Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agus Triyanto
Abstrak :
ABSTRACT
Penggunaan internet dalam memenuhi kebutuhan informasi mencakup berbagai aspek kehidupan salah satunya dalam proses mencari pekerjaan. Salah satu media online yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan adalah situs web JobStreet. Situs web JobStreet merupakan situs web penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia Tenggara khususnya Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Menurut laporan tahunannya, situs web JobStreet memiliki 4 juta pengguna di Indonesia pada tahun 2016. Selain itu, terdapat lebih dari 32 ribu lowongan pekerjaan di Indonesia pada situs web JobStreet. Dari latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengidentifikasi pengaruh situs web JobStreet terhadap pemenuhan kebutuhan informasi lowongan pekerjaan bagi Sarjana Strata-1 (S1) Program Studi Ilmu Perpustakaan UI angkatan 2013. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif melalui survei. Responden pada penelitian ini adalah Sarjana Strata-1 (S1) Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia angkatan 2013 yang lulus pada tahun 2017 dan menggunakan situs web JobStreet berjumlah 44 responden. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori WebQual yang terdiri dari tiga dimensi utama yaitu usability, information quality, dan service interaction quality untuk menilai kualitas situs web JobStreet dari sudut pandang pengguna. Data yang diperoleh melalui survei, dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan perhitungan koefisien regresi dari semua variabel bebas menunjukkan nilai yang positif dengan nilai usability (0,927), nilai information quality (0,983), dan nilai service interaction quality (1,343). Data tersebut menunjukkan bahwa semua variabel bebas mempunyai hubungan yang searah/positif terhadap variabel terikatnya. Berdasarkan ketiga dimensi tersebut yang memberi pengaruh dominan adalah dimensi service interaction quality dengan koefisien regresinya sebesar 1,343. Berdasarkan uji koefisiensi determinasi (R-Square) menunjukan nilai sebesar 0,426, yang berarti 42,6% variabel kualitas situs web mampu menjelaskan variabel kebutuhan informasi. Sedangkan 57,4% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
ABSTRACT
People now relied on the internet in satisfying their information needs in various aspects of life and one of them is job-searching process. One of the websites that provides job vacancy information is JobStreet. JobStreet is a leading web service that provides job information in Southeast Asia especially Singapore, Malaysia, Philippines, and Indonesia. In their 2016 annual report, there are 4 million active users and over 32,000 job vacancy opened in Indonesia. See that fact, the researcher interested to identifying how the JobStreet.com fulfill their users information needs. The research discuss how some factors of the JobStreet website influenced job vacancy information needs of undergraduate student of Library Studies Universitas Indonesia class 2013 through surveys with 44 respondents. Three main dimensions such usability, information quality, and service interaction quality based on theory of WebQual used to assess the quality of JobStreet.com website from the user's perspective. Data were analyzed using simple linear regression analysis method. Based on the calculation of the regression coefficients, all the variables showed a positive value to usability (0,927), information quality (0,983), and service interaction quality (1,343). The results shows that all independent variables have a direct positive relationship to the dependent variable. The independent variables which give the dominant influence is service interaction quality with a regression coefficient 1,343. The test coefficient determination (R-Square) shows 0,426, which means 42,6% of quality of the JobStreet website capable explaining all of the information needs variables. While the 57,4% are influenced by other variables that are not examined in this study.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gardito Qastalani
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini merupakan penelitian mengenai kebutuhan informasi mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa kebutuhan informasi mahasiswa tingkat akhir dan bagaimana strategi pemenuhan kebutuhan informasi mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Terdapat beberapa kebutuhan informasi mahasiswa tingkat akhir ilmu perpustakaan dan informasi yakni kebutuhan informasi untuk menyelesaikan tugas akhir, mencari pekerjaan, dan hiburan. Strategi yang digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir ilmu perpustakaan dalam pemenuhan kebutuhan informasi adalah pencarian informasi. Para informan dalam melaksanakan strategi pemenuhan kebutuhan informasinya menggunakan sumber informasi daring dan tercetak. Sumber informasi yang digunakan dalam media daring oleh para informan berupa Google. Google digunakan sebagai mesin pencari untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Sumber informasi tercetak didapatkan oleh para informan dengan mengakses perpustakaan baik itu perpustakaan Universitas maupun perpustakaan lain. 
ABSTRACT
This research focus on information fullfillment strategy. The purpose of this study is to identify strategies for meeting the information needs of student. This study use qualitative approach and case study method. There are several students information needs such as the needs to complete final assignment, finding a job, and entertainment. The strategies which used by students are information seeking. Informants use printed and online information source. Informants use Google as the main source of online information source. By searching from google, informants can seek more information sources which possibly contain the information they need. Not all information from the internet is accurate nor reliable. In that case, informants filter the information which they already gather to get the most reliable information. For the offline information source, such as book and other printed material, informants tend to go to the library. They go to the University Library or public library based on what their research are.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadli Febrian
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang proses berbagi pengetahuan di World Wildlife Found For Nature Indonesia (WWF Indonesia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berbagi pengetahuan, faktor pendorong dan hambatan yang memengaruhi proses berbagi pengetahuan di WWF Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses berbagi pengetahuan di WWF Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu, proses identifikasi, proses penilaian ketersediaan pengetahuan dan pembuatan program berbagi pengetahuan. Program berbagi pengetahuan di WWF Indonesia antara lain sharing session, workshop, dan community of practice. Selain itu dijumpai faktor faktor pendukung berbagi pengetahuan berupa struktur organisasi dan hubungan yang baik antara manajemen atas dengan anggota lain. Adapun hambatan yang ditemukan berupa kurangnya motivasi untuk berbagi, kurangnya monitoring dari manajemen atas dan tidak memadainya jaringan internet yang ada.
This research discusses the process of knowledge sharing at World Wildlife Fund for Nature Indonesia (WWF Indonesia). The purposes of this research were to describe the processes, driving factors, and barriers that influence the knowledge sharing in WWF Indonesia. This research was a qualitative study with a case study as method. The results of this study indicate that the process of knowledge sharing in WWF Indonesia is divided into three processes; the first process is identification, the second process is the assessment of the availability of knowledge, and the last process is the creation of knowledge sharing programs. The knowledge sharing programs at WWF Indonesia include sharing sessions, workshops, and Community of Practices. In addition, there are also supporting factors for knowledge sharing in the form of organizational structure and good relations between top management and other members. The obstacles found were lack of motivation to share, lack of managements monitoring, and inadequate internet networks.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bimo Renanda Putra
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang pengembangan koleksi perpustakaan yang dilakukan di sekolah khusus anak tunarungu, yaitu Sekolah Luar Biasa B Pangudi Luhur Jakarta SLB/B Pangudi Luhur . Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk memahami proses pengembangan koleksi, mulai dari analisis pengguna, kebijakan pengembangan koleksi, seleksi, pengadaan, penyiangan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di dalam kegiatan pengembangan koleksinya, diketahui bahwa perpustakaan SLB/B Pangudi Luhur tidak memiliki anggaran khusus untuk memperbarui koleksi-koleksinya. Oleh sebab itu, perpustakaan hanya mengandalkan buku-buku hasil dari pemberian sumbangan individu atau lembaga tertentu yang diberikan kepada mereka. Buku-buku yang memiliki konten-konten bergambar atau informasi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa-siswa tunarungu SLB/B Pangudi Luhur menurut penyeleksinya, yaitu pustakawan, adalah buku-buku yang akan dijadikan sebagai koleksi. Oleh sebab itu sebagian besar koleksi perpustakaan SLB/B Pangudi Luhur merupakan buku-buku bergambar, baik itu buku-buku pengetahuan ataupun buku-buku cerita seperti komik dan semacamnya.
This research examines about collection development in the library of Sekolah Luar Biasa B Pangudi Luhur Jakarta SLB B Pangudi Luhur which is a special school for children with hearing impairment. The purpose of this research is to understand the collection development process. Started from community analysis, the collection development policy, selection, acquisition, wedding, and evaluation. This research use the case study method. The result of this research shows that in the process of the collection development, it is known that the library in SLB B Pangudi Luhur does not have the specific budget to improve their collection. Since the library does not have the budget, they only rely on the books that is given to them from individuals or some institutions. According to the selector, the librarian, the books which have pictures or information that is appropriate with the characteristics and the needs of the students, are the books that will be put as their collection. Because of that, most of the book collections in this library are books with pictures, not only books of knowledge, but also story books like comic.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S68789
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tria Nur Aisyah
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang strategi pemenuhan kebutuhan informasi pada siswa sekolah dasar di era digital. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi strategi pemenuhan kebutuhan informasi yang dilakukan siswa sekolah dasar di era digital saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemenuhan kebutuhan informasi yang dilakukan siswa SDN Bendungan Hilir 12 yakni pertama melalui buku tercetak kemudian jika buku tercetak tidak memenuhi kebutuhan informasinya maka siswa menggunakan internet sebagai media dalam mencari informasi untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Selain itu, ketika siswa mendapatkan informasi melalui internet, untuk memverifikasi kebenaran informasi tersebut, mereka menanyakan kepada orang terdekat yang dipercaya oleh siswa. ...... This study discusses the strategy of meeting the needs of information on primary school students in the digital age. The purpose of this study is to identify the strategy to fulfil the information needs of primary school students in the digital era today. This research uses a qualitative approach with case study method. Data collection was done by interview and document analysis. The results of this study indicate that the strategy of fulfilling the information needs of the students of SDN Bendungan Hilir 12 are first through the printed book and then if the printed book does not meet the needs of the information then the students use the internet as a medium in finding information to meet the information needs. Also, when students get information over the internet, to verify the truth of the information, they ask the nearest person who is trusted by the student.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risqi Putri Wulandari
Abstrak :
Skipsi kali ini membahas tentang proses transfer ilmu bagi guru tunanetra di Yayasan Mitra Netra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses transfer pengetahuan bagi guru tunanetra dan mengidentifikasi kendala dalam proses transfer pengetahuan bagi guru tunanetra di Yayasan Mitra Netra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transfer pengetahuan guru tunanetra di Yayasan Mitra Netra untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswanya. Yayasan Mitra Netra adalah sebuah lembaga pendidikan informal dimana mayoritas siswa di Yayasan Mitra Netra adalah siswa dewasa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau bekerja. Kolaborasi antara guru dan siswa yang merasa memiliki kesamaan membuat proses transfer pengetahuan menjadi efektif. Kolaborasi juga dibentuk dengan metode dan media yang dilakukan guru sesuai dengan karakteristik siswa. Ini untuk memudahkan proses transfer pengetahuan. Meski begitu, ada kendala yang dihadapi yaitu kemalasan, mood, mengajar terlalu cepat, dan tunanetra yang memiliki kebutuhan khusus lainnya. ......This time, the Skipsi discussed the process of knowledge transfer for blind teachers at the Mitra Netra Foundation. The purpose of this study was to identify the knowledge transfer process for blind teachers and identify obstacles in the knowledge transfer process for blind teachers at Mitra Netra Foundation. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques in this study using interviews, observation, and document analysis. The results of this study indicate that the transfer of blind teachers' knowledge at the Mitra Netra Foundation is to develop the knowledge and skills of their students. Mitra Netra Foundation is an informal educational institution where the majority of students at the Mitra Netra Foundation are adult students who will continue to pursue higher education or work. Collaboration between teachers and students who feel they have something in common makes the knowledge transfer process effective. Collaboration is also formed with the methods and media carried out by the teacher according to the characteristics of the students. This is to facilitate the knowledge transfer process. Even so, there are obstacles faced, namely laziness, mood, teaching too fast, and blind people who have other special needs.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisrina Fairus Widiasmara
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai kegiatan berbagi pengetahuan yang dilakukan oleh staf perpustakaan Layanan Lansia dan Disabilitas PERPUSNAS. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kegiatan berbagi pengetahuan yang dilakukan oleh para staf perpustakaan Layanan Lansia dan Disabilitas PERPUSNAS dilihat dari tujuh aspek berbagi pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan proses berbagi pengetahuan tidak memiliki perbedaan dalam beberapa aspek antara staf perpustakaan tidak berkebutuhan khusus dan staf perpustakaan disabilitas. Dapat terlihat juga para staf perpustakaan disabilitas cenderung lebih banyak memiliki pengetahuan untuk dibagikan. Hal ini dikarenakan pengetahuan yang mereka miliki sesuai dengan target pemustaka yang dilayani.
This study discusses about knowledge sharing activities by the library staff of Elderly and Disability Service PERPUSNAS. The aim of this research is to obtain an overview of knowledge sharing activities by the library staff of Elderly and Disability Service PERPUSNAS using seven aspects of knowledge sharing. The research approach used is qualitative with case study method. The data collection method used is by observation, interview and document analysis. The results of the study indicate that the knowledge sharing process has no difference in some aspects between the library staff with no special needs and disability library staff. It can also be seen that disability library staff tend to have more knowledge to share. This is because the knowledge they have is in accordance with the target of the users being served.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldi Rizki Padila
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis tentang peran perpustakaan SMPN 85 Jakarta dalam mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Masalah yang ingin dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana peran perpustakaan sekolah dalam mendukung gerakan literasi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi peran perpustakaan sekolah dalam  mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen selama bulan Agustus-November 2022. Pemilihan informan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria pihak yang terlibat. Hasil dalam penelitian ini adalah peran perpustakaan sekolah dalam Gerakan Literasi Sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran perpustakaan sekolah dalam gerakan literasi sekolah ada dua yaitu inovator dan founder. Peran sebagai inovator  karena inovasi Perpustakaan sekolah dalam gerakan literasi sekolah. Inovasi yang dihasilkan yakni jadwal kunjungan perpustakaan (tahap pembiasaan), lomba pojok baca (tahap pengembangan) serta pojok baca (tahap pembelajaran). Peran sebagai founder karena Perpustakaan sekolah yang mengatur jalannya baik dari pra acara-pasca acara gerakan literasi sekolah yang diinovasikan oleh Perpustakaan sekolah. ......This study analyzes the role of the SMPN 85 Jakarta library in supporting the School Literacy Movement. The problem to be discussed in this study is the role of the school library in supporting the school literacy movement. The purpose of this research is to identify the role of the school library in supporting the School Literacy Movement. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collected using observation, interviews, and document analysis from August to November 2022. The informants were selected using a purposive sampling technique with criteria of the parties involved. The result of this study is the role of the school library in the School Literacy Movement. This research concludes that there are two roles of school libraries in the school literacy movement, namely innovators and founders. The role of an innovator is because of the innovation of the school library in the school literacy movement. The resulting innovations are library visit schedules (habitation stage), reading corner competitions (development stage), and reading corners (learning stage). The role of a founder is because the school library manages the running from the pre-event-post-event of the school literacy movement that was innovated by school library.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Nurul Arifah
Abstrak :
Budaya organisasi merupakan salah satu komponen penting dalam suatu organisasi, yang dijadikan sebagai dasar penyusunan pedoman untuk mengelola hubungan kerja antar anggota organisasi dan acuan dalam menciptakan lingkungan organisasi yang harmonis dan berkesinambungan di antara para anggotanya. Budaya organisasi pada setiap lembaga memiliki perbedaan satu sama lain karena budaya organisasi diciptakan dan dilaksanakan oleh anggota pada lembaga terkait yang tentunya memiliki karakteristik tertentu yang menjadi ciri khas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji deskripsi budaya organisasi beserta elemen-elemen budaya yang berada di dalamnya dan bagaimana perannya terhadap hubungan kerja antar arsiparis di Unit Kerja SDM Kearsipan Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Unit SDM Kearsipan ANRI memiliki budaya organisasi yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari beserta elemen-elemen budaya organisasi yang berada di dalamnya dan memiliki perannya masing-masing terhadap hubungan kerja antar arsiparis di Unit SDM Kearsipan ANRI yang dikorelasikan dengan Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Arsiparis. ......Organizational culture is one of the important components in an organization, which is used as the basis for preparing guidelines for managing work relations between members of the organization and a reference in creating a harmonious and sustainable organizational environment among its members. Organizational culture in each institution is different from one another because organizational culture is created and implemented by members of related institutions which of course have certain characteristics that are characteristic. This study aims to examine the description of organizational culture and its cultural elements and how it plays a role in the working relationship between archivists in the Human Resources Unit of the National Archives of Republic of Indonesia (ANRI). The results of this study indicate that the ANRI Human Resources Unit has an organizational culture that is implemented in daily life along with the elements of organizational culture that are in it and have their respective roles towards the working relationship between archivists in the ANRI Human Resrources Unit which is correlated with Competency Standards Archivist Functional Position.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putriyani Solihah
Abstrak :
Perpustakaan umum sebagai lembaga publik memiliki peran aktif terhadap lingkungan sekitarnya. Pelayanan yang diberikan harus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan untuk itu diperlukan manajemen sumber daya manusia yang baik. Penelitian ini akan membahas bagaimana penerapan fungsi manajemen sumber daya manusia di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan selama empat bulan mulai dari bulan Maret hingga Juni 2023. Analisis data wawancara, observasi serta pembacaan referensi terkait topik fungsi manajemen menghasilkan temuan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten telah menerapkan fungsi manajemen sumber daya manusia dengan baik mulai dari fungsi perencanaan melalui proses perekrutan pegawai, fungsi pengorganisasian terkait adanya struktur organisasi dan pembuatan SOP kerja, fungsi penggerakandengan pengarahan pemimpin, rapat rutin dan pemberian motivasi kerja, dan juga fungsi pengawasan dengan penerapan kedisiplinan serta penilaian kinerja pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fungsi manajemen DPK Provinsi Banten dilaksanakan secara kompleks sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan pemerintah setempat. Secara keseluruhan, DPK Provinsi Banten menunjukkan usaha yang maksimal dalam mendayagunakan sumber daya manusia untuk menghasilkan kinerja yang berkualitas. Dengan demikian, perpustakaan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pemustaka. ......Public libraries as public institutions have an active role in the community. The services must be able to meet the needs of the community, so good human resource management is needed. This research will discuss how the implementation of the functions of human resource management in the Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. The method used in this research is a case study method with a qualitative approach. Data was collected for four months, from March to June 2023. Analysis of observation resulted that the DPK Provinsi Banten had implemented the function of human resource management properly through the planning functios through the employee recruitment process employees, organizing functions related to the organizational structure and making work SOPs, actuating functions by directing leaders and providing work motivation, as well as controlling functions by applying discipline and employee performance appraisal. The functions of human resources management of the DPK Provinsi Banten is carried out as a form of compliance with local government regulations. With this, the Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten proves that it has maximally utilize existing human resources to produce quality performance to provide the best service to users.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>