Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 44590 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press , 1994
362.106 PER
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rae, Leslie
Jakarta : Gramedia, 2005
658.3 RAE ut
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Andi Firdaus
"Perencanaan adalah sebuah alat mendasar dalam manajemen proyek yang digunakan untuk mencapai ruang lingkup, biaya, dan waktu yang direncanakan. Salah satu penyebab kegagalan proyek disebabkan oleh perbedaan-perbedaan dalam perencanaan, perencanaan yang kurang baik, dan manajemen yang tidak efisien. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa indikator atau risiko apa saja dalam proses perencanaan manajemen proyek yang berpengaruh terhadap kinerja waktu yang selanjutnya dilakukan analisa level risiko dengan menggunakan metode AHP berbasis PMBOK 2013 sehingga didapatkan risk rating untuk indikator dan faktor risiko tersebut untuk kemudian dirumuskan respon preventif dari masing-masing risiko tersebut. Dari respon preventif yang telah dirumuskan akan dilakukan pengembangan sistem perencanaan manajemen proyek berupa perbaikan SOP dari kegiatan yang sudah dan pembuatan SOP baru bagi kegiatan yang belum ada. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan strategi baru dalam meningkatkan kualitas perencanaan yang berdampak terhadap kinerja waktu proyek di Kementerian X.

Planning is a fundamental tool used in project management to achieve the scope, cost, and time planned. One of the causes of project failure is caused by differences in the planning, improper planning, and inefficient management. This study was conducted to analyze the indicators or risk anything in the planning process of project management that affect the performance of time later to analyze the level of risk by using AHP based on PMBOK 2013 to obtain the risk rating for the indicators and risk factors are then formulated in response to a preventive of each masing risks. From preventive response has been formulated will develop project management planning system in the form of improvement SOP of existing practices and make the new SOP for activities that did not exist. Hopefully this research can be used as a new strategy to improve the quality of planning that impact on the performance of a project in the Ministry of X."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dicky Ahmad Ghiffari
"Profil Usaha House of Juice adalah UMKM yang didirikan pada tanggal 20 Mei 2020 dengan produk jus buah alami dengan pemanis madu. House of Juice berlokasi di daerah Srengseng, Jakarta Barat. House of Juice menggunakan metode pemesanan terlebih dahulu (pre-order) melalui akun Instagram @_houseofjuice
Analisis Situasi
Strength Produk jus buah dengan pemanis alami berupa madu
Menggunakan buah berkualitas dengan tingkat kematangan yang baik, rasa manis alami, dan berasal dari distributor terpercaya
Menggunakan media sosial Instagram sebagai platform utama untuk menjalankan usahaBisnis dengan metode pre-order memiliki peluang kerugian yang kecil (lowrisk) Weakness) Belum tersedia di layanan e-commerce (Gojek, Grab, Tokopedia) Belum memiliki strategi kehumasan yang jelas dan direncanakan dengan matang Pemasaran produk berhenti sejak bulan November 2020
Belum rutin mengunggah konten di sosial media Instagram, rata-rata hanya 2 konten setiap minggu. Opportunity
Banyak masyarakat yang mencari produk kesehatan untuk memenuhi kebutuhan vitamin di masa pandemi Banyak kompetitor jus yang lebih memilih menggunakan pemanis jus dari gula dan susu kental manis Perkembangan media sosial Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran produk
Threat
Kompetitor bisnis serupa yang sangat banyak
Nama brand House of Juice sudah pernah ada yang menggunakan
Pernyataan Masalah House of Juice belum memiliki strategi kehumasan yang direncanakan dengan matang untuk mengkomunikasikan pesan tentang produk jus buah sehat yang dimilikinya. Hal ini didukung dengan keberadaan pandemi Covid-19 yang telah menghadirkan permasalahan baru yang mengganggu kesehatan, khususnya bagi kalangan remaja. Sehingga House of Juice dapat membuat strategi kehumasan berupa program kesadaran kesehatan yang bertujuan untuk membangun citra brand House of Juice sebagai brand yang peduli dengan kesehatan remaja generasi Z.
Usulan Program
Program bernama It’s Healthy Juice for You dengan pesan kunci #MulaiDariSekarang. Rangkaian program ini terdiri dari:
Aktivasi media sosial Instagram
Kolaborasi komunitas bersama komunitas sepak bola Lapan Rasa FC dan komunitas lari Running Rage
Kolaborasi content creator untuk menggerakan 7 Days Healthy Challenge
Special event Juice Day at School
Tujuan
Membangun citra brand House of Juice yang peduli dengan kesadaran kesehatan generasi Z
Target Khalayak
Demografis
Jenis Kelamin: Laki-laki dan Perempuan
Usia: 15-24 tahun
Pekerjaan: Pelajar dan mahasiswa
SES: B
Geografis
Domisili: Jakarta Barat
Wilayah khusus: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi.
Behaviour
Aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi
Suka mengikuti akun influencer di Instagram
Suka mencari informasi mengenai komunitas olahraga di Instagram
Memiliki ketertarikan untuk mengonsumsi produk berbahan dasar buah
Psikografis
Suka bersenang-senang
Menggunakan media sosial untuk mencari rekomendasi makanan dan minuman sehat
Suka memesan makanan dan minuman dari aplikasi online
Suka mencari tahu tren yang populer di Instagram
Jadwal
Juni - Oktober 2022
Anggaran
Rp16.154.000
Monitoring & Evaluasi
Input: Monitoring & Evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan setiap kegiatan
Output: Monitoring & Evaluasi terhadap Indikator Keberhasilan tiap kegiatan
Outcome: Monitoring & Evaluasi terhadap hasil dan pengaruh program terhadap kesadaran kesehatan generasi Z dan citra brand

Company Profile
House of Juice is an MSME founded on May 20, 2020 with natural fruit juice products with honey sweetener. House of Juice is located in Srengseng area, West Jakarta. House of Juice uses pre-order method via Instagram account @_houseofjuice.
Situation Analysis
Strength
Fruit juice products with honey natural sweeteners
Using good quality ripe fruit with natural sweet taste, and comes from a trusted distributor
Using Instagram as the main platform to run the business
Businesses with the pre-order method have a small chance of loss (low risk)
Weakness
Not available on e-commerce services (Gojek, Grab, Tokopedia)
Does not have a clear and well-planned communication strategy
Business activities have stopped operating since November 2020
Not routinely uploading content on social media, only two times a week
Opportunity
Many people are looking for health product to meet their vitamin needs during the pandemic
Many brands juice competitor prefer to use sweetened from sugar and condensed milk
The use of social media that can be used for product marketing
Threat
A lot of similar business competitors
House of Juice brand name had been used before by others
Problem Identification
House of Juice does not have a well-planned public relations strategy to communicate its message about its healthy fruit juice products to customers. This is supported by the Covid-19 pandemic which has presented new problems that interfere with health, especially for teenagers. With that opportunity, House of Juice can create a public relations strategy in the form of a health awareness program that aims to build the House of Juice brand image as a brand that cares about the health of generation Z teenagers.
Programs
The program called It's Healthy Juice for You with the key message #StartFromNow. This series of programs consists of:
Instagram social media activation
Community collaboration (Lapan Rasa FC & Running Rage)
Content creator collaboration (7 Days Healthy Challenge)
Special event “Juice Day at School”
Goals
Building a House of Juice brand image that cares about the health awareness of generation Z.
Target Audience
Demographic
Gender: Male and Female
Age: 15-24 years old
Occupation: Student
SES: B
Geographical
Area: West Jakarta
Focus area: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi.
Behavior
Actively use social media to find information
Likes to follow influencer accounts on Instagram
Likes to find information about the sports community on Instagram
Have an interest in consuming fruit-based products
Psychographic
Likes to having fun
Using social media to find healthy food and drink recommendations
Likes to order food and drinks from online applications
Loves to find out what trends are popular on Instagram
Schedule
June - October 2022
Budget
Rp. 16.154.000,-
Monitoring & Evaluation
Input: Monitoring & Evaluation of the planning and implementation of each activity
Output: Monitoring & Evaluation of the KPI of each activity
Outcome: Monitoring & Evaluation of the results and impact of the program on Generation Z's health awareness and brand image
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Miftah Arief
"Perencanaan proyek harus menjadi bagian integral dari industri pembangunan perumahan agar dapat dicapai kinerja proyek yang lebih efisien dan berdampak pada kinerja waktu yang lebih baik. Diperlukan pemahaman yang jelas dan rinci apa yang menjadi lingkup di dalam proyek dan apa yang tidak termasuk di dalam lingkup proyek serta apa saja yang menjadi risiko dalam perencanaan proyek. Perencanaan proyek diharapkan mampu memberikan solusi pada keseluruhan struktur pekerjaan secara yang rinci sekaligus fleksibilitas untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan kegiatan proyek dan mengakomodasi sistem organisasi proyek serta perubahan-perkembangan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai masalah perencanaan pada proyek pengembangan perumahan dengan mengidentifikasi 10 area pengetahuan dan 24 proses perencanaan dalam PMBOK (Project Management Body of Knowledge) edisi ke 6 tahun 2017 menggunakan pendekatan manajemen risiko untuk memahami dan menganalisis sistem perencanaan pada proyek perumahan. Mengacu pada hasil penelitian tersebut disusun sebuah pedoman (SOP) perencanaan proyek perumahan yang dapat dijadikan strategi untuk meningkatkan kinerja waktu proyek perumahan.

Project planning must be an integral part of the housing construction industry so that project performance can be achieved more efficient and have an impact on schedule performance. A clear and detailed understanding is needed of what is within the scope of the project and what are the risks identified in the project planning phase. Project planning is expected to be able to provide solutions to detailed work structures as well as flexibility to be able to adapt to the environment of unique project activities and to accommodate the project's organizational system and business changes or improvements made by the company. This study aims to parse the risks in project planning of residential development projects by identifying 10 knowledge areas and 24 planning processes in the 6th edition of the 2017 PMBOK (Project Management Body of Knowledge) using qualitative risk analysis approach to create an understanding and to mitigate the high risk factor. Referring the research results, a preventive action in each of the high risk indicator has been prepared to be integrated in the planning guideline (standard operating procedure). This risk analysis performed to be used as a strategy to improve the residential development schedule performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lesti Nurainy
"Untuk menerapkan paradigma baru pelayanan kesehatan dalam era globalisasi yang akan datang, Bidang Kimia Kesehatan Balai Laboratorium Kesehatan Palembang diharapkan memiliki daya saing tinggi dan swadana. Namun, Bidang Kimia Kesehatan masih belum terakreditasi sementara jumlah pemeriksaan laboratorium yang ditargetkan masih rendah. Dalam rangka meningkatkan kinerja Bidang Kimia Kesehatan, telah dirumuskan perencanaan strategis dengan melakukan penelitian operasional.
Penelitian opeasional ini dilaksanakan menggunakan model pemecahan masalah yang terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap masukan (input stage), tahap penyesuaian (matching stage) dan tahap keputusan (decision stage). Dalam tahap pertama, data tentang faktor-faktor internal sebagai kunci sukses dikumpulkan dari 12 orang staf Kimia Kesehatan dengan wawancara mendalam dan CDM, sedangkan data tentang faktor-faktor eksternal dikumpulkan dengan observasi dan wawancara mendalam. Dengan menggunakan matriks SWOT dan IE, dalam tahap kedua semua data yang terkumpul dianalisis untuk menetukan posisi organisasi, tujuan jangka panjang, beberapa strategi yang mungkin untuk mencapai tujuan serta strategi-strategi alternatifnya yang cocok. Akhirnya, matriks QSPM digunakan dalam tahap ketiga untuk menyusun prioritas strategis yang paling cocok dalam mengembangkan Bidang Kimia Kesehatan.
Matriks-matriks yang telah dibuat menunjukkan bahwa Bidang Kimia Kesehatan berada dlam posisi tumbuh dan membangun (grow and build). Oleh karena itu, strategi yang cocok untuk posisi ini adalah strategi integratif dan strategi integratif horizontal. Selanjutnya, berdasarkan matriks SWOT dirumuskan 12 strategi integratif dan 3 strategi horizontal Akhirnya, dari semua strategi yang telah dirumuskan pembentukan tim pemasaran merupakan prioritas utama.

Stragegic Planning for the Develompent of Health Chemistry Unit of the Palembang Health Laboratory 2001-2003To implement new paradigm in health services in the coming globalisation era, Health Chemistry Unit of the Palembang Health Laboratory is expected to be high competitive and self financed. However, the Unit has not been accredited while the achievement of targeted laboratory' tests is still very low. In order to improve the Unit performance, a strategic planning has been formulated by conducting an operational research.
The operational research was carried out using problem solving model which were divided into input stage, matching stage, and decision stage. In the first stage data on internal factors as success keys of the Health Chemistry Unit organisation were collected from 12 staffs of Health Chemistry by in-depth interview and CDM, whereas data on external factors were collected by in-depth interview and observations. Using SWOT and IE matrices, in the second stage all coIIected data were analysed to determine the position of the organisation, its long-term objectives, possible strategies to achieve the objectives as well as appropriate alternative strategies. Finally, QSPM matrix was used in the third stage to prioritise the most appropriate strategies for the development of Health Chemistry laboratory unit.
The constructed matrices show that the Health Chemistry Unit is in grow and build position. Therefore, the suitable strategies for this position are integrative strategy and horizontal integrative strategy. Further, based on the SWOT matrix 12 integrative strategies and 3 horizontal strategies were formulated. Finally, of the formulated strategies forming marketing team is the top priority.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2001
T5160
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dumilah Ayuningtyas
Jakarta: Universitas Indonesia, 2015
362.1 DUM p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kristiawati
"Proses pemulangan bayi berat badan lahir rendah (BBLR) dari rumah sakit ke rumah menjadi proses transisi yang sulit bagi orang tua. Ibu yang memiliki BBLR cenderung memiliki kepercayaan diri rendah dan mengalami stres dalam melakukan perawatan bayi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektifitas perencanaan pulang bayi berat lahir rendah berbasis aplikasi mobile terhadap stres ibu, kepercayaan diri ibu dan kesehatan bayi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan sequential exploratory mixed methods. Penelitian tahap pertama menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan delapan ibu yang memiliki BBLR yang dipilih secara purposive sampling. Aplikasi perencanaan pulang BBLR dibangun dari hasil penelitian kualitatif, studi literatur dan konsultasi pakar. Penelitian tahap kedua menggunakan desain quasi experiment pre-post test with control group, melibatkan 42 responden pada kelompok perlakuan dan 42 responden kelompok kontrol. Hasil penelitian kualitatif menemukan tiga tema yaitu (a) informasi perawatan rutin bayi (b) variasi sumber informasi (c) jenis komunikasi yang diperlukan. Hasil uji Generalized Linear Models Repeated Measures (GLM RM), secara simultan menunjukkan perbedaan pengaruh perencanaan pulang BBLR berbasis aplikasi mobile pada keseluruhan waktu pengamatan saat masuk RS, keluar RS dan setelah empat minggu keluar RS (p < 0.05). Hasil independent t-test didapatkan bahwa ada pengaruh perlakuan secara signifikan terhadap stres ibu dan kepercayaan diri ibu dan hasil Mann-Whitney U test menunjukkan pengaruh perlakuan terhadap kesehatan bayi setelah empat minggu keluar RS (p < 0.05). Perencanaan pulang yang ditindak lanjuti dengan asuhan berkelanjutan dapat digunakan di tatanan layanan kesehatan untuk membantu ibu dalam menyiapkan kepulangan BBLR ke rumah dan memandirikan ibu dalam perawatan bayi di rumah.

The discharge process of low birth weight (LBW) babies from the hospital to home is a difficult transition process for parents. Mothers with LBW tend to lack confidence and face stressful situations in caring for their babies. The purpose of this study is to analyze the effectivity of mobile application-based LBW discharge planning and follow up care on maternal stress, confidence, and the baby's health. This study uses sequential exploratory mixed methods as the research design. The first phase of this research used qualitative descriptive approach with 8 participants consisting of mothers with LBW, selected with purposive sampling method. The LBW discharge planning application was built from the results of qualitative research, literature studies, and expert consultations. While the second phase used a quasi-experiment pre-post test with control groups, involved 42 respondents that belonged to treatment group and 42 other that belonged to control group. The results of the qualitative research found 3 themes: a) routine baby care information, b) information source variations, and c) type of communication needed. The results of the Generalized Linear Models Repeated Measures (GLM RM) test simultaneously show differences in the effect of mobile application-based LBW discharge planning on the overall observation time at hospital admission, hospital discharge, and after four weeks of hospital discharge (p <0.05). The results of the independent t-test found that there was a significant effect of treatment on the mother's stress and self-confidence, and the results of the Mann-Whitney U test showed the effect of treatment on the baby's health after four weeks of discharge from the hospital (p <0.05). Discharge planning, reinforced by follow-up care, can be carried out in a healthcare setting to assist mothers in preparing for the return of LBW to their homes and empower them to care for babies at home."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Andi Firdaus
"Perencanaan adalah sebuah alat mendasar dalam manajemen proyek yang digunakan untuk mencapai ruang lingkup, biaya, dan waktu yang direncanakan. Salah satu penyebab kegagalan proyek disebabkan oleh perbedaan-perbedaan dalam perencanaan, perencanaan yang kurang baik, dan manajemen yang tidak efisien. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa indikator atau risiko apa saja dalam proses perencanaan manajemen proyek yang berpengaruh terhadap kinerja waktu yang selanjutnya dilakukan analisa level risiko dengan menggunakan metode AHP berbasis PMBOK 2013 sehingga didapatkan risk rating untuk indikator dan faktor risiko tersebut untuk kemudian dirumuskan respon preventif dari masing-masing risiko tersebut. Dari respon preventif yang telah dirumuskan akan dilakukan pengembangan sistem perencanaan manajemen proyek berupa perbaikan SOP dari kegiatan yang sudah dan pembuatan SOP baru bagi kegiatan yang belum ada. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan strategi baru dalam meningkatkan kualitas perencanaan yang berdampak terhadap kinerja waktu proyek di Kementerian X.

Planning is a fundamental tool used in project management to achieve the scope, cost, and time planned. One of the causes of project failure is caused by differences in the planning, improper planning, and inefficient management. This study was conducted to analyze the indicators or risk anything in the planning process of project management that affect the performance of time later to analyze the level of risk by using AHP based on PMBOK 2013 to obtain the risk rating for the indicators and risk factors are then formulated in response to a preventive of each masing risks. From preventive response has been formulated will develop project management planning system in the form of improvement SOP of existing practices and make the new SOP for activities that did not exist. Hopefully this research can be used as a new strategy to improve the quality of planning that impact on the performance of a project in the Ministry of X."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T46661
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ben Fauzi Ramadhan
"ABSTRAK
Proses penetapan kebijakan perencanaan dan penganggaran pada Direktorat
Kesehatan Kerja dan Olahraga sangat dinamis dan bergerak sesuai dengan arah kebijakan dan prioritas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan fakta sejauh mana aspek politik ikut berperan dalam penetapan kebijakan
perencanaan dan anggaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan melakukan wawancara mendalam terhadap pihak-pihak yang terlibat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek politik paling kental terjadi pada
tahapan proses penetapan kebijakan terutama saat terjadi konflik, kerjasama,
negoasiasi dalam penetapan besaran alokasi anggaran dan target yang disusun. Penelitian ini merekomendasikan untuk memperkuat SDM direktorat kesehatan kerja dan olahraga dalam hal kemampuan untuk melakukan advokasi mengenai pentingnya program kesehatan kerja dan olahraga.

ABSTRACT
The process of establishing policy on planning and budgeting in directorate of
occupational health and sport is very dynamic and moving in accordance with
the policy and priorities. The purpose of this study is to get the facts extent to
which the political aspect played a role in policy establishing and budget
planning. This study uses a qualitative method by conducting in-depth
interviews of the parties involved in the process of planning and budgeting.
Results showed political aspect of most condensed occur in the process of the
establishment of policies especially when conflict, cooperation, and negotiation happen in determining the amount of budget allocations and targets arranged. This study recommends to strengthen human resources of directorate in terms of ability to advocate on the importance of occupational health and sports programs"
2016
T45974
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>