Ditemukan 68 dokumen yang sesuai dengan query
Panggabean, Ruth Lidya, author
ABSTRAK
Tulisan ini menjelaskan proses transformasi sosial orang-orang biasa menjadi selebriti, atau
yang disebut sebagai celebrification, dengan YouTube sebagai kanalnya. Sesuai jargon
YouTube Broadcast Yourself, para pengguna dapat menyiarkan dirinya maupun konten
buatannya kepada pengguna YouTube lainnya secara global. Mereka yang awalnya hanya
pengguna biasa dapat menjadi populer dengan menerapkan strategi tertentu. Pendampingan dari pihak...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Hasna Shabrinisa, author
ABSTRAK
Penerapan strategi destinasi digital oleh pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan pariwisata domestik berisiko menimbulkan kerusakan pada lingkungan destinasi, hilangnya pengalaman pariwisata, dan utamanya degradasi nilai lokal. Hal ini terjadi karena penawaran wisata hanya fokus pada keindahan lanskap atau visual sebagai nilai fotogenik dan mengabaikan nilai historis destinasi. Oleh karena permasalahan...
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Sihombing, Luna Nauli, author
ABSTRAK
Karya ilmiah ini menganalisa karya-karya seni Nam June Paik yang mencakup berbagai instalasi, patung,
pertunjukan, dan video. Diinformasikan oleh gagasan `posthuman sibernetis` seperti yang diusulkan oleh N.
Katherine Hayles dalam How We Became Posthuman, sebuah konsep yang dirinya dibangun di atas teori
sibernetika Norbert Wiener, karya tersebut mencoba untuk menghubungkan teori-teori posthumanis tentang
dematerialisasi,...
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Atika Amalina, author
[ ABSTRAK
Makalah ini meneliti penerapan elemen jurnalisme yang dilakukan oleh majalah independen, khususnya Majalah JAX. Majalah independen merupakan subjek kajian penting terutama karena karakteristiknya yang bertentangan dengan media arus utama, dimana penerapan prinsip jurnalisme sudah banyak diteliti sebelumnya. Dengan melakukan analisis tekstual terhadap konten majalah, makalah ini berargumen bahwa penerapan...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dirgantara Reksa Ginanjar, author
[ ABSTRAK
Jurnal ini membahas bagaimana komunikasi antar budaya terjadi dalam menerjemahkan sastra Indonesia ke dalam bahasa Inggris oleh penerjemah asing. Dengan mempelajari Yayasan Lontar, penulis mencoba melihat bagaimana para penerjemah asing yang dimiliki Yayasan Lontar dapat menerjemahkan sebuah karya sastra tanpa hanya menerjemahkan secara harfiah, tapi juga menerjemahkan tanpa menghilangkan...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Tsurayya Ghaida, author
[ ABSTRAK
Di televisi dan banyak media online, berita mengenai selebritas dikemas dengan tambahan
sensasionalisme yang dalam jurnalisme disebut jurnalisme kuning (yellow journalism).
Dengan meneliti cara penyajian atau unsur-unsur multimedia artikel dalam situs Muvila.com,
yang merupakan sebuah media online yang menyajikan informasi seputar film, TV, dan
selebritas baik dari dunia hiburan lokal maupun internasional (Profil...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Farah Maulida, author
[ ABSTRAK
Menjelang Pemilu Presiden 2014 Indonesia, media massa sering membahas tentang latar belakang kedua calon presiden. Dengan mengambil kasus artikel dari Time.com, penulis mengungkap bagaimana majalah tersebut mengangkat latar belakang Prabowo yang dituduh terseret dalam kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia pada rezim Suharto. Artikel tersebut menguak sisi...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Sinaga, Saradeta Ursula, author
[ ABSTRAK
Jurnal ini membahas komunikasi global yang dilakukan oleh perusahaan multi
nasional (MNC) dengan produk minuman berkarbonasi bernama Coca-Cola. Di era
globalisasi saat ini, sebuah perusahaan MNC mengkoordinasikan seluruh aktivitas pemasaran
ke berbagai negara. Dalam hal ini perusahaan melakukan adanya standarisasi produk,
packaging, dan merek. Bahkan, beberapa produk dan jasa secara serempak menyamakan
pesan...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Lisana Alia, auhtor
[ ABSTRAK
Warga negara lain sering mengaitkan orang Indonesia dengan beberapa hal seperti cinta keluarga,
toleran, ramah, religius tetapi suka terlambat, lamban, pemalas, kurang disiplin, dan terlalu suka basa-basi
(Setyorini, 2014). Kepercayaan tersebut dapat tergolong sebagai stereotip, karena menyusun citra mengenai
kelompok tertentu ke dalam kategori yang sederhana untuk merepresentasikan seluruh anggota dari...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dina Adriandini, author
ABSTRAK
Artikel jurnal ini bertujuan untuk membahas ARKIPEL ? Jakarta International Documentary and Experimental Film Festival dan kaitannya dengan counter-hegemony terhadap industri film arus utama. Studi literatur atau studi kepustakaan adalah metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data sekunder dalam jurnal ini.
Hasil menunjukkan bahwa ARKIPEL dapat dikategorikan sebagai bentuk counter-hegemony terhadap industri...
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library