Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andri Teguh Yulian Timor
"ABSTRAK
Proses pengemasan merupakan kegiatan utama dalam industri manufaktur yang melibatkan banyak pekerja. Interaksi antara pekerja dan mesin pengemas memiliki bahaya yaitu anggota badan terjebak antara 2 benda terjepit yang porsinya mencapai 50 dari jenis kecelakaan kerja yang terjadi di area pengemasan, dengan penyebab langsung adalah perilaku tidak aman. Pemantauan terhadap penerapan pengendalian risiko pada proses pengemasan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap upaya menekan potensi kecelakaan kerja. Dari hasil kajian pada proses pengemasan di PT. XYZ diperoleh hasil bahwa pengendalian dilakukan pada sisi mesin dengan penggunaan safety cover, penyediaan tombol emergency stop dan penggunaan simbol peringatan bahaya pada mesin. Pengendalian pada sisi mesin memerlukan perhatian karena dalam observasi ditemukan beberapa mesin tidak memiliki safety cover dan simbol peringatan bahaya. Pengendalian pada sisi manusia pekerja berupa praktik perilaku aman berupa mematikan mesin jika terjadi permasalahan pada mesin dan anjuran menerapkan prosedur pengoperasian mesin. Informasi mengenai proses pelatihan formal dalam pengoperasian mesin sangat minim diperoleh dari penelitian ini. Faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan jari terjepit adalah terjadinya penumpukan kerak pada sisi horizontal sealer, dan target produksi. Pengaturan suhu sealer perlu dipertimbangkan untuk menghindari terjadinya penumpukan kerak yang berpotensi menyebabkan sachet gagal turun dan target produksi sebaiknya diimbangi dengan kinerja mesin pengemas.

ABSTRACT
The packaging process is a major activity in the manufacturing industry involving many workers. Interaction between the worker and the packaging machine has a danger that the limbs are trapped between 2 objects pinched that portion reaches 50 of the type of work accidents occurring in the packaging area, monitoring the implementation of risk control in the packaging process is a factor that is very influential on efforts to suppress the potential of occupational accidents. From the results of the study on the packaging process at PT. XYZ obtained the result that the control is done on the side of the machine which required attention because in observation found some machines do not have safety cover and warning symbols. Control on the human side workers in the form of safe behavior practices and the suggestion to apply the operating procedures of the machine. Information on the formal training process in machine operation was minimal obtained from this study. Factors causing the occurrence of pinched finger crash is the occurrence of crust buildup on the horizontal side of the sealer, and production targets. Sealer temperature settings should be considered, and production targets should be considered to engine reliability."
2017
T48843
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mas Fadhli Aria Ponta
"ABSTRAK
Pekerjaan rigger berisiko LBP, tujuan penelitian ini untuk mengetahui
faktor risiko ergonomi pekerjaan dan tingkat risiko LBP serta pengendaliannya.
Desain penelitian adalah cros sectional terhadap pekerja rigger, dengan
menggunakan metode Rapid Entire Body Assesment (REBA). Hasil penelitian ini
menunjukkan tingkat risiko tertinggi adalah pada saat melepaskan hook crane
skor (11), sedangkan yang terendah adalah saat melepaskan lilitan wire sling skor
(6). Disarankan menambah alat bantu berupa grating basket bertingkat, basket
panjang, penyanggah casing, penyanggah hook crane dan meningkatkan
perawatan pada alat bantu ini.

ABSTRACT
LBP can caused by Rigger jobs, the purpose of this study to determine
ergonomic risk factor, level of risk and risk control of LBP. The study design was
cross-sectional using REBA (Rapid entire body assessment) method. The result of
this study shows that the highest risk rate was 'release the hook crane" with 11
score.The lowest score was "release the wire sling" with 6 score.This study
suggest to added graded grating basket, long basket, casing buffer, hook crane
buffer, and do appropriate maintenance to this tools."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T39359
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panji Ario Pramudono
"Penyediaan sistem tanggap darurat seperti pembentukan dan pelatihan tim, penyediaan sarana dan prasarana, dan pemeliharaan alat-alat emergency memerlukan biaya yang tidak sedikit, terkadang perusahaan mengesampingkan aspek ini karena keadaan darurat adalah hal yang tidak bisa diprediksi dan kejadiannya sangat jarang terjadi, namun upaya penyediaan kesiapsiagaan tetap wajib disediakan untuk menjamin keselamatan pekerja, masyarakat sekitar, dan keberlangsungan produksi di perusahaan. Aspek penilaian kesiapsiagaan tanggap darurat menurut SMKP Minerba merupakan langkah mudah untuk mengevaluasi sejauh mana persiapan perusahaan dalam menghadap keadaan darurat yang berpotensi terjadi, baik akibat proses kerja, maupun bencana alam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa perusahaan sebaiknya melakukan perbaikkan dari hasil temuan yang tidak sesuai seperti evaluasi berkala tentang penanganan bencana, pelatihan tim tanggap darurat, pemeliharaan sarana dan prasarana darurat, serta penambahan jumlah tenaga kesehatan dan alat P3K.

Providing emergency response system such as emergency team forming, making training program continuously, emergency maintenance facilities routinely, are needs much money to keep on top perform, therefore a company sometimes sees override through emergency response program because emergency condition are rarely to happened and unpredictable, however emergency response preparedness are required to ensure safety worker, community, and product sustainability of the company activies. The Assessment aspect of emergency response procedure based on Mineral and Coal Mine Safety Management System is the way to evaluate about company preparedness to overcome the emergency condition or disaster which have potential to be happened. This experiment is qualitative with description design. The experiment result is recommendation to the company to improve their current emergency response preparedness such as updating disaster procedure, training for emergency team routinely, maintenance all the emergency facility, providing a propely first aid, and increasing number for health workers."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S60293
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizamarro
"[ABSTRAK
Audit merupakan suatu proses untuk memverifikasi sejauh mana sistem manajemen K3 suatu
perusahaan telah dilaksanakan secara efektif dalam rangka mencapai kebijakan dan sasaran
organisasi. Auditor sebagai komponen penting dalam pelaksanaan audit haruslah memiliki
kualifikasi yang baik dari sisi perilaku personal, prinsip audit, pengetahuan dan keterampilan
dan kompetensinya. Kualifikasi tersebut tertuang di dalam suatu panduan audit sistem
manajemen ISO 19011:2011. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan penilaian
pemenuhan kriteria kualifikasi auditor K3 PT. X berdasarkan ISO 19011:2011 dan untuk
mengetahui tingkat kepentingan dari masing-masing kriteria tersebut. Penelitian ini
menggunakan survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dari data primer yang diperoleh
dari kuisioner yang diberikan kepada 30 auditee dari industri yang berbeda. Dengan
mengelompokan menjadi 8 kelompok industri yang berbeda didapat hasil kepuasan rata-rata
4,20 terdapat kinerja auditor PT. X. Industri Jasa memberikan penilaian kepuasan tertinggi
(4,67) sedangkan yang terendah adalah Elektronik Telekomunikasi (4,57). Kriteria yang
paling memuaskan adalah terkait pemahaman terhadap Peraturan K3 & Persyaratan lain
(4,37) dan pemahaman terhadap Sistem Manajemen K3 (4,35). Untuk penilaian tingkat
kepentingan, maka kriteria Prinsip Audit yaitu Integritas dan Kerahasiaan merupakan kriteria
yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi. Terdapat perbedaan penilaian dari auditee
terhadap pemenuhan kriteria kualifikasi auditor PT. X antar kelompok industri dan juga
perbedaan penilaian tingkat kepentingan antar kelompok industri. Beberapa saran yang
diberikan untuk auditor K3 dan PT. X antara lain: meningkatkan pengetahuan teknis, sharing
knowledge, kalibrasi antar auditor, rotasi auditor berkala, dan penugasan yang sesuai
kualifikasi.

ABSTRACT
Auditing is a process to verify the extent of occupational health and safety (OHS)
management system already implemented effectively in achieving organization?s policy and
objectives. Auditor is an important part in auditing process that must have qualification for
some criteria including personal behaviour, auditing principles, knowledge and skills, and
competency. That qualification is included in guideline for auditing management systems
based on ISO 19011: 2011. The purpose of this research is to get evaluation from auditee or
organization being audited related to fulfilment of qualification criteria for OHS auditor of
PT. X based on ISO 19011: 2011 and to determine the level of interest of each qualification
criteria. This study used a quantitative survey with descriptive approach from primary data
that obtained from questionnaire to 30 auditees in different industry. With eight-group
industry, the satisfaction result for OHS auditor of PT. X is 4.20. Industrial Service scored
with highest score (4.67) while the lowest is from Electronic Telecommunications (4.57). The
most satisfying criteria are related to the understanding of OHS regulation and other
requirement (4.37) and understanding of OHS Management System (4.35). The auditees also
scored that Audit Principles that covered Integrity and Confidentiality as highest level of
interest. There were significant differences in evaluating of OHS auditor performance and
level of interest between industry groups. Some suggestion were given to auditor and PT. X
such as to improve technical knowledge, sharing knowledge, calibr, Auditing is a process to verify the extent of occupational health and safety (OHS)
management system already implemented effectively in achieving organization’s policy and
objectives. Auditor is an important part in auditing process that must have qualification for
some criteria including personal behaviour, auditing principles, knowledge and skills, and
competency. That qualification is included in guideline for auditing management systems
based on ISO 19011: 2011. The purpose of this research is to get evaluation from auditee or
organization being audited related to fulfilment of qualification criteria for OHS auditor of
PT. X based on ISO 19011: 2011 and to determine the level of interest of each qualification
criteria. This study used a quantitative survey with descriptive approach from primary data
that obtained from questionnaire to 30 auditees in different industry. With eight-group
industry, the satisfaction result for OHS auditor of PT. X is 4.20. Industrial Service scored
with highest score (4.67) while the lowest is from Electronic Telecommunications (4.57). The
most satisfying criteria are related to the understanding of OHS regulation and other
requirement (4.37) and understanding of OHS Management System (4.35). The auditees also
scored that Audit Principles that covered Integrity and Confidentiality as highest level of
interest. There were significant differences in evaluating of OHS auditor performance and
level of interest between industry groups. Some suggestion were given to auditor and PT. X
such as to improve technical knowledge, sharing knowledge, calibr]"
2016
T45105
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Palupi, Atiq Amanah Retna
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh tekanan panas
terhadap fisiologis dan psikologis pekerja di PT XYZ Tahun 2016. Unit
usaha utama PT XYZ yakni part otomotif dengan kegiatan press & welding.
Respon fisiologis pekerja welding terhadap tekanan panas yakni peningkatan
suhu, denyut nadi dan perubahan nilai berat jenis urine. Nilai Indeks tekanan
panas dengan ISBB melebihi nilai ambang. Nilai Indeks Thermal Work Limit
berada pada area tidak berbahaya. Analisis data dengan uji t dependent dan
independent, didapatkan nilai p< 0,005. Keluhan subyektif pekerja welding
sebagai respon psikologis. Yakni adanya rasa haus, kulit berkeringat/lembab,
adanya biang keringat, kejang/kram otot selaras dengan hasil pengukuran
yakni adanya peningkatan denyut nadi, suhu dan berat jenis urin

ABSTRACT
This study aimed to analyze the effect of heat stress on the
physiological and psychological workers at PT XYZ Year 2016. The business
unit of PT XYZ namely automotive parts with the activities of the press and
welding. Welding worker's physiological response to heat stress that an
increase in temperature, pulse and urine specific gravity value changes. Heat
stress index value with WBGT exceeds the threshold value. Thermal Work
Limit Value Index is in the area is not dangerous. Data were analyzed by
dependent and independent t test, p value <0.005. Subjective complaints of
workers welding as a psychological response. Namely their thirst, skin sweat
/ moisture, their prickly heat, cramps / muscle cramps in tune with the
measurement results to an increase in pulse rate, temperature and specific
gravity of urine."
2016
T46341
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nugroho Aji Andhika
"ABSTRAK
NamaProgram StudiJudul Tesis : Nugroho Aji Andhika:S2 Keselamatan dan Kesehatan Masyarakat:Analisis Risiko Psikososial dan Stres Kerja Di PT. Sucofindo Cibitung Tahun 2017Penelitian ini membahas mengenai faktor risiko psikososial yang berhubungan dengan stres kerja di PT. Sucofindo Cibitung tahun 2017. Faktor psikososial yang diteliti adalah lingkungan kerja fisik, beban kerja intrinsik, masa depan karir, peran organisasi, hubungan interpersonal, struktur budaya organisasi dan karakteristik individu. Penelitian ini adalah semikuantitatif dengan desain studi cross-sectional bertujuan untuk meneliti faktor psikososial terhadap dengan stres kerja. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil penelitian tingkat stres kategori sedang. Variabel independen yang memiliki hubungan bermakna dengan stres kerja adalah lingkungan kerja fisik, beban intrinsik, hubungan interpersonal, struktur budaya organisasi, pendidikan, dan bagian. Sekitar 47,4 penelitian ini dapat menjelaskan hubungan antara faktor psikososial dengan stres kerja. Kata Kunci: Psikososial, Stres Kerja, Karakteristik Individu, Sucofindo

ABSTRACT
NameStudy ProgramTitle Nugroho Aji Andhika Master of Occupational Health and Safety Analysis Psychosocial Risk and Work Stres at PT. Sucofindo Cibitung 2017This study discusses psychosocial factors related to work stress in PT. Sucofindo Cibitung. Psychosocial factors that were studied are physical work environment, intrinsic workload, future career, organizational role, interpersonal relationship, organizational culture structure and individual characteristics. This research is semiquantitative with cross sectional study design that aimed to examine psychosocial factors against work stress. Data collection technique is by questionnaire. The result of the stress level category is moderate. Independent variables have significant relationships with work stress, physical work environment, intrinsic burden, interpersonal relationships, organizational culture structure, education, and parts. Approximately 47.4 of this study can explain the relationship between psychosocial factors with work stress.Keywords Psychosocial, Job Stress, Individual Characteristics, Sucofindo"
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astuti
"Ketidakhadiran merupakan indikator yang dapat menggambarkan baik tidaknya dari sebuah perusahaan. Ketidakhadiran yang tinggi dapat menurunkan produktivitas. Tujuan penelitian mengkaji faktor determinan ketidakhadiran pada pekerja perempuan di bagian sewing PT.X Jakarta tahun 2012.
Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Dengan menggunakan data primer dan sekunder. Subyek diambil dari populasi dengan cara purposive sampling. Setelah dilakukan pengelompokan yang masuk kiteria inklusi menjadi 57 orang. Variabel yang diteliti adalah masa kerja, lama perjalanan, umur, status anemia, gaji/upah, riwayat penyakit sebelumnya.
Hasil analisis didapatkan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap ketidakhadiran adalah masa kerja dengan Odds Ratio (OR) 13,040. Sedangkan variabel umur, anemia, gaji/ upah dan riwayat penyakit terdahulu sebagai variabel confounding.

Absenteism is an indicator of a good company or the contrary. High absenteism could reduce the productivity. The purpose of this research is to assess the determinant factor of absenteism on female workers at sewing department in PT X year 2012.
This research is using cross sectional design with primary and secondary data. Subjects were taken from the population using purposive sampling method. After the categorization, the number of inclusive criteria is 57 people. Research variables are working years, travelling time, age, anemia status, wage/salary, history of previous disease.
Analysis result shows the most influencing variabel on absenteism is the working years with odds ratio 13.040, wbile age, anemia, wage / salary, and history of previous disease variabels act as confounding variabel.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
T32772
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maryati Kasiman
"Penelitian deskriptif kuantitatif dengan disain Cross Sectional Survey mengenai Studi Persepsi tentang Penyakit Kardiovaskular dan Upaya Pencegahannya pada karyawan XY, menggunakan konsep Health Belief Model, meneliti persepsi kerentanan (perceived susceptibility), persepsi keparahan (perceived severity), persepsi manfaat (perceived benefit), persepsi hambatan (perceived barrier) dan pengetahuan sebagai salah satu modifying factor. Rendahnya persepsi kerentanan karyawan dapat menjadi alasan ketidak aktifannya dalam berolahraga. Dari perhitungan statistik dengan korelasi spearman,terdapat korelasi yang bermakna antara persepsi hambatan dengan perilaku karyawan untuk berolahraga dengan p = 0.002 dan r = -0.297.

Quantitative descriptive study with cross-sectional survey design of the study and the Perception of the Cardiovascular Disease Prevention Efforts in XY employees, using the concept of Health belief model, examines perceived susceptibilit), perceived severity , perceived benefits ,perceived barriers and knowledge as a modifying factor. The low perception of susceptibility of employees can be a reason for the lack of exercise ( Physical Inactive ). Of statistical calculations with Spearman correlation, there is a significant correlation between perceived barrier to exercise behavior of employees with p = 0.002 and r = -0297."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
T35104
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosaline Darwis
"ABSTRAK
Awak kapal feri mempunyai karakteristik kerja yang unik, jadwal kerja 24 jam
terus menerus di kapal dengan libur hanya 3 hari sebulan, terpajan risiko kondisi
lingkungan kerja yang dapat menjadi penyebab timbulnya stres kerja. Stres kerja
awak kapal jika tidak ditanggulangi akan berpengaruh terhadap kesehatannya serta
keselamatan kapal dan penumpang. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh
gambaran faktor pekerjaan (job content-job context), yang berhubungan dengan
stres kerja pada awak kapal feri non perwira di pelabuhan Telaga Punggur.
Metode yang digunakan adalah Cross Sectional Descriptive Research, pengukuran
data menggunakan kuesioner, analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat.
Dari hasil penelitian didapatkan 35 % responden mengalami stres kerja dan 65 %
tidak mengalami stres kerja. Hasil uji statistik menunjukkan faktor yang
mempunyai hubungan bermakna dengan stres kerja adalah kondisi lingkungan
kerja, dimana awak kapal yang mempunyai persepsi bahwa kondisi lingkungan
kerja di kapal berbahaya mempunyai peluang lebih besar mengalami stres kerja
dibanding awak kapal yang menganggap lingkungan kerja di kapal tidak
berbahaya.
ABSTRACT
The ferry's crew has a unique job characteristics, 24 hours work schedule
continuously on the ship with only three days off a month, being exposed to the risk
of working environment conditions that can cause an incidence of work stress.
Work stress of the crew will have an effect on their health and also to the safety of
the ship and its passengers. The purpose of the research was to gain an overview of
work factors (job content-job context) related to work stress on the ferry crew in
The Telaga Punggur Port 2013. The method used is Cross Sectional Descriptive
Research, measurement data using questionnaires, analysis of the data done by
univariate and bivariat. Research results obtained 35% of ferry crew experienced a
stressful job and 65% are not subjected to the stress of work. Results of statistical
tests indicate factor that have a meaningful relationship with work stress is a
condition of the work environment, where the crew had the perception that the
environmental conditions of work on board is harmfull has a chance of greater
stress than crew who consider the work environment on board is not harmfull."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imas Latifah
"ABSTRAK
Penularan penyakit infeksi HIV/AIDS, hepatitis B dan hepatitis C, dari
pasien ke petugas kesehatan dapat terjadi melalui kecelakaan kerja. Perilaku
petugas laboratoriun sebagai bagian dari petugas kesehatan dalam menerapkan
kewaspadaan universal merupakan salah satu faktor penting terjadinya penularan
infeksi. Petugas laboratorium yang tidak menerapkan kewaspadaan universal
berisiko lebih tinggi terpajan penyakit infeksi tersebut di tempat kerja. Penelitian ini
bertujuan untuk menjelaskan perilaku kepatuhan petugas laboratorium dalam
penerapan kewaspadaan universal dan menjelaskan faktor-faktor yang berkaitan
dengan kepatuhan petugas laboratorium klinik dalam menerapkannya. Perilaku
kepatuhan ini dapat dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor eksrinsik (Social
Cognitive Theory).
Penelitiani nimerupakan studi kasus yang menggunakan pendekatan
kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi sebagai metoda
pengumpulan data yang dilakukan sejak bulan Mei-Juni 2013 di rumah sakit “XY”.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepatuhan penerapan kewaspadaan
universal pada petugas laboratorium di Rumah Sakit “XY” sebagian besar masih
kurang. Faktor yang berkaitan dengan kurangnya kepatuhan petugas laboratorium
terhadap kewaspadaan universal dari faktor intrinsik adalah pengetahuan,
sedangkan dari faktor ekstrinsik adalah pelatihan dan dukungan atasan
(pengawasan, penghargaan dan sanksi).
ABSTRACT
The transmission of infectious diseases HIV/AIDS, hepatitis B and hepatitis
C from patient to health care workers can occur through accidents. Behavior of
laboratory workers as part of health workers in implementing universal
precautions as one of important factors is the infection transmission. Laboratory
workers who are not at high risk of implementing universal precautions are more
exposed to suffer infectious disease in their workplace. This study aims to explain
the compliance behavior of laboratory workers in the application of universal
precautions as well as factors associated with compliance in the clinical laboratory
workers apply. Compliance behavior can be influenced by internal factors and
eksternal factors (Social Cognitive Theory).
This research is a case study using a qualitative approachment by
conducting interviews and observations as data collection method since May-June
2013 at “XY” Hospital.
The results indicate that the application of universal precautions
compliance in laboratory workers at “XY” Hospital are still largely lacking. The
factors associated with lack of this compliance on universal precautions of
laboratory workers is knowledge (internal factor) whereas training and supervisor
support (supevision, rewards and funishment) are related to the external factors."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>