Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 179695 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prih Erwan Sujadi
"ABSTRAK
Pengembangan pangkalan data di perpustakaan dimaksudkan agar temu kembali informasi menjadi lebih cepat, mudah dan sistematis. Berbagai kemudahan penelusuran dan peningkatan akses serta temu kembali informasi yang cepat yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi informasi belum tentu memberikan penerimaan yang positif bagi pemakai. Semua fasilitas yang ditawarkan perlu dievaluasi berdasarkan persepsi pemakai terhadap fasilitas pangkalan data.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran persepsi dan harapan wartawan Bisnis Indonesia terhadap layanan intranet pangkalan data berita surat kabar Bisnis Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survai dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Aspek-aspek yang ditanyakan antara lain adalah: kemudahan penggunaan, jumlah komputer, letak komputer, strategi penelusuran, pilihan akses, tampilan layar, kenyamanan, kecepatan temu kembali, keefektifan penelusuran, komunikasi antara staf perpustakaan dengan responden, peran staf, promosi, kehandalan, kesenangan, tingkat kesuksesan, kepuasan, tampilan hasil penelusuran, ketepatan temu kembali, dan penilaian layanan intranet secarea umum dan yang terakhir aspek harapan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa secara umum persepsi terhadap aspek-aspek yang ditanyakan adalan positif. Layanan intranet pangkalan data berita surat kabar Bisnis Indonesia ini mudah digunakan, meningkatkan kecepatan akses dan temu kembali serta memberikan layanan yang baik. Dari 20 aspek yang diteliti, kecenderungan persepsi negatif hanya terdapat pada aspek letak komputer dan aspek kenyamanan dalam menggunakan layanan intranet. Harapan terbanyak adalah dapat mengakses layanan intranet ini dari komputer wartawan masing-masing, disusul dengan peningkatan akses penelusuran dan harapan terbanyak ketiga adalan perbaikan letak komputer yang digunakan untuk mengakses.

"
1999
S15410
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rachma
"Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan sirkulasi dilihat dari tingkat kepuasan pemakai, serta masalah yang dihadapi pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data utama melalui kuesioner, ditunjang dengan wawancara dan penelusuran literatur. Pengambilan sampel dilakukan secara kebetulan (accidental sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang terkumpul diolah dan dianalisa dengan menggunakan rumus Persentase dan Skala Sikap Liken.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kepuasan pemakai terhadap prosedur dan persyaratan keanggotaan serta OPAC adalah tinggi; tingkat kepuasan pemakai terhadap jam buka perpustakaan, katalog, kecepatan layanan serta layanan dan bantuan staf perpustakaan adalah cenderung tinggi; tingkat kepuasan pemakai terhadap sistem layanan tertutup, prosedur peminjaman dan layanan fotokopi adalah cenderung rendah; tingkat kepuasan pemakai terhadap sistem baca di tempat adalah rendah.
Diketahui pula bahwa pengetahuan pemakai terhadap Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah cenderung rendah. Pemakai tidak mengetahui tugas dan fungsi perpustakaan nasional sebagai pusat deposit dan pelestarian literatur nasional. Hal inilah yang menjadi masalah dalam layanan sirkulasi. Pemakai merasa kebebasan mereka dalam mengakses dan memperoleh bahan pustaka yang dibutuhkannya dibatasi oleh kebijakan yang diterapkan perpustakaan nasional yang cenderung lebih melindungi koleksinya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S14851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Perpustakaan Nasional RI
RM 016.3 P 118 i (1999) XVIII.2
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Kanjeng Pangeran Arya Panular
"Bundel Serat Kabar Paprentahan adalah kumpulan lembaran berita yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintan (kraton) Surakarta Hadiningrat. Pada bagian awal bundel dikeluarkan th 1935 ini berisi: Dhawuhing pangandikan Dalem (Susuhunan Paku Buwana) yang kemudian dijadikan surat keputusan (kakancingan) mengenai perubahan letak nama gelar "Riya", sebagai contoh:
1. Jika semula : Katib Riya Sumemi menjadi Rd Riya Katib Sumemi
2. Jika semula : Ngabei Riya Darsa Pradata menjadi Rd. Riya Ngabei Darsa Pradata
Bundel ini diakhiri dengan syrat keputusan (kakancingan) mengenai tatanan belanja/pengeluaran Abdi Dalem Marek Wesen hingga "tetep pocot sarta ajalipun abdi dalem" (ketetapan mengenai pemecatan dan kematian para abdi dalem)"
Surakarta: [Publisher not identified], [Date of publication not identified]
BKL.1041-HU 11
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Tumenggung Wangsanagara
"Bundel Serat Kabar Paprentahan adalah kumpulan lembaran berita yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah (kraton) Surakarta HAdiningrat. Bagian awal bundel (terbitan tahun 1927) berisi Pranata Papatih Dalem 28 Februari 1893 mengenai larangan untuk menggali bangkai hewan (rajakaya/peliharaan) yang telah dikubur.
Bagian akhir bundel (terbitan tahun 1929) berisi Pranata Patih Dalem 17 April 1929 mengenai kewajiban memasang nomor rumah serta "verponding" yang ada di kota-kota di bawah wewenang Kraton Surakarta"
Surakarta: [Publisher not identified], [Date of publication not identified]
BKL.1043-HU 9
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Danny Ferry Juddin
"Perpustakaan FKM UI memiliki tugas untuk mengumpulkan. melestarikan, mengolah, memanfaatkan dan menyebarluaskan informasi ilmiah khusus bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk menunjang program pendidikan, pengajaran. penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Aar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, perpustakaan harus giat memperkenalkan/mempromosikan jasa dan layanan yang ada kepada pnmakai untuk dapat mewujudkan pemakaian fasilitas perpustakaan yang lebih optimal. Skripsi ini mengangkat masalah program promosi yang diadakan di Perpustakaan FKM UI terutama melalui sudut pandang mahasiswa FKM UI, yang dalam kasus ini merupakan sama-sama untuk memasarkan jasa dan layanan yang disediakan perpustakaan.
Dari hasil penalitian dapat diketahui bahwa pemakai perpustakaan FKM UI sangat mengharapkan program promosi yang alami dan dilaksanakan agar dapat terus ditingkatkan. Masukan-masukan dari pemakai merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan layanan perpustakaan. Berupa program yang telah dilaksanakan sebenarnya tidak cukup baik, hanya perlu sedikit pembenahan, misalnya untuk Papan Display dan Book Lists. Untuk kedua program pemakaian tidak diperlukan tenaga atau dana khusus, yang dibutuhkan adalah pemilihan lokasi yang lebih strategis sehingga dapat lebih mudah dikenali dan digunakan oleh pemakai. Secara keseluruhan pemakai mengharapkan program promosi yang dilaksanakan dapat ditingkatkan, sehingga perpustakaan dapat memikirkan lebih berperan aktif dalam mendukung proses belajar-mengajar lingkungan FKM UI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zenia Annabel
"Skripsi ini membahas tingkat kepuasan mahasiswa FEB UI terhadap pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 97 responden yang merupakan mahasiswa program S1 FEB UI. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017. Penilaian terhadap layanan berbasis web didasari oleh enam dimensi yang memengaruhi penilaian tingkat kepuasan terhadap perpustakaan digital, yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kegunaan, kemudahan, dan penyerapan kognitif. Enam dimensi ini berasal dari model yang merupakan perkembangan ulang dari model ISSM Information System Success Model oleh Masrek 2016 . Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa mahasiswa FEB UI merasa puas dengan layanan pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata keseluruhan dimensi yang menunjukkan hasil yang positif.

This study discusses the level of student satisfaction in FEB UI to the online database Universitas Indonesia Library. The research uses quantitative approach and uses quesionnaire for data collecting which spread to 97 respondens. This research has taken in April 2017. The assessment of web based service is based on six dimentions that influence the level of satisfaction of digital library. Those dimentions which is derived from a model based on the re specified ISSM Information System Success Model by Masrek 2016, are information quality, system quality, service quality, perceived usefulness, perceived ease of use, and cognitive absorption. The resulted in this research found that student in FEB UI are satisfied with the online database Universitas Indonesia Library. This thing can be seen from the calculation of the average overall dimention that show positive result.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67396
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kanjeng Pangeran Arya Panular
"Serat Kabar Paprentahan ini adalah kumpulan yang dikeluarkan oleh pemerintah kraton di Surakarta Hadiningrat. Pada bagian awal bundel ini berisi sejumlah surat "kakncingan" (surat keputusan) yang dikeluarkan oleh Papatih Kraton Dalem, yaitu Kangjeng Pangeran Harya Adipati Jayanagara.
Bagian akhir dari bundel ini berisi "Layang Setatsblad" ing Hindia Nederlan (surat/lembaran negara di Hindia Belanda) mengenai izin membawa, memiliki, dan mengirim kembang api, ditandatangani oleh Kangjeng Pangeran Harya Adipati Jayanagara "
Surakarta: [Publisher not identified], [Date of publication not identified]
BKL.1042-HU 10
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Candra Kirana Dewi
"ABSTRAK
Penelitian mengenai layanan pemakai di perpustakaan pers telah berlangsung pada bulan Februari 1995 hingga Mei 1995, tujuannya ialah untuk mengungkapkan layanan yang diberikan oleh perpustakaan pers, masalah yang timbul dan layanan yang diinginkan oleh wartawan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara kepada perpustakaan responden dan menyebarkan kuesioner kepada wartawan responden. Cara penyusunan keusioner, pembentukan kerangka sampel dan pemilihan sampel dijelaskan. Hasilnya menunjukkan bahwa jenis layanan yang tersedia adalah penelusuran informasi, layanan referens dan layanan foto-copy. Perpustakaan memberikan layanan minimal 15 jam sehari. Masalah-masalah yang timbul adalah data yang diminta terlalu spesifik sehingga sulit ditemukan, istilah yang digunakan tidak taat azas, sehingga memperlambat kerja pustakawan. Sedangkan layanan yang diinginkan oleh wartawan adalah jasa penelusuran informasi (90,48%), jasa peminjaman koleksi (83,33%) dan jasa kesiagaan informasi (78,57%). Layanan yang diberikan oleh perpustakaan sudah cukup memadai, tetapi untuk meningkatkan layanan tersebut diperlukan usaha-usaha sebagai berikut: Menambah jumlah staf dan memperluas wawasan staf perpustakaan; Menambah koleksi perpustakaan, baik buku, majalah maupun surat kabar; Memperbanyak data-data terbaru, misalnya menyediakan fasilitas internet; Memperluas ruangan perpustakaan; Bagi badan induk, ada baiknya memperhatikan keberadaan perpustakaan, baik dalam hal pendanaan maupun penghargaan terhadap pustakawannya.

"
1996
S15187
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Jafar Hafsah
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2002
338.173 61 MOH b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>