Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177863 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pandey, Ricardo Maria
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36037
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Arindra Putri
"Indonesia menjadi penghasil emisi CO2 terbesar ke-9 di dunia pada tahun 2021 (IEA, 2022). Transportasi menjadi salah satu sektor terbesar penyumbang polusi di Indonesia. Provinsi DKI Jakarta sebagai provinsi dengan mobilitas tertinggi, menjalankan strategi Clean Vehicles Strategy dan Mobility Management Strategy sebagai langkah untuk dapat mengurangi emisi CO2. Penelitian ini mengeksplorasi dampak dari kedua strategi jika diterapkan di DKI Jakarta dengan skenario dan policy intervention yang berlaku. Dari hasil skenario pada tahun 2050, skenario 1 atau skenario yang berorientasi pada transportasi publik terintegrasi dengan First and Last Mile dan memberikan insentif fiskal dan non fiskal pada EV, mampu menurunkan emisi 31.25% dan skenario 2 atau skenario yang berorientasi pada Integrasi Electronic Road Pricing (ERP), mampu menurunkan emisi 18.27%. Policy 2 atau pemberian Public Transportation Operating Subsidies memiliki persentase penurunan emisi karbon CO2 yang lebih signifikan dibanding Policy 1. Pada tahun 2050, target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencapai Net Zero Emissions di bidang transportasi diprediksi tidak dapat tercapai dengan rangkaian kebijakan dan program subsidi yang ada sehingga dibutuhkan kolaborasi yang lebih menyeluruh.

Indonesia was the 9th largest CO2 emitter in the world in 2021 (IEA, 2022). Transportation is one of the biggest contributors to pollution in Indonesia. DKI Jakarta Province, with the highest mobility in the country, implements the Clean Vehicles Strategy and Mobility Management Strategy as steps to reduce CO2 emissions. This study explores the impact of both strategies if implemented in DKI Jakarta with applicable scenarios and policy interventions. According to the scenario results for 2050, scenario 1, which focuses on integrated public transportation with First and Last Mile connectivity and providing fiscal and non-fiscal incentives for EVs, can reduce emissions by 31.25%. Scenario 2, which focuses on Electronic Road Pricing (ERP) integration, can reduce emissions by 18.27%. Policy 2, which involves providing Public Transportation Operating Subsidies, achieves a more significant percentage reduction in CO2 emissions than Policy 1. However, by 2050, the DKI Jakarta Provincial Government's target to achieve Net Zero Emissions in the transportation sector is predicted to be unachievable with the existing policies and subsidy programs, indicating that more comprehensive collaboration is needed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35388
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arief Wibowo
"Kemajuan teknologi telah mempercepat berkembangnya berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah teknologi pada kendaraan bermotor. Perkembangan teknologi pada industri otomotif telah menciptakan kendaraan mobil listrik yang mengalami peningkatan penjualan. Penjualan EV yang didominasi oleh tipe Battery Electric Vehicles (BEV) diprediksi dapat menguasai 81% dari total penjualan EV di tahun 2030 mendatang. Peningkatan produksi mobil listrik ini akan mendorong permintaan terhadap komponen penting dari baterai EV yaitu Nikel. Indonesia sebagai negara pemilik cadangan terbesar di dunia memiliki peluang untuk menjadi pemimpin pada pasar perdagangan internasional Nikel, namun faktanya performa ekspor Nikel Indonesia belum sesuai yang diharapkan. Penelitian ini berusaha mempelajari daya saing industri Nikel yang digambarkan dengan indeks RCA beserta faktor-faktor yang mempengaruhi untuk mengetahui kebijakan terbaik untuk mendorong performa ekspor Nikel. Menggunakan estimasi data panel dari 9 negara penghasil Nikel utama dunia, variabel total produksi dan R&D dari daya saing ditemukan berpengaruh positif dalam mempengaruhi kinerja ekspor Nikel negara-negara tersebut, variabel harga Nikel berpengaruh negatif sedangkan variabel FDI ditemukan tidak signifikan mempengaruhi kinerja ekspor Nikel.

Advances in technology have accelerated the development of various aspects of human life, one of which is technology in vehicles industry. Technological developments in the automotive industry have created electric car vehicles that have increased sales. EV sales, which are dominated by Battery Electric Vehicles (BEV) are predicted to dominate 81% of total EV sales in 2030. This increase in electric car production will drive demand for an important component of EV batteries, which is Nickel. Indonesia as the country with the largest reserves in the world has the opportunity to become a leader in the international nickel trade market, but in fact Indonesia's nickel export performance has not been as expected. This research tries to study the competitiveness of the Nickel industry which is described by the RCA index and factors to find out the best policy to encourage the performance of Nickel exports. Using panel data estimates from 9 main Nickel producing countries in the world, the total production and R&D variables of competitiveness were found to have a positive effect on the export performance of Nickel in these countries, the Nickel price variable had a negative effect, while the FDI variable was found to have no significant effect on the performance of Nickel exports."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin Stefano Lonan
"ABSTRAK
Tingginya konsumsi energi dari sektor transportasi darat yang berakibat pada pencemaran lingkungan telah mendorong perkembangan teknologi mobil listrik dengan pesat. Melalui Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019, Pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmennya dalam mengakselerasi industri mobil listrik. Pemerintah juga menargetkan bahwa di tahun 2025, mobil listrik di Indonesia diharapkan mencapai 2200 unit. Penelitian ini bertujuan untuk membangun skenario kebijakan yang dapat menggambarkan ketercapaian target pemerintah terkait difusi mobil listrik. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan sistem dinamis yang disimulasikan dalam kurun waktu 20 tahun kedepan. Hasil dari penelitian ini adalah skenario yang mensimulasikan pertumbuhan kapasitas infrastruktur dan pertumbuhan jumlah mobil listrik. Target pemerintah Indonesia di tahun 2025 memiliki potensi tidak tercapai jika didukung kebijakan yang lemah, namun target memungkinkan untuk dicapai melalui penerapan skenario 3 yang mempertimbangkan variabel kebijakan secara maksimal.

ABSTRACT
The rapid increase of energy consumption of the land transportation sector results in environmental pollution have rapidly promoted the development of Electric Vehicle (EV). Through Presidential Decree no. 55 2019, Indonesian government has shown its commitment to the acceleration of EV Industry. The government also targets that in 2025, electric cars in Indonesia are expected to reach 2200 units. This study aims to develop policy scenarios which illustrate the achievement of government targets related to EV diffusion. System Dynamic approach used in this study to simulate the development of EV for the next 20 years. The results of this study are the simulation of three scenarios consist of infrastructure capacity and the number of EV growth. The target of the Indonesian government in 2025 has the potential not to be achieved if it is supported by weak policies, but the target is possible to be achieved through the application of scenario 3 which considers the policy variables to the fullest."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammed Hira Meidianto
"Penelitian ini mengkaji respon Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan terhadap perkembangan industri manufaktur kendaraan listrik (BEV) Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif dan pendekatan tinjauan literatur, analisis data, penelitian ini mengungkap kebijakan terkait yang memiliki banyak dimensi pembahasan. Meskipun Perpres No. 55/2019 terbukti menjadi katalis bagi industri melalui insentif fiskal dan non-fiskal, investasi infrastruktur, dan pengembangan teknologi, Perpres ini juga mengungkap kerentanan mendasar dalam hal persyaratan kandungan lokal, pengembangan keterampilan, dan kesiapan pasar. Studi ini menunjukkan penerapan teori institusionalisme dalam menganalisis dampak kebijakan publik oleh hubungan negara-bisnis, persepsi masyarakat, dan industri secara keseluruhan. Pada akhirnya, temuan-temuan seperti adanya respon industri yang dominan dalam tipe kompromi dengan adanya tindakan lobi yang kuat dan munculnya feedback loop yang berkeasan negatif dan berlakunya regulasi yang diatur dalam Perpres No. 55/2019 memerlukan penilaian yang seimbang terhadap efektivitas Perpres No. 55/2019, sekaligus menyoroti perlunya pendekatan yang berbeda untuk mengatasi hambatan kelembagaan yang terus-menerus terjadi terhadap pertumbuhan industri kendaraan listrik yang berkelanjutan di Indonesia.

This research examines the response to Presidential Regulation (Perpres) Number 55 of 2019 concerning the Acceleration of the Battery Electric Vehicle (Battery Electric Vehicle) Program for Road Transportation to the development of the Indonesian electric vehicle (BEV) manufacturing industry. By using a qualitative method approach and a literature review approach, data analysis, this research reveals related policies that have many dimensions of discussion. Even though Presidential Decree no. 55/2019 proved to be a catalyst for industry through fiscal and non-fiscal incentives, infrastructure investment, and technology development, this Presidential Decree also exposed fundamental vulnerabilities in terms of local content requirements, skills development, and market readiness. This study shows the application of institutionalism theory in analyzing the impact of public policy by state-business relations, public perceptions, and industry as a whole. In the end, findings such as the existence of a dominant industry response in the compromise type with the existence of strong lobbying actions and the emergence of negative feedback loops and the enactment of regulations set out in Presidential Decree No. 55/2019 requires a balanced assessment of the effectiveness of Presidential Decree no. 55/2019, while highlighting the need for a different approach to overcome persistent institutional obstacles to the sustainable growth of the electric vehicle industry in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heru Widiatmoko
"Salah satu industri andalan masa depan adalah industri kendaraan bermotor (otomotif) dimana telah menjadi salah satu industri prioritas dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan produktivitas (TFP) dan input-input produksi terhadap pertumbuhan sektor industri otomotif. Selain itu juga untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pertumbuhan Produktivitas (TFP), modal, tenaga kerja dan bahan baku terhadap pertumbuhan sektor industri otomotif selama kurun waktu 2003-2006. Observasi dilakukan terhadap Industri otomotif berdasarkan data per ISIC 4 angka versi 3 (International Standard Industrial Classification) terdiri ISIC 34100, ISIC 34200, ISIC 34300, ISIC 35911, ISIC 35912. Dalam mendapatkan nilai TFP industri otomotif ini, menggunakan teknik residual Solow dengan model fungsi produksi Cobb-Douglas. Pada fungsi produksi tersebut menggunakan variabel dependen nilai output industri dan variabel independen berupa kapital, tenaga kerja dan bahan baku. Setelah mendapatkan nilai TFP kemudian dilakukan pengujian terhadap variabel status kepemilikan, ukuran perusahaan, intensitas kapital, serta HHI pada industri kendaraan bermotor. Dari hasil pengujian tersebut pada variabel kepemilikan perusahaan dan ukuran perusahaan signifikan terhadap nilai TFP. Hasil analisis menunjukkan bahwa TFP untuk industri kendaraan bermotor milik PMA lebih besar dibandingkan milik lokal kecuali pada industri kendaraan roda 2, TFP industri kendaraan bermotor roda 4 memiliki TFP lebih tinggi dari industri kendaraan bermotor lainnya. Dengan demikian secara rata-rata industri milik asing memiliki pertumbuhan teknologi lebih tinggi dibandingkan milik lokal. Hal ini dikarenakan industri kendaraan bermotor asing lebih banyak menggunakan teknologi yang dibawa dari pihak prinsipal untuk melakukan transfer teknologi dalam proses produksi. Pada perhitungan nilai kontribusi untuk faktor input lebih berpengaruh daripada faktor teknologi dalam meningkatkan pertumbuhan output industri kendaraan bermotor. Kontribusi faktor bahan baku sangat mempengaruhi dalam pertumbuhan output industri kendaraan bermotor dibandingkan faktor modal dan tenaga kerja.

One of the mainstay industries for the future is the motor vehicle industry (automotive) which has become one of the priority industries in spurring economic growth. The purpose of this study was to determine the effect of productivity growth (TFP) and production inputs on the growth of the automotive industry sector. In addition, it is also to determine how much the contribution of productivity growth (TFP), capital, labor and raw materials to the growth of the automotive industry sector during the period 2003-2006. Observations were made on the automotive industry based on data per ISIC 4 number version 3 (International Standard Industrial Classification) consisting of ISIC 34100, ISIC 34200, ISIC 34300, ISIC 35911, ISIC 35912. In obtaining the TFP value of the automotive industry, using the Solow residual technique with the Cobb-Douglas production function model. The production function uses the dependent variable the value of industrial output and the independent variable in the form of capital, labor and raw materials. After obtaining the TFP value, the variables of ownership status, company size, capital intensity, and HHI are tested in the TFP of  motor vehicle industry. From the test results, the variable company ownership and company size are significant to the TFP value. The results of the analysis show that the TFP for the motorized vehicle industry owned by PMA is greater than that for locally owned vehicles except for the 2-wheeled vehicle industry, the TFP for the 4-wheeled motorized vehicle industry has a higher TFP than other motorized vehicle industries. Thus, on average, foreign-owned industries have higher technological growth than locally owned industries. This is because the foreign motorized vehicle industry uses more technology brought from the principal to transfer technology in the production process. In calculating the contribution value for the input factor is more influential than the technology factor in increasing the growth of motorized vehicle industry output. The contribution of raw material factors greatly affects the growth of motorized vehicle industry output compared to the factors of capital and labor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evy Fitriani
"Penetapan tarif disesuaikan dengan ekspektasi penumpang terhadap pelayanan sangat penting dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Menginventarisasi faktor-faktor pelayanan yang disesuaikan dengan ekspektasi penumpang dan Menganalisis penetapan tarif yang disesuaikan dengan pelayanan yang menjadi ekspektasi penumpang kapal ro-ro. Harapan dan keinginan penumpang yang menjadi indikator pelayanan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis faktor, dimana dalam analisis ini mengumpulkan faktor-faktor yang saling terkait menjadi 1 (satu) faktor, dan mereduksi faktor-faktor yang dianggap tidak mewakili. Dari hasil analisis ini terdapat 14 faktor yang diklasifikasikan menjadi 5 faktor yang terdiri dari waktu, biaya, keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Faktor-faktor pelayanan tersebut digunakan untuk menyusun rancangan hipotetik untuk survey stated preference. Sampel penelitian kualitas pelayanan terdiri dari 100 responden untuk survey harapan dan keinginan penumpang, dan 89 responden untuk survey stated preference, dengan mengambil sampel dari 3 operator kapal roro lintas Merak Bakauheni. Olah data survey stated preference dengan menggunakan analisis logit biner. Model Logit Biner diperoleh persamaan sebagai berikut Z = 0,211+ 0,083xwaktu1- 0,131xwaktu2 + 0,247xwaktu3 ? 0,148xbiaya1- 0,340xbiaya2 - 1,136xbiaya3. Dengan memasukkan nilai parameter coding maka didapatlah nilai utilitas dan probabilitas. Dari hasil survey stated preference didapat nilai probabilitas responden dalam memilih kondisi hipotetik, probabilitas responden yang menyatakan bersedia naik kapal roro dengan waktu tempuh lebih cepat 60 menit, dan tarif sebesar Rp. 15.000 adalah sebesar 0,61. Dari perhitungan utilitas dan probabilitas didapati bahwa nilai probabilitas akan berubah seiring dengan kenaikan nilai utilitas penumpang dalam menggunakan kapal roro lintas Merak Bakauheni dengan berbagai kondisi hipotetik.

Determination of tariffs tailored to the expectations of passengers on the service is very important. The purpose of this study are as follows: inventories of the factors of service tailored to the expectations of passengers and analyze the determination of tariffs tailored to the ministry's expected ro-ro passenger ships. Passenger expectations and desires as indicators of service in this study were analyzed using factor analysis, where the analysis is collecting the factors related to 1 (one) factor, and reduce the factors that are considered not representative. From the results of this analysis there are 14 factors that are classified into five factors of time, cost, safety, security and comfort. Factors such services are used to draft a hypothetical for Stated preference surveys. Service quality research sample consisted of 100 respondents to the survey expectations and desires of the passengers, and 89 respondents to the survey Stated preference, by taking samples from three cross-Merak roro vessel operators Bakauheni. Sports Stated preference survey data using a binary logit analysis. Binary logit model is obtained following equation Z = 0.211 + 0.083 xwaktu1-0.131 xwaktu2 + 0.247 xwaktu3 - 0.148 xbiaya1 -0.340 xbiaya2 - 1.136 xbiaya3. By entering the coding parameter value then didapatlah utility value and probability. Stated preference surveys of results obtained in the probability of respondents choosing the hypothetical conditions, the probability of respondents stating willing roro ship with faster travel time 60 minutes, and the tariff of Rp. 15000 is at 0.61. Of utility and probability calculations found that the probability value will change with the increase in passenger utility values using cross-Merak Bakauheni roro ship with a variety of hypothetical conditions."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29332
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pendry Alexandra
"Pemanasan global dan terus naiknya harga minyak mentah dunia merupakan masalah yang sangat serius saat ini. Pemanasan global telah mengakibatkan perubahan iklim yang semakin tidak menentu, menyebabkan es dikutub mencair, dan suhu rata-rata bumi semakin meningkat. Ini semua diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak menjaga lingkungannya dengan baik. Salah satu penyebab pemanasan global ini adalah penggunaan bahan bakar yang berlebihan pada sector transportasi. Oleh karena itu kita harus mengurangi pengunaan bahan bakar ini dengan menciptakan teknologi yang dapat menghemat bahan bakar. Salah satu teknologi ini adalah teknologi kendaraan hybrid. Kendaraan hybrid adalah kendaraan yang menggunakan dua jenis sumber energi sebagai tenaga penggeraknya, yaitu energi pembakaran dan energi listrik. Dengan adanya energi listrik sebagai pengganti sebagian kebutuhan bahan bakar maka penggunaan bahan bakar dapat dikurangi.
Pada penelitian ini akan dikembangkan suatu test bed yang dapat mensimulasikan proses kerja dari kendaraan hybrid. Test bed ini terpasang motor listrik, motor bakar, sensor dan transmisi CVT yang secara penuh dikendalikan oleh mikrokontroler. Mikrokontroler berfungsi mengolah input menjadi output berdasarkan logika yang diberikan. Permasalahan yang timbul ketika menggunakan dua jenis tenaga penggerak yang berbeda karakteristik adalah menggabungkan kedua jenis tenaga penggerak tersebut agar dapat berjalan dengan mulus. Salah satu solusi untuk mengatasi ini adalah menggunakan transmisi CVT. Setelah dilakukan penelitian maka transmisi CVT dapat mengurangi hentakan ketika terjadi perpindahan mode tenaga penggerak. Selain itu sensor-sensor yang digunakan dapat berfungsi dengan baik untuk mendeteksi parameter. Parameter ini adalah kecepatan putaran torsi dan posisi.

Global warming and dramatically increased crude oil price have been serious problems until now. Global warming has caused many problems like unpredicted weather changes, Arctic sea ice keeps melting, and earth's average temperature keeps increasing too. These are caused by human behavior who doesn't care enough for their natural environment conditions. One of the factors that make global warming worse is excessive fuel consumption at transportation. To reduce this excessive consumption, we have use technology to create more environmentally vehicle. Environment friendly vehicle that has been invented is Hybrid vehicle. Hybrid vehicle combine two kinds of energy source to drive the vehicle. The sources are combustion and electric energy. By using electric energy as the partial replacement of combustion energy needs we can save more fuels.
In this research we are trying to make a test bed that can simulate hybrid vehicle operation. Electric motor, combustion engine, sensors, CVT transmission are attached to this test bed. All are controlled by a microcontroller which are programmed. We have to combine two kinds of drive source with different torque characteristics. This is going be a little hard to do. But we will combine this two drive sources so they can operate smoothly. To make this happen we can use CVT transmission. CVT transmission can make transition from combustion mode to electric mode smoothly. We use torque, position and angular speed as variables to control the operation.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50730
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Dzaky Fajratama
"Peralihan dari kendaraan berbasis Internal Combustion Engine ke kendaraan listrik di Indonesia saat ini sedang mengalami transformasi pesat, yang berdampak signifikan pada model bisnis pemasok komponen otomotif konvensional. 47% pemasok komponen otomotif konvensional di Indonesia berisiko kehilangan bisnis dan mengalami penurunan penjualan pasar karena kendaraan listrik membutuhkan lebih sedikit komponen. 30% komponen pada kendaraan bermesin pembakaran internal akan menjadi usang karena berkurangnya struktur komponen kendaraan listrik baterai secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan arah strategis pemasok komponen otomotif dan mengevaluasi kriteria prioritas kapabilitas organisasi di bidang manufaktur yang melakukan transisi menggunakan SWOT-Analytical Hierarchy Process. Diagram Sankey diterapkan sebagai metode awal untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan arah strategis komponen perusahaan. Data diolah melalui kuesioner survei perbandingan berpasangan dan diskusi kelompok terfokus yang melibatkan enam ahli dengan pengalaman lebih dari lima tahun di industri otomotif. Masing-masing kriteria dan subkriteria dilakukan pembobotan sehingga menghasilkan pemeringkatan berdasarkan nilai indeks konsistensi. Mengembangkan kompetensi dan kemampuan tenaga kerja diidentifikasi sebagai kriteria paling penting bagi pemasok komponen dalam menghadapi transisi EV untuk mempertahankan daya saing melalui fleksibilitas manufaktur yang memadai. Hasilnya, Diversifikasi Portofolio Produk diidentifikasi sebagai strategi alternatif yang efektif untuk diterapkan oleh perusahaan komponen otomotif. Dengan mengadopsi strategi ini, perusahaan dapat meningkatkan daya saing, mengurangi risiko bisnis, dan meraih peluang baru di pasar kendaraan listrik yang berkembang pesat.

The shift from Internal Combustion Engine vehicles to Electric Vehicles in Indonesia is currently undergoing a rapid transformation, significantly impacting the business models of conventional automotive component suppliers. 47% of conventional automotive component suppliers in Indonesia are at risk of losing business and experiencing market sales declines because electric vehicles require fewer components. 30% of components in internal combustion engine vehicles will become obsolete due to the significantly reduced component structure of battery electric vehicles. This study aims to determine the strategic direction for automotive component suppliers and evaluate the priority criteria of organizational capabilities in manufacturing for those transitioning using the SWOT-Analytical Hierarchy Process. Sankey diagrams are applied as an initial method to identify and classify the strategic direction of component companies. Data was processed by pairwise comparison survey questionnaires and focus group discussions involving six experts with over five years of experience in the automotive industry. The weighting of each criterion and sub-criterion was conducted, resulting in rankings based on consistency index values. Developing workforce competencies and capabilities is identified as the most critical criterion for component suppliers in facing the EV transition to maintain competitiveness through adequate manufacturing flexibility. As a result, Product Portfolio Diversification is identified as an effective alternative strategy for automotive component companies to implement. By adopting this strategy, companies can enhance competitiveness, reduce business risks, and seize new opportunities in the rapidly evolving EV market."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>