Ditemukan 62 dokumen yang sesuai dengan query
Matondang, Deborah Putri
"Pemborosan inventory disebabkan karena tidak adanya koordinasi dalam sistem Supply Chain Management. Koordinasi antara vendor dan buyer dapat mengurangi biaya inventory dalam sistem. Dengan metode joint economic lot size akan ditentukan lot produksi dan lot order yang optimal bagi vendor dan buyer. Dalam penelitian ini juga diusulkan penerapan metode quantity discount. Dari penelitian ini diperoleh nilai lot produksi dan lot order optimal serta nilai quantity discount. Selain itu, diperoleh juga perbandingan besarnya biaya inventory model independen dengan model koordinasi. Pengaruh perubahan parameter terhadap perilaku model diteliti dengan sensitivity analysis terhadap beberapa parameter kunci.
The problem of inventory loose is caused by non co¬ordination in the Supply Chain Management. Co¬ordination between vendor and buyer could minimize inventory cost in the system. Joint economic lot size method will determined the optimal lot production and lot order for vendor and buyer. This research also propose the quantity discount method. From this research, the joint economic lot size production and order and the value of the quantity discount are obtained. Also, the differences of inventory cost between independent model and co¬ordination model are obtained. Finally, A sensitivity analysis is performed to explore the effect of key parameters. "
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S24
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Wahyu Allan
"Dengan adanya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yang memberikan kewenangan pemerintah daerah untuk mengatur rumah tangganya sendiri, dituntut dan diperlukan aparatur pemerintah daerah yang mampu mengemban tugas-tugas pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kantor Kelurahan sebagai pusat pemerintahan di tingkat Kelurahan, sudah seharusnya untuk merespon adanya perubahan dan perkembangan yang terjadi di masyarakat untuk ditindak lanjuti dengan solusi-solusi yang membawa kepada kemajuan daerah pada semua aspek kehidupan terutama pada pelayanan masyarakat untuk mewujudkan Good Governance.
Metode yang digunakan dalam pengolahan data adalah SERVQUAL, Kano Model dan QFD. SERVQUAL mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kualitas pelayanan, Kano Model mengidentifikasi layanan yang bersifat inovatif dan menarik bagi pelanggan, dan QFD menerjemahkan kebutuhan pelanggan menjadi respon teknis yang dapat dilakukan oleh perusahaan.
Didapatkan sebanyak 15 atribut yang harus diperbaiki dengan tiga atribut yang menjadi prioritas perbaikan, yaitu "Mengikuti Diklat Pelayanan Prima", "Pengarahan oleh Lurah secara berkala" dan "Menambah jumlah pegawai Kelurahan" untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kelurahan Harapan Mulia.
With the existence of Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 on Regional Government, which authorizes local governments to manage their own household, prosecuted and required the local government that is able to carry out the tasks of optimal service to the community. District Office as the government center in the Village, was supposed to respond to the changes and developments in society to be followed up with solutions that lead to regional progress on all aspects of life, especially in community service in order to realize Good Governance.The method used in data processing is SERVQUAL, Kano Model and QFD. Identify strengths and weaknesses of SERVQUAL service quality, Kano model identifies services that are innovative and attractive to customers, and QFD to translate customer requirements into technical responses that can be done by Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kelurahan Harapan Mulia.Obtained as many as 15 attributes which should be rectified by the three attributes that the priority of improvement, namely "Following the Training and Quality Service", "A briefing by the Lurah on a regular basis" and "Increase the number of employees" to improve the quality of public services in regional work units Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kelurahan Harapan Mulia."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51703
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Prayogo Setyo Dwihantoro
"Kemajuan teknologi dalam hal kemudahan pembayaran segala macam transaksi membuat kebutuhan akan kartu kredit sebagai alat pembayaran menggantikan uang tunai semakin tinggi. Gaya hidup modern masyarakat perkotaan yang membutuhkan kemudahan dan kepraktisan dalam bertransakasi membuat penggunaan kartu kredit semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Sebagai primadona bisnis consumer banking yang menghasilkan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan mengakibatkan banyak bank meluncurkan kartu kredit. Tidak ketinggalan bank-bank asing pun ikut meramaikan persaingan menjadi semakin kompetitif. Kepuasan pelanggan memegang peranan yang sangat penting dalam strategi industri jasa kartu kredit.
Untuk mendukung kepuasan pelanggan, hubungan antara pelanggan dan pegawai terhadap perusahaan harus memiliki ikatan emosional yang kuat. Human Sigma adalah suatu metode yang dapat mengukur keeratan hubungan antara pelanggan, pegawai terhadap perusahaan. Dengan menggunakan human sigma maka perusahaan dapat melakukan evaluasi dan strategi untuk dapat meningkatkan nilai human sigma yang nantinya akan meningkatkan jumlah pemegang kartu dan volume transaksi sehingga keuntungan yang diperleh perusahaan semakin besar.
The development of technology and easy payment of any transaction make demand of credit card as a payment tools and substitute cash money was increase year by year. Modern lifestyle in urban city need easy and practicability to pay any transaction. As a favorite in consumer banking business, and high profitability to the company, Many of bank launch new credit card so that the competition will be more competitive. Customer satisfaction handle control to business strategy in credit card. To support customer satisfaction, the relation between customer and company called customer engagement must have fully engaged. And it also with employee engagement. Human Sigma is a method which can measure employee-customer encounter. Using human sigma method then company can evaluate and prepare the strategy to improve human sigma index. If the companies using this method appropriately so companies has outperformed to improve new card holder, improve more transaction and improve profit in financial performance."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51920
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Deby Andrea Sunyoto
"Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang mempunyai tugas untuk menyediakan data dan informasi statistik yang berkualitas. Hal ini merupakan tantangan bagi BPS untuk selalu meningkatkan mutu penyediaan data dan informasi statistik sekaligus mutu pelayanannya. Untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas instansi maka perlu melakukan pengukuran performansi secara berkala sehingga dapat diketahui pencapaian terhadap visi dan misi.
Metode pengukuran kinerja organisasi BPS pusat menggunakan pendekatan dari 4 perspektif yaitu Perspektif Pelanggan, Perspektif Stakeholder, Perspektif Bisnis Proses, dan Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran. Penerjemahan strategi (visi dan misi) menghasilkan 14 sasaran strategis dan 20 KPI yang akan digunakan sebagai ukuran didalam scorecard serta 25 rencana aksi.
Hasil pembobotan kepentingan dengan menggunakan AHP diperoleh hasil lebih memfokuskan kepada perspektif proses bisnis internal 37,7%, perspektif pembelajaran & pertumbuhan 30,8%, kemudian perspektif pelanggan dan perspektif stakeholder yang memiliki kepentingan yang sama 15,7%.
Central Bureau of Statistics is a non-ministry government institution that has the task to provide statistical data and information quality. This is a challenge for the BPS to always improve the quality of the provision of data and statistical information as well as quality of service. To make repairs and improve the quality of institutions is necessary to conduct periodic performance measurement so that it can be seen the achievement of the vision and mission. Organizational performance measurement method using the approach of Connecticut from four perspectives: Customer Perspective, Stakeholder Perspective, Business Process Perspective, and Learning and Growth Perspective. Translating of strategy (vision and mission) to produce 14 goals of strategic and 20 the KPIs to be used as a measure in the scorecard and 25 action plans. The result of interest by using the AHP weighting obtained result is more focused on internal business process perspective 37.7%, learning & growth perspective 30.8%, then the customer perspective and the perspective of stakeholders who have interests similar 15.7%."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S51799
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Iftitah Putri Haditia
"Lingkungan kerja dengan suhu tinggi merupakan salah satu faktor terpenting yang berdampak pada keselamatan kerja. Terdapat beberapa lingkungan kerja yang bersuhu tinggi dalam aktivitas industri maupun konstruksi di Indonesia. Bekerja di lingkungan yang panas dengan beban kerja yang berat tidak hanya sangat berbahaya bagi kesehatan pekerja, tetapi juga akan berakibat pada menurunnya tingkat konsentrasi dalam pelaksanaan kerja yang menyebabkan kecelakaan. Dalam penelitian ini, faktor suhu lingkungan dan beban kerja akan dianalisis untuk mengetahui pengaruh kedua faktor tersebut dan interaksinya terhadap konsentrasi pekerja. Pengkondisian suhu tinggi lingkungan kerja dilakukan di Heat and Cold Room Ergonomics Centre Universitas Indonesia. Sedangkan pembentukan beban kerja sesuai kategori yang diinginkan diidentifikasi melalui Fitmate Med. Uji inspeksi visual untuk mengetahui tingkat konsentrasi dilakukan pada setiap kombinasi perlakuan tekanan panas dan beban kerja yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan kemampuan inspeksi visual menurun dimulai pada pemberian suhu 29,4 oC dan beban kerja kategori berat.
Thermal environment and workload factor are most important factors that have impact on worker‟s safety. There are many hot environment in the field of manufacture and construstion activities in Indonesia. Working in hot environment with heavy workload not only can extremely do harm to human body health, but also probably decrease level of concentration in the execution of the work that caused accident. In this study, heat stress and workload factors will be anayzed to determine the effect of both factors and their interactions to the concentration of workers. High temperature of environment conditioning conducted in Heat and Cold Room Ergonomics Centre, Uniersity of Indonesia. While establishment of the workload category identified through Fitmate Med. Visual inspection test to determine the level of concentration made on any combination of heat stress and workload. The results showed that the decrease in ability of visual inspection begins at 29,4 oC temperature and heavy workload category.
Thermal environment and workload factor are most important factors that have impact on worker‟s safety. There are many hot environment in the field of manufacture and construstion activities in Indonesia. Working in hot environment with heavy workload not only can extremely do harm to human body health, but also probably decrease level of concentration in the execution of the work that caused accident. In this study, heat stress and workload factors will be anayzed to determine the effect of both factors and their interactions to the concentration of workers. High temperature of environment conditioning conducted in Heat and Cold Room Ergonomics Centre, Uniersity of Indonesia. While establishment of the workload category identified through Fitmate Med. Visual inspection test to determine the level of concentration made on any combination of heat stress and workload. The results showed that the decrease in ability of visual inspection begins at 29,4 oC temperature and heavy workload category."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1929
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Fitri Farid
"Persaingan dalam industri retail semakin berkembang dan ketat membuat perusahaan mengalokasikan untuk menjalankan strategi pemasaran produk, salah satunya dengan advertising. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan in-store advertising, dengan menggunakan metode Eyetracking serta analisis statistik berupa Two-factor factorial design. Hasilnya memperlihatkan tingkat keefektifan beberapa tipe in-store advertising yang umum beredar di pertokoan, khususnya hipermarket. Penelitian ini juga menemukan adanya kecenderungan atensi berdasarkan jenis kelamin pada tipe advertising tertentu namun pada tipe lain, kecenderungan tersebut tidak berlaku.
AbstractCompetition in retailing industry has developed and leads to the point where retailers have to allocate some cost to run the marketing strategies of the products, one of them is by advertising. This study aims to evaluate the effectiveness of in-store advertising with Eyetracking methods and also statistical analysis which is Two-factor factorial design. The results shows the effectiveness of some types of in-store advertising which are generally found in stores, especially in hypermarkets. This study also found attention tendency based on gender differences on some types of advertising but on some other types, that tendency does not apply.
Competition in retailing industry has developed and leads to the point where retailers have to allocate some cost to run the marketing strategies of the products, one of them is by advertising. This study aims to evaluate the effectiveness of in-store advertising with Eyetracking methods and also statistical analysis which is Two-factor factorial design. The results shows the effectiveness of some types of in-store advertising which are generally found in stores, especially in hypermarkets. This study also found attention tendency based on gender differences on some types of advertising but on some other types, that tendency does not apply."
Lengkap +
2012
S1976
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Ernest Wahyudi
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain pintu loading dock kendaraan tempur Infantry Fighting Vehicle (IFV) dalam Virtual Environment. Tujuannya adalah mengevaluasi desain aktual pintu loading dock kendaraan tempur dan menentukan konfigurasi paling ergonomis ditinjau dari lebar pintu dan posisi pijakan. Dihasilkan 6 buah konfigurasi yang akan dianalisis. Data gerakan diambil dengan menggunakan Vicon Motion Capture System dan dianalisis dengan menggunakan software Jack 6.2.1. Pendekatan yang digunakan adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu adanya perubahan lebar pintu sejauh 5 cm ke kanan dan ke kiri serta diberikan pijakan dengan jarak dari dasar pintu sejauh 30 cm serta dengan sudut 50o.
This research studies the ergonomic aspects from the loading dock door pf the 90 millimeter caliber Infantry Fighting Vehicle (IFV) typed canon panzer in Virtual Environment. The purpose of this project was to evaluate the actual design of the loading dock door in order to determine the most ergonomic configuration which involves the door length and the position of the tread. Vicon Motion Capture system was used to capture motion which results are then analyzed using Jack 6.2.1. Posture Evaluation Index was an approach that integrated the results of these tree methods: Low Back Analysis, Ovako Working Analysis System, and Rapid Upper Limb Analysis. The results suggest that the most ergonomic design is with door length increase 5 cm to the left and to the right and also to position the tread 30 cm beneath the door with 50o angle."
Lengkap +
2012
S1982
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Fransisca Berliani Dewi Thanjoyo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari faktor-faktor yang digunakan dalam proses rekrutmen terhadap kinerja karyawan dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan data karyawan pada tahun 2009-2011 di Chevron IndoAsia Business Unit. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan akademik, tes aptitude (aptitude test), dan wawancara kerja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya faktor tes aptitude yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Selain itu, faktor kemampuan akademik mempunyai pengaruh yang negatif terhadap kinerja karyawan. Sedangkan faktor wawancara kerja tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
This study aims to determine the relationship of the factors used in the recruitment process on the employee performance by using the method of Structural Equation Modeling (SEM). Data were collected by using the data of employee in the year 2009-2011 at Chevron IndoAsia Business Unit. The factors used in this study is academic ability, aptitude test, and job interview. The results showed only aptitude tests factor that have a significant effect on employee performance. Also, academic ability factor has a negative effect on employee performance. While job interview factor has no influence towards employee performance."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42073
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Muhammad Arif Fadhillah
"Perkembangan bisnis yang cepat dan dinamis sekarang ini menuntut perusahaan untuk mampu bersaing dalam ketatnya kompetisi bisnis yang semakin kompetitif. Dalam hal ini, potensi sumber daya serta kinerja yang baik merupakan elemen yang penting untuk memiliki keunggulan daya saing tersebut, kinerja perusahaan akan tercermin dari pelayanan yang diberikan, maka dari itu kualitas pelayanan menjadi penting karena baik buruknya kinerja suatu perusahaan itu tercermin dari tingkat kepuasan konsumennya, dari kepuasan itu, akan tercipta loyalitas konsumen, lalu market share akan semakin besar, serta berakhir pada tingkat profitabilitas yang tinggi.
Penelitian ini akan lebih jauh membahas mengenai analisis kinerja perusahaan dilihat dari kepuasan pelanggan pada perusahaan kontraktor telekomunikasi dengan menggunakan pendekatan metode B2B Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA).
Output dari penelitian ini adalah mendapatkan data tingkat kepuasan pelanggan dari pelayanan yang diberikan PT. MSA yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan pelayanan pada perusahaan tersebut serta mendapatkan data prioritas perbaikan yang harus dilakukan untuk tetap memiliki keunggulan bersaing.
Development of rapid and dynamic business now requires companies to compete in an increasingly intense business competition competitive. In this case, the resource potential and good performance is an important element to have a competitive advantage, the company will be reflected in the performance of the services provided, and therefore the quality of service is important because both the poor performance of a company is reflected in the level of consumer satisfaction , of satisfaction, it will create customer loyalty, and Market will be even greater share, and ended on a high level of profitability. This research will further discuss the views of corporate performance analysis of customer satisfaction in the telecommunications contractor using the B2B SERVQUAL approach and method of Importance Performance Analysis (IPA). The output of this research is to get the data from the customer satisfaction level of service provided PT. MSA can be used as a benchmark of success in the enterprise services and get the data priority improvements to be made to retain a competitive advantage."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43836
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Kartika Nur Alfina
"Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, berbagai sektor industri juga turut mengalami kemajuan pesat. Perkembangan teknologi dan industri indonesia tidak terlepas dari berkembangnya industri minyak dan gas bumi saat ini. Kemajuan ini mendorong munculnya banyak persaingan, salah satu strategi untuk menghadapi persaingan luar yaitu dengan melakukan strategi Continuous Improvement.
PT. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java memiliki beberapa pilar konsep improvement, diantaranya yaitu Managing Historical Losses . Unplanned shutdown merupakan salah satu kendala yang harus dihadapi oleh perusahaan setiap jam operasi oleh karena itu pengurangan kejadian Unplanned shutdown ini merupakan salah satu hal terpenting.
Kejadian Unplanned shutdown yang disebabkan oleh Turbine Gas Compressor dapat di analisa menggunakan Reliability Centered Maintenance untuk mendapatkan potential failure yang mungkin terjadi dengan menggunakan FMEA. Sedangkan simulasi Monte Carlo digunakan untuk forecasting kejadian Unplanned shutdown di tahun-tahun mendatang. Semua hasil tersebut akan di analisa dengan Benefit-Cost Analysis untuk mendapatkan metode optimasi maintenance yang paling optimal.
In the era of globalization and rapid technological development, various sectors of the industry also experienced a rapid progress. The development of technology and industry in indonesia is inseparable from the development of oil and gas industry at the moment. This progress led to the emergence of a lot of competition, one strategy for dealing with out-of-competition that is by doing a Continuous Improvement Strategy. PT. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java has some pillars of the concept of improvement, among others, namely Managing Historical Losses . Unplanned shutdown is one of the obstacles to be faced by any company operating hours therefore a reduction in incidence of Unplanned shutdown is one of the most important things. Incidence of Unplanned shutdown caused by the Gas Turbine Compressor can be analyzed using the Reliability Centered Maintenance to get potential failure that may occur with the use of FMEA. While Monte Carlo simulation is used for forecasting incidence of Unplanned shutdown in years to come. All the results will be analyzed with a Benefit-Cost Analysis method to get the most optimal maintenance optimization."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44387
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library