Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 60 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dyah Wulandari Mardyastuti
Abstrak :
ABSTRAK
Kondisi fisik dan mental para pekeija dipengaruhi oleh kehidupan dalam organisasi tempat orang tersebut bekerja, karena sepertiga dari waktu mereka dalam sehari dihabiskan di tempat kerja Kehidupan dalam organisasi diciptakan oleh pihak manajemen dengan membentuk iklim organisasi yang diharap dapat membantu mewujudkan tujuan perusahaan. Sementara itu, melalui organisasi, para anggota berusaha memenuhi tujuan pribadinya. Apabila organisasi dapat memuaskan tujuan pribadi anggotanya, maka akan tercipta kepuasan kerja karyawan. Untuk menyempitkan permasalahan dan memfokuskan penelitian, dilakukan studi kasus pada PT Bahana TCW Investment Management. Tulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan PT Bahana TCW Investment Management. Dari kajian yang dilakukan diharapkan dapat diketahui gambaran umum mengenai iklim organisasi dan kepuasan kerja di perusahaan tersebut, serta pengaruhnya. Untuk mencapai tujuan penelitian, ditempuh pendekatan kuantitatif dengan berupaya melakukan pengamatan dimana indikator-indikator variabel adalah jawaban-jawaban pekeija terhadap pertanyaan yang diberikan melalui angket. Untuk mengukur kepuasan kerja digunakan angket yang sudah sangat terkenal, yaitu Minnesota Job Salisfaction Ouestionnaire (MSQ), sedangkan untuk mengukur iklim organisasi digunakan angket Organizational Climate Description Ouestionnaire (OCDQ). Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa iklim organisasi dinilai baik oleh para karyawan, dan karyawan merasakan kepuasan kerja; hal ini juga terbukti dari terdapatnya pengaruh yang kuat dari iklim organisasi terhadap kepuasan kerja pada PT Bahana TCW Investment Management. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik sebuah kesimpulan umum, bahwa semakin baik iklim organisasi dinilai oleh anggotanya, maka akan semakin tinggi pula kepuasan kerja yang dirasakan oleh anggotanya.
2004
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chairany Savitri
Abstrak :
PT Linknet merupakan perusahaan jasa layanan koneksi internet yang berlokasi di Lippo Karawaci Tangerang. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2000 dan telah memiliki beberapa cabang di Indonesia, seperti Surabaya, Semarang dan Biak. Anak perusahaan Lippo Group ini menyediakan produk layanan internet untuk perorangan dan perusahaan. Perusahaan jasa mengutamakan pelayanan prima bagi pelanggannya dan hal ini dapat dicapai dengan kerjasama seluruh pihak di dalam perusahaan. Untuk itu, diperlukan suatu iklim komunikasi yang baik guna tercapainya tujuan perusahaan tersebut. PT Linknet memiliki 64 karyawan dari 5 department. Tanpa memiliki humas, PT Linknet menyerahkan kegiatan internal perusahaan pada divisi HRD dan untuk kegiatan eksternal diserahkan pada divisi marketing. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti berusaha memperoleh gambaran dan menganilisis bagaimana iklim komunikasi pada PT Linknet dan bagaimana employee communication-nya di dalam perusahaan tersebut. Peneliti juga ingin melihat sejauh mana perusahaan memperhatikan hubungan antar karyawan di dalam perusahaan tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey, dengan jumlah responden seluruh karyawan yang ada di PT Linknet, baik itu level staff sampai level manager. Kuesioner yang disebarkan ke responden menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata responden mengatakan iklim komunikasi di PT Linknet masih kurang baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian pada upward dan downward communication-nya, dimana harapan-harapan mendasar karyawan belum terpenuhi. Seperti upah yang cukup, perlakuan adil, ketenangan bekerja, perasaan diakui, penghargaan atas hasil kerja dan penyaluran perasaan. Namun, pada sideways communication, dinilai sudah cukup baik oleh karyawankaryawannya. Sehingga tercipta suasana kerja yang cukup baik dan kompak. Beberapa saran yang dapat diberikan adalah agar PT Linknet merekrut seorang PR, karena selain baik untuk menjembatani antara perusahaan dengan karyawan, PR juga baik untuk membina hubungan dengan publik eksternal perusahaan. Selain itu, perusahaan diharapkan lebih memperhatikan harapan-harapan karyawan yang mendasar dengan memperhatikan upah yang sesuai, mengadakan program penghargaan dan menyediakan sarana untuk penyaluran perasaan.
2003
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Cahyarini
Abstrak :
Permasalahan utama dari penelitian ini adalah ; bagaimana hubungan antara kualitas pelayanan terhadap sikap pelanggan perusahaan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran tentang bagaimana sikap pelanggan terhadap kualitas pelayanan program, mendapatkan gambaran tentang sikap pelanggan terhadap perusahaan dan membuktikan hubungan antara kualitas pelayanan dengan sikap terhadap perusahaan. Penelitian ini meneliti hubungan antara kuaiitas dan pelayanan dengan sikap terhadap perusahaan, kedua-duanya mengukur sikap pada level afektif. Kualitas pelayanan memiliki indikator-indikator yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Sedangkan indicator untuk sikap terhadap perusahaan terdiri dari kredibiiitas, empati, tangible, reliabilitas dan responsiveness. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah kuantitatif dan penelitiannya bersifat eksplanatif. Dalam metodologi penelitian ini, variabel independennya terletak pada kualitas pelayanan dan variabel dependennya terletak pada sikap terhadap perusahaan. Adapun teknik penarikan sample yang penulis gunakan adalah simple random sampling dengan penyebaran 60 kuesioner yang ditujukan untuk pelanggan perusahaan yang melakukan penyambungan baru dan penambahan daya pada bulan Mei 2004. Berdasarkan hasil perhitungan statistik spss untuk melihat hubungan antara kualitas pelayanan dengan sikap pelanggan terhadap perusahaan, terdapat korelasi yang signifikan pada level 0,01. Ini berarti terdapat korelasi yang kuat dan positif antara kedua variebel tersebut.
2004
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Vriella Dasanty
Abstrak :
Public Relations merupakan suatu fungsi strategis dalam manajemen yang dapat diterapkan di lingkungan pemerintahan maupun swasta . Public itu sendiri adalah merupakan penerapan dari konsep komunikasi, oleh karenanya Public Relations bisa tampak dimana-mana. Sebagian masyarakat memberikan pendapat yang berbeda-beda tentang Public Relations . Demikian halnya dengan komunitas ilmiah melalui mahasiswa. Komunikasi dan mahasiswa non komunikasi di Indonesia. Berdasarkan perbedaan pendapat, maka yang menjadi masalah adalah bagaimana dan seberapa jauh mahasiswa komunikasi dan non komunikasi memberikan opini dengan mengidentifikasi aktivitas-aktivitas serta memberikan rekomendasi dan target yang akan dicapai dari Public Relations itu sendiri. Dari hasil penelitian, pengolahan dan analisa data, maka direkomendasikan bahwa : Public Relations tidak hanya memelihara komunikasi keluar, tetapi juga komunikasi kedalam perusahaan sehingga dapat memberikan citra dan kualitas fungsi dari Public Relations itu sendiri. Selanjutnya, responden menganggap Public Relations sebagai unsur yang vital. Dengan demikian posisi Public Relations harus lebih diberdayakan; tidak hanya pada penampilan tisik tetapi lebih menekankan pada segi keahlian dan ketrampilan .
2003
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Augustina
Abstrak :
Wells & Drilling Department merupakan salah satu dari departemen inti di BP Indonesia. Sistem kerja departemen ini cukup unik, sebagian besar karyawannya bekerja di lapangan dengan pengaturan waktu tertentu sehingga antara karyawannya jarang bertemu. Iklim komunikasi organisasi menurut Goldhaber terdiri dari lima dimensi, yaitu daya dukung, partisipasi dalam membuat keputusan, kepercayaan, keterbukaan dan keterusterangan, dan tujuan kinerja yang tinggi. Sedangkan kepuasan kerja menurut Wilo memiliki enam dimensi yaitu kepuasan dengan pekerjaan itu sendiri, kepuasan dengan ketepatan informasi, kepuasan dengan kemampuan seseorang yang menyarankan perubahan, kepuasan dengan efisiensi bermacam-macam saluran komunikasi, kepuasan dengan cara komunikasi teman sekerja, dan kepuasan dengan keterlibatan dalam komunikasi organisasi sebagai kesatuan. Skripsi ini mencoba mencari hubungan antara iklim komunikasi organisasi departemen ini dengan kepuasan kerja karyawannya. Penelitian ini bersifat kuantitatif sehingga data-data dan analisa yang dikemukakan meru pakan "hasil dari perhitungan statistik. Namun juga disertakan hasil wawancara, bukan sebagai inti dari penelitian tapi sebagai data penunjang saja. Setelah dianalisa, ternyata iklim komunikasi organisasi di departemen ini berhubungan erat dengan kepuasan kerja karyawannya. Selain itu, karyawan di departemen ini memang menganggap iklim komunikasi adalah hal penting dalam menunjang kepuasan kerjanya.
2003
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lidia Putri Sulistyani
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dinamika interaksi dan aktivitas berbagi informasi pada grup traveler daring dan peran anggota sebagai komunikator pariwisata Indonesia melalui thread yang diposkan. Agar tujuan penelitian tercapai, kerangka teoritis disusun dari penelitian sebelumnya dalam lingkup ilmu komunikasi terutama knowledge sharing, electronic word of mouth, user generated content dan pariwisata. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam pada Grup Facebook Beautiful Indonesia. Hasil penelitian adalah anggota aktif membagikan informasi pada Grup Facebook Beautiful Indonesia. Matriks fasilitator membagikan informasi oleh Kosonen terjadi dalam grup Facebook Beautiful Indonesia yaitu enjoyment of helping, moral obligation, acces to valuable information, viewing knowledge as public goods, commitment, sense of community dan trust ketika anggota mengeposkan informasi dan pengalaman perjalanan. Dinamika interaksi anggota grup terjadi secara online dan offline, menjadi sarana untuk pertukaran informasi seputar produk wisata. Maka, anggota grup berperan sebagai komunikator dengan menjalankan fungsi humas karena berpartisipasi dalam menciptakan ruang diskusi, penyebaran informasi dan promosi dengan cara electronic word of mouth melalui user generated content.
ABSTRAK
Interaction by social media develops in tourism sector is also used to look for information and socialize. The purpose of this study is to find out about interaction and sharing information activity with a group of a traveler online and role of the member as a communicator of Indonesia tourism through the thread posted. The theoretical draft was compiled from the previous study in the field of communications especially knowledge sharing, electronic word of mouth, user generated content and tourism. The research method is qualitative descriptive with collecting observation datum technique, in depth and semi structured interview toward the Beautiful Indonesia Facebook Group and its members. The results of the study are the members are actively sharing information on Facebook Group Beautiful Indonesia. Matrix facilitators of sharing information by Kosonen happened among members interaction those are enjoyment of helping, moral obligation, acces to valuable information, viewing knowledge as public goods, commitment, sense of community and trust. The dynamics of interaction members of the group occurring in online and offline, provide for exchanging information about tourism product. So, members of the group serve as communicator, public relations to function as participate in creating a discussion, the spread of information and promotion by means of electronic word of mouth through user generated content.
2017
S68640
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indriani Atisundari
Abstrak :
Pingu's English Bintaro merupakan perusahaan yang baru berdiri selama setahun dan masih belum begitu dikenal masyarakat di sekitar Bintaro, sehingga Pingu membutuhkan sebuah solusi untuk dapat meningkatkan brand awareness dari masyarakat. Tujuan program adalah meningkatkan brand awareness Pingu's English sebagai tempat kursus anakanak yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendapatkan publisitas dari pihak media. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengukur keberhasilan suatu program yang sudah dijalankan dengan metode pengamatan langsung dan survey melalui pengisian kuesioner. ......Pingu's English Bintaro is a new company that has been established for one year and it still has lack of brand awareness in the public. Therefore, Pingu's English needs solution to boost its brand awareness from a public. The aim of program is to increase Pingu's English brand awareness as an English course that is trustable and fulfill the customer needs. Evaluation and review should be done to measure the effectiveness and successfulness of the program through direct observation and questionnaire.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Titi Mora Margaretha S.
Abstrak :
Pentingnya membina hubungan baik sudah sangat disadari oleh setiap perusahaan. Salah satu usaha yang dilakukan Public Relations dalam menjaga hubungan harmonis dengan para stakeholders-nya tersebut adalah dengan menjaga hubungan baik dengan pemerintahan. Tulisan ini mencoba mengetahui bagaimana kegiatan divisi government relations yang dilakukan oleh Public Relations PT Mosesa Petroleum dalam upaya membangun hubungan baik dengan pemerintahan, serta kendala yang dihadapai dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.Penelitian menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif dan sifat penelitian deskriptif. Penulis menyimpulkan Public Relations PT Mosesa Petroleum telah melaksanakan berbagai bentuk kegiatan government relations sesuai dengan konsep yang ada dan dalam pelaksanaannya, PR Mosesa masih dalam proses pendekatan dan mulai mendapat kepercayaan dan dukungan dari masyarakat melalui pemerintah. ......The necessity in building good relations has been realized by every company. One of the Public Relations efforts in maintains the relationship to the stakeholders is to keep the good relations with the government people. This paper research and try to study the activities of government relations division that conducts by Public Relations of PT Mosesa Petroleum, as well as the constraints in implementing these activities. The authors using a constructivism paradigm, a qualitative approach and descriptive research. The authors conclude that Public Relations of PT Mosesa Petroleum has been implementing all the government activities itself in accordance with the concept. Public Relations of PT Mosesa still on their approaching programs to get support from their stakeholders in this case from government on behalf public.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriela Fernanda Subagio
Abstrak :
ABSTRAK
Situasi1. Data riset pendahuluan menunjukkan bahwa hanya 48 mahasiswa yang mengetahui program Green Campus di Universitas Indonesia.2. Hasil observasi menunjukkan sejumlah perilaku anti-lingkungan.3. Berdasarkan data tersebut, diperlukan program pemasaran sosial yang dapat mengatasi rendahnya kesadaran mahasiswa mengenai program Green Campus dan perilaku anti lingkungan pada mahasiswa Universitas Indonesia.Tujuan1. Meningkatkan kesadaran target khalayak mengenai program Green Campus di Universitas Indonesia dari 48 menjadi 70 .2. Membangun rasa tanggung jawab target khalayak terhadap program Green Campus di Universitas Indonesia dari 41,8 menjadi 65 .3. Perilaku pro lingkungan pada mahasiswa Universitas Indonesia meningkat sebesar 10 .Target KhalayakMahasiswa aktif yang berasal dari 15 fakultas di Universitas Indonesia, baik program vokasi D3 maupun sarjana S1 .Pesan Kunci ldquo;Think Green, Live Great rdquo;Strategi1. Penggunaan media organisasi2. Educational Gathering3. Special EventsTaktik1. Mengembangkan website, membuat akun media sosial, dan memanfaatkan media luar ruang.2. Menyelenggarakan seminar UI Green Education.3. Menyelenggarakan kompetisi Think Green Project, pameran UI Green Force, dan acara puncak UI Green Movement.Rencana WaktuJuli 2017 ndash; Juli 2018AnggaranRp 260.100.000,00EvaluasiEvaluasi tahap input, output, dan outcome dengan metode kualitatif dan kuantitatif.
ABSTRAK
Situation Analysis1. Preliminary research indicates that only 48 of students know about Green Campus at Universitas Indonesia. 2. Recent observation indicates anti environmental behavior.3. According to the data, social marketing is required to overcome the students rsquo lack of awareness regarding Green Campus and anti environmental behavior on Universitas Indonesia students. Objectives 1. Raising awareness among target audience about Green Campus at Universitas Indonesia from 48 to 70 .2. Building sense of responsibility towards Green Campus at Universitas Indonesia from 41,8 to 65 .3. Increase Pro environmental behavior on Universitas Indonesia students by 10 . Target AudienceActive students from 15 faculties at Universitas Indonesia, both vocational program D3 and undergraduate program S1 .Key Message ldquo Think Green, Live Great rdquo Strategies1. Using Organization Media2. Educational Gathering3. Special EventsTactic1. Developing website, creating social media account, and using outdoor media. 4. Organizing UI Green Education seminars. 5. Organizing Think Green Project Competition, UI Green Force Exhibition, and UI Green Movement Event. TimelineJuly 2017 ndash July 2018BudgetRp 260.100.000,00Evaluationinput, output, and outcome by using qualitative and quantitative methods
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>