa. Peneliti menggali lebih dalam bagaimana mahasiswa yang menyusun skripsi sambil kerja praktik di luar Pulau Jawa melakukan self-management agar mereka dapat mencapai tujuannya. Penelitian dilakukan terhadap dua mahasiswa FKM UI melalui pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam. Pikiran bahwa skripsi dan kerja praktik sebagai dua hal yang penting merupakan pemicu utama yang mempengaruhi perasaan dan perilaku di dalam interaksi ABC sehingga mendorong mahasiswa untuk melakukan self management agar dapat menyelesaikan keduanya dengan baik.

In some faculties of University of Indonesia found one of pre-conditions before writing theses is already have conducting an internship and its report. In Public Health Faculty of Indonesia University, found that time for internship is conducted at the same time for theses writing. Writing theses and conducting an internship at the same time are not easy things to do for students. Moreover if those activities proceed out of Java Island, place where students living and do their daily activities. In O'Keefe and Berger (1999,) aspects of self management like affection, behavior and cognition are directed to reach student's purpose. Affection, behavior and cognition have some interactions and affecting each other on student's activities, both writing theses and internship. By self management students can organize their action priority, time and role in order to manage their activities well. Reseacher were want to know more about student who writing theses and conducting an internship in context of their self management to reach their purposes. This research participated by two undegraduate students of public health faculty of Indonesia University and used qualitative approach with depth interview methode. Cognition about theses and internship as important things affects their affection and behavior in ABC interaction, which drives students to do self management to accomplish both activites as good as they could."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
658.3 ARL s
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mursyid Fadilah
"Delapan puluh persen dari kesuksesan yang diraih seseorang ditentukan oleh kecerdasan emosional (Goleman, 1995). Kecerdasan emosional adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengelola emosi dan menjaga keselarasan emosi beserta pengungkapannya melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan social (Goleman, 1997). Mahasiswa psikologi Universitas Indonesia memiliki peran sekaligus tuntutan sebagai mahasiswa yang dapat menunjukkan kompetensi yang dimiliki dan koheren dengan aspek keilmuan yang dipelajari. Kemampuan kognitif tidak terpisahkan dari kecerdasan emosional (Goleman, 1998). Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran kecerdasan emosional mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode pengambilan sampel accidental sampling. Peneliti menggunakan alat ukur Inventori Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence Inventory) yang merupakan hasil adaptasi alat ukur Sri Lanawati (1999). Penelitian ini melibatkan 171 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukan kecerdasan emosional mahasiswa psikologi Universitas Indonesia berada pada kategori sedang dengan persentase 48%. Selain itu, dimensi kesadaran diri partisipan berada pada kategori tinggi (67,3%), dimensi pengendalian diri berada pada kategori sedang (45,6%). Begitu juga dimensi empati (39,2%), dimensi motivasi diri(42,1%) dan dimensi keterampilan social (48%) pada kategori sedang.

Eighty percent of the someone’s success is determined by emotional intelligence (Goleman, 1995). Emotional intelligence is the ability to manage emotions along with the disclosure of maintaining harmony through self-awareness, self-control, self-motivation, empathy and social skills (Goleman, 1997). Psychology students of University of Indonesia have a role and also demands to be students who can represent coherent competency with the scientific aspects of the study. Cognitive ability is inseparable from emotional intelligence (Goleman, 1998). The purpose of this study is to provide an overview of emotional intelligence Psychology students of University of Indonesia.
This research is a descriptive study using accidental sampling as sampling method. Researchers used Emotional Intelligence Inventory as a measure which was adapted from Sri Lanawati (1999). The study involved 171 Psychology students of University of Indonesia as the participant. The results showed emotional intelligence psychology students at the University of Indonesia is in the middle category (48%). In addition, the dimensions of self-awareness of participants were in the high category (67.3%) and dimensions of self-control in middle category (45.6%). Meanwhile, the dimensions of empathy (39.2%), the dimensions of self-motivation (42.1%) and the dimensions of social skills (48%) are in the medium category.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52523
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rochmad Adi Baskoro
"Adverse childhood experiences (ACE) yang terjadi pada mahasiswa di Indonesia menunjukkan prevalensi yang tinggi. ACE pada mahasiswa mempengaruhi kondisi kesehatan psikososial mereka. Penelitian ini memiliki tujuan ini untuk mengetahui bagaimana gambaran ACE dan strategi koping pada mahasiswa Universitas Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang dilakukan dengan analisis deskriptif dengan total responden 121 mahasiswa yang terdiri dari 49 laki-laki dan 72 perempuan dari rentang usia 19-22 tahun. Temuan data penelitian didapatkan bahwa mayoritas mahasiswa Universitas Indonesia mengalami ACE yaitu 116 (95,9%) mahasiswa memiliki pengalaman ACE; 5 (4,1%) mahasiswa tidak memiliki pengalaman ACE; 87 (71,9%) mahasiswa mengembangkan problem-focused coping; 29 (24%) mahasiswa mengembangkan emotion-focused coping; 5 (4,1%) mahasiswa mengembangkan avoidant coping). Maka dari itu perlu adanya perhatian khusus terhadap kondisi ini pada mahasiswa Universitas Indonesia untuk mengantisipasi dampak-dampak negatif terhdap kesehatan psikososial mahasiswa.

Adverse childhood experiences (ACE) that occur in university students in Indonesia show a high prevalence. ACE in college students affects their psychosocial health conditions. This study has this goal to find out how the description of ACE and coping strategies in University of Indonesia students. This research is a quantitative research conducted using descriptive analysis with a total of 121 student respondents consisting of 49 males and 72 females from the age range of 19-22 years. The findings of the research data found that the majority of students at the University of Indonesia experienced ACE, namely 116 (95.9%) students had experience of ACE; 5 (4.1%) students had no ACE experience; 87 (71.9%) students developed problem-focused coping; 29 (24%) students develop emotion-focused coping; 5 (4.1%) students develop avoidant coping). Therefore, it is necessary to pay special attention to this condition in University of Indonesia students to anticipate negative impacts on students' psychosocial health."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Kusniati Daryoto
"Penelitian ini bertujuan untuk mencari tau apakah extraversion berhubungan dengan pencari sensasi dan perasaan bahagia pada manusia. Alat ukur baru yang mengukur extraversion telah dibuat dan sebelum alat ukur ini digunakan di jenjang yang lebih luas, reliabilitas dan validitas dari alat ukur tersebut perlu di evaluasi terlebih dahulu. Daftar pertanyaan yang digunakan untuk mengukur karakteristik pencari sensasi dan perasaan bahagia telah diadaptasi dari penelitian sebelumnya dan telah di evaluasi sebelum diberikan kepada partisipan. Sebanyak 142 mahasiswa sarjana (104 perempuan) dari University of Queensland yang terdaftar pada mata kuliah PSYC3020 bergabung dalam penelitian ini secara sukarela. Hipotesa dari penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki level extraversion tinggi akan memiliki level yang tinggi pula pada karakteristik pencari sensasi, hubungan positif antara extraversion dan perasaan bahagia terlihat pada mahasiswa yang memiliki nilai tinggi pada karakteristik extraversion akan memiliki nilai tinggi pada perasaan bahagia, dan laki-laki akan memiliki nilai karakteristik extroversion lebih tinggi dari perempuan. Hasil dari penelitian ini mendukung semua hipotesa, seperti mahasiswa yang memiliki nilai extraversion nya tinggi memiliki nilai karakteristik pencari sensasi yang tinggi pula, mahasiswa yang memiliki nilai tinggi pada extraversion juga mempunyai nilai yang tinggi pada perasaan bahagia, dan laki-laki memiliki nilai karakteristik extroversion lebih tinggi dari perempuan.

The aim for this study is to find whether extraversion correlates with sensation seeking and happiness in human. New extraversion scale was made and before this scale could be use in broader area, its reliability and validity has to be evaluated first. The questionnaires that used to measure sensation seeking and happiness were adapted from previous studies and have been evaluated before filled in by the participants. Total of 142 undergraduates (104 females) students from University of Queensland who enrolled in PSYC3020 course voluntarily joined this study. The hypotheses for this study are those who score high on extraversion scale will score high on sensation seeking, positive relationship between extraversion and happiness such that people who score high in extraversion will score high in happiness, and males are more extraverted than females. The result supported all of the three hypotheses, such that student who score high on extraversion scale score high on sensation seeking, student who score high in extraversion score high in happiness, and males are more extraverted than females.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Giovanno Rachmat
"Previous studies showed that social distance has an important role in explaining donation behavior. This is built on the notion that a person is more likely to give donation to someone with similar group memberships. However, each person has different levels of proximity (or distance) towards the target with group memberships. Objective/y, they may have the same social background. Subjectively, however, the person may perceive that their personal identity not closely related to the social group in common that might cause to perceive a distant to the target and cosequently would not be able to increase donation behavior. This study attempted to further understand the relationship of social distance with donation behavior by examining the fusion identity as moderator. One hundred and ten undergraduate Muslim students of Universitas Indonesia (M=19.87, SD=1. 10) were recruited as participants. We used 2 (social distance: near vs. distant) x 2 (identity fusion: high vs. low) between subject design. The analysis showed that 15.30% variance donation behavior can be explained by social distance, F(5,104)= 3.756, p= 0.04, though social distance did not have a significant unique effect to wards donation behavior. However, there was a significant interaction effect between social distance and identity fusion 0.456, SE: 0187, 9500 0/ [0.086, 0.826], t= 2.443. p= 0.016268, 95% CI [min 1235, min 0.173], t: min 2. 631, p= 0.010) but not when the identity fusion is high). Specially, social distance affected donation behavior when the identity fusion is low (b: min 0. 704, SE: 0."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Ikatan Psikologi Sosial-HIMPSI, 2018
150 JPS 15:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>