::  Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

 
Ditemukan 21 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Stella Bunga Parmawati, author
Gangguan pendengaran pada anak tuna rungu yang terjadi sebelum masa perkembangan bahasa (prelingual) dan tergolong parah (profound) menimbulkan masalah dalam proses akademis dan komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu, intervensi untuk meningkatkan kosakata anak tuna rungu sebagai dasar perkembangan bahasa penting untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan efektivitas pendekatan modifikasi...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T31756
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alfa Restu Mardhika, author
ABSTRAK
Banyak anak penyandang disabilitas intelektual ringan mengalami masalah dalam berinteraksi sosial di sekolah. Berdasarkan hal itu, keterampilan sosial merupakan hal yang penting bagi anak disabilitas intelektual ringan untuk dapat berkembang di sekolah inklusi. Salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak disabilitas intelektual ringan adalah dengan pendekatan modifikasi perilaku, terutama menggunakan modeling....
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T31152
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aryuni Novita Sari, author
ABSTRAK
Anak yang mengalami keterbelakangan mental perlu mempersiapkan dirinya untuk menghadapi usia dewasa (Wenar & Kerig, 2000). Mereka harus mempelajari berbagai fungsi, seperti fungsi inteligensi, komunikasi, sosialisasi, dan keterampilan hidup sehari-hari agar dapat hidup dengan lebih baik dalam lingkungan sosial (Michael & McCormick, 2007). Oleh karenanya, program terpenting bagi anak terbelakang mental adalah melatih mereka dalam kemampuan...
2008
T37630
UI - Tesis (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Botutihe, Sukma Nurilawati, author
Dalam upaya menangani perilaku yang tidak diharapkan dari anak, perlu dilakukan perubahan perilaku. Perubahan tersebut akan menjadi efektif dengan adanya kontrol dan keterlibatan orang tua. Oleh karena itu orang tua perlu diberikan pelatihan dalam mengupayakan teknik modifikasi perilaku pada anak (Schaefer & Briesmeister, 1989). Untuk itu disusun program intervensi yang...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38102
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Frederika Antoinette Ketting Olivier, author
Perilaku agresif pada anak dengan autisme dengan disabilitas intelektual merupakan masalah yang sering dihadapi oleh guru-guru di sekolah. Penanganan yang tepat perlu dilakukan untuk mengatasi masalah perilaku agresif agar perilaku tersebut tidak menetap dan tidak menghalangi proses pengembangan kemampuan pada anak. Penelitian dengan desain single subject experimental design, menggunakan teknik...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46561
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Pratiwi Widyasari, author
Pembuatan program intervensi ini bertujuan untuk memhentuk kemampuan bantu diri makan menggunakan sendok bagi anak tuna netra-rungu bemsia 6 tahun 2 bulan dengan mctode modifikasi perilaku. Pronquing dan fading merupakan teknik pembentukan perilaku yang dilakukan karena teknik tcrsebut merupakan teknik yang paling panting ketika akan mcngajarkan kemampuan bantu diri makan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
T34042
UI - Tesis (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Dayu Citra Abdini, author
Retardasi mental merupakan gangguan fungsi kognitif yang mengakibatkan keterbatasan dalam perilaku adaptif dan tampak selama masa perkembangan (Grossman, dalam Kauflinan & Hallahan, 1988). Keterbatasan yang dimiliki anak dengan retardasi mental membuat mereka tidak dapat berkembang dengan optimal sehingga perlu mendapatkan penanganan. Intervensi diberikan untuk melatih kemampuan yang penting dikuasai anal;...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T34205
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Herlinda Ekapraja, author
Initiation of joint attention merupakan kemampuan dasar yang diperlukan individu dalam berinteraksi secara sosial. Kemampuan ini melibatkan aspek bahasa, komunikasi, dan interaksi sosial, yang merupakan area defisit utama pada individu dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan modifikasi perilaku melalui penerapan prompting dan reinforcement oleh...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42822
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Amatul Firdausa Nasa, author
ABSTRAK
Secara umum, anak dengan ADHD kesulitan untuk tetap menampilkan perilaku on-task pada tugas yang ia kerjakan. Hal ini berkaitan dengan kesulitan mereka untuk mempertahankan perhatian mereka dalam waktu yang lama. Kesulitan dalam mempertahankan perhatian membuat anak ADHD sering mengalami kegagalan akademis dan memiliki prestasi yang rendah. Diperlukan penanganan untuk meningkatkan...
2017
T47384
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Yessica Kristanti Paramita Putri, author
ABSTRAK
Seorang anak perlu menguasai kesiapan sekolah sebelum ia masuk Sekolah Dasar. Salah satu aspek kesiapan sekolah yang perlu dikuasai adalah keterampilan sosial, khususnya perilaku terkait tugas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas program modifikasi perilaku dengan metode social modeling dan token economy untuk meningkatkan perilaku terkait tugas di kelas anak. Desain yang digunakan adalah...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T39023
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>