Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kresno Adityowibowo
Abstrak :
ABSTRAK
Fokus pemasaran yang tadinya hanya sebagai suatu penunjang untuk pencapaian sales sampai menjadi aktivitas central untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, serta pertukaran nilai bagi customer, shareholder, dan masyarakat. Di era digital ini, industri yang paling mendapat manfaatnya adalah industri kreatif, di mana informasi dan teknologi adalah faktor penting dari industri tersebut. Industri kreatif berusaha untuk menyampaikan nilai ke konsumen dalam bentuk pengalaman unik sehingga membutuhkan suatu strategi komunikasi pemasaran yang dapat menyampaikan informasi terkait nilai yang berusaha diinformasikan dengan menyeluruh.Dari seluruh industri kreatif di Indonesia, industri kuliner adalah salah satu yang memiliki perkembangan paling pesat. Fenomena yang terjadi di dunia kuliner seiring dengan perkembangan teknologi adalah semakin berkembangnya trend di mana konsumen saling berbagi informasi mengenai makanan atau tempat makan di aplikasi handphone dalam bentuk gambar, video, dan ulasan, salah satunya adalah Aplikasi Zomato, yang merupakan leader dari Aplikasi Pencari Tempat makan. Electronic Word of Mouth eWOM yang ditimbulkan dari aktivitas tersebut tersebar dengan sangat cepat dan dengan jumlah yang banyak. Salah satu aplikasi yang sering dipakai oleh orang-orang terkait dengan kuliner adalah aplikasi pencari tempat makan, di mana menyediakan informasi terkait dengan baik buruknya suatu tempat makan, dan didukung oleh informasi pemberi ulasan dan jumlah ulasan untuk membantu konsumen dalam pengambilan keputusan.Pada studi terdahulu, Persepsi Manfaat eWOM memiliki tiga faktor : Persepsi terhadap Kredibilitas Sumber, Persepsi terhadap Valensi, dan Persepsi terhadap Banyak Ulasan. Namun belum dapat ditentukan faktor-faktor manakah yang merupakan faktor yang signifikan dalam kontribusi terhadap Persepsi Manfaat eWOM di aplikasi Zomato.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi terhadap kredibilitas sumber dan persepsi terhadap valensi memiliki kontribusi positif yang signifikan terhadap Persepsi Manfaat eWOM, namun persepsi terhadap banyak ulasan tidak memiliki memiliki pengaruh yang signifikan.Dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil suatu tindakan dari manajemen, yaitu Zomato sebaiknya dorongan pada pengguna Zomato untuk banyak melakukan aktivitas Like dan Share, dan dapat melakukan pengurutan dan pembagian ulasan-ulasan yang bersifat merekomendasikan sesuatu.
ABSTRACT
The focus of marketing that previously being used only as a support for sales achievement until become central activity for creating, communicating, delivering, and as an exchange value for customer, shareholder, and society. In this digital era, benefits of marketing focus are mostly received by creative industries, which information and technology is the most important factor for the industri itself. Creative industri strives to deliver the value to their customers in the form of unique experience that requires a marketing communication strategy to convey information related to the value that they want to inform thoroughly.One of the Creative industries in Indonesia, culinary industri, is one that has the most rapid development. A phenomenon that occurs in culinary world in line with technology development is th e growth of trend where consumers share information about food or restaurant in mobile application in the form of pictures, videos, and reviews, one of which is Zomato. Zomato is the leader of Restaurant Search and Discovery Application. While Electronic Word of Mouth eWOM is the result of such activities that spread rapidly and in large numbers. One of the application that often being used by the society in terms of culinary is restaurant search and discovery application, it provides information related to the bad or good of a restaurant, it is also supported by the information from the reviewer and the number of reviews to help consumers in decision making.If we compare with previous study, Zomato utilizes characteristic of Perceived WOM Usefulness. Perceived eWOM Usefulness has several factors which are source credibility, information valence in the form of content review and ratings , and the total number of reviews that the restaurant has. However, which factor is the most significantly contribute to Perceived eWOM Usefulness in Zomato cannot be determined yet.The result of this study indicate that valence and source credibility has a significant positive contribution to the perceived eWOM usefulness, while total number of reviews does not have a significant contribution.From these result, the Zomato management should give a promotional event or reward system to encourage Zomato user using the like and share feature and Zomato need to improve the sorting for th review, that focused on review that recommend something.
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Mifrohatun Fathiyah
Abstrak :
Meningkatnya penggunaan internet menjadi salah satu faktor yang membuat electronic word of mouth menjadi sumber informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dalam bentuk online review di situs Zomato terhadap minat beli konsumen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri atas 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia yang berusia 18-25 tahun, pernah mengakses situs Zomato dan pernah membaca review tentang restoran yang ada di situs tersebut. Data penelitian didapatkan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisa regresi linear sederhana. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa ada pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dalam bentuk online review di situs Zomato terhadap minat beli konsumen. ......The increasing of internet usage has become one of the reason why electronic word of mouth is used as information source nowadays. The objective of this research was to analyze the effect electronic word of mouth (e-WOM) in the form of online review in Zomato.com towards consumer’s puchase intention. This research applied quantitative approach. The sample of this research were 100 students of Universitas Indonesia, with the age of 18-25 years old, who had ever accessed Zomato.com and read the restaurant review written on the site. The research's datas were collected using questionnaire and analyzed using simple regression analysis. The result of this research indicated that electronic word of mouth (e-WOM) in the form of online review in Zomato.com affects consumer’s purchase intention.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alexander Tio
Abstrak :
Saat ini terjadi peningkatan dalam penggunaan sosial media pada masyarakat umum terutama yang tinggal di wilayah kota dalam memilih rumah makan atau restoran yang mereka ingin kunjungi. Hal ini menjadi fenomena baru yang mengubah gaya hidup dan tingkah laku masyarakat kota termasuk bagaimana masyarakat menerima rekomendai informasi tentang restoran dari mulut ke mulut berubah menjadi informasi elektronik. Consumer review website (CRW) adalah jenis informasi elektronik yang menggunakan kata-kata orang lain sebagai informasi untuk basis data rekomendasi restoran. Zomato adalah salah satu CRW yang memiliki basis data restoran di Jakarta yaitu sebanyak 4032 restoran di Jakarta yang di dalamnya termasuk indeks popularitas, jenis restoran, dan jenis makanan untuk setiap restoran. Data 4032 restoran yang berisi tabel atribut dapat diakses dengan menggunakan application program interface (API) dari website resmi Zomato. Nilai indeks popularitas yang di dapatkan kemudian dibagi ke dalam 3 klasifikasi grup yaitu: popularitas tinggi, sedang, dan rendah. Menggunakan Geography information system (GIS) maka setiap klasifikasi dapat di analisa untuk melihat faktor apa saja yang menjadi pembeda dari setiap klasifikasi restoran. Dengan menggunakan Nearest Neighbor Analysis (NNA) dan Kernel Dencity Analysis (KDA) didapatkan jika setiap klasifikasi  memiliki pola distribusi yang berbeda dan dari hasil tersebut didapatkan jika restoran dengan klasifikasi tinggi mengelompok dan dengan kepadatan tinggi yaitu 59 restoran per km2. Restoran dengan klasifikasi sedang mengelompok namun kepadatan yang sedang yaitu 29 restoran per km2 dan restoran dengan klasifikasi rendah mengelompok namun dengan kepadatan rendah yaitu 4 restoran per km2. Faktor-faktor yang mempengaruhi popularitas restoran adalah tempat belanja/mall, hotel bintang 4 dan 5, dan Central bussines district (CBD) dan dengan menggunakan jarak dari titik fungsional kota maka di dapatkan jika restoran dengan popularitas tinggi dekat kepada titik fungsional dan akses jalan utama sedangkan semakin jauh dari titik fungsional dan akses maka semakin rendah popularitasnya.
Nowdays, there has been a remarkable surge in the usage of social media among the general public specially in urban area in choosing restaurant that they want visit. This surge becoming new phenomenon that change people lifestyle and behavior in urban area and that is include how people receive information from word of mouth (WoM) recommendation for restaurant and becoming electronic-word of mouth information. Consumer review website (CRW) are e-word of word (e-WoW) information that using people word of word information as they main database for restaurant recommendation. Zomato are one of the few CRW that have a lot database for restaurant in Jakarta, Zomato have around 4032 database for DKI Jakarta and that include popularity index, type of restaurant, and type of food from each restaurant.  4032 data and each attribute restaurant can be access using aplication program interface (API) from zomato official website. From popularity index data, each restaurant divided by 3 classification of popularity group: high popularity, middle popularity, and  low popularity. Using Geography Infromation System (GIS) we can analyze what factor make each classification different from each other. First by using Nearest Neighbor Analysis (NNA) and second Kernel Dencity Analysis (KDA) that each clasification have different spatial distribution and high popularity group are cluster and high dencity with 59 restaurant by square kilometers in Center and South Jakarta, middle popularity with cluster and mid dencity (29 restaurant by square kilometers) in Center, South, and North Jakarta and low popularity are cluster too but with very low dencity up to 4 restaurant by square kilometers in East and South Jakarta. Factor that effect for each classification popularity are shopping mall, hotel 4 & 5 star and Central Bussines Distric (CBD) then by using proximity for each classification that high popularity restaurant group are close to POI functional and CBD. Low popularity are more likely place in outside of town and have far distance from urban poi functional.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library