Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aan Al Bone
"Kesadaran pentingnya kontrol keamanan dalam melindungi aset perusahaan, yang berupa data dan informasi, telah semakin meningkat. Media yang bersifat terbuka saat ini dan kebebasan orang berbicara, menyebabkan kekhawatiran terganggunya kerahasiaan informasi. Perusahaan masih memiliki persepsi bahwa, dengan menggunakan teknologi canggih keamanan informasi, maka keamanan informasi pasti diperoleh. Padahal faktor organisasi dan personil adalah faktor yang sangat menentukan tercapainya keamanan informasi. Pembangunan kontrol keamanan informasi di PT. Multi Terminal Indonesia (PT.MTI), yang bergerak dalam bidang logistik, masih berdasarkan anggaran dan kebutuhan sementara, tanpa ada penilaian risiko terlebih dahulu, dan pemilihan strategi meredakan risiko, sehingga kontrol keamanan informasi yang dibangun belum dapat melindungi informasi secara efektif dan efisien. Dengan permasalahan tersebut perlu dilakukannya perancangan keamanan berdasarkan hasil penilaian risiko. Penilaian risiko keamanan informasi (information security risk assesment) merupakan awal dari proses pengelolaan risiko (risk management), yang perlu dilakukan untuk mengetahui potensi ancaman dan risiko. Selanjutnya akan diusulkan strategi untuk meredakan risiko (risk mitigation), sebagai rekomendasi penting bagi perancangan keamanan informasi yang komprehensif, berdasarkan penilaian risiko. Dengan melakukan penilaian risiko (risk assessment), dan dilanjutkan mitigasi risiko (risk mitigation), akan dapat melakukan perancangan keamanan informasi yang komprehensif tentang strategi dan kontrol keamanan apa yang harus diimplementasikan oleh perusahaan, untuk mencapai tujuan dan sasaran keamanan informasi.
Awareness of the importance of security controls to protect company assets, which include data and information, has been increasing. Media more open at this time, and the freedom to speak, causing interference security information. Companies still have a perception that, by using the advanced technology of information security, the security of certain information obtained. While the organization and personnel are factors that determine the achievement of information security. Development of information security controls in the PT. Multi Terminal Indonesia (PT.MTI) is still based on the needs and budget, without any risk assessment first, and selection strategies mitigate risks, so security has not been built to protect information effectively and efficiently. Based on the problems, the design must be based on the information security risk assessment. Information security risk assessment is the beginning of the process of risk management, which needs to be done to find out potential threats and risks. And proposed strategies to mitigation a comprehensive information security, based on risk assessment.Risk assessment will be followed by risk mitigation, which provides a comprehensive evaluation of security and control strategies should be implemented by PT. MTI, in order to achieve the goals and objectives of information security. Key word: Risk assessment, Risk mitigation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
T 851
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Aji Pratomo
"Penelitian ini mengkhususkan pada efektivitas iklan online dengan memanfaatkan sudut pandang ilmu sistem interaksi atau lazim disebut human-computer interaction. Pendekatan yang dipergunakan dalam pengukuran efektivitas adalah jumlah klik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa saja yang berkaitan dengan ilmu sistem interaksi yang mempengaruhi efektivitas tersebut. Metode yang dipergunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi civitas akademika Universitas Indonesia. Setelah melakukan penelitian ini, peneliti menemukan bahwa faktor-faktor tersebut berpengaruh besar terhadap efektivitas iklan online sesuai dengan pendekatan jumlah klik yang diterapkan pada penelitian ini. Kata kunci: Efektivitas iklan, human-computer interaction, iklan online."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kahardityo
"Higher education institution is a place where information technology were invented. Ironically, there's a very small amount of information technology implementation in higher education than any other organization. Currently, Universitas Indonesia has a different status of legal, BHMN (Nation's Own Legal Organization) which means Universitas Indonesia has to think like any other private higher education campus. They have to focus for their service, moreover the consumer's demand. Global market today may foreign higher education institution to make a branch in third world countries, so it will be a very serious threat to the existence of native campus. In addition, right now there's many private school that had take foreign istitution as their strategic partner for delivering education. Facing these realities, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia had react with step by step information technologi implementation as part of their long term strategy, which started by Library Information System & Academic System Information Project. A portal system is offered for integrating all of the services which provided by Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia for self service dan interactive service. For major compliment, a hybrid e-learning method can be provided by these system as portal is a main component for e-learning infrastructure. These can be a plus point for Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia as very few education institution already put portal system as their strategic agenda. For economic feasilibity, an open source software package can be taken as serious solution for enterprise. Also, e-business reusable pattern can be adopted for implementation's effiency and effectivity. For capture contituent's behaviour pattern map, contituent's requirement and further possible development, a research which based on survey, as system development's primary suplement, had been held.

Peguruan tinggi adalah tempat teknologi informasi lahir. Ironisnya, tingkat implementasi yang ada rendah dibanding organisasi lain. Saat ini Universitas Indonesia sudah berstatus BHMN atau Badan Hukum Milik Negara, kondisi dimana Universitas Indonesia dipaksa berpikir layaknya perguruan tinggi swasta lain. Konsumen pendidikan (mahasiswa) sekarang harus menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Pasar global memungkinkan perguruan tinggi asing ternama dari negara maju membuka cabang di negara berkembang. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi swasta menggandeng perguruan tinggi negara maju sebagai mitra strategis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia menyikapi kondisi mutakhir dengan implementasi teknologi informasi khususnya e-business secara bertahap yang dimulai dengan pengembangan, Sistem Informasi Perpusatkaan, dan Sistem Informasi Akademik. Untuk mengintegrasikan sistem yang ada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia butuh kehadiran sistem portal. Dengan portal semua layanan administratif bisa ditangani secara swalayan dan interaktif. Selain itu sistem belajar-mengajar dengan metode hybrid e-learning bisa lebih mudah diterapkan dengan ketersediaan infrastruktur tangguh. Hal ini bisa menjadi nilai tambah tersendiri mengingat belum banyak fakultas di Universitas Indonesia bahkan kampus lain yang menempatkan portal sebagai agenda strategis. Untuk menekan biaya implementasi penggunaan perangkat lunak open source bisa dijadikan bahan pertimbangan serius. Selain itu penggunaan pola e-business yang sudah terbukti kemanjurannya bisa diadopsi demi efisiensi dan efektifitas pengembangan. Adapun untuk melakukan penggalian kebutuhan dari konstituen, pemetaan pola perilaku dan melihat kemungkinan pengembangan dilakukan, penelitian berbasis survey menjadi suplemen primer informasi pengembangan."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Fobi Erwanda
"The increasing number of employee turnover is another impact of the growth of business world. Therefore almost every organizations/ companies will need to recruit new employees regularly based on their needs. However, the management has their own requirements towards the new employee in order to fulfill and support the company's operational and activities. Following the trends above, acceleration numbers of new fresh graduates are never been faster which caused the degree of competitiveness in getting a job is still very high.
This FINAL PROJECT has been developed to design an online jobs vacancy system, and the objectives are: Helping the Job Seeker to be more effective and efficient during the job searching process which is fit with their qualification Provide more cost effective tools for Employee Seeker to promote the available vacancy and getting the right employee for their organizations The following steps of the design are: Fundamentals External Analysis (Competitive Force Diagram ). System Requirement Analysis Business Process Mapping Logical Design Architecture Physical Design Architecture.
Conclusions The scope of this research will be limited to design stage only. Construction and implementation stage will not be discussed. Preliminary investigation conducted prior of this research will be discussed shortly, because this research will be stressed on the design of e0business architecture.

Salah satu efek dari pertumbuhan ekonomi dan dunia bisnis adalah meningkatnya jumlah turnover karyawan. Oleh karena itu pada umumnya setiap perusahaan akan merekrut karyawan baru secara periodik sesuai dengan kebutuhannya masing ? masing. Perekrutan karyawan tersebut disesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan mendukung kegiatan dan perkembangan perusahaan. Hal tersebut juga diikuti dengan tingginya peningkatan jumlah fresh graduate dan tenaga kerja yang menyebabkan ketatnya persaingan dalam memperoleh pekerjaan.
Proyek akhir membahas perancangan system lowongan online, dengan tujuan : Membantu para pencari kerja dalam aktivitas mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki secara lebih efisien dan efektif. Menyediakan fasilitas bagi para penyedia lowongan pekerjaan untuk menanyangkan iklan lowongan pekerjaan dengan biaya yang relatif lebih murah dan membantu usaha untuk memperoleh karyawan baru sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Metodologi yang diterapkan dalam Proyek Akhir ini adalah sebagai berikut : Membangun pemahaman Analisa external (Porter's Competitive Force Diagram ). Analisa kebutuhan system Pemetaan proses bisnis Perancangan arsitektur logis Perancangan arsitektur fisik.
Kesimpulan
Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap perancangan Sedangkan tahap konstruksi dan implementasi tidak akan dibahas. Hal ? hal apa yang dilakukan sebelum tahap perancangan akan diulas secara singkat, karena penelitian ini menitikberatkan pada tahapan perancangan arsitektur e-bisnis."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia
"Perkembangan teknologi telah membuat adanya pergeseran kekuatan kepada pelanggan atau pasar. Pelanggan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Informasi yang semakin mudah diperoleh, membuat daya tawar pelanggan semakin tinggi dan pelanggan selalu ingin mendapat yang diinginkan dengan mudah, murah, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhannya. Perubahan struktural ini mengharuskan sebuah perusahaan untuk mengembangkan sebuah strategi e-Bisnis yang inovatif, dengan memusatkan perhatian kepada pasar.
Perubahan struktural ini juga membutuhkan proses perubahan secara besarbesaran. Pada waktu yang sama, perusahaan harus membangun sebuah infrastruktur e-Bisnis yang berorientasi pada perbaikan layanan secara kontinu dan inovatif.
PT. V menyikapi perubahan struktural ini dengan membangun suatu sistem e-Bisnis untuk layanan persewaan VCD. Dengan sistem yang dibangun ini, yaitu sewa VCD dengan sistem antar dan SMS, pelanggan dapat melakukan sendiri proses peminjaman, pengembalian, melihat film terbaru, dan lain-lain dengan hanya mengirim SMS, tanpa perlu datang ke tempat persewaan. Untuk itu pelanggan akan menghemat waktu, uang, serta lebih efektif dan efisien.
Penggunaan SMS sebagai fasilitas dalam e-Bisnis mempunyai berbagai keuntungan, seperti menghilangkan permasalahan jarak dan waktu, menghilangkan faktor kesalahan akibat adanya proses manual. Pemanfaatan e-Bisnis ini pada akhirnya diharapkan dapat menambah pangsa pasar dan dapat mengubah proses bisnis perusahaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Technological growth has made a strong friction to the market. Customer becomes an important factor which must be paid attention to. Information which is easy to get increases customer's bargaining power. Customer always wants to get what they desire easily, cheaper, and of good quality. This structural change obliges a company to develop an e-Business strategy which is innovative, by focusing on the market. This structural change also requires a change in the business process on a large scale. At the same time, company has to develop an e-Business infrastructure that is oriented toward continous service improvement dan innovation.
PT. V faces this structural change by developing an e-Business system for a VCD rental service. Using the system, which administers VCD rental with delivery system and SMS facility, customers can, by themselves, loan VCDs, return loaned VCDs, browse newest films, and perform other activities, just by sendingSMS, without having to visit the rental place. For this reason, the customers will save time and money, become more efficient and effective.
The use of SMS as a facility in e-Business has various advantages suchas omitting problems with location and time for doing business, andomitting the errors of manual processing.In the end, e-Business is expected to raise market share and to adapt the company's business process according to customer's needs."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Janus Limar
"Pertukaran informasi, kolaborasi dan komunikasi pada saaat ini menjadi faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan di dunia bisnis, hal ini terutama dipicu dari tuntutan konsumen yang selalu menuntut produk dan pelayanan yang cepat, murah dan bagus. Tuntutan ini memaksa pelaku bisnis untuk mencari cara untuk dapat memberikan nilai tambah bagi konsumennya sehingga dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan sejenis. ManggaDuaShop.com merupakan situs web yang direncanakan untuk menjadi portal vertikal pertukaran informasi perdagangan yang memuat informasi perdagangan komputer dan perlengkapannya. Diharapkan portal informasi ini dapat menjadi jembatan penghubung langsung antara distributor (pihak yang menjual) dengan reseller (pihak yang membeli) dalam melakukan perdagangan komputer dan perlengkapannya secara elektronik tanpa mengenal batas geografis dan waktu, sehingga dengan adanya portal informasi perdagangan ini pengguna web portal dapat menekan biaya operasional, meningkatkan kualitas layanan dan mendapatkan akses informasi yang lebih akurat dan cepat. Semua ini pada akhirnya bermuara pada kepuasan konsumen dan peningkatan penjualan perusahaan. Perencanaan dan perancangan yang dibahas dalam penelitian ini diharapkan dapat merencanakan model bisnis yang tepat bagi ManggaDuaShop.com dan merancang proses bisnisnya agar dapat diimplementasikan secara nyata dalam dunia bisnis.

Nowadays Information exchange, collaboration and communication have become critical factors in achieving success in business world. This situation is triggered by consumer demand that is always demanding cheap high quality product with good service from company. This demand has compelled company to search a new way to give added value to its consumer in order to compete with its competitors. ManggaDuaShop.com is a website intended to be a vertical business information exchange portal focusing on computer industry and its peripherals. This infomation portal is expected to be a direct link between distributor (seller side) and reseller (buyer side) to do computer and peripheral trading across time and geographical boundaries. As the result of using this information portal user can reduce operational cost, increase quality of service, and has faster and more accurate information access. In the end it can increase customer satisfaction and market share. This research is intended to plan appropriate business model for ManggaDuaShop.com and design its business process to be implemented in real business world."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iman Noerssetiyadi
"E-bisnis dengan cepat berubah menjadi standar bisnis sejalan dengan kenyamanan dan penghematan biaya yang dapat diberikan. Pendatang baru di dunia e-bisnis adalah e-bisnis bergerak yang terfokus pada bisnis perseorangan maupun bisnis perusahaan. Pada e-bisnis bergerak dibutuhkan inovasi dan solusi yang benar dan kuat. E-bisnis bergerak memungkinkan pelanggan untuk menjangkau dari mana saja dan kapan saja membutuhkan layanan. Berbeda dengan e-bisnis biasa yang mengharuskan pelanggan harus berhadapan dengan komputer hanya disatu tempat dan satu waktu tertentu saja. Fleksibilitas yang diberikan ini memungkinkan beberapa aplikasi untuk diterapkan pada pelanggan perseorangan maupun perusahaan. SMS, sebagai salah satu teknologi komunikasi bergerak, dipakai terutama untuk pengiriman pesan antar orang dengan kemudian meningkat untuk penyebaran informasi seperti berita, cuaca, notifikasi email, dan pesan suara. Saat ini telah dapat diantisipasi bahwa teknologi SMS ini akan terus digunakan untuk traksaksi e-bisnis bergerak sampai dengan lima tahun ke depan Perusahaan PT. X menyadari akan adanya perkembangan di dunia teknologi seluler. Dengan menggunakan teknologi seluler, PT. X berusaha menerapkan e-bisnis untuk mendukung bisnisnya. PT. X sebagai perusahaan jasa angkutan menerapkan teknologi SMS untuk membantu para pengendara untuk dapat memilih jalur-jalur mana saja yang bebas kemacetan untuk mengantar pelanggannya. Dengan aplikasi yang dibangun ini akan banyak keuntungan yang diperoleh oleh PT. X yang antara lain adalah pengurangan biaya operasional bahan bakar dan suku cadang kendaraan. Selain dari pada itu, peningkatan pendapatan pun dapat diperoleh.

E-Business is quickly turning into the business, as the convenience and cost savings of the web are becoming apparent. The new Internet frontier is mobile eBusiness, or ?mBusiness,? with a strong focus on mobile commerce, or ?mCommerce,? for both the consumer and business markets. Mobile eBusiness is the arena in which innovation and powerful solutions are anticipated. Mobile commerce makes it possible for your customers to reach you wherever they are and whenever they need your services, whereas Internet commerce demands that the customer be seated at a laptop. This flexibility, brought about by mobility, is rapidly enabling a new set of applications in both the business and consumer markets. SMS, as one of mobile technology, is used primarily for simple person-toperson messaging, with increasing mobile information services such as news, stock prices, weather, and notification of email and voice. SMSs are paving the way for transactional mCommerce services. It is anticipated that for the next five years mCommerce applications will use both SMS and WAP technologies to enable mobile communication. PT. X realize about evolution in seluler technology world. Using seluler technology, PT. X try to implement e-business to support the business. PT. X as transportation company implement short message service technology to support all their drivers to be able to choice better route which is free of congestion in the way they deliver their customer. With this application developed, many advantages will be gained by PT. X such as lower operational cost dan spare part. But not only that but also increase income for PT.X"
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edo Kurniawan
"Teknologi informasi berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir ini, dan menjadikan cara kita berbisnis tidaklah sama bahkan dengan beberapa tahun lalu. E-Business yang menjadi trend bisnis saat ini memungkinkan model bisnis klasik berubah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Model bisnis telah dikembangkan sehingga memungkinkan tercapainya aspek ? aspek Reach dan Richness. E-commerce hanyalah suatu sisi antar muka dari e-Business sendiri. EBusiness memiliki definisi praktek pengoperasian dan pengkoordinasian proses ? proses bisnis yang terkait dalam penciptaan nilai tambah perusahaan melalui pemanfaatan Teknologi Informasi. Sehingga E-commerce yang sukses haruslah didukung dengan e-Business yang kuat di belakang layarnya. Sama halnya dengan bisnis pada umumnya maka e-Business harus dirancang secara seksama, baik dalam hal perencanaan strategisnya maupun pelaksanaannya. Sama dengan bisnis pada umumnya perencanaan strategis yang baik akan mengarah pada kesuksesan e-Business itu sendiri. Hal ini yang menyebabkan pentingnya melakukan e-Business strategy mapping terlebih dahulu. Proyek ini bertujuan mendokumentasikan strategi bisnis dari e-Business yang akan dibangun. Kemudian merancang arsitektur (konseptual dan logis) dari e-Business yang akan dibangun. Hasil akhirnya diharapkan dapat dijadikan pondasi bagi proses pengembangan system oleh PT X.

Fast gwowing develoment in information technology these last few decades has changed the way we are doing business today. E-Business that has become a business trend today has made classical business model to change through the use of information technology . Business model has been chage to make certain aspects such as reach and richness could be achieved. E-commerce is only an interface from an-business. E-business; e-business could be defined as operation and coordination of business processes related to the creation of compatny added value trhough the use of information tehcnology. Strong e-Business at the backend of the company is a must for a e-commerce to be sucess. Silmilar to the ordinary classical business, e-business has to carefully designed, in item of its strategic planning and operation. Excellent strategic planning will lead to e-business success. This is the reason why e-business strategy mapping is very important to be done first. This project is intend to document business strategy from e-Business that wll be develop for PT. X. After documenting its e-Business strategy this project will design the architecture (conceptual and logical) of this e-Business. The final result this project is expected to become a foundation for further system development In PT. X"
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Napitupulu, Darmawan Baginda
"Seiring dengan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi, kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan di bidang teknologi informasi semakin meningkat. Peran institusi pendidikan baik formal maupun non formal adalah untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan tersebut. Salah satu institusi pendidikan non formal PT. Mitrasolusi Teknologi Mandiri yaitu yang menyediakan jasa pelatihan teknologi informasi kepada para peserta ajar juga menyadari akan hal ini serta memiliki peluang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun sejalan dengan perkembangan perusahaan yang ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta ajar selain memberikan keuntungan dari segi finansial tetapi juga memberikan dampak yang lain yaitu perlu ditambahnya fasilitas fisik berupa ruang mengajar untuk melakukan tatap muka secara langsung yang dikarenakan fasilitias fisik yang ada tidak lagi memadai. Ditambah lagi kendala bahwa jumlah staff pengajar yang terbatas dan kebanyakan berstatus lepas (freelance). Jika ada permintaan dari klien untuk materi ajar (modul) tertentu dimana pengajar yang berstatus lepas tersebut berhalangan karena keterbatasan waktu misalnya, maka perusahaan harus merekrut sumber daya manusia lain untuk menjadi pengajar lain. Hal ini selain akan menambah biaya (cost) untuk perekrutan tentunya akan mengurangi konsistensi dan standarisasi mutu pelatihan karena materi ajar yang sama diberikan lebih dari satu orang. Solusi yang dapat diberikan sebagai alternatif adalah membuat sebuah model pelatihan secara online yang ditujukan bagi para peserta ajar yang memungkinkan masalah-masalah tersebut diatas tadi bisa diatasi sehingga perusahaan dapat melakukan efisiensi terhadap sumber daya ada yaitu gedung fisik sekaligus menjaga konsistensi dan standarisasi mutu pelatihan. Kata Kunci : Pelatihan Online, Efisiensi.

The development of technology espicially information technology nowadays raises needs of human resources that have knowldege and skill in infomraiton technology field increase. Role of instituiion such as fomrasl and in formal instution is to fulfill that needs . One of in formal institution like PT. mitrasolusi Teknologi Mandiri providing infomraiton technology training services to client is also realize about these opportunity. But as long as the growth of the company , the number of client increase. This gives a financial benefits, in other side it feves another impact such as needed a physical facilitly like rooms for training. Other impact is a problem accoridng to number and status of the trainer (feelance). If any request of modul and the responsible trainers can not make it because of limits of the time so the company will have rcruited another humen resources to subtitute them. These will effect to raise recuritment cost and aslo decrease consistent and standar of training quality. One of solution wih is propused in final project is to make a model of online training system that is aimed of clients that can solve company problems, gives an efficienty espicially for utililty of available resources and to keep the conssitency and standar of training quality."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40441
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monthy
"PT. UTN adalah sebuah perusahaan baru di industri pemasaran berjenjang. Didirikan pada kwartal ke empat 2004, perusahaan ini mempunyai masalah yaitu bagaimanana caranya untuk menyediakan informasi yang cepat, akurat, dan murah kepada pelanggannya, dalam hal ini para anggota dan stockist dari PT. UTN. Proyek Akhir ini mencoba untuk menjawab permasalahan itu, dengan mengintegrasikan portal PT. UTN dengan aplikasi back-end perusahaan, penulis berharap informasi yang terdapat pada aplikasi back-end dapat secara otomatis disinkronisasikan dengan informasi yang terdapat pada portal, sehingga baik PT. UTN dan pelanggannya akan mendapatkan nilai tambah.

PT. UTN is a new company in network marketing industry. Founded in Q4 2004, this company had an issue, which is how to give fast, accurate, and cheap to deliver information to their customers in this case members and stockists of PT. UTN. This final project try to answer that issue, by integrating portal PT. UTN with their back-end application, writer hopes that information in the back-end application can be automatically synchronize with the information in the portal, therefore PT. UTN and their customers will have additional values."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>