Ditemukan 44 dokumen yang sesuai dengan query
Menghadapi pasar global, rumah sakit sebagai organisasi bisnis akan menghadapi persaingan bisnis yang bermuara pada masalah survival organisasi bisnis itu sendiri. Kemampuan beradaptasi merupakan modal organisasi RS supaya tidak terjebak dalam problematika survival. Rumah sakit berperan penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, dan terjangkau kepada masyarakat untuk peningkatan...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2006
T41332
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Emi Nurwaheni, author
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh sikap, norma subjektif dan kendali perilaku terhadap intensi Wajib Pajak Orang Pribadi Muslim untuk menggunakan zakat sebagai pengurang Penghasilan Neto. Penelitian dilakukan terhadap 220 responden di wilayah Kota Bekasi yang terdaftar sebagai Wajib Pajak di KPP Pratama Bekasi Utara dan Bekasi...
Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Syaeful Bahri, author
[ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai pemikiran politik Recep Tayyeb Erdogan dan
revolusi politik sekular sebagai dampaknya. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan mengambil studi terhadap pergulatan politik sekular versus
Islam dalam revolusi Turki. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa politik
Erdogan yang memimpin partai AKP sebagai partai politik Islam dapat berkuasa
dengan lebih dari satu dekade...
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ines Soepinarko Putri
[ABSTRAK
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan suatu program pemerintah yang sudah disiapkan dari tahun 2004. Implementasi atau pelaksanaannya di Januari 2014 ini menjadi tantangan besar bagi seluruh aktor didalamnya.Salah satu actor penting yaitu rumah sakit sebagai provider. Berdasarkan data empiris, pengeluaran obat berkisar antara 35% ? 40 % dari total pembiayaan....
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41637
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ida Ayu Putri Yuliani Wijaya S., author
Kelengkapan berkas klaim pasien Jamkesmas merupakan salah satu kendala yang menjadi perhatian manajemen di RSUP Sanglah Denpasar. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran transisi sistem pelayanan peserta Jamkesmas ke JKN di RSUP Sanglah tahun 2014. Metodologi penelitian adalah dengan cara kualitatif, data primer berasal dari wawancara mendalam, dengan data...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42512
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Panjaitan, Marsaulina Olivia, author
SBAR merupakan sebuah teknik komunikasi untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi tim dalam upaya keselamatan pasien Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif cross sectional comparative Hasil penelitian memperlihatkan terdapat perbedaan yang signfikan pada aspek pengetahuan mengenai unsur komunikasi efektif, pentingnya pengetahuan dasar tentang lawan bicara, pertanyaan yang bersifat terbuka, pentingnya menjadi...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41505
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rivie Rianda Iskandar, author
Pelayanan rawat jalan sebagai unit terdepan yang menampilkan citra rumah sakit dan merupakan penyumbang pasien terbesar harus dikelola dengan baik, salah satunya adalah dengan meperbaiki waktu tunggunya. Waktu tunggu merupakan salah satu dimensi mutu dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa waktu tunggu pelayanan rawat jalan di RSIA Aulia...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41502
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sisvana Damayanti, author
[ABSTRAK
Produktivitas pegawai menjadi pusat perhatian meningkatkan kinerja yang
mempengaruhi efesiensi dan efektifitas organisasi. Analisis yang lebih
mengkonsentrasikan pada kinerja, akan lebih memberikan penekanan pada faktor
utama antara lain adalah motivasi kerja pegawai. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara karakteristik pegawai tetap, faktor satisfiers dan
faktor dissatisfiers terhadap motivasi kerja pegawai tetap di Rumah Sakit Umum
Daerah...
2015
T43005
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dania Kosim, author
[ABSTRAK
Salah satu alternatif untuk menjawab masalah kepercayaan terhadap pelayanan
kesehatan dan mengelola rumah sakit agar dapat memperbaiki kinerja serta
meningkatkan sekaligus mempertahankan kualitas pelayanannya adalah dengan
menerapkan konsep Total Quality Service. Fokus utama dari Total Quality Service
adalah melibatkan pelanggan pada pengembangan proses pelayanan jasa sedini
mungkin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor Total
Quality...
2015
T42999
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mira Puspitasari, examiner
[ABSTRAK
Merumuskan Learning Organization Melalui Analisis Budaya
Keselamatan Pasien Dan Budaya Organisasi Di RS.Masmitra
Langkah awal membangun keselamatan pasien adalah melakukan
penilaian terhadap budaya keselamatan pasien yang mana diperlukan
pengkajian budaya organisasi sebagai panduan dalam menerapkan
keselamatan pasien.
Penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif potong lintang dilanjutkan
metode kualitatif ini bertujuan mengukur budaya keselamatan pasien,
mengidentifikasi profil budaya organisasi dan...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42983
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library