Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 168277 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khairul Kamal
"Untuk dapat melaksanakan tugasnya mendukung program pendidikan dan pengajaran, perpustakaan perguruan tinggi harus menyediakan koleksi, Ketersediaan koleksi yang mencakup kesesuaiannya dan jumlah eksemplar tiap judul akan ikut menentukan baik-tidaknya dukungan perpus_takaan terhadap program pendidikan dan pengajaran. Hal ini penting karena ketersediaan koleksi dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakainya. Keterse_diaan ini dipengaruhi oleh program pengadaan terutama dalam proses seleksi. Hasil seleksi ini dipengaruhi oleh besar-kecilnya partisipasi dan dukungan staf pengajar yang tahu akan buku-buku yang digunakan dalam setiap kuliahnya. Hengingat pentingnya koleksi buku bagi prog_ram pendidikan dan pengajaran, maka perpustakaan perguruan tinggi perlu mengetahui dengan evaluasi ketersediaan koleksi bukunya. Skripsi ini merupakan hasil evaluasi terhadap ketersediaan koleksi buku Perpustakaan FSUI dalam menun-jang program pendidikan dan pengajaran jurusan Jawa, Ar_keologi, Sejarah, dan Jerman program S-1 sesuai kuriku_lum yang berlaku. Evaluasi ini dilakukan berdasarkan silabus dan buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi. Hasil pemerikasaan dengan metode membandingkan (Checking-List) antara judul-judul buku yang ada dalan silabus dengan koleksi buku Perpustakaan FSUI berdasar_kan kesesuaian dan jumlah eksemplar yang harus dipenuhi menunjukan bahwa koleksi buku Perpustakaan FSUI tidak baik untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pengajaran jurusan Jawa, Arkeologi, Sejarah, dan Jerman prog_ram S-1. Hal ini juga terjadi karena kurangnpa dukungan staf pengajar dalan proses pengadaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15486
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Dorea Masa
"Topik skripsi ini mengenai minat dan kebiasaan membaca mahasiswa SI Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Uni_versitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan kebiasaan mahasiswa SI JIP-FSUI secara umum-terhadap jenis terbitan tertentu, yaitu buku, majalah, koran dan tabloid--dengan mengacu pada beberapa segi pokok: jenis bahan bacaan yang dibaca, dan diantara jenis-jenis bacaan tersebut mama yang paling banyak dibaca, waktu yang digunakan untuk membaca setiap harinya, nama bahan bacaan yang dibaca, subjek atau topik bahan bacaan yang diminati, alasan utama membaca bahan bacaan, cara utama untuk memperoleh bahan baca_an, serta kegiatan apa yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa minat dan kebiasaan membaca mahasiswa S1 JIP-FSUI secara umum sudah cu_kup baik. Hal itu terlihat dari waktu yang mereka pergunakan untuk - membaca tiap harinya yang umumnya berkisar antara 1 sampai dengan lebih dari 2 jam, bervariasinya jenis bacaan yang mereka baca, alasan-alasan yang mereka kemukakan sehing_ga mereka membaca-umumnya atas dasar kesadaran yang tumbuh dari diri sendlri, cara-cara yang mereka tempuh untuk menda_patkan bahan bacaan, serta dari pengisian waktu luang mereka, yang oleh sebagian besar dari responden diisi dengan membaca."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liza Evianti Natalia
"ABSTRAK
Penelitian ini mengenai mengenai Information Literacy di perpustakaan TL Robertson dan Pendidikan Pemakai di FSUI, Depok ini telah dilakukan pada bulan Juli 1994 - Maret 1995. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran tentang Information Literacy yang diselenggarakan oleh perpustakaan TL Robertson dan program Pendidikan Pemakai di perpustakaan FSUI dan untuk melihat apakah program pendidikan pemakai dan Information Literacy sama atau berbeda ditinjau dari kriteria lamanya pelaksanaan, materi pelaksanaan, media yang digunakan, metode yang digunakan dan pesertanya.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif eksploratif dan pengumpulan data adalah pengumpulan data kualitatif yaitu mengungkapkan hasil penelitian dalam bentuk verbal.
Hasilnya menunjukkan bahwa kedua program tersebut pada dasarnya sama hanya tingkat peralatan yang dipakai pada program Information Literacy lebih canggih daripada program Pendidikan Pemakai.

"
1995
S15504
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
N. Wien Fatma L.
"Penelitian mengenai ketersediaan buku telah dilakukan di perpustakaan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, pada bulaii Oktober 1995, tujuannya adalah : Mengetahui ukuran ketersediaan buku yang dapat langsung diperoleh pemakai pada saat pemakai mencarinya; Mengetahui ukuran ketidaktersediaan buku; Mengetahui ukuran kinerja ketersediaan di Perpustakaan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia; Menemukan faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktersediaan buku sehingga pemakai tidak berhasil memperoleh buku yang diinginkannya di Perpustakaan Fakultas Psikologi UI; Melihat perbandingan ukuran kinerja ketersediaan dengan penelitian senipa yang pernah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan inelalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Cara penyebaran kuesioner dan pelaksanaan penelitian dijelaskan.
Hasilnya menunjukkan bahwa 43% buku berhasil disediakan oleh peipustakaan dan 57% buku yang tidak berhasil langsung disediakan di perpustakaan. Faktor-faktor yang nienyebabkan tidak berhasilnya buku ditemukan oleh pemakai di Perpustakaan Fakultas Psikologi yang terbesar adalah karena buku tidak dimiliki oleh perpustakaan sebesar 26.18% dari total seluruh buku yang dicuri atau 45,3% dari total buku yang tidak berhasil ditemukan oleh pemakai. Penyebab ketidaktersediaan buku yang lainnya adalah buku sedang dipinjam 41 buku (16,01%), penempatan buku yang salah di rak 13 buku (5,09%), kesalahan pemakai dalam mencari buku sebanyak 12 buku (4,69%), buku difotokopi oleh pemakai lain 7 buku (2,73%), buku sedang menunggu untuk dirakkan kembali 3 buku (1,17%), dalam proses pengolahan 2 buku (0,78%) hilang atau dicuri 2 buku (0,78%) dan 1 buku (0,39%) sudah ditarik dari raknya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15625
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A.C. Sungkana Hadi
"Jika ditelusuri beberapa data, kiranya akan dapat disimpulkan bahwa secara kuantitatif perpustakaan di Indonesia sudah cukup berkembang. Namun dari data yang sama itu pula, akan dapat disimpulakn bahwa sebagian besar perpustakaan itu belum berkembang secara kualitatif. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti biaya, sarana dan prasarana, tenaga, dan sebagainya. Namun secara optimis, sebenarnya permasalahan pokoknya terletak pada kurangnya tenaga yang mempunyai kemampuan profesional bidang perpustakaan. Hal ini sesuai dengan pemeo umum yang berbunyi The man behind the gun, yang kiranya berlaku untuk semua bidang. Biaya, sarana dan prasarana, serta kemudahan lain hanya berdayaguna jika ada tenaga yang mampu mendayagunakannya. Sebaliknya, kendati biaya, sarana dan prasarana, serta kemudahan lain itu tidak ada, tetapi jika ada tenaga yang mempunyai kemampuan memadai, maka hal-hal semacam itu dapat diusahakan secara relatif lebih mudah."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S15686
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titik Pudjiastuti
"Perpustakaan Fakultas Sastra UI merupakan salah satu tempat penyimpanan naskah Nusantara yang patut dibanggakan. Di tempat ini tersimpan lebih dari 2500 naskah Nusantara yang ditulis dengan huruf dan bahasa daerah yang cukup beragam. Pada tahun 1997 telah terbit buku katalog naskah Fakultas Sastra UI, namun dari pengamatan kami, masih banyak naskah-naskah koleksi Perpustakaan Fakultas Sastra UI yang belum tercatat dalam buku tersebut.
Penelitian ini bertujuan menyusun katalogisasi naskah, membuat mikrofilm, dan menerbitkan katalog naskah dari naskah-naskah koleksi Perpustakaan Fakultas Sastra UI yang belum pernah didata Namun, karena keterbatasan waktu, dana dan tenaga, maka pada kesempatan ini usaha membuat mikrofilm dan menerbitkan katalognya belum dapat dilakukan. Dengan demikian, tujuan penelitian saat ini adalah menyusun katalogisasi naskahnya. Untuk itu, naskah-naskah koleksi Perpustakaan Fakultas Sastra UI yang belum didata akan diinventarisasi dan dideskripsikan.
Penelitian ini sepenuhnya penelitian kepustakaan. Untuk itu, sejumlah bahan rujukan yang relevan dengan tujuan penelitian digunakan sebagai dasar dalam penyusunan pola penelitian. Oleh karena tujuan utama penelitian ini adalah menyusun katalog naskah, maka berbagai katalog naskah Jawa dan Nusantara digunakan sebagai rujukan untuk menentukan pola penelitian dan penyusunan katalog naskahnya.
Berdasarkan inventarisasi naskah, diketahui bahwa jumlah naskah koleksi Perpustakaan Fakultas Sastra UI yang belum dideskripsikan berjumlah 254 naskah. Naskah-naskah tersebut adalah koleksi Pigeaud, PT Caltex Pacific Indonesia, Dina Nawaningrum, R. Tanojo, Arnir Rohkyatmo, Soemarsaid, Titik Pudjiastuti, Prof. Dr. Achadiati Ikram, dan Jurusan Sastra Daerah FSUI, Madura, Cirebon, dan RM Sajid
Dalam penelitian ini, setiap naskah diambil datanya sesuai dengan pola yang telah ditentukan. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa atas jenis isi teksnya ke-249 naskah tersebut dapat dipilah ke dalam 24 kategori, yaitu: Bahasa (BA), Cerita Historis (CH), Cerita Islam(CI), Cerita Kepahlawanan (CP), Cerita Santri Lelana (CS). Cerita Wayang (CW), Hukum (HU), Islam (IS), Kelompok Melayu. (KM,), Keris (KR), Lain-lain (LL), Legenda Setempat (LS), Majalah Jawa (MJ), Primbon (PR) Piwulang . (PW), Sastra Bali (SB), Sejarah (SJ), Silsilah (SL), Seni Suara (SS), Seni Tari. (ST), Upacara dan Adat Istiadat Keraton (UK), Upacara dan Adat Istiadat Rakyat. (UR), Warna Warni (WW), dan Wayang (WY).
Selain itu, dapat pula diketahui bahwa bahan naskah yang paling banyak digunakan adalah kertas polos, bahasa dan aksara yang terbanyak dipakai adalah bahasa dan aksara Jawa, dan bentuk penyajian teks yang paling banyak diterapkan adalah prosa."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001
LP 2001 63
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Luluk Darojati Suhada
"Pendidikan perpustakaan sangat terkait dengan tempat kerja. Perubahan pun terus menerus terjadi di dunia kerja. Pendidikan perpustakaan sendiri perlu menyesuaikan dengan kebutuhan di dunia kerja. Oleh sebab itu, pendidikan perpustakaan perlu mengidentifikasi efektivitas mata kuliah dengan kebutuhan yang berkembang di dunia kerja.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kesesuaian kurikulum -keluasan dan kedalamannya- pendidikan perpustakaan Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia (JIP UI) Program Sarjana (S1) Reguler dengan kebutuhan dunia kerja. Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi pendapat alumni mengenai perbandingan antara kompetensi yang didapat dari pendidikan Perpustakaan Universitas Indonesia (JIP UI) Program Sarjana (S1) Reguler dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja. Pada gilirannya, informasi ini diharapkan dapat memberi masukan mengenai hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pendidikan perpustakaan JIP FSUI agar dapat mengikuti perubahan di dunia kerja.
Untuk kepentingan penelitian ini, alumni yang dipilih adalah alumni JIP FSUI Program Sarjana (S 1) Reguler dengan tahun masuk 1991. Data yang dianalisa meliputidokumen yang berhubungan dengan pendidikan perpustakaan JIP FSUI dan hasil wawancara dengan para alumni. Wawancara terhadap alumni dilakukan antara bulan Mei - Juli 2000Profil alumni adalah sebagai berikut: 7 orang mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan perpustakaan, satu orang sebagai sekretaris, satu orang sebagai peneliti dan satu orang sebagai konsultan. Sebanyak 8 orang bekerja di perpustakaan khusus, 1 orang di perpustakaan sekolah dan satu orang di institusi pemerintah.Kompetensi yang digunakan dalam penelitian dibagi menjadi delapan yaitu: ilmu perpustakaan dan informasi, manajemen informasi, teknologi informasi, layanan informasi, manajemen organisasi, kebahasaan, komunikasi, administrasi dan keterampilan sosial.
Analisis kurikulum dilakukan dengan membandingkan aspek keluasan dan kedalaman kompetensi yang direncanakan JIP FSUI dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja. Aspek keluasan adalah seberapa banyak topik yang dicakup di dalam kurikulum. Aspek kedalaman adalah sejauhmana tingkat kemampuan yang direncanakan oleh kurikulum.Dalam hal aspek kedalaman, tingkat kemampuan yang direncanakan oleh kurikulum JIP FSUI, yang paling banyak adalah C3 (tingkat penerapan) sebanyak 40% dari total kompetensi yang direncanakan oleh kurikulum. Di pihak lain, tingkat kompetensi yang paling dibutuhkan di dunia kerja adalah C5 (tingkat sintesis) sebanyak 44,4% dari total kompetensiDari segi aspek keluasan, ada beberapa aspek yang mcnurut responden perlu dimasukkan ke dalam kurikulum. Diantaranya etika profesi, ilmu informasi, kemampuanuntuk belajar, manajemen informasi dalam berbagai bentuk, manajemen pengetahuan, dan tekno]ogi infonmasi.Mata kuliah yang terkait dengan dunia kerja menurut pendapat responsden adalah mata kuliah Komunikasi dan Sumber Informasi, Pengantar Psikologi, Manajemen Sistem Perpustakaan, Dasar-dasar Katalog dan Klasifikasi, Pengindeksan Subjek, Pengatalogan Bahan Non Buku, Bahan Rujukan Umum, Aplikasi Teknologi Informasi, Praktek Kerja dan Bahasa Inggris.
Kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja temyata tidak hanya kemampuan ranah kognitif tapi juga kemampuan ranah afektif. Kurikulum perpustakaan JIP FSUI - berdasarkan jumlah tingkat kemampuan kognitif yang direncanakan Mata Kuliah Keahlian (MKK)- menyiapkan tingkat kemampuan mahasiswa sampai tingkat C3 (Penerapan) sedangkan di dunia kerja, tingkat kemampuan yang dibutuhkan adalah C5 (Sintesis), yaitu kemampuan untuk mengkombinasikan elemen-elemen dalam satu struktur atau sistem yang lebih luas.Saran bagi JIP FSUI untuk menjembatani perbedaan dengan dunia kerja adalah dengan perencanaan pendidikan J1P FSUI ke depan dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang ada.
Topik yang perlu diintegrasikan dalam pendidikan JIP FSUI adalah kelompok manajemen informasi yaitu pengantar manajemen informasi, knowledge management, kearsipan; kelompok manajemen organisasi yaitu marketing, ISO, manajemen SDM, budgeting dan pendirian perpustakaan (setting up); kelompok teknologi perpustakaan yaitu internet, pembuatan website, jaringan komputer; kelompok komunikasi yaitu pengantar humas, penerbitan cetak maupun non cetak.JIP FSUI disarankan untuk mengakomodasi praktisi supaya bisa terlibat dalam proses pendidikan di ]IP FSUI. Penambahan topik mata kuliah dalam mata kuliah baru atau terintegrasi dengan mata kuliah lama. Topik mata kuliah yang mendesak untuk ditambahkan adalah kelompok mata kuliah teknologi informasi yaitu pengenalan komputer, pangkalan data, jaringan komputer dan internet. Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan mengadakan komunikasi secara berkala dengan mereka yang terlibat dalam pendidikan ilmu perpustakaan yaitu praktisi, alumni, organisasi profesi dan pengajar dan penambahan fasilitas praktek berupa laboratorium komputer..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15502
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Lucia
"Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia telah membentuk suatu Tim Pemilih Bahan Pustaka sejak tahun 1990 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Dekan Fakultas Sastra Universitas Indonesia No. 0553/PT02/H4.FS/Q/1990 tentang Tim Pemilih Bahan Pustaka FSUI. Tim Pemilih ini bertugas untuk memilih bahan pustaka yang cocok bagi pemakai jasa perpustakaan dalam lingkungan Fakultas Sastra UIPada skripsi ini, penulis mencoba untuk mengevaluasi kebijakan dan tata cara pemilihan buku sejak tahun 1990. Komponen yang dievaluasi antara lain mengenai kebijakan pemilihan yang ada di Perpustakaan FSUI, kriteria pemilihan yang ditetapkan oleh anggota Tim Pemilih Bahan Pustaka, alat bantu seleksi yang digunakan, prosedur pemilihan, alokasi dana untuk pembelian buku Berta penentu akhir dalam pemilihan.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tata cara pemilihan buku di Perpustakaan Fakultas Sastra cukup baik dengan penentu akhir apakah buku yang diusulkan jadi dipesan atau tidak adalah wewenang Kepala Perpustakaan. Satu kekurangan yang ada di Perpustakaan FSUI adalah belum memiliki kebijakan pengembangan yang tertulis. Namun secara umum kebijakan dan tata cara pemilihan buku di perpustakaan FSUI telah cukup baik.."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15373
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yayah Mardiah
"Penelitian mengenai karier lulusan JIP FSUI Program Sarjana (SI) Reguler angkatan `86 sampai dengan `89, tujuannya ialah untuk mengetahui bagaimana karier dan dunia kerja yang dihadapi para lulusan, yang di batasi pada aspek-aspek: Jenis pekerjaan dan jabatan, mobilitas kerja, tugas dan tanggung jawab kerja, kepuasan dan ketidakpuasan kerja, relevansi program pendidikan perpustakaan, ketrampilan dan keahlian profesional yang dibutuhkan.
Penelitian ini menggunakan metode survai, di mana pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para lulusan yang terpilih sebagai sampel yang berjumlah 49 dari populasi yamg berjumlah 95. Dari kuesioner yang diedarkan tersebut, 4 kuesioner tidak kembali dan 2 kuesioner tidak dapat diolah, sehingga jumlah kuesioner yang diolah dalam penelitian ini adalah 43 kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sesuai dengan sebagian besar harapan lulusan yang memilih pekerjaan pertama mereka di perpustakaan khusus (65%) dengan posisi sebagian besar (67.4%) sebagai staf, sedangkan pada pekerjaan sekarang mayoritas (61,5%) tetap bekerja di perpustakaan khusus dengan posisi sebagai staf (54%). Sebagian besar (60%) lulusan menyatakan pernah mengalami pindah pekerjaan, dengan faktor utama untuk mendapatkan gaji yang lebih besar, selain faktor-faktor ingin memperoleh tantangan baru, dan adanya tawaran menarik dari pekerjaan baru.
Secara keseluruhan yang menjadi tugas dan tanggung jawab kerja pada pekerjaan pertama (utama dan tambahan) meliputi pengolahan, layanan penelusuran, pemilihan bahan pustaka dan manajemen. Sejalan dengan meningkatnya pengalaman dan profesionalitas lulusan pada pekerjaan sekarang tugas dan tanggung jawab mereka meliputi pengolahan, manajemen, pemilihan dan pengadaan bahan pustaka, layanan informasi dan bantuan kepada pemakai serta tugas komputer. Hampir setengahnya dan lulusan (49%) menyatakan kepuasannya terhadap pekerjaan pertama, sementara itu pada pekerjaan sekarang terdapat peningkatan kepuasan yaitu sebagian besar lulusan (64%), dengan aspek gaji yang telah memberikan kepuasan utama pada pekerjaan. Hampir seluruhnya dari lulusan (91%) menyatakan kepuasannya terhadap pendidikan perpustakaan yang diperoleh dalam menunjang karier mereka.
Mata kuliah yang dianggap relevan dengan tugas-tugas di pekerjaan ialah pengolahan dokumen, manejemen perpustakaan, komputerisasi perpustakaan. bahan rujukan dan bahasa Inggris. Sesuai dengan tuntutan dan perkembangan dunia kerja, mayoritas responden menilai perlunya menekankan subyek-subyek komputer dan berbagai aplikasinya, manejemen dan bahasa Inggris. Kebutuhan akan perlunya mengembangkan ketrampilan dan keahlian kerja untuk mengantisipasi tuntutan-_tuntutan pekerjaan dirasakan sangat perlu oleh mayoritas responden (84%). Untuk itu mereka menyatakan JIP FSUI perlu mengadakan pertemuan ilmiah dengan para praktisi dan menyesuaikan kurikulumnya dalam konteks perkembangan teknologi sekarang ini agar dapat mengikuti perkembangan-perkembangan yang telah terjadi di lapangan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15648
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>