Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78001 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Omar Khalifa
"Penelitian ini meneliti tentang efek mendengarkan musik terhadap performa kognitif yang menuntut atensi. Sebanyak 69 partisipan (19 laki-laki dan 50 perempuan, dengan umur berkisar 18-34 tahun, dan latar belakang pendidikan sedang atau telah menyelesaikan program sarjana) dibagi ke dalam dua kelompok eksperimen (KE). Kedua kelompok eksperimen sama-sama diminta mengerjakan tugas kognitif yang menuntut atensi sambil mendengarkan musik. Data diambil secara individual dengan setiap partisipan KE 1 mendengar musik yang pernah mereka dengar sebelumnya. KE 1 kemudian dibandingkan dengan KE 2 yang mendengar musik yang belum pernah mereka dengar sebelumnya. Hasilnya, analisis t-test menunjukkan adanya perbedaan performa yang signifikan (p < 0,05) antara kedua kelompok. Dengan KE 1 memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada KE 2.

This research studies the effect of music listening on cognitive performance that requires attention. By using an experimental design, 69 participants (19 male and 50 female, with age ranged between 18-34 years old) were assigned into two experiment groups (EG). Both EG were assigned to perform a cognitive task that requires attention while listening to a piece of music. The data was taken individually with each participant in EG 1 listened to a piece of music that he/she had heard before. As a comparison, EG 2 listened to a piece of music that he/she had never heard before. The performance of the two groups was compared by using a t-test analysis. The result shows a significant difference (p < 0.05) between the two groups with EG 1 having a higher mean then EG 2."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
R. Isnawan Risqi Rakhman
"Gangguan kognitif umum terjadi setelah serangan stroke dan berbagai upaya rehabilitatif diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Musik sebagai terapi yang dikombinasikan dengan latihan memori dapat diberikan sebagai bentuk input neuropsikologi dan terapi non-farmakologik pada pasien stroke fase akut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intervensi kombinasi aktivitas mendengarkan musik dan latihan memori terhadap kemampuan kognitif pasien stroke fase akut. Metode penelitian ini menggunakan quasi-experimental design dengan pendekatan pre-post test nonequivalent control group yang melibatkan dua kelompok yang akan diobservasi sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Kemampuan kognitif diukur sebelum dan setelah perlakuan menggunakan instrumen Montreal Cognitive Assessment versi Bahasa Indonesia (MoCA-Ina). Rerata usia responden adalah 51,89 tahun (±8,23), 57,1% berpendidikan ≤ 12 tahun, 60,7% memiliki riwayat hipertensi, dan 25% saja dengan riwayat diabetes mellitus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rerata skor MoCA-Ina sebesar 3,21 pada kelompok intervensi (p= 0,003) dengan peningkatan signifikan pada domain eksekutif, bahasa, dan memori. Peningkatan rerata skor MoCA-Ina sebesar 1,43 poin kelompok kontrol (p=0,008) tanpa disertai peningkatan bermakna pada domain kognitifnya. Meskipun kedua kelompok mengalami peningkatan bermakna (within group), namun selisih peningkatan antar kedua kelompok tidak bermakna signifikan (p=0,61). Perbaikan kognitif pada stroke fase akut dimungkinkan oleh karena proses fisiologis. Skor baseline kognitif di fase akut diduga berpengaruh terhadap efektivitas intervensi yang diberikan. Intervensi mendengar musik sebagai aktivitas regulator yang dikombinasikan dengan latihan memori sebagai aktivitas kognator dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pasien stroke fase akut. Diperlukan kehati-hatian dalam menggunakan hasil penelitian ini. Penelitian lanjut diperlukan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas intervensi

Cognitive impairment is common after stroke and rehabilitative efforts are needed to overcome the problem. Music as therapy combined with memory training can be given as a form of neuropsychological input and non-pharmacological therapy in acute stroke patients. The purpose of this study was to determine the effect of combination of listening music activities combined with memory training on the cognitive abilities of acute phase stroke patients. This research method uses a quasi-experimental design with a nonequivalent control group pre-post test involving two groups. Cognitive ability was measured by the Indonesian version of the Montreal Cognitive Assessment (MoCA-Ina). The mean age of the respondents was 51.89 years (±8.23), 57.1% had an education ≤ 12 years, 60.7% had a history of hypertension, and only 25% had a history of diabetes mellitus. The results showed an increase in the mean MoCA-Ina score of 3.21 in the intervention group (p= 0.003) with a significant increase in the executive, language, and memory domains. The increase in the mean score of MoCA-Ina was 1.43 points in the control group (p=0.008) without a significant increase in the cognitive domain. Although both groups experienced a significant increase (within group), the difference in increase between the two groups was not significant (p=0.61). Cognitive improvement in the acute phase of stroke is possible due to physiological processes. The cognitive baseline score in the acute phase is thought to have an effect on the effectiveness of the intervention. The intervention of listening to music as a regulatory activity combined with memory training as a cognator activity can be implemented to improve the cognitive abilities of acute phase stroke patients. The results of this study must be interpret and utilize carefully. Further research is needed to develop and test the effectiveness of interventions
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febriani Valentina
"

Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbaikan fungsi kognitif pada usia lanjut dengan demensia setelah pemberian terapi musik dengan metode interaktif secara berkala. Musik dapat meningkatkan fungsi memori melalui mekanisme aktivasi jalur dopaminergik, aktivasi hipotalamus dan konektivitas neuron. Musik telah terbukti dapat mengakses dan mengaktifkan sistim otak yang terkait dengan penghargaan dan emosi sehingga dapat meningkatkan kemampuan memori melalui perbaikan proses atensi. Penelitian ini merupakan studi intervensional dengan desain kontrol acak yang melibatkan subjek usila yang berada di panti wredha Pusaka 41 sebagai kelompok intervensi (n = 29) dan Santa Anna sebagai kelompok kontrol (n = 35). Subjek dari kedua kelompok diambil secara konsekutif. Para subjek kemudian dilakukan skrining dan pemeriksaan medis. Pada kelompok intervensi diberikan terapi musik menggunakan metode interaktif sebanyak 2x/ minggu dengan durasi 45 menit selama 6 minggu oleh terapis musik yang tersertifikasi internasional, sedangkan pada kelompok kontrol subjek diminta untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang dijadwalkan dan kegiatan rekreasi. Karakteristik subjek penelitian ini didominasi oleh jenis kelamin perempuan (79,3% pada kelompok intervensi dan 65,7% pada kelompok kontrol), berusia usia rata-rata 73,77± 9,93 tahun dan pada kelompok terapi musik 69,41 ± 7,29 tahun. Pada kelompok kontrol, tingkat pendidikan terbanyak adalah >SMA berjumlah 28 orang, sedangkan pada kelompok terapi musik tingkat pendidikan terbanyak adalah SD-SMP berjumlah 24 orang. Median nilai MoCA-Ina pada kelompok kontrol adalah 20 (14-24), sedangkan pada kelompok terapi musik adalah 18 (14-24). Perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan terapi musik ditemukan pada karakteristik usia (p=0,049) dan tingkat pendidikan (p=0,001). Hasil analisa uji Anova repeated measurement yang dikontrol dengan faktor usia, perbedaan yang signifikan hanya terdapat pada skor total MoCA-Ina (p <0,001), sub bagian memori (p=0,020) dan fungsi abstraksi (p=0,681) sub bagian atensi (p=0,003). Sedangkan pada sub bagian orientasi (p=0,133) dan fungsi abstraksi (p=0,681) tidak terdapat perbedaan yang signifikan bermakna. Pemberian intervensi terapi musik selama 6 minggu terbukti dapat meningkatkan fungsi atensi dan memori sebagai sub-bagian dari fungsi kognitif. Fungsi atensi merupakan mekanisme dasar dalam fungsi kognitif sehingga dalam praktik pemberian intervensi yang bertujuan untuk memperbaiki fungsi kognitif, atensi seharusnya menjadi sasaran pertama yang harus ditingkatkan. Dengan adanya fungsi atensi yang baik diharapkan proses input sensorik dapat menjadi lebih baik sehingga dapat mendukung proses rehearsal memori.


This study aims to assess the improvement of cognitive function in the elderly with dementia after the provision of music therapy with interactive methods regularly. Music can improve memory function through the activation mechanism of dopaminergic pathways, activation hipothalamus, and neuronal connectivity. Music has been proven to be able to access and activate the brain system associated with appreciation and emotions so that it can improve memory skills through improving attention processes. This research is an interventional study with a randomized control design involving elderly subjects who are in Pusaka 41 nursing home as an intervention group (n = 29) and Santa Anna as a control group (n = 35). Subjects from both groups were taken consecutively. The subjects were then screened and had a medical examination. In the intervention group music therapy was given using an interactive method two times a week with duration 45 minutes for 6 weeks by music therapists who were international certified, while in the control group subjects were asked to carry out scheduled daily activities and recreational activities. The characteristics of the study subjects were dominated by female sex (79,3% in the intervention group and 65,7% in the control group), average age of 73,77 ± 9,93 years and in the music therapy group 69,41 ± 7,29 years. In the control group, the highest level of education was> SMA with 28 people, while in the music therapy group the highest level of education was SD-SMP amounting to 24 people. The median MoCA-Ina score in the control group was 20 (14-24), whereas in the music therapy group it was 18 (14-24). Significant differences between the control group and music therapy were found in the characteristics of age (p = 0,049) and level of education (p = 0,001). Anova repeated measurement test results are controlled by the age factor, significant differences are only found in the total MoCA-Ina score (p < 0,001), memory sub-section (p = 0,020) and abstraction function (p = 0,681) attention sub-section (p = 0,003). Whereas in the orientation sub-section (p = 0,133) and abstraction function (p = 0,681) there were no significant significant differences. The provision of music therapy interventions for 6 weeks has been shown to improve attention and memory functions as sub-parts of cognitive function. Attention function is a basic mechanism in cognitive function so that in the practice of providing interventions aimed at improving cognitive function, attention should be the first target that must be improved. With good attention function, it is expected that the sensory input process can be better so that it can support the memory rehearsal process.

 

"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2020
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tsabita Amalia
"Industri musik digital berkembang pesat dan membuat banyak layanan musik bermunculan di Indonesia di antaranya Spotify dan Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi kemudahan dan kegunaan platform yang menjadi pilihan generasi Z terbanyak di Indonesia yaitu Spotify dan YouTube. Selain itu setiap platform memberikan pengalaman menggunakan fitur yang berbeda. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan motivasi Generasi Z dalam pemilihan platform seperti kualitas audio, harga, kenyamanan tampilan dan ketersediaan musik yang lengkap. Penelitian ini juga melihat persepsi pengguna mengenai kemudahan mengenai fitur pencarian, fitur rekomendasi, fitur daftar putar dan layanan premium. Penelitian ini menunjukkan alasan dalam pembuatan daftar putar seperti kesenangan pribadi, kemudahan temu kembali dan fleksibilitas dalam mendengarkan musik. Penelitian ini juga menunjukkan persepsi kegunaan platform musik Spotify dan Youtube dalam fitur unduhan, pemenuhan koleksi dan layanan premium. Temuan ini dapat memperlihatkan bagaimana kemudahan dan kegunaan fitur yang diberikan oleh platform musik khususnya Spotify dan YouTube dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Diharapkan penelitian ini juga dapat memberi masukan terhadap perpustakaan yang memberikan layanan koleksi digital khususnya musik agar dapat memberikan layanan yang mudah dan meningkatkan aksesibilitas terhadap koleksi musik perpustakaan.

The digital music industry is growing rapidly and many music services have sprung up in Indonesia including Spotify and YouTube. This study aims to identify the perceived ease and usefulness of the platforms that are the most preferred by Generation Z in Indonesia, namely Spotify and YouTube. In addition, each platform provides an experience of using different features. This research uses a qualitative approach with a case study method. The results of this study reveal Generation Z's motivations in choosing platforms such as audio quality, price, viewing convenience and complete music availability. This research also looks at user perceptions of convenience regarding search features, recommendation features, playlist features and premium services. The research shows reasons for creating playlists such as personal enjoyment, ease of retrieval and flexibility in listening to music. The research also shows the perceived usability of Spotify and Youtube music platforms in terms of download features, collection fulfillment and premium services. The findings can show how the ease and usability of features provided by music platforms, especially Spotify and YouTube, improve user experience. It is hoped that this research can also provide input to libraries that provide digital collection services, especially music, in order to provide easy services and increase accessibility to library music collections.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Leonardo Alfonsius Paulus Lalenoh
"Musik merupakan suatu komponen nada yang memberikan stimulus terhadap otak, termasuk untuk proses pembelajaran. Modul terapi musik STAM sudah digunakan untuk mengetahui pengaruh pada fungsi kognitif pasien-pasien dengan gangguan kejiwaan seperti skizofrenia dan demensia. Adapun tujuan dari studi ini melakukan validasi modul terapi musik STAM ke dalam bahasa Indonesia, mengetahui efektivitas terhadap perbaikan atensi dan memori serta tingkat kepuasan responden. Proses penelitian ini terdiri atas proses penerjemahan dengan metode forward dan backward translation. Modul terapi musik STAM versi Bahasa Indonesia dilakukan uji validasi isi dengan menggunakan 3 orang penilai. Uji efektivitas dilakukan dengan desain kuasi eksperimen melibatkan 10 orang responden. Nilai kesahihan modul terapi musik STAM yang versi Bahasa Indonesia menggunakan Scale-Content Validity Index Average didapatkan nilai 0,96. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai yang signifikan untuk pengukuran pre dan post-test untuk instrumen RAVLT dan Tes Kelancaran Verbal. Sebanyak 70% responden menyatakan mudah untuk mengikuti instruksi selama proses terapi. Modul terapi musik STAM versi Bahasa Indonesia menunjukkan kesahihan yang baik dan efektif dalam meningkatkan atensi dan memori pada populasi orang dewasa sehat. 

Music comprises of tones that serves as a stimulus to the brain, including for the learning process. The STAM music therapy module has been used to determine the effect on cognitive function of patients with psychiatric disorders such as schizophrenia and dementia. The purpose of this study was to validate the STAM music therapy module into Indonesian, to find out its effectiveness in improving attention and memory and to identify the level of satisfaction of participants. The research process consisted of a translation process using forward and backward translation methods. The Indonesian version of the STAM music therapy module was tested for content validation using 3 raters. The effectiveness test was carried out with a quasi-experimental design involving 10 participants. The validity value of the STAM music therapy module in the Indonesian version using the Scale-Content Validity Index Average was 0.96. The results of statistical analysis showed significant values ​​for the pre and post-test measurements for the RAVLT instrument and Verbal Fluency Test. As many as 70% of respondents stated that it was easy to follow instructions during the therapy process. The Indonesian version of STAM music therapy module has good validity and has proved significant improvement in attention and memory among health adult population. "
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kholifia Nabila
"Halusinasi merupakan salah satu dari tanda dan gejala dari skizofrenia. Halusinasi masih menjadi gangguan mental yang berbahaya. Studi kasus ini bertujuan untuk mengurangi tanda dan gejala pada pasien dengan halusinasi dengan menerapkan aktivitas terjadwal: mendengarkan musik suara alam dan yoga pranayama. Sebuah studi case report dilakukan menggunakan instrumen AVHRS-Q dan instrumen tanda gejala serta kemampuan halusinasi residen FIK UI 2018. Intervensi keperawatan yang diberikan yaitu sesuai dengan standar asuhan keperawatan dan aktivitas terjadwal: mendengarkan musik suara alam dan yoga pranayama. Hasil dari pemberian intervensi keperawatan didapatkan adanya penurunan tanda dan gejala pada Ny. N yang ditandai dengan penurunan skor tanda dan gejala halusinasi pendengaran dari 10 menjadi 3, penurunan skor tanda gejala halusinasi dari 27 menjadi 2, dan peningkatan skor kemampuan halusinasi dari 6 menjadi 11. Studi ini menunjukkan bahwa adanya manfaat dan efektivitas dalam penerapan aktivitas mendengarkan musik dan yoga pranayama terhadap penurunan tanda dan gejala pada pasien dengan halusinasi. Studi kasus ini merekomendasikan agar perawat keperawatan jiwa mampu menerapkan aktivitas terjadwal: mendengarkan musik suara alam dan yoga pranayama sehingga, dapat mengurangi tanda dan gejala halusinasi. Studi kasus lebih lanjut yang menghubungkan faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi penurunan tanda dan gejala halusinasi serta menerapkan metode yoga lainnya seperti asanas atau postur.

Hallucinations are one of the signs and symptoms of schizophrenia. Hallucinations are still a dangerous mental disorder. This study aims to reduce signs and symptoms in patients with hallucinations by implementing scheduled activities: listening to nature sounds and yoga pranayama. A case report study was conducted using the AVHRS-Q instrument and the instrument for signs and symptoms and hallucination abilities of FIK UI 2018 residents. The nursing interventions provided were in accordance with nursing care standards and scheduled activities: listening to music, natural sounds and yoga pranayama. The results of providing nursing interventions showed a decrease in signs and symptoms in Ny. N which was characterized by a decrease in the score of signs and symptoms of auditory hallucinations from 10 to 3, a decrease in the score of signs and symptoms of hallucinations from 27 to 2, and an increase in the score of hallucinatory ability from 6 to 11. This study shows that there are benefits and effectiveness in implementing music listening activities and yoga pranayama on the reduction of signs and symptoms in patients with hallucinations. This study recommends that psychiatric nurses be able to implement scheduled activities: listening to music, natural sounds and yoga pranayama so that they can reduce the signs and symptoms of hallucinations. Further research linking internal and external factors that can affect the reduction of signs and symptoms of hallucinations as well as applying other yoga methods such as asanas or postures."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Prana Paramita
"Kemajuan suatu negara terukur dari kemajuan kegiatan riset dan inovasinya. Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor apa sajakah dalam kepemimpinan transformasional dan kognitif individu yang berpengaruh dalam penciptaan inovasi pengetahuan dan peningkatan performa riset dalam institusi pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa tiap departemen di Fakultas Teknik Universitas Indonesia sebagai responden. Variabel gaya kepemimpinan transformasional yang diteliti meliputi Vision, Inspirational Communication, Supportive Leadership, Intelectual Stimulation dan Personal Recognition. Sedangkan variabel perilaku kognitif individu yang diteliti meliputi Norm of Reciprocity, Interpersonal Trust, Knowledge Sharing Self Efficacy dan Perceived Relative Advantage. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan karakteristik faktor-faktor yang berpengaruh terhadap inovasi pengetahuan dan performa riset pada masing-masing departemen yang diteliti.

Performance of the country is measured by its innovative research activities. This study discusses how the relationships between transformational leadership and individual cognitive to improve innovation in knowledge and research performance in educational institution. This research was conducted using Partial Least Square method by spreading the questionnaires to respondents from every research department in Engineering Faculty, Universitas Indonesia. Transformational leadership variables examined in this study are Vision, Inspirational Communication, Supportive Leadership, Intellectual Stimulation and Personal Recognition. While individual cognitive variables examined are Norm of Reciprocity, Interpersonal Trust, Knowledge Sharing Self Efficacy and Perceived Relative Advantage. Based on the data analysis, it can be concluded that different factors contribute the creation of knowledge innovation and research performance in each department."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35637
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viky Muruatut Toyyibah
"Kondisi lingkungan di pintu tol yang buruk membuat operator berpotensi merasa tidak nyaman sehingga mempengaruhi performa kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh polusi udara, kebisingan, dan getaran yang dianggap sebagai faktor lingkungan paling mengganggu, dengan menggunakan peralatan Haz dust IV, Noise Dosimeter, HVM 100, time study, dan kuisioner. Dengan menggunakan metode statistik regresi linear berganda, diperoleh ketiga faktor lingkungan berbanding lurus dengan waktu transaksi operator (time study), dimana polusi udara merupakan faktor yang paling signifikan secara statistik diikuti oleh getaran dan kebisingan.

The poor environment will make the toll booth operators feel uncomfortable so that affect their performance. The research objective is to analyze the effect of air pollution, traffic noise, and vibration considered as the most disturbing factors by using Haz dust IV, Noise Dosimeter, HVM 100, time study, and questionnaire as the tools. By using multiple regression linear analysis, obtained the relationship of the environmental factors and transaction time (time study) is linear in which air pollution is the most significant factor, followed by vibration and noise respectively.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55274
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Le Thandar Soe
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari optimized food-based recommendation FBR dan biskuit fortifikasi terhadap performa kognitif siswa sekolah dasar. Cluster randomized controlled trial selama enam bulan pada anak sekolah usia 7-9 tahun n=252 dilaksanakan di 12 sekolah di Kota Nyaundon yang terdiri dari 3 kelompok; kombimasi optimized FBR dan biskuit fortifikasi, optimized FBR, dan kontrol. Performa kognitif, antropometri, dan indicator biokimia diukur sebagai outcome. Pada kedua kelompok intervensi optimized FBR dengan biscuit fortifikasi dan optimized FBR terdapat pengaruh yang significant terhadap performa kognitif, weight-for-age z-scores dan kadar besi serum. Akan tetapi kombinasi optimized FBR dengan biscuit fortifikasi menghasilkan skor performa kognitif yang lebih tinggi dibandingkan optimized FBR saja dengan skor yang lebih tinggi secara signifikan pada daya ingat 1.1 0.1: p-vale

The study aimed to determine the effect of optimized food-based recommendation FBR and fortified biscuits on cognitive performance of primary school children. A six-month cluster randomized controlled trial among 7-9 years old school children n=252 were conducted at 12 schools in Nyaungdon Township with three intervention groups; optimized FBR with fortified biscuits, optimized FBR, and control. The cognitive performances, anthropometry and biochemical indicators were assessed as outcomes. Analysis of covariance and multiple linear regression analysis were done. Both intervention optimized FBR with fortified biscuits and optimized FBR groups had significant effect on the cognitive performances, weight-for-age z-scores and serum iron status. But combined optimized FBR with fortified biscuits improved cognitive performances higher scores than optimized FBR alone with significantly higher in memory 1.1 0.1: p-vale."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salim Al Habsyi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh perhatian aktif investor ritel terhadap basis investor breadth of ownership dan likuiditas relative spread perusahaan yang tergabung di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Penelitian ini menggunakan Google search volume index SVI sebagai proksi pengukuran atensi aktif investor. Dengan menggunakan analisis data panel, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atensi aktif investor berpengaruh positif terhadap ukuran basis investor perusahaan namun tidak berpengaruh signifikan terhadap likuiditas.

ABSTRACT
This study aims to identify the effect of ritel investor active attention on breadth of ownership and liquidity relative spread of LQ45 firms listed in Indonesia Stock Exchange in period 2012 2016. This study use Google SVI to measure investor rsquo s active attention. Using panel data analysis, this study finds that investor active attention has a significant positive relationship with breadth of ownership but does not have significant relationship with liquidity."
2017
S68430
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>