Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 83172 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Faruq Ulinuha
"Peran Internet saat ini telah banyak memberikan manfaat di dalam bisnis, mulai dari peningkatan efisiensi waktu, komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik, hingga pencapaian efisiensi biaya yang signifikan. Melihat potensi ini, pihak manajemen CV.X tertarik untuk memperluas pangsa pasar bisnis melalui pemanfaatan Internet dengan membangun sebuah solusi E-dealer. Berdasarkan inisiatif tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yakni merancang solusi E-dealer yang tepat yang dapat dijadikan acuan peng- implementasian e-business pada bisnis dealer motor CV.X. Perancangan solusi E-dealer diawali dengan membangun strategi bisnis yang cocok untuk diterapkan pada E-dealer. Strategi tersebut dibangun berdasarkan hasil analisis terhadap tren, pelanggan, persaingan di dalam industri, dan kondisi bisnis saat ini meliputi faktor internal yakni kekuatan dan kelemahan perusahaan maupun faktor eksternal yakni peluang dan ancaman yang ada di dalam industri. Fungsionalitas yang ada pada solusi E-dealer diturunkan dari peluang-peluang yang dapat diberikan kepada pelanggan berdasarkan prosesproses yang dilakukan dengan mengacu pada value proposition yang dibangun. Perancangan solusi E-dealer dilakukan menggunakan pola-pola e-business yang terdiri dari arsitektur konsepsual, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknis.

Today, role of the Internet has given many benefits in business such as increasing time efficiency, better communication and collaboration, and significant gain in achieving greater cost efficiencies. From these opportunities, the management has taken an interest to expand its business market by utilizing the Internet through E-dealer solution. Based on this initiative, the aim of this research is to design a model of E-dealer solution so that it can become a reference of e-business implementation in the organization. The design process started from building the business strategy for Edealer. The strategy was built based on trends, customers, competitions in industry, and business conditions analysis. Functionalities of the solution were derived from the opportunities that can be given to the customers according to their processes and the developed value proposition. The solution was designed by using e-business patterns consisting of conceptual architecture, application architecture, and technical architecture."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Roy Sahat
"Era globalisasi menuntut semua organisasi, baik yang berorientasi pada laba ataupun nirlaba, untuk beroperasi secara efesien dan efektif. TUtujuannya untuk meningkatkan kualitas organisasi agar dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Penggunaan Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu solusi yang dapat memberikan kemudahan untuk membuat, memproses, menyimpan dan menyebarkan informasi. TI juga memungkinkan terjadinya proses komunikasi yang sebelumnya sulit bahkan tidak mungkin dilakukan.
PT. "XYZ" Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang agrobisnis dan telah berdiri sejak tahun 1993. Seiring perkembangan perusahaan yang semakin pesat, penambahan jumlah karyawan, dan kondisi geografis cabang-cabang perusahaan yang tersebar, hal ini membawa kedala dalam proses workflow perusahaan, hal ini juga dikarenakan proses workflow selama ini masih dijalankan secara manual, walaupun fasilitas komputer telah di sediakan, namun dukungan dari aplikasi yang minim membuat proses berlangsung lama dan berlarut-larut. Menjawab hal tersebut perusahaan membentuk satu divisi Informasi Teknologi (IT) untuk menangani masalah pengembangan aplikasi maupun infrastruktur. Dalam pengembangan aplikasi workflow, divisi IT memilih teknologi e-business dan open source, penerapan teknologi e-business dan open source dipilih karena merupakan kebijakan perusahaan, dipandang dari sisi biaya, ketersediaan sumber daya manusia, dan kehandalan teknologi tersebut.

Globalization era demands all organizations, whether they are profit or non-profit oriented to operate efficiently and effectively. The purpose is to increase the quality of the organization, so that it can survive in the competitive environment. The implementation of information technology is one of the best solutions to create, process, store, and distribute information. Information technology also makes possible communications to take place, including those that were previously impossible.
PT "XYZ" group of companies, established since 1993, operates in agribusiness sectors. As the company grows rapidly, employees' total number also increases, distributed across company branches which are geographical spread in many areas. This situation brings problems to the company human resource workflow process. The problems are mainly due to the manual workflow process. Although they have had computer facilities and networking infrastructure support, the support from the application is not enough to speed up the processes. To respond to this situation the company establishes the Information Technology (IT) division to build an application and its infrastructure to automate the HR workflow processes. In developing the workflow application, the IT division uses an e-business approach and open source technology. This technology was chosen according to a company policy that was made based on financial considerations, human resources availability, and technology capability.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudo Budi Pramono
"Pola bisnis yang berkembang selama ini mengarah kepada e-Business dan telah digunakan oleh banyak organisasi. Kinerja proses bisnis pun akan meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Teknologi saat ini memungkinkan adanya kerjasama antar organisasi, sehingga tercipta sistem informasi terpadu. Teknologi Data Warehouse adalah suatu set konsep dan perangkat yang memungkinkan penyediaan akses atas informasi pada sebuah Departemen Pemerintah. Data Warehouse memungkinkan suatu Departemen Pemerintah untuk melakukan analisa data dan membuat laporan-laporan yang dibutuhkan bagi para analis dan pengambil keputusan. Pengumpulan data dari berbagai sumber akan didukung oleh teknologi Electronic Data Interchange (EDI). Departemen Perdagangan adalah sebuah Departemen Pemerintah yang mengatur perdagangan di Indonesia. Proses bisnis yang berjalan di dalam lingkungan saat ini sangat tidak efektif akibat kurangnya koordinasi antar Direktorat. Begitu banyak prosedur dan dokumen yang saling terkait, namun karena tidak terkoordinasi dengan baik maka terjadi pengerjaan yang berulang. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan penyederhanaan prosedur. Tulisan pada proyek akhir ini akan membahas tentang perancangan Data Warehouse sebagai penunjang proses bisnis pada Departemen Perdagangan. Pembahasan akan difokuskan kepada perancangan arsitektur dan desain Data Warehouse.

Business pattern nowadays is heading towards e-Business which is used widely in many organizations. Business process output will also increase according to the progress of information technology. The latest technology makes cooperation between organizations possible, forming a synchronized information system. Data Warehouse technology is one set of concepts and tools that allows the availability of information access within a ministry. It also allows a ministry to analyze data and generate reports that are needed for the analysts and decision-makers. The collection of data from many sources will be supported by Electronic Data Interchange (EDI) technologies. The Ministry of Trade is a government minister that regulates all trades that happen in Indonesia. The business process nowadays is very ineffective because of lack of coordination inter-ministries. There are many connected procedures and documents, but because of the lack of coordination, redoing of assignments often happens. One way to handle it is by simplifying the procedures. This final project will discuss a Data Warehouse design to support the business process in the Ministry of Trade. The discussion will be focused on the Data Warehouse architecture and design.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanungbayu Setiyabisma
"Kondisi lingkungan usaha menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas, yang akan dimulai antar negara ASEAN — AFTA pada tahun 2003 dan negara-negara Asia Pasific APEC tahun 2008. akan semakin kompetitif. Di tengah semakin derasnya arus globalisasi dan kepercayaan masyarakat dunia akan keterbukaan ekonomi dan pasar bebas, menyebabkan kondisi iingkuiigan saat ini sedang dan di masa mendatang akan terus berubah secara substansial. Berbagai macam tantangan dan ancaman yang dihadapi perusahaan akan semakin besar di dalam mempertahankan kelangsungan usahanya. Hanya ada satu cara bagi perusahaan untuk dapat bersaing dan tumbuh, serta berkembang memasuki era baru ini, mengembangkan usahanya atau akan terlempar dan habis tak berdaya. di tengah persaingan yang superketat. Dengan mengambil kasus dari perusahaan ekspor furnitur, CV Serat Jati Jepara yang mengandalkan teknologi internet sebagai ujung tombak promosinya : 1. Arti penting perencanaan strategis menjadi salah satu cara untuk dapat memahami secara lebih jelas kecenderungan perubahan yang terjadi dalam lingkungan eksternal sehingga perusahaan dapat melakukan antisipasi dan reaksi yang sesuai. Kemudian perusahaan harus mampu memafaatkan dan meningkatkan keunggulan kompetitifnya, yaitu memanfaatkan kekuatan yang dimiliki, mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada, serta mengoptimalkan segala peluang bisnis yang timbul, agar perusahaan dapat tetap mempertahankan kelangsungan hidupnya, tumbuh, dan terus berkembang di masa depan. 2. Pengukuran kinerja dan kesehatan laporan keuangan perusahaan, dengan melihat tingkat pertumbuhan dan profitabilitas adalah salah satu landasan dan acuan dalam pengembangan usaha. Hasilnya dari pengukuran tersebut adalah kondisi keuangan perusahaan bagus. Dengan pondasi dan struktur keuangan yang kuat, perusahaan dapat terus dikembangkan usahanya. 3. Ketepatan dan kejelian perusahaan dalam menangkap adanya peluang usaha saat ini dan yang diperkirakan ada di masa depan adalah salah satu hal yang krusial untuk mengembangkan usaha. Adanya pertumbuhan nilai pasar dunia dan timbuinya pangsa pasar baru, serta keunikan dan kekhasan produk furnitur perusahaan, memberikan peluang yang besar bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
S19446
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko H. Setianto
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009
006.752 EKO e (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yuan Hanif Syaniardi
"ABSTRACT
PT XYZ meluncurkan produk branchless banking bernama MNO pada awal 2015
untuk mendukung program OJK yaitu Laku Pandai. Namun hingga Desember
2015, jumlah nasabah MNO masih sedikit karena hanya mencapai 0,39% dari
target yang ditetapkan pada business plan. Permasalahan utama yang dihadapi PT
XYZ yaitu karena belum memiliki pengalaman dalam bidang branchless banking.
Dalam penelitian ini dilakukan penyusunan strategi e-bisnis untuk produk
branchless banking supaya dapat bersaing dengan produk dari bank lain.
Penyusunan strategi e-bisnis dilakukan menggunakan kerangka kerja Chen
dengan teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi, dan
kajian dokumen. Tahapan di dalam Chen terdiri dari analisis situasi
(menggunakan analisis SWOT dan SLEPT), membangun visi, menentukan CSF
(menggunakan analisis balanced scorecard dan CSF), dan membuat rencana
tindakan serta prioritasnya (menggunakan kuadran Covey). Penelitian ini
menghasilkan strategi e-bisnis PT XYZ untuk produk branchless banking yang
terdiri dari lima rencana tindakan terkait manusia, tujuh rencana tindakan terkait
proses, dan empat rencana tindakan terkait teknologi.

ABSTRACT
PT XYZ launched branchless banking product called MNO in early 2015 to
support OJK program, namely Laku Pandai. But until December 2015, the
number of MNO customers still few because only achieved 0,39% from targets set
in the business plan. The main problem faced by PT XYZ is because they have
not had experience in the field of branchless banking. In this research, e-business
strategies for branchless banking products is prepared in order to compete with
products from other banks. E-business strategy formulation is done using a
framework Chen with data collection techniques consisting of interviews,
observation and document review. Phases in Chen framework consists of analyse
situation (using SWOT and SLEPT analysis), establish vision, define CSF (using
the balanced scorecard and CSF analysis), and develop action plan and its
priorities (using Covey Quadrant). This research results in e-business strategy PT
XYZ for branchless banking products consisting of five human-related work
plans, seven process-related work plans, and four technology-related work plans."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Prasetyo
"Dengan pesatnya perkembangan internet di Indonesia, diiringi dengan makin pesatnya pertumbuhan e-commerce, sarana pendukung kegiatan jual-beli secara online juga mulai berkembang, salah satunya adalah alat pembayaran. Salah satu dari alat pembayaran yang ada untuk e-commerce adalah uang elektronik (emoney). PT. XYZ sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembayaran elektronis juga mencoba untuk terjun ke dalam bidang pembayaran ecommerce dengan mengeluarkan produk uang elektronik. Uang elektronik yang dikembangkan PT. XYZ adalah alat pembayaran berbasis server.
Namun setelah menjalankan bisnisnya selama setahun, jumlah nasabah dan transaksinya masih sangat jauh dari yang ditargetkan. Dengan menggunakan metodologi yang dikembangkan oleh Dave Chaffey, penelitian ini berusaha untuk merumuskan strategi-strategi e-bisnis dan keputusan-keputusan strategis yang tepat agar produk uang elektronik PT. XYZ dapat bersaing dan mendapatkan keunggulan kompetitif jika dibandingkan dengan kompetitor sejenis dan produk pengganti lainnya. Terdapat tiga tahapan yang telah dijalankan pada penelitian ini, yaitu tahapan strategic analysis, strategic objectives, dan strategy definition.
Sumber data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: dokumen business plan uang elektronik PT. XYZ, serta hasil wawancara dan diskusi dengan anggota tim uang elektronik PT. XYZ. Hasil penelitian yang didapatkan kemudian diverifikasi dan didiskusikan kembali oleh anggota tim dan disetujui bahwa strategi-strategi ebisnis yang dirumuskan telah sesuai dengan aspirasi para anggota tim. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan arahan dari sudut pandang e-bisnis kepada PT. XYZ dalam menjalankan bisnis uang elektroniknya dengan lebih baik.

With the rapid development of internet in Indonesia, followed by the rapid growth of e-commerce, the supporting system for buying and selling online also growing, payment instrument is one of them. E-money is one of many available payment instruments for e-commerce transactions. PT. XYZ as one of the company that engage in electronic payment business try to compete in providing payment instrument for e-commerce with issuing its own e-money product. The e-money that developed by PT. XYZ is server based.
However after running for about a year, the number of customers and transactions are far from the expected targets. Using the methodology developed by Dave Chaffey, this study is trying to formulate right e-business strategies and key strategic decisions for PT. XYZ’s e-money business in order to compete and gain competitive advantage compared to other similar competitors and other substitute products. There are three steps performed on this research: strategic analysis, strategic objectives, and strategy definition.
Sources of data used in this study include: PT. XYZ’s electronic money business plan document, and interviews and discussions with team members of PT. XYZ's electronic money team. Research results obtained and discussed again later verified by the team members and agreed that e-business strategies has been formulated in accordance with the aspirations of the team members. The results of this study are expected to provide direction from the point of view of e-business to PT. XYZ of doing business with the electronic money.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wiranto Utomo
"Pemanfaatan teknologi informasi pada dunia industri telah membawa nuansa baru bagi perbisnisan di Indonesia, terutama dalam menghadapi era pasar bebas. Tak terkecuali dalam bisnis perumahsakitan dimana ketepatan dan kecepatan dalam memberikan pelayanan terhadap pasien menjadi salah satu prioritas utamanya. Kenyataan bahwa kesehatan termasuk hal pokok bagi kehidupan manusia, membuat bisnis di bidang ini tidak pernah mati dan surut dari inovasi-inovasi baru.Namun perlu diakui, terkadang pelayanan yang diberikan tidak memuaskan pasien. Antrian yang panjang, keharusan pasien untuk kembali periksa dalam frekuensi yang tinggi, pemeriksaan dengan tujuan pengulangan resep dan sebagainya adalah hal-hal yang dikeluhkan oleh pasien. Sehingga sebagian pasien yang juga termasuk orang yang sibuk akan pekerjaannya enggan untuk memeriksakan dirinya dan memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, yang belum tentu obat tersebut cocok untuk mengobati sakit yang dideritanya.
Untuk menyikapi hal tersebut, perlu diambil langkah kompromi yang menguntungkan kedua belah pihak, yaitu dengan mengadakan program dokter online. Dalam program ini, pasien dapat mengkonsultasikan masalah kesehatannya dengan dokter yang dituju melalui media internet dengan pengawasan pihak rumahsakit. Tentu saja ada syarat-syarat dan batasan-batasan yang perlu diterapkan pada program ini agar tidak ada pihak yang dirugikandalam pelaksanaannya. Program dokter online ini diusulkan untuk diterapkan pada RSPJ, sebagai salah satu rumah sakit di Indonesia yang telah menjalankan ERP dalam kegiatan operasionalnya. Diikutsertakannya data-data yang dihimpun dalam pemeriksaan konvensional ke dalam program ini dan sebaliknya menjadi salah satu kekuatan program ini. Dalam proyek akhir ini akan dibahas masalah seputar syarat-syarat, batasan-batasan, kendala-kendala yang mungkin akan dihadapi program ini dan langkah-langkah antisipasinya, juga seputar tahapan pengadaan program ini ? dimulai dari pengelolaan ide sampai dengan tahapan perancangan arsitekturnya.

The usage of information technology in industrial sector brought the new color for Indonesia's business, especially in dealing with free market. Even in healthcare industry, where correct and speed service for consumer is one of its prime priorities. The fact that health is the main thing of human's life makes this business never die and always full of new innovations. There is no doubt that the services given are sometime dissatisfying. Long queuing, the frequent of medical checkup, the presence of patient for doctor prescription iteration and so on are the things that complained by patients. Therefore, almost all of busy consumers prefer doing their activities and consume non-prescription drugs that might be a wrong medication.
In order to overcome the problems, it is necessary to compromise the step for solutions that are accepted by consumer and their doctors, using online doctor program. In this program, the patient could discuss their medical problems with the doctor through the Internet under the hospital's supervision. Of course, the requirement and the limitation are implemented in order to decrease the negative impact of program's implementation. Online doctor program is proposed to implement in RSPJ, as one of the Indonesian hospitals that is already run well with ERP. The presence of the data, that come from conventional investigation and vice versa, is become one of the strength of this program. This final project will cover the requirement, the limitation, problems that might be arising from this program, steps of its anticipation and the procurement of this program, starting from idea management until architecture planning.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40450
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vinsensia Hafendy
"Dalam rangka mencapai tujuan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan memenuhi persyaratan di dunia kerja, FEUI membuka program magang di semester gasal 2006/2007 ini. Penulis merupakan salah satu peserta program magang tersebut. Penulis mendapat kesempatan magang di PT ABC Divisi Produk Konsumsi bagian Akuntansi selama 3 bulan mulai 1 September 2006 sampai dengan 30 November 2006. Laporan magang ini akan membahas sistem informasi yang digunakan PT ABC (divisi Produk Konsumsi) sebelum menggunakan Oracle yaitu MFGPro; sistem informasi yang sekarang dipakai yaitu Oracle; evaluasi keberhasilan atau ketidakberhasilan implementasi sistem baru; analisa faktor-faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan; serta saran untuk mengatasi ketidakberhasilan. Teori yang melandasi laporan magang ini adalah gambaran umum mengenai periode-periode pengembangan dan pasca pengembangan dari suatu siklus hidup sistem informasi dan penelitian pengukuran kesuksesan implementasi suatu sistem. Dalam penerapan siklus hidup suatu sistem informasi, penulis akan membahas mengenai sistem informasi yang lama dan sistem informasi yang sekarang digunakan. Penulis menggunakan kuesioner untuk mengukur keberhasilan implementasi sistem. Hasil kuesioner dan proses pengembangan sistem informasi di PT ABC mendorong penulis untuk menganalisa faktor-faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan implementasi suatu sistem dalam perusahaan. Kesimpulan dan saran membahas mengenai hasil dari proses implementasi yang dilakukan dan saran untuk mengatasi kelemahan dari proses tersebut."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
S26376
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winarto Sutanto
"Pesatnya perkembangan internet service provider (ISP) lokal akan menstimuli kemungkinan masuknya perusahaan asing di bisnis ini. Usaha ISP ini adalah usaha yang bergerak di bidang informasi teknologi. Sehingga sifat dan cara kerjanya mempunyai ciri dan tingkat kerumitan sendiri. Demikian juga produk turunannya yaitu pemakai akses internet dan menggunakannya sebagai sebuah jenis usaha lagi misalnya situs Yahoo, Google, Detik, Kompas Cyber Media, dan lain-lain. Dalam rangka ekstensifikasi dan intensifikasi pajak, pengetahuan dan pengalaman dalam berbagai masalah sangat penting. Termasuk bidang usaha IT seperti tersebut di atas, terutama yang menyediakan jasa e-commerce. Berdasarkan uraian di atas, maka pokok permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengenaan pajak atas usaha e-commerce di internet dan berapa besarnya pengaruh pengguna internet Indonesia terhadap nilai transaksi e-commerce global dan seberapa besar prediksi penerimaan pajak atas usaha e-commerce melalui internet."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T21613
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>