Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dina Syakina
Abstrak :
Time theft merupakan tindakan yang merugikan bagi organisasi, bukan hanya merugikan secara produktifitas tetapi juga secara ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara conscientiousness, self control, persepsi terhadap integritas atasan dan sikap terhadap time theft yang dimoderatori oleh kohesi sosial dengan sampel PNS (N=258) pada tiga instansi pemerintahan. Metode yang digunakan untuk mengukur sikap terhadap time theft menggunakan skenario kasus yang dikembangkan dari Kulas et al., (2007) sedangkan variabel lain dalam penelitian ini menggunakan self report. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara persepsi terhadap integritas atasan dan sikap terhadap time theft (β= 0,010 p>0,05). Ditemukan hubungan antara conscientiousness dan sikap terhadap time theft, (β= -0,235, p<0,01) dan self control dan sikap terhadap time theft (β= -0,195, p<0,05). Kohesi sosial memoderasi hubungan self control dan sikap terhadap time theft, tetapi tidak pada hubungan cosncientiousness dan sikap terhadap time theft. ...... Time theft is a disservice to the organization, not only harm in productivity but also economically. This research aims to exemine the relationship between conscientiousness, self-control, perceived supervisor behavioral integrity and attitude towards time theft: moderated by social cohesion. Sampel of this research is civil servant (N = 258) at three government institutions. Atittude toward time theft is measured using case scenarios developed from Kulas et al.,(2007) and other variabel in this research measured using self report. The results shows that there is no correlation between perceived supervisor behavioral integrity and attitude toward time theft (β=0.010 p> 0.05). There is correlation between conscientiousness and attitude toward time theft (β = -0.235, p <0.01) and self-control and attitude toward time theft (β = -0. 195, p <0.05). Social cohesion moderates the relationship between self-control and attitudes toward time theft, but not in the relationship between conscientiousness and attitude towards time theft.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T44527
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Freisty Yuwika
Abstrak :
Tingginya tingkat property theft (dikenal dengan nama korupsi) )yang dilakukan oleh pegawai pemerintahan di Indonesia mengakibatkan negara mengalami kerugian hingga triliunan rupiah, sayangnya, masih sangat sedikit penelitian yang dilakukan di Indonesia terkait hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara conscietiousness, kontrol diri, dan sikap terhadap property theft dengan kohesi sosial sebagai moderator. Penelitian dilakukan terhadap 258 pegawai di sebuah institusi pemerintahan Indonesia dengan metode survey menggunakan kuesioner. Pengukuran sikap terhadap property theft menggunakan cara baru berupa skenario. Hasil analisis moderated multiple-regresi menujukkan bahwa conscientiousness dan kontrol diri memiliki hubungan negatif dengan sikap terhadap property theft (βcons = -.196, p<0,05), (βkontrol = -.241, p<0,01), Selain itu, kohesi sosial secara signifikan memoderasi hubungan antara kontrol diri dan sikap terhadap property theft (βkohesi x kontrol = -.148, p>0.01). ...... The high level of property theft (known as corruption) committed by government employees in Indonesia resulted in losses up to trillions of rupiah, unfortunately, there is very little research conducted in Indonesia in relation to this topic. This study aimed to examine whether there is a relationship between conscietiousness, self-control, and attitude toward property theft with social cohesion as moderator. The data was gather from 258 public employees of Indonesia‘s government institution with a survey method using a questionnaire. Measurement attitude towards property theft using a new way in the form of scenarios. Results of moderated multiple-regression analysis showed that conscientiousness and self-control have a negative relationship with attitude toward property theft (βcons = -.196, p<0,05), (βcontrol = -.241, p<0,01). In addition, social cohesion is significantly moderated the relationship between self-control and attitudes towards property theft (βcohession x control = -.148, p>0.01)
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T42933
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiktik Martika
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan penelitian inl adalah untuk mengetahul apakah tampilan iklan cetak vertical split lebih berpengaruh dibandingkan tampilan iklan cetak dominan kata dan tampilan iklan cetak dominan gambar terhadap brand awareness. Pemlllhan pokok permasalahan dilandasi oleh perbedaan pendapat dari 3 orang ahli perlklanan mengenal bentuk tampilan iklan cetak yang seperti apakah yang lebih efektif menyampalkan pesan bagi produk kosmetik perawatan. Menurut Wright (1977) iklan cetak yang lebih menekankan unsur gambar mampu membuat calon pembeli mengenali produk dengan cepat, sementara Norris (1984) berpendapat bahwa pesan iklan cetak yang lebih banyak disampaikan dengan kata-kata dapat membuat orang yang membaca mengetahui apa yang dijual oleh suatu produk, sedangkan Darmon & Laroche (1991) mengatakan bahwa iklan cetak lebih efektif Jlka dibuat dalam bentuk yang menonjolkan kedua unsumya (kata-gambar) dengan proporsional dan berlaku bagi semua macam produk.

Wlelalul metode accidental sampling, subyek sebanyak 90 orang (45 laki-laki dan 45 perenripuan) dengan usia subyek berkisar antara 14-19 tahun dillbatkan sebagal sampel penelitian. Data mengenai brand awareness diperoleh melalui skor brand recall yang diuji dengan Brand Recall Test. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh ketiga varlasi tampilan iklan cetak terhadap brand awareness dilakukan pengujian dengan F Test. Anallsa terhadap data pendukung lalnnya dilakukan dengan prosentase.

Hasil utama penelitian Ini yaitu tampilan iklan cetak vertical split tidak lebih berpengaruh dibandingkan tampilan iklan cetak dominan kata dan tampilan iklan cetak dominan gambar terhadap brand awewess. Hasil lain yang diperoleh yaitu kelompok subyek yang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan kata memperoleh skor rata-rata me-reea// yang lebih tinggi dibandingkan kelompok subyek yang disajikan Iklan cetak dengan tampilan vertical split dan tampilan Iklan cetak dominan gambar. Sedangkan kelompok subyek yang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan gambar memperoleh skor rata-rata vne-recall yang lebih rendah dibandingkan kelompok subyek yang disajikan iklan cetak dengan tampilan dominan kata dan vertical split. Dari penelitian ini diketahui pula bahwa informasi yang diletakkan pada bagian kanan-atas dan kanan-bawah dari halaman kertas lebih banyak diingat oleh pembaca. Selain letak, Informasi yang dibuat dalam ukuran leblh besar dibandlngkan Informasi lalnnya ternyata lebih mudah diingat oleh pembaca.

Penelitian inl menunjukkan has!! yang berbeda dengan pendapat Darmon dan Laroche (1991). Ternyata Iklan cetak dengan tampilan vertical split belum tentu akan lebih baik dibandingkan iklan cetak dengan tampilan dominan gambar dan domlnan kata dalam menyampaikan pesan bagi semua macam produk. Saran yang dapat diberikan melalul penelitian ini adalah apablla ingin melakukan penelitian serupa petlu kiranya dipertimbangkan untuk dllakukan penyetaraan kemampuan/keblasaan tertentu yang dimlliki oleh setiap orang dalam melihat/membaca suatu iWan cetak (terbiasa leblh memllih melihat unsur gambar atau unsur kata) sebelum ditetapkan sebagal sampel penelitian. Bilamana ingin mengetahui iebih jauh tentang brand awareness seseorang dalam menerlma iklan cetak, lebih baik kiranya diiakukan pembandlngan antara hasil tes brand recall dan hasil tes brand recognition secara bersamaan pada saat itu juga.
1999
S2435
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chika Yunindra
Abstrak :
Tesis ini membahas hubungan antara ikatan jejaring sosial dengan proses berbagi pengetahuan yang dimediasi oleh kepercayaan. Kepercayaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah cognitive based trust dan affective based trust. Penelitian ini penting untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mendorong hadirnya proses berbagi pengetahuan dalam suatu organisasi. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas, ikatan jejaring sosial dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu ikatan instrumental dan ikatan ekspresif. Sampel penelitian ini terdiri dari 254 karyawan kantor pemerintahan. Korelasi bertingkat digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa ikatan instrumental dan ekspresif memiliki hubungan positif dengan proses berbagi pengetahuan. Cognitive based trust tidak dapat menjadi mediator antara ikatan instrumental dengan proses berbagi pengetahuan, sedangkan ikatan ekspresif dapat menjadi mediator bagi ikatan instrumental dan ekspresif dengan proses berbagi pengetahuan. Penelitian ini memberikan kontruibusi yang signifikan bahwa affective based trust dapat memediasi kedua bentuk ikatan jejaring sosial dengan proses berbagi pengetahuan. ...... The Focus of this study is to explore the relationship between social network ties and knowledge sharing process mediated by trust,which is consisted of cognitive based trust and affective based trust. This research is important because to know what factors that can encourage the emergence of the knowledge sharing process within an organization. To get a better understanding, social network ties in this study were divided into two, instrumental ties and expressive ties. The sample of this research consist of 254 employees of a goverment office. Hierarchical regression analysis was used to test the research hypotheses. The results show that the instrumental and expressive ties have a positive relationship with knowledge sharing process. Cognitive based trust does not function as a mediator between instrumental ties and knowledge sharing process, while expressive ties can be a mediator efectively mediated the relationship between instrumental and expressive ties with knowledge sharing process. The study discusees these significant contributions that affective based trust can mediate both forms of social network ties and the knowledge sharing process.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41541
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Fiste Fiftina
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan antara pemberdayaan psikologis, pelanggaran kontrak psikologis, dan perilaku inovasi. Sampel penelitian ini terdiri dari 224 karyawan kementerian dengan pendidikan terakhir diploma 4 dan menduduki posisi staff. Korelasi berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self determination dan impact memiliki hubungan dengan perilaku inovasi sedangkan competence dan meaning tidak memiliki hubungan dengan perilaku inovasi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa peningkatan pelanggaran kontrak psikologis berhubungan dengan penurunan perilaku inovasi. Penelitian ini memperluas pemahaman konseptual dengan meneliti mekanisme hubungan melalui analisis dimensi pemberdayaan psikologis. Penelitian ini juga memperkuat dukungan bahwa pelanggaran kontrak psikologis berhubungan negatif dengan perilaku inovasi. ...... The objective of this research is to examine the relationships between psychological empowerment, psychological contract breaches, and innovative behavior. The sample of this research consist of 224 ministry employees, with minimal education diploma 4 and staff position . Multiple correlation analysis was used to test the research hypotheses. Results show that self determination and impact have relationship with innovative behavior whereas competence and meaning do not. This research also reveal that increasing perceptions of psychological contract breaches were associated with the decrease in innovative behavior. This research broadens the conceptual understanding by exploring the mechanisms of relationship through dimensional analysis of psychological empowerment. In addition, the result proposed support that perceived contract breach has negative relationship with employees? innovative behavior.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41786
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Almira Rachmazamiati
Abstrak :
[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara voice efficacy dan psychological safety dengan employee voice behavior dengan persepsi bawahan terhadap perilaku etis atasan sebagai moderator. Employee voice behavior diukur dengan menggunakan alat ukur dari Van Dyne dan LePine (1998), psychological safety diukur dengan alat ukur yang dikembangkan oleh Edmondson (1999), dan persepsi bawahan terhadap perilaku etis atasan diukur melalui Ethical Leadership Scale (Brown, Treviño, & Harrison, 2005). Hasil analisis menggunakan 244 data peer-report employee voice behavior dari sampel penelitian yaitu karyawan level pelaksana di Direktorat Jenderal Y menunjukkan bahwa voice efficacy berhubungan dengan employee voice behavior (𝛽=0,139;𝑝<0,05). Akan tetapi penelitian ini tidak menemukan dukungan bahwa psychological safety berhubungan dengan employee voice behavior (𝛽=0,006;𝑝>0,05) maupun efek moderasi persepsi bawahan terhadap perilaku etis atasan pada hubungan antara voice efficacy dan employee voice behavior (𝛽=−0,108;𝑝>0,05) . Sebanyak 7,3% varians dari employee voice behavior dapat dijelaskan oleh model penelitian ini. Dari segi teoretis, penelitian ini menyarankan untuk mengadakan penelitian longitudinal dan mengontrol variabel lain yang berhubungan dengan employee voice behavior. Dari segi manajerial, penelitian ini memberikan saran kepada manajemen Sumber Daya Manusia dengan membuat desain organisasi maupun coaching yang dapat meningkatkan employee voice behavior karyawan di dalam organisasi.
ABSTRACT
This study investigates the relationship between voice efficacy and psychological safety with employee voice behavior and the role of subordinate perceptions of supervisor’s ethical behavior as a moderator to voice efficacy- employee voice behavior relationship. Employee voice behavior was measured using the scale developed by Van Dyne and LePine (1998), psychological safety was measured by scale developed by Edmondson’s (1999), and subordinate perceptions of supervisor’s ethical leadership was measured using Ethical Leadership Scale (Brown, Treviño, & Harrison, 2005). The analysis using 244 peer-reported employee voice behavior data from Direktorat Jenderal Y shows that voice efficacy is related to employee voice behavior (𝛽=0,139;𝑝<0,05). The results also show that there is no relationship between psychological safety and employee voice behavior(𝛽=0,006;𝑝>0,05), neither the subordinate perceptions of supervisor’s ethical behavior moderates relationship between voice efficacy and employee voice behavior (𝛽=−0,108;𝑝>0,05). Moreover, 7,3% variance of employee voice behavior can be explained by the research model. From the theoretical side, this research suggests future research to consider longitudinal design and controlling for more employee voice behavior related factors. From the managerial side, this research suggests the Human Resource Management to establish the organization design and coaching that enables employee voice behavior., This study investigates the relationship between voice efficacy and psychological safety with employee voice behavior and the role of subordinate perceptions of supervisor’s ethical behavior as a moderator to voice efficacy- employee voice behavior relationship. Employee voice behavior was measured using the scale developed by Van Dyne and LePine (1998), psychological safety was measured by scale developed by Edmondson’s (1999), and subordinate perceptions of supervisor’s ethical leadership was measured using Ethical Leadership Scale (Brown, Treviño, & Harrison, 2005). The analysis using 244 peer-reported employee voice behavior data from Direktorat Jenderal Y shows that voice efficacy is related to employee voice behavior (𝛽=0,139;𝑝<0,05). The results also show that there is no relationship between psychological safety and employee voice behavior(𝛽=0,006;𝑝>0,05), neither the subordinate perceptions of supervisor’s ethical behavior moderates relationship between voice efficacy and employee voice behavior (𝛽=−0,108;𝑝>0,05). Moreover, 7,3% variance of employee voice behavior can be explained by the research model. From the theoretical side, this research suggests future research to consider longitudinal design and controlling for more employee voice behavior related factors. From the managerial side, this research suggests the Human Resource Management to establish the organization design and coaching that enables employee voice behavior.]
2015
T43938
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rovazio Okiiza
Abstrak :
ABSTRAK
Berdasarkan indeks reformasi birokrasi tahun 2014, target pada Renstra instansi PQR tahun 2015-2019, dan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2014, diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan publik di instansi PQR yang diukur melalui kinerja pelayanan (service performance) pegawai masih rendah dan belum memenuhi harapan organisasi. Berdasarkan analisis, penyebab rendahnya kinerja pelayanan ini disebabkan oleh tiga kemungkinan yang terefleksikan dalam konstruk: orientasi tujuan belajar (learning goal orientation), motivasi pelayanan publik (public service motivation) dan kepuasan kerja (job satisfaction). Dari hasil perhitungan regresi, dari ketiga penyebab tersebut, hanya orientasi tujuan belajar dan motivasi pelayanan publik yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan. Dari hasil ini diinterpretasikan bahwa penyebab rendahnya kinerja pelayanan publik pegawai instansi PQR disebabkan oleh orientasi tujuan belajar dan motivasi pelayanan publik yang rendah pada pegawai. Oleh karena itu, progam intervensi yang disusun untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik di instansi PQR adalah Awareness Enhancement and Public Service Motivation Training
ABSTRACT
Based on the index of bureaucratic reform in 2014, the target in the Strategic Plan 2015-2019 of institutions PQR, and Community Satisfaction Index Survey 2014, showed that the quality of public services in institutions PQR measured by the service performance of employees is still low and does not meet organization expectations. Based on the analysis, the causes of low performance of these services due to three possibilities which were reflected in the constructs: learning goal orientation, public service motivation and job satisfaction. From the results of the regression analysis, the cause of the third, only learning goal orientation and motivation of public service that significantly influence the services performance. From these results be interpreted that the reasons for poor performance of public services in institution PQR caused by low learning goal orientation and low public service motivation. Therefore, intervention program of Awareness Enhancement and Public Service Motivation Training is structured to improve the quality of public services in institutions PQR.
2016
T45813
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Poetri Primagita
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara positive gender identity, patriarchal belief, dan importance of gender identity dengan konflik identitas pada pemimpin wanita di Indonesia. Penelitian ini terdiri dari dua studi. Studi pertama merupakan survei dilakukan dalam dua tahap pengumpulan data yang melibatkan 151 pemimpin wanita di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan positive gender identity dengan konflik identitas pemimpin/wanita. Ditemukan pula hubungan positif signifikan patriarchal belief dengan konflik identitas pemimpin/wanita. Namun, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara importance of gender identity dengan konflik identitas pemimpin/wanita. Studi kedua merupakan studi kuasi eksperimen dua kelompok, yang bertujuan untuk melihat perbedaan konflik identitas pemimpin/wanita yang dirasakan oleh partisipan dalam kelompok positive gender identity dan kelompok kontrol. Sampel studi kedua berbeda dari sampel studi pertama, namun masih dalam populasi yang sama N=70 . Manipulasi dilakukan dengan menyajikan stimulus tertulis, kemudian partisipan diberikan self-report berisi item-item konflik identitas pemimpin/wanita dan positive gender identity. Hasil penelitian studi dua menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan konflik identitas pemimpin/wanita yang dirasakan oleh partisipan dalam kelompok positive gender identity dengan partisipan dalam kelompok kontrol.
ABSTRACT
This study aimed to determine whether there are a significant relationship between positive gender identity, patriarchal belief, and importance of gender identity with identity conflict in women leaders in Indonesia. This study consist of two studies. The first study was a survey with two stage of data collection involving 151 women leaders in Indonesia. The result shows that there is a negative significant relationship between positive gender identity with woman leader identity conflict. We also found there is a positive significant relationship between patriarchal belief with woman leader identity conflict. In contrast, there is no significant relationship between importance of gender identity with woman leader identity conflict. The second study was a quasi experimental between subject design, aiming to examine the differences of woman leader identity conflict perceived by participant in positive gender identity group and control group. Sample in the second study is not overlap with the sample in the first study, but they came from the same population N 70 . Manipulation is done by presenting written stimulus, then participants are given self report contained woman leader identity conflict and positive gender identity items. The result of the second study indicated that there is no significant differences woman leader identity conflict perceived by participants in positive gender identity group and control group.
2017
T47834
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilman Irianto
Abstrak :
ABSTRAK
Terdapatnya pertentangan antara identitas sebagai pemimpin yang harus menampilkan perilaku agentic seperti agresif, asertif dan independen dengan identitas sebagai wanita yang harus menampilkan perilaku communal seperti peduli, perhatian dan dependen pada seorang pemimpin wanita menyebabkan munculnya identity conflict. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positive gender identity, stereotype threat, dan leadership self efficacy dengan identity conflict serta hubungan antara identity conflict terhadap life satisfaction pada pemimpin wanita. Metode yang digunakan untuk mengukur variabel dalam penelitian ini menggunakan self report melalui survey online dengan sampel pemimpin wanita di Indonesia N=151 . Pengumpulan data dilakukan dalam dua tahap dimana tahap pertama mengukur variabel dependen, dan tahap kedua untuk memperoleh data dari variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara positive gender identity, stereotype threat, dan leadership self efficacy terhadap identity conflict. Serta terdapat hubungan antara identity conflict terhadap life satisfaction.
ABSTRACT
There is a contradiction between identity as a leader who must display agentic behavior likes agressive, assertive, and independent with an identity as a woman who must display communal behavior likes caring, watchfulness, and dependent in female leaders leads to the emergence of an identity conflict. This research aims to examine the relationship between positive gender identity, stereotype threat, and leadership self efficacy towards identity conflict and identity conflict toward life satisfaction on woman leader. The method used to measure the variables in this study using self report through online survey with sample of female leaders in Indonesia N 151 . The data collected into two times. Time 1 collect data on the dependent variable, and time 2 to collect data from independent variable. The result shows that there is correlation between positive gender identity toward identity conflict, stereotype threat toward identity conflict, leadership self efficacy toward identity conflict, and identity conflict toward life satisfaction.
2017
T48480
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardisutopo Endro Tjahjono
Abstrak :
Penelitian ini menguji pengaruh kualitas hubungan atasan-bawahan leader-member exchange, LMX dan kinerja karyawan sesuai tuntutan jabatan in-role behavior, IRB terhadap persepsi karyawan terhadap alat ukur penilaian kinerja performance measurement, PM . Hasil statistik regresi menunjukkan hanya variabel LMX yang berpengaruh signifikan t 36 = 5,38; p. ......This research investigated the impact of leader member exchange LMX and in role behavior IRB towards employees perception on performance measurement PM . Statistically, the regression analysis show that LMX is the only variable that has impact significantly t 36 5,38 p.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T49053
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>