Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rintis Mulyani
"Kepemimpinan strategis merupakan faktor kunci keberhasilan penanganan krisis. Komunikasi krisis sebagai bagian dari kepemimpinan strategis dianalisis menggunakan teori retorika. Data penelitian mengandalkan studi dokumen berupa data regulasi, data kasus Covid-19, artikel pemberitaan terkait Covid-19 di DKI Jakarta, serta wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh, kepemimpinan strategis dalam masa krisis pada masa PSBB tahun 2020 tidak berjalan efektif sebagaimana terlihat dari tren kasus positif Covid-19 yang terus mengalami peningkatan dan menyebar luas serta banyaknya pelanggaran yang terjadi. Namun, komunikasi krisis yang semestinya menekankan pada kepemimpinan strategis, tidak berjalan efektif karena memberikan rasa tenang alih-alih kewaspadaan dan ketaatan pada regulasi.

Strategic leadership is a key factor in the success of crisis management Crisis communication as part of strategic leadership is analyzed using rhetorical theory. The research data relies on document studies in the form of regulatory data, Covid-19 case data, news articles related to Covid-19 in DKI Jakarta, as well as interview. Based on the data obtained, strategic leadership in the crisis period during the 2020 PSBB did not work effectively as seen from the trend of positive cases of Covid-19 which continued to increase and spread widely and the number of violations that occurred. However, crisis communication, which should emphasize strategic leadership, did not work effectively due to provide a sense of calm instead of vigilance and compliance with regulations."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Akmal
"Pada masa pandemi COVID-19 ratusan perusahaan di Indonesia mengalami krisis yang berakibat pada pengurangan tenaga kerja dan bahkan bangkrut. Model bisnis direct selling merupakan jenis usaha yang dapat bertahan dan salah satunya dialami oleh Herbalife Nutrition Indonesia. Perusahaan bertumpu pada upaya adaptasi baru untuk membangun engagement melalui media sosial, yang dilakukan oleh Member Independen yang berfungsi sebagai tenaga pemasaran dan distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya membangun engagement yang dilakukan oleh Member Independen dan bagaimana perancangan pesan untuk mencapai tujuan tersebut. Perspektif teoretis yang digunakan adalah marketing communication, dengan konsep desain pesan dan consumer engagement. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Penelitian ini menunjukkan bahwa Member Independen memilliki strategi adaptasi baru dengan menggunakan media sosial sebagai instrumen utama untuk membangkitkan engagement. Kesulitan terutama ditemukan karena perubahan signifikan dalam menjangkau pelanggan yang semula tatap muka menjadi virtual, sehingga pada awalnya membutuhkan adaptasi yang relatif rumit dan menyulitkan. Adaptasi tersebut bukan hanya untuk menjangkau, melainkan juga untuk mengubah pola hidup sehat dengan berolahraga bersama secara virtual.

During the COVID-19 pandemic, hundreds of companies in Indonesia experienced a crisis that resulted in employees reduction and even bankruptcy. The direct selling business model is a type of business that can survive and one of them is experienced by Herbalife Nutrition Indonesia. The company relies on new normal adaptation efforts to build engagement through social media, which are carried out by Independent Members who function as marketing and distribution personnel. This study aims to see the efforts to build engagement made by Independent Members and how to design messages to achieve these goals. The theoretical perspective used is marketing communication, with the concept of message design and consumer engagement. The approach used is qualitative with a post-positivism paradigm. This study shows that Independent Members have a new adaptation strategy by using social media as the main instrument to generate engagement. The difficulty was mainly found because of the significant change in reaching customers from face-to-face to virtual so that initially it required a relatively complicated adaptation. The adaptation is not only to reach out but also to change healthy lifestyles by exercising together virtually. "
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiisti Fenty Fevrieranty
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kepuasan komunikasi terhadap produktivitas kerja unit Call Center pada Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan Kring Pajak. Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Kepuasan Komunikasi (Downs dan Hazen, 1977) dan Produktivitas (Timpe, 2002). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner. Adapun populasi pada penelitian ini adalah 189 pegawai seksi operasional yang bekerja sebagai agen call center. Pemilihan sampel menggunakan total population sampling yang melibatkan seluruh populasi.
Hasil dari analisis faktor mengidentifikasi tujuh faktor baru dari kepuasan komunikasi, yaitu sebagai berikut: Organizational Information, Communication Climate, Personal Feedback, Communication with Supervisor, Horizontal Communication, Media Quality, dan Informal Communication. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kepuasan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas. Hasilnya juga menunjukkan bahwa faktor-faktor kepuasan komunikasi mempengaruhi produktivitas secara berbeda. Dua faktor yang berpengaruh positif terhadap produktivitas, yaitu Organizational Information dan Media Quality. Sedangkan, Horizontal Communication terlihat memiliki pengaruh negatif terhadap produktivitas. Dan hasil analisis pada faktor-faktor lainnya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh terhadap produktivitas.

Purpose of this research is to verify the impact of communication satisfaction on productivity of Call Center unit at KLIP Kring Pajak. The used concepts are Communication Satisfaction (Downs and Hazen, 1977) and Productivity (Timpe, 2002). Data collection was done by using survey method through a questionnaire. The population in this research were 189 employees in operational section who work as call center agents. Sample selection using total population sampling that involves examining the entire population.
Factor analysis led to identification of seven new factors of communication satisfaction, all of which are: Organizational Information, Communication Climate, Personal Feedback, Communication with Supervisor, Horizontal Communication, Media Quality, and Informal Communication. The result of regression analysis shown that communication satisfaction had a significant impact on productivity. The results also indicate that factors of communication satisfaction differentially impacted productivity. Two factors had a positive impact on productivity are Organizational Information and Media Quality. While Horizontal Communication seem to have a negative impact on productivity. And the analysis result for the other factors shown that there is no impact on productivity."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T55225
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Galuh Komalaningdias
"Tesis ini membahas Hubungan Electronic Word of Mouth, Product Attributes,
Service Quality dan Price terhadap Brand loyalty, Studi pada Holycow
Steakhouse by Chef Afit. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif.
Responden adalah pelanggan Holycow Steakhouse yang bekerja di daerah Jakarta
Selatan yang berjumlah 175 orang. Metode analisa data dilakukan dengan statistik
analisa deskriptif dan Korelasi Spearman untuk membuktikan hipotesis dalam
penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
positif, kuat dan signifikan antara Electronic Word of Mouth dengan Brand
Loyalty, Product Attributes dengan Brand Loyalty, Service Quality dengan Brand
Loyalty serta Price dengan Brand Loyalty

ABSTRACT
This Study conducted to found the Relationship between Electronic Word of
Mouth, Product Attributes, Service Quality and Price to Brand loyalty. This
study used a quantitative explanative method with a questionnaire survey through
a 175 loyal customers of Holycow Steakhouse which works at South Jakarta
Area. The Analysis method presents a descriptive statistical analysis and
Spearman’s Correlation to prove the research hypothesis. The result showed that
there is a positive, strong and significant Relationship between Electronic Word of
Mouth and Brand Loyalty, Product Attributes and Brand Loyalty, Service Quality
and Brand Loyalty, Price and Brand Loyalty;"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2015
T43742
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karbala Madania
"ABSTRAK
Pandemi Corona Virus Disease  2019, disingkat Covid-19, yang mewabah di seluruh negara di dunia menjadi alasan utama Kerajaan Saudi Arabia (KSA) untuk menutup sementara akses masuk wilayah negaranya dari semua warga asing sampai waktu yang tidak ditentukan. Untuk pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Agama, kebijakan KSA ini pada gilirannya menjadi awal krisis nasional bagi penyelenggaraan ibadah umrah dan ibadah haji. Akibat dari dikeluarkannya kebijakan KSA itu adalah ditundanya keberangkatan calon jemaah umrah Ketika pandemi Covid-19 tengah memuncak hingga akhirnya Kementerian Agama RI mengeluarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2020 M/1441 H. Dalam situasi krisis seperti itu,  praktik komunikasi yang efektif sebagai bagian dari manajemen komunikasi krisis menjadi hal vital yang tak bisa diabaikan. Tanpa praktik komunikasi yang efektif, bisa dibayangkan betapa keresahan lebih dari 220 calon Jemaah haji tahun 2020 yang gagal berangkat ke tanah suci akan meledak menjadi amarah dalam skup nasional. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini berusaha menganalisis penanganan krisis yang dilakukan Kementerian Agama RI dalam perspektif komunikasi dengan mengacu pada model Crisis and Emergency Risk Communication (CERC). Penelitian ini membagi tahapan krisis ke dalam empat tahap menurut Steven Fink, yaitu tahap prodromal, tahap akut, tahap  kronis  dan  tahap  resolusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menangani krisis yang terjadi, Kementerian Agama RI tidak sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip komunikasi yang efektif dan pada gilirannya berakibat pada semakin meradanganya krisis yang terjadi dan kurangnya kepercayaan publik terhadap pemerintah.

ABSTRACT
Corona Virus Disease 2019, abbreviated as Covid-19, which is endemic in all countries in the world no doubt is the main reason for the Kingdom of Saudi Arabia (KSA) to temporarily close the country's access to its territory from all foreign citizens until an uncertain time. For the Indonesian government, especially the Ministry of Religions, the kingdom's policy has become the beginning of a national crisis for the implementation of the Umrah and Hajj pilgrimage. The consequence of the KSA policy was the postponement of the departure of pilgrims when the Covid-19 pandemic was peaking until finally the Indonesian Ministry of Religions issued a Decree of the Minister of Religions No. 494 of 2020 concerning the Cancellation of the Departure of Hajj Pilgrims to the Hajj Pilgrimage Year 2020 M/1441 H. In that situation, various effective communication practices as part of crisis communication management are very vital which cannot be ignored. Without any effective communication practices, it could be imagined how the unrest of more than 220 candidates for the Hajj in 2020 who failed to leave for the holy land would explode into anger in the national scope. Using a qualitative approach, this study seeks to analyze the handling of crises carried out by the Indonesian Ministry of Religions in a communication perspective by referring to the Crisis and Emergency Risk Communication (CERC) model. This study divides the stages of the crisis into four stages according to Steven Fink, namely the prodromal stage, the acute stage, the chronic stage, and the resolution stage. The results of this study indicate that in dealing with the crisis that occurred, the Ministry of Religions of the Republic of Indonesia did not fully apply the principles of effective communication and in turn resulted in increasingly inflaming crises and a lack of public trust to the government."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mikhail Mega Morales
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai pengaruh dari Digital Marketing, dalam hal ini yaitu Facebook Marketing terhadap Brand Equity dan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Menggunakan metode kuantitatif dan alat pengumpulan data berupa kuisioner. Populasinya adalah para follower akun fanpage Facebook "We Love Honda Indonesia". Dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling didapatkan hasil Facebook Marketing berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian, namun apabila dibantu dengan Brand Equity akan membantu mendongkrak Keputusan Pembelian dibandingkan hanya mengandalkan Facebook Marketing saja.

ABSTRACT
This thesis discusses the influence of Digital Marketing, in this case is Facebook Marketing on Brand Equity and its effect on Purchasing Decisions. Using quantitative methods and data collection tools is questionnaires. The population in this thesis are the followers of Facebook's "We Love Honda Indonesia" fanpage account. By using the Structural Equation Modeling analysis method, the results of Facebook Marketing have a positive effect on Purchasing Decisions, but if assisted with Brand Equity, it will help boost Purchasing Decisions compared to relying on Facebook Marketing only."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T52608
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Ramdhan A
"ABSTRAK
Dalam rangka menjaga hubungan baik dan meningkatkan kepercayaan customer terhadap kualitas jasa perawatan pesawat terbang, PT GMF AeroAsia sebagai Organisasi yang bergerak dibidang perawatan pesawat terbang memberikan solusi program perawatan pesawat terbang yang optimal namun dengan biaya perawatan yang seekonomis mungkin kepada customer-nya. Untuk itu maka PT GMF AeroAsia membutuhkan metode yang menarik dan interaktif seperti special event untuk memperkenalkan dan edukasi seputar program perawatan yang optimal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan special event dalam membentuk product knowledge customer. Konsep yang digunakan adalah special event dan product knowledge. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif. Wawancara dilakukan kepada pihak internal GMF dan pihak eksternal yaitu operator pesawat terbang sebagai customer GMF. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa special event merupakan salah satu cara yang baik dalam membentuk product knowledge kepada customer.

ABSTRACT
In order to maintain good relationships and enhance customer confidence in the quality of aircraft maintenance services, PT GMF AeroAsia as an organization engaged in aircraft maintenance provides optimal aircraft maintenance program solution but with the cost of maintenance as economically as possible to its customers. For that reason PT GMF AeroAsia needs interesting and interactive methods such as special events to introduce and educate around the optimal care program. This study aims to examine the way special events in forming product knowledge customer. The concept used is special event and product knowledge. This research uses constructivist paradigm, qualitative approach, and is descriptive. Interview conducted to internal party of GMF and external party that is aircraft operator as customer of GMF. The result of this research is that special event is one good way in forming product knowledge to customer."
2018
T51182
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Rachmawati
"Tuntutan pada organisasi pemerintah seperti profesionalisme, akuntabilitas, transparansi, dan responsif semakin tinggi membawa tantangan untuk memodernisasi administrasi dan pelayanan. Dari tuntutan itulah lahir inovasi yang terkait dengan e-government, reformasi birokrasi, dan Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Dalam proses perubahan tersebut komunikasi internal organisasi dan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memegang peranan penting. Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) sebagai unit Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang memiliki 29 satker di daerah harus dapat memaksimalkan komunikasi internal organisasinya agar dapat melakukan pelayanan prima pada industri. Penelitian ini membahas mengenai proses komunikasi internal birokrasi dan saluran komunikasi internal dalam satuan kerja serta koordinasi antara pusat dan satker daerah di lingkungan BSKJI. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif interpretif dengan metode studi kasus, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan dokumen. Hasil dari penelitian ini alur komunikasi yang dominan digunakan dalam komunikasi internal adalah atas ke bawah atau downward communication karena proses pekerjaan umumnya sesuai dengan arahan pimpinan. Selain itu, alur komunikasi dari bawahan ke atas atau up ward communication, horizontal, dan diagonal pun digunakan dalam proses komunikasi organisasi. Berbagai saluran komunikasi digunakan dalam proses  komunikasi internal dari yang bersifat formal seperti: surat, disposisi, rapat, rapat virtual  dan yang bersifat informal personal pegawai, WA/SMS/telepon, WAG. Tantangan komunikasi internal yang dialami oleh BSKJI antara lain : persepsi selektif, hambatan budaya, hambatan organisasi, Sumber Daya Manusia, dan infrastruktur. Penggunaan saluran komunikasi internal yang menyesuaikan dengan perkembangan TIK dalam alur komunikasi internal birokrasi di BSKJI tersebut secara umum dapat  mempercepat proses pekerjaan,  dianggap dapat mangkas rantai prosedur, mempercepat koordinasi,  memperluas penyebaran informasi, koordinasi bisa dilakukan tanpa hambatan lokasi, menghemat anggaran serta waktu.

The demands on government organizations such as professionalism, accountability, transparency, and responsiveness are getting higher, bringing challenges to modernizing administration and services. These demands pushes the emergence of innovations related to e-government, bureaucratic reform, and Electronic-Based Government (SPBE).  The Agency for Industrial Standardization and Services Policy (BSKJI) as a unit of the Ministry of Industry (Kemenperin) with its 29 work units in the regions has the task to maximize its organization's internal communication to provide excellent service to the industry.  This study discusses the internal communication process of the bureaucracy and internal communication channels within the work units as well as the coordination between the central and regional work units within the BSKJI environment.  The approach used in this study is interpretive qualitative of a case study method, with in-depth interviews and documents analysis as the data collection techniques. This study found that the dominant communication flow used in internal communication is top-down or downward communication because the work process is generally in accordance with the direction of the leadership.  In addition, the communication flow from the bottom up or upward communication, horizontally, and diagonally is also used in the organizational communication process.  Various communication channels are used in the internal communication process from formal ones such as: Letters, dispositions, meetings, virtual meetings and informal personal employees, WhatsApp/SMS/telephone and WhatsApp groups. Internal communication challenges experienced by BSKJI include: Selective perception, cultural barriers, organizational barriers, human resources, and infrastructure. The use of internal communication channels that adapt to the development of ICT in the internal communication flow of the bureaucracy at BSKJI can generally speed up the work process by cutting the chain of procedures, speed up coordination, expand information dissemination. These can be done as the communication technology used helped overcoming geographical barriers as well as budget and time constraints."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Febriani
"Momentum bencana alam erupsi Merapi 2010 yang menelan banyak korban menjadi pembelajaran bagi pihak penanggulangan bencana alam dan masyarakat Merapi. Manajemen penanggulangan krisis bencana alam Kabupaten Sleman mendapat sorotan atas beragam evaluasi penanggulangan bencana erupsi 2010 yang sangat jauh dari ideal, terutama pada manajemen komunikasi krisis. Penelitian ini akan melihat bagaimana fenomena bencana tersebut menjadi momen pembelajaran bagi stakeholder penanggulangan bencana dalam memperbaiki dan menentukan strategi penanganan komunikasi krisis yang lebih baik dengan merujuk pada Teori Komunikasi Krisis Situasional (SCCT). Penilaian terhadap perubahan komunikasi krisis akan dianalisa dengan menggunakan kerangka dari Model Komunikasi Krisis dan Risiko Darurat (CERC) yang membagi tahapan komunikasi krisis dalam tahapan pre-krisis, initial event, maintenance, resolution, dan evaluation. Penelitian ini melakukan analisis komparatif dengan metode pendekatan penelitian studi kasus. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara mendalam dengan empat orang informan dari tiga unsur/lembaga berbeda yakni dua informan dari BPBD Kabupaten Sleman, satu informan dari BPPTKG dan satu informan warga. Hasil menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran penanggulangan krisis, terdapat perubahan signifikan dalam manajemen komunikasi krisis, yakni berkaitan dengan aspek budaya, teknologi, administrasi, mitigasi, dan kapasitas masyarakat. Akan tetapi, perubahan ternyata membawa kendala dan permasalahan baru yakni berkaitan dengan difusi informasi, gap literasi, serta kendala teknis pada perangkat teknologi peringatan darurat yang mempengaruhi efektivitas dalam penerapan komunikasi krisis dan risiko darurat.

The momentum of the 2010’s Merapi eruption which claimed many victims is known as big lesson for natural disaster management and Merapi community. The management of natural disaster crisis management in Sleman Regency has been under the spotlight for various evaluations of disaster management about 2010’s eruption, which is far from ideal, especially in the management of crisis communication. This study explores how the disaster phenomenon becomes a turning point for disaster management stakeholders in improving and determining a better crisis communication management strategy by referring to the Situational Crisis Communication Theory (SCCT) which is analyzed using variables from the Crisis and Emergency Risk Communication Model (CERC). that divides the stages of crisis communication into pre-crisis, initial event, maintenance, resolution, and evaluation. This study conducted a comparative analysis with the intrinsic case study research method. Data were obtained based on interviews with four informants, which two informants from BPBD Sleman Regency, one informant from BPPTKG and one from community. The results show that in the learning process of crisis management, there are significant changes in crisis communication management, which related to culture, technology, administration, mitigation, and community capacity. However, the changes have brought new obstacles, those related to the diffusion of information, literacy gaps, and technical constraints on information technology devices that affect the effectiveness of implementing crisis and emergency risk communications."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trissa Diva Rusniko
"Tulisan ini membahas mengenai ujaran kebencian yang terjadi pada salah satu grup chat di dalam aplikasi Telegram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode netnografi dalam pengumpulan dan pengolahan data. Pengolahan data dilakukan melalui lima tahapan, yakni collating, coding, combining, counting, dan charting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi praktik dan jenis ujaran kebencian di dalam grup chat Telegram serta mengategorisasikan tipe partisipan dan kode wicara yang berlaku di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ujaran kebencian muncul di dalam grup chat Telegram dalam berbagai bentuk dan tema. Secara signifikan, ujaran-ujaran kebencian tersebut dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia luring. Melalui konten-konten ujaran kebencian tersebut pula, kita dapat melihat bahwa terdapat kode-kode wicara khas yang dapat ditelaah melalui 6 proposisi speech code theory milik Philipsen.

This paper discusses about hate speech that occurs in one of the chat group in the Telegram application. This research is a qualitative study using netnographic methods in data collection and processing. Data processing is carried out through five stages; collating, coding, combining, counting, and charting. The purpose of this study is to identify practices and types of hate speech in Telegram chat group and categorize the type of participants and the speech codes that prevail in the group. The results showed that hate speech appeared in Telegram chat group with various forms and themes. Significantly, hate speech that occurs within the group is influenced by events that occur in the offline world. Through the hate speech content, we can also see unique speech codes that can be analyzed through Philipsen's 6 propositions of speech code theory."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>