Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 110741 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Janus Limar
"Pertukaran informasi, kolaborasi dan komunikasi pada saaat ini menjadi faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan di dunia bisnis, hal ini terutama dipicu dari tuntutan konsumen yang selalu menuntut produk dan pelayanan yang cepat, murah dan bagus. Tuntutan ini memaksa pelaku bisnis untuk mencari cara untuk dapat memberikan nilai tambah bagi konsumennya sehingga dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan sejenis. ManggaDuaShop.com merupakan situs web yang direncanakan untuk menjadi portal vertikal pertukaran informasi perdagangan yang memuat informasi perdagangan komputer dan perlengkapannya. Diharapkan portal informasi ini dapat menjadi jembatan penghubung langsung antara distributor (pihak yang menjual) dengan reseller (pihak yang membeli) dalam melakukan perdagangan komputer dan perlengkapannya secara elektronik tanpa mengenal batas geografis dan waktu, sehingga dengan adanya portal informasi perdagangan ini pengguna web portal dapat menekan biaya operasional, meningkatkan kualitas layanan dan mendapatkan akses informasi yang lebih akurat dan cepat. Semua ini pada akhirnya bermuara pada kepuasan konsumen dan peningkatan penjualan perusahaan. Perencanaan dan perancangan yang dibahas dalam penelitian ini diharapkan dapat merencanakan model bisnis yang tepat bagi ManggaDuaShop.com dan merancang proses bisnisnya agar dapat diimplementasikan secara nyata dalam dunia bisnis.

Nowadays Information exchange, collaboration and communication have become critical factors in achieving success in business world. This situation is triggered by consumer demand that is always demanding cheap high quality product with good service from company. This demand has compelled company to search a new way to give added value to its consumer in order to compete with its competitors. ManggaDuaShop.com is a website intended to be a vertical business information exchange portal focusing on computer industry and its peripherals. This infomation portal is expected to be a direct link between distributor (seller side) and reseller (buyer side) to do computer and peripheral trading across time and geographical boundaries. As the result of using this information portal user can reduce operational cost, increase quality of service, and has faster and more accurate information access. In the end it can increase customer satisfaction and market share. This research is intended to plan appropriate business model for ManggaDuaShop.com and design its business process to be implemented in real business world."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Normansyah Kusuma
"Penelitian ini mengintegrasikan SERVQUAL, Model Kano dan Quality Function Deployment (QFD) untuk menyusun strategi peningkatan kualitas layanan enterprise portal PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein) yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil kuesioner yang disebarkan kepada seratus orang responden yang merupakan karyawan Marein. SERVQUAL didapatkan bahwa dari empat dimensi kualitas layanan yang diukur yaitu Usability, Design, Information Quality dan Service Reliability mendapatkan nilai kesenjangan yang negatif, artinya tingkat kualitas layanan enterprise portal Marein masih rendah. Kemudian dengan menggunakan Model Kano didapatkan lima belas atribut kualitas layanan yang harus ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Metode terakhir adalah QFD yang menghasilkan sebelas technical response berikut prioritas pelaksanaan untuk dapat meningkatkan kualitas lima belas atribut kualitas layanan yang sebelumnya didapatkan dari Model Kano. Rangkaian penelitian tersebut menyimpulkan lima technical response yang memiliki tingkat prioritas tertinggi yaitu integrasi antar aplikasi, penambahan staf, penerapan user requirement management, peningkatan kapasitas server dan desain ulang tampilan.

This study integrates SERVQUAL, Kano Model and Quality Function Deployment (QFD) to develop strategies for improving service quality of PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (Marein) enterprise portal based on its users needs. The data used in this study are responds to questioners by onehundred employees of Marein. The result of SERVQUAL method shows that four of service quality measured ie Usability, Design, Information Quality and Service Reliability has a negative gap score, meaning that the level of service quality of Marein’s enterprise portal is lower than expected. Then by using Kano Model this study obtained fifteen attributes of service quality that should be improved to increase its user satisfaction. The last method being used is QFD which provides eleven technical responses along the priority score that should be implemented to improve the service quality. The study concluded a series of five technical response that has the highest priority which are integration between applications, the addition of staff, implementation of user requirement management, increasing server capacity and redesign."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Avitasya Febryani Syahrial
"SMS location-based advertising LBA atau iklan berbentuk promosi melalui SMS yang memanfaatkan informasi lokasi telefon seluler diketahui dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh extrinsic dan intrinsic motivation terhadap pembentukan attitude toward SMS LBA yang selanjutnya melihat pengaruhnya terhadap purchase intention dalam konteks foodservice. Pada penelitian ini terdapat uji variabel moderasi yaitu brand familiarity untuk mengetahui apakah tingkat familiaritas terhadap merek mempengaruhi sikap konsumen terhadap niat pembelian produk yang diiklankan melalui SMS LBA.
Penelitian ini melibatkan 229 responden dari seluruh Indonesia yang pernah mendapatkan SMS LBA dari Krispy Kreme. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa extrinsic dan intrinsic motivation dapat meningkatkan attitude toward SMS LBA yang selanjutnya dapat mendorong purchase intention. Selain itu ditemukan pula bahwa pengaruh ini di moderasi oleh brand familiarity.

SMS LBA is a promotion advertising through SMS that uses information of mobile phone rsquo s location in order to increase sales. This study aims to analyze the effect of extrinsic and intrinsic motivation on the establishment of attitude toward SMS location based advertising and its impacts on purchase intention in foodservice area. There is a test of brand familiarity as a moderating variable to find out whether the level of consumer rsquo s brand familiarity affect attitude toward SMS LBA on intention to purchase a product that advertised through SMS LBA.
The data for this research were collected from 229 respondents from all over Indonesia who had received SMS LBA from Krispy Kreme. They were then analyzed using Structural Equation Modelling SEM. The result of this research shows that extrinsic and intrinsic motivation increases attitude toward SMS LBA that further leads to increase in purchase intention. Furthermore, the result shows that brand familiarity does moderate attitude toward SMS LBA on purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S70002
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moehammad Arief Furqon
"[ABSTRAK
Organisasi yang menerapkan sebuah sistem informasi mengharapkan agar seluruh pengguna menggunakan sistem informasi tersebut. Demikian pula dengan penerapan Portal Internal di Perum PERURI. Portal Internal tersebut hadir sebagai pintu gerbang ke berbagai sistem informasi lain serta menyajikan informasi seputar perusahaan dan individu pegawai. Meskipun Portal Internal telah memberikan fasilitas tersebut, belum semua pengguna menggunakan Portal. Oleh karena itu, dibutuhkan penelian untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengguna dalam menggunakan Portal Internal Perum PERURI.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan faktor yang terdapat pada Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), model keberhasilan sistem informasi DeLone dan McLean, serta Technology Acceptance Model (TAM). Data awal penelitian didapatkan dari pengolahan basis data serta wawancara. Untuk pengujian hipotesis, data didapatkan dari kuesioner penelitian yang didapat dari 200 responden. Data yang diperoleh diuji dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan perangkat lunak SmartPLS 2.0 M3.
Dengan adanya penelitian ini, diharapkan faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap Portal Internal Perum PERURI dapat diketahui serta membantu para pengambil keputusan untuk meningkatkan penggunaanportal. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkannya lima faktor yang mempengaruhi niat pengguna dalam menggunakan Portal, yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kondisi fasilitas, pengaruh sosial, dan relevansi dengan pekerjaan.;

ABSTRACT
Organizations that implement an information system expects that all users use the information system. Similarly, the application of the Internal Portal in Perum PERURI. Internal Portal is present as a gateway to a variety of other information systems as well as provide information about the company and the individual employee. Although the Internal Portal has provided the facility, not all users use the Portal. Therefore, recent research is needed to determine the factors that affect users in the use of the Internal Portal Perum PERURI.
In this study, researchers used the factors contained in the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), model of information systems success DeLone and McLean, and the Technology Acceptance Model (TAM). Preliminary data obtained from the study database processing and interviews. To test the hypothesis, the data obtained from the questionnaire research obtained from 200 respondents. The data obtained were tested using Structural Equation Modeling (SEM) using software SmartPLS 2.0 M3.
With the existence of this study, it is expected that factors affecting user acceptance of the Internal Portal Perum PERURI knowable and helps decision makers to increase the use of portals. The results of this study is the obtainment of five factors that affect the user's intention in using the Portal, ie the quality of information, quality systems, faciliting conditions, social influence, and job relevance.;Organizations that implement an information system expects that all users use the information system. Similarly, the application of the Internal Portal in Perum PERURI. Internal Portal is present as a gateway to a variety of other information systems as well as provide information about the company and the individual employee. Although the Internal Portal has provided the facility, not all users use the Portal. Therefore, recent research is needed to determine the factors that affect users in the use of the Internal Portal Perum PERURI.
In this study, researchers used the factors contained in the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), model of information systems success DeLone and McLean, and the Technology Acceptance Model (TAM). Preliminary data obtained from the study database processing and interviews. To test the hypothesis, the data obtained from the questionnaire research obtained from 200 respondents. The data obtained were tested using Structural Equation Modeling (SEM) using software SmartPLS 2.0 M3.
With the existence of this study, it is expected that factors affecting user acceptance of the Internal Portal Perum PERURI knowable and helps decision makers to increase the use of portals. The results of this study is the obtainment of five factors that affect the user's intention in using the Portal, ie the quality of information, quality systems, faciliting conditions, social influence, and job relevance., Organizations that implement an information system expects that all users use the information system. Similarly, the application of the Internal Portal in Perum PERURI. Internal Portal is present as a gateway to a variety of other information systems as well as provide information about the company and the individual employee. Although the Internal Portal has provided the facility, not all users use the Portal. Therefore, recent research is needed to determine the factors that affect users in the use of the Internal Portal Perum PERURI.
In this study, researchers used the factors contained in the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), model of information systems success DeLone and McLean, and the Technology Acceptance Model (TAM). Preliminary data obtained from the study database processing and interviews. To test the hypothesis, the data obtained from the questionnaire research obtained from 200 respondents. The data obtained were tested using Structural Equation Modeling (SEM) using software SmartPLS 2.0 M3.
With the existence of this study, it is expected that factors affecting user acceptance of the Internal Portal Perum PERURI knowable and helps decision makers to increase the use of portals. The results of this study is the obtainment of five factors that affect the user's intention in using the Portal, ie the quality of information, quality systems, faciliting conditions, social influence, and job relevance.]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stone, Biz
Boston: New Riders, 2003
005.72 STO b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Danesjvara
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang datang bersamaan dengan globalisasi mengharuskan Pemerintah dan masyarakat Indonesia bersiap-siap dalam menghadapinya. E-commerce yang merupakan salah sutu bentuk dari perkembangan tersebut, makin marak dan diminati oleh banyak lapisan masyarakat Indonesia maupun dunia.
Perkembangan teknologi tersebut harus diikuti oleh pembuatan kebijakan, karena aplikasi dari teknologi informasi tersebut berhubungan dengan kehidupan masyarakat secara luas maupun hubungan antar warga masyarakat. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan e-commerce yang merupakan transaksi perdagangan elektronis ini menimbulkan banyak masalah terutama dalam pembuatan kebijakan dan peraturan perundang-undangan di seluruh dunia. Aspek-aspek yang terkait dalam kebijakan publik tidak hanya bersifat nasional maupun regional, tetapi juga berhubungan dengan kebijakan internasional dan hubungan antar bangsa. Hal yang paling penting dalam bidang pengaturan adalah pengambilan kebijakan umum dalam sebuah negara, yaitu bagaimana cara suatu pemerintahan mengatur "dunia maya" tersebut.
Khusus untuk transaksi E-commerce, hal yang harus mendapat perhatian adalah faktor keamanan dalam sebuah transaksi elektronis. Untuk dapat memahami ruang lingkup dan kerangka berpikir dalam kebijakan teknologi informasi ini, dibutuhkan konsep-konsep tentang globalisasi, kebijakan publik, teknologi informasi dan teknologi terkait lainnya, aplikasi dalam bisnis, komputerisasi serta masyarakat informasi. Setelah memahami konsep-konsep tersebut, selanjutnya harus dianalisa faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan kebijakan secara nasional serta aspek-aspek yang terdapat dalam transaksi e-commerce dan indikator yang dapat mempengaruhi signifikansi kebutuhan pengaturan masalah keamanan dalam bertransaksi. Gambaran singkat hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan kebijakan nasional dalam teknologi komunikasi dan informasi, serta koordinasi dalam pengembangan kebijakan umum mengenai kegiatan internal. Selain itu Pemerintah juga harus melindungi keamanan transaksi elektronis dengan kebijakan dan peraturan yang ada, sekaligus merumuskan dan mengkaji kemungkinan lain yang dapat mengganggu transaksi melalui media elektronik ini, sampai dibentuknya kebijakan yang melindungi keamanan bertransaksi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T1571
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saffira Annisa Bening
"Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. E-commerce dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi UMKM dan diproyeksi akan menjadi kontributor terbesar ekonomi digital Indonesia di tahun 2030, namun baru 22% UMKM Indonesia yang mengadopsi e-commerce. Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce pada UMKM Indonesia khususnya di industri ritel dan memilih strategi adopsi e-commerce terbaik dengan menggunakan model Decision-Makers, Technological, Organizational, and Environmental (DTOE) dan teori Diffusion of Innovation (DOI). Hasil diolah menggunakan metode Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL) berbasis Analytic Network Process (ANP) untuk melihat pengaruh dan prioritas antar faktor. Strategi adopsi e-commerce direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode Complex Proportional Assessment (COPRAS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Pengetahuan IT Pengambil Keputusan, Sikap Pengambil Keputusan Terhadap Inovasi dan Kompleksitas merupakan faktor penting dalam rangka adopsi teknologi e-commerce, sedangkan pengembangan atau pelatihan keterampilan Information Technology (IT) dan e-commerce merupakan prioritas strategi dalam rangka meningkatkan adopsi teknologi e-commerce di UMKM ritel.

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play a crucial role to Indonesia’s economy. E-commerce can help MSMEs gain competitive advantage and is expected to be the largest contributor to Indonesia's digital economy by 2030, but only 22% of MSMEs in Indonesia have adopted e-commerce. The aim of this study is to investigate the criteria that influence e-commerce adoption in Indonesian MSMEs, particularly in the retail industry and select the best e-commerce adoption strategy using the Decision-Makers, Technological, Organizational, and Environmental (DTOE) model and the Diffusion of Innovation (DOI) theory. The influence and priorities between criteria were calculated using the Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL) based Analytic Network Process (ANP) method, and an e-commerce adoption strategy was selected using the Complex Proportional Assessment (COPRAS) method. The findings of this study indicate that Decision Maker’s IT Knowledge, Decision Maker's Attitude Towards Innovation, and Complexity are important criteria in the context of adopting e-commerce technology in retail MSMEs while the development or training of Information Technology (IT) and e-commerce skills was identified as the best strategy to increase adoption of e-commerce technology in retail MSMEs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmani Shadrina
"User interfacepada website merupakan hal yang penting bagi jalannya suatu e-business. Namun, beberapa elemen perlu dipahami terkait dengan preferensi user interfacepada generasi X dan Y karena hal ini mempengaruhi keberlangsungan dari e-businesstersebut. Dalam pengembangannya, penelitian ini akan mengeksplorasi hubungan elemen-elemen dalamuser interfacedan generasi untuk dapat menggali pandangan serta masukan lebih mendalam mengenai user interfaceyang sesuai dengan karakteristik generasi X dan Y. Kemudian dari hasil yang didapatkan tersebut dilakukan penelitian lanjutan dengan melakukan penelitian kepada pengguna website e-businessuntuk mengevaluasi dan mengkonfirmasi kesesuaian desain user interfacedari ahli dengan preferensi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesepakatan yang tinggi antara pengguna dengan rekomendasi desain user interfaceberdasarkan karakteristik generasi X dan Y dari para ahli. Hasil dari proses evaluasi dan konfirmasi tersebut kemudian dapat menjadi acuan bagi pelaku e-business dalam mengembangkan bisnisnya.

The user interface on the website is important for e-businesses. However, there is a need for deeper understanding on some elements of user interface to maintain sustainability of the relevant businesses, specifically those with generations X and Y target market. This research explores the relationship between user interface elements and generational preferences with in-depth interviews and questionnaires. The primary objective of this research is to get a more holistic view on user preference by employing interviews with e-business websites users to further evaluate preliminary designs and other data gathered from a group of experts. For this research, 200 subjects (100 subjects each from generations X and Y) participated in the test. The results show a high level of alignment between users and user interface design recommendations based on generations X and Y characteristics from experts. The final results can be used as a reference for e-business in developing their websites.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Peningkatan sifat mekanis baja perkakas untuk pengerjaan panas telah
menjadi perhatian dunia industri sebagai prioritas untuk menghasilkan produk dengan
kualitas dan efektifitas produksi terbaik. Penelitian ini dilakukan dengan
membandingkan sifat mekanis dari proses High Impact Treatment (HIT) yang
mengalami pendinginan dengan media oli pada temperatur 180oC dan pendinginan
oleh angin dan sifat mekanis yang diperoleh dengan menggunakan proses High speed
quenching. Hasil penelitian ini digambarkan dalam grafik laju pendinginan, harga
impak dan nilai kekerasan yang menjadi parameter dalam menentukan hasil yang
dianggap lebih baik. Sampel dengan penggunaan metode HIT dengan media
quenching oli memiliki nilai harga impak yang paling tinggi yaitu 25 J pada
permukaan dan 28 J di bagian tengah sampel. Sementara proses high speed quenching
memiliki nilai kekerasan paling tinggi dengan nilai 47 HRC di permukaan dan 45 di
bagian tengah. Dengan tujuan meningkatkan ketangguhan baja perkakas, metode HIT
dengan media quenching oli pada temperature 180oC dianggap mampu menjadi
alternatif pengganti metode High speed quenching., Improving the mechanical properties of hot work tool steel has become one of
industry’s the biggest concern to get a better product by its quality and effectiveness
of production. The research was conducted by comparing the mechanical properties
of the High Impact Treatment (HIT) which is quenched by oil at temperatures of
180oC and gas quenching, and the mechanical properties which is obtained by using
High speed quenching process. The results of this study were illustrated in the
cooling rate graph, the impact values and hardness as the parameters that are
considered in determining the better process. Samples of HIT process with oil
quenching have the best impact value with 25 J on the surface and 28 J on its core. On
the other hand, sample of high speed quenching claims the biggest value of 47 HRC
for hardness on the surface and 45 HRC in the core. For improving the toughness of
tool steel, HIT process with oil quenching medium at temperatures of 180oC is
considered to be an alternative High speed quenching process.]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S58435
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hafied Nur Siddiqi
"Adopsi e-commerce oleh usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu faktor kunci kesuksesan bisnis. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui manfaat adopsi e-commerce serta faktor penghambat dan pendorong adopsi e-commerce untuk UKM. Laporan ini merupakan hasil penelitian mengenai adopsi e-commerce bagi UKM.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan teknik pengambilan data berupa survei yaitu menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data kuantitatif dan wawancara langsung untuk mendapatkan data kualitatif mengenai adopsi e-commerce oleh UKM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UKM sudah mulai melakukan adopsi e-commerce untuk menunjang proses bisnisnya. Meskipun tingkat pemanfaatannya berbeda-beda namun secara umum adopsi e-commerce mampu memberi manfaat positif bagi peningkatan kinerja UKM. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor biaya masih menjadi kendala utama dalam adopsi e-commerce. Sedangkan pelayanan pelanggan merupakan faktor pendorong utama bagi UKM untuk melakukan adopsi e-commerce. Dengan mengambil studi kasus UKM sektor perbankan di kota Depok, penelitian ini mampu memberi gambaran tentang adopsi e-commerce oleh UKM khususnya di sektor perbankan.

E-Commerce adoption by Small and Medium Enterprises (SMEs) is one of the key factors of business. Therefore, it is essential for us to know the impacts of e-commerce adoption, as well as the deferring and driving factors of e-commerce adoption for the SMEs. This report is a result of research about e-commerce adoption for the SMEs.
This is a descriptive research that used survey through questioner as its method to collect quantitative data and direct interview as its method to collect qualitative data about e-commerce adoption by the SMEs.
The result of the research shows that SMEs have already starting to apply e-commerce adoption to maintain their business process. Although the degree of adoption is different from one SME to another, it is still generally accepted that ecommerce adoption will bring positive impacts towards SMEs development. The result of this research also shows that financing is still a major deferring factor in adopting e-commerce, whilst, customer service is one of the driving factor in ecommerce adoption. By using banking sectors in Depok as its research subject, this research is able to give actual illustration on e-commerce adoption by and for the SMEs."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>