Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 45890 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siburian, Hamonangan
"Perusahaan membutuhkan suatu bentuk pengukuran kinerja dalam tujuannya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Pengukuran kinerja merupakan salah satu elemen inti dari aktivitas manajerial dan pemilihan sistem pengukuran kinerja menjadi hai penting untuk mencapai target strategis perusahaan. Salah satu kriteria sistem pengukuran yang baik adalah dapat menunjukkan apakah kinerja perusahaan selama ini menunjang dalam hal perwujudan visi, misi dan strategi perusahaan. Metode Balanced Scorecard, suatu sistem pengukuran kinerja yang mengintegrasikan pengukuran keuangan dan pengukuran operasional, dinilai mernenuhi kriteria tersebut dan sesuai untuk diterapkan di PT EPTI lebih lanjut lagi. PT EPTI yang berkecimpung di bisnis pembuatan ban mobil memiliki konsekuensi bersaing di dalam lingkungan yang dinarnis, Pembobotan pe:rlu dilakukan daiam pcrancangan Balanced Scorecard perusahaan dikarenakan preferensi pihak manajemen yang berbeda terhadap tingkat kepcntingan setiap sasaran strategis dan Key Performance Indicator (KPI). Pembobotan tersebut dilakukan menggunakan Proses Hirarki Analitik. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan Balanced Scorecard perosahaan dengan rnemperoleh inisiatif-inisiatif strategis yang memungkinkan untuk dilakukan perusahaan. Rancangan scorecard yang dihasilkan terdiri dari enam sasaran strategis dalam perspektif keuangan. delapan sasaran strategis dalam perspektif peianggan, enam sasaran strategis dalarn perspelctif proses bisnis intema1 serta empat sasaran strategis dalam perspek:tif pernbelajaran dan pertumbuhan. Secara total, terdapat 24 KPI yang digunakan sebagai ukuran dalam scorecard tersebut Selain itu, diberikan pula bobot kepentingan untuk setiap sasaran strategis dan KPI yang memudahkan perusahaan untuk melihat prioritas pencapaian dari masing-masing sasaran strntegis dan KPl tersebut Untuk mencapai sasaran strategis perusahaan. dihasilkan inisiatifinisiatif strategis yang terdiri dari empat lnisiatif strategis dalam persepektif keuangan, empat inisiatifstrategis dalam perspektif peianggan, lima inisiatif~trategis dalam perspektif proses bisnis internal serta tiga inisiatif strategis dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Companies need a form of performance measurement in its effort to increase effectiveness and efficiency. Performance measurement is one of the core elements of managerial activity and the choice of performance measurement system is central to achieving corporate strategic targets. One of the criteria of a good measurement system Is that it can shows whether current performance supports the achievements of the company's vision, mission and strategies. Balanced Scorecard method. a performance measurement system that integrates financial and operational measurement, is considered fulfill that criterion and appropriate to be applied in PT EPTI Furthermore, PT EPTI that involves in tire manufacture business has the consequence of competing in a dynamic business environment. Weighting is needed in the company's Balanced Scorecard design because of the different management preference on importance level of each strategic objectives and Key Performance Indicator (KPI) This weighting is performed using Analytic Hierarchy Process, The result of this research is the company's scorecard design with getting strategic initiatives that possible for company to implement. The company's scorecard design consist of six strategic objectives in financial perspective, eight strategic objectives in customer perspective, six strategic objectives in internal business process perspective and also four strategic objectives in learning and growth perspective. As a total, there are 24 KPI used as measures in this scorecard. Besides that, importance weight for each strategic objective and KPI are also given to show the achievement priority for that strategic objective and KPL ln order to achieve strategic objectives the company's strategic initiatives consist of four strategic initiatives in financial perspective four strategic initiatives in customer perspective. five strategic initiatives in internal business process perspective and also three strategic initiatives in learning and growth perspective."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S49992
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulaiman Akbar
"ABSTRAK
PT Sigma Solusi Integrasi merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan
teknologi informatika yang berada di indonesia. Pada saat ini perkembangan
didalam dunia TIK cukup pesat khususnya di Indonesia, sehingga membuat
persaingan antara perusahaan penyedia layanan TIK cukup ketat. Oleh karena itu
dalam bersaing penyusunan strategi haruslah melihat kondisi lingkungan
diperusahaan itu sendiri dan evaluasi pelaksaan strategi yang disusun harus dapat
selalu dipantau dan diperbaiki. Namun pada saat ini penyusunan strategi dibuat
berdasarkan keputusan manajemen dan pengukuran kinerja hanya dilakukan
melalui laporan keuangan dan jumlah pelanggan. Hal ini tidak cukup karena
selain laporan keuangan perusahaan juga membutuhkan laporan kinerja dari
perspektif lain untuk melihat keadaan sesungguhnya disuatu perusahaan. Pada
penelitian ini akan dilakukan analisis SWOT sehingga perusahaan dapat
menentukan strategi perusahaan yang sesuai dengan kondisi lingkungan baik itu
eksternal maupun internal perusahaan. Kemudian melalui perancangan Balanced
Scorecard perusahaan dapat melakukan pengukuran terhadap kinerja perusahaan
melalui pencapaian dari strategi yang telah ditentukan yang dilihat dari 4
perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses internal pembelajaran dan
pertumbuhan

ABSTRACT
PT Sigma Solutions Integration is a provider of information technology services
that are in Indonesia. At this time in the development of the ICT world quite
rapidly, especially in Indonesia, thus making the competition between the ICT
service provider companies is quite tight. Therefore, in the competitive strategy
formulation should be viewed in the company's own environmental conditions
and evaluate the implementation of the strategy must be constantly monitored and
improved. But at this moment the preparation of the strategy was made based on
the decision of management and performance measurement is only done through
the financial statements and the number of clients. It is not enough because in
addition to the company's financial statements also requires a performance report
from another perspective to see the real condition in companies. In this research
will be do SWOT analysis so the company can determine the appropriate
corporate strategy with environmental conditions both external and internal. Then
through the design of the Balanced Scorecard, companies can do measurements of
the performance of the company through the achievement of a predetermined
strategy is viewed from four perspectives: financial, customer, internal process of
learning and growth."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Asyri Nugraha H.
"Balanced scorecard adalah sebuah metode untuk menerjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran yang menyeluruh dan memberi kerangka kerja bagi pengukuran kinerja dan sistem manajemen strategi perusahaan. Balanced scorecard mengevaluasi kinerja perusahaan dari empat perspektif; keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan.
Dalam merancang balanced scorecard, keterlibatan para ahli perusahaan yang paham akan strategi sangat diperlukan. Atas dasar itulah dalam merancang balanced scorecard untuk Perguruan Tinggi X, digunakan kuisioner untuk melibatkan para ahli dalam menentukan sasaran-sasaran strategis perusahaan. Dengan adanya kuisioner ini diharapkan hasil rancangan scorecard akan lebih objektif dan sesuai dengan kebutuhan institusi.
Dari penelitian ini, diperoleh beberapa sasaran strategis pada tiap perspektif rancangan balanced scorecard Perguruan Tinggi X. Pada perspektif keuangan diperoleh tujuh sasaran strategis. Pada pespektif pelanggan ada lima sasaran strategis, empat sasaran strategis pada perspektif poses bisnis internal dan empat sasaran strategis pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Dari basil evaluasi kinerja berdasarkan data-data yang ada, terlihat bahwa kinerja Perguruan Tinggi X cukup bagus di bidang keuangan. Perguruan Tinggi X perlu menambahkan indeks kepuasan pelanggan sebagai indikator dalam perspektif pelanggan. Produktifitas pegawai mengalami peningkatan setiap tahun meskipun tingkat pertumbuhannya semakin kecil."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Utami
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang Balanced Scorecard, yakni teknik pengukuran kinerja
yang dapat mengukur keberhasilan perusahaan dalam menerjemahkan tujuan dan
strateginya sehingga perusahaan dapat bertahan dalam jangka panjang. Penelitian
ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan
kelemahan PT AJII sebagai perusahaan asuransi swasta nasional untuk
memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada di industri asuransi, dan
memberikan masukan yang memungkinkan bagi PT AJII untuk dapat menerapkan
Balanced Scorecard secara menyeluruh karena konsep Balanced Scorecard dapat
digunakan perusahaan untuk menjabarkan visi, misi dan strategi ke dalam setiap
elemen. Penelitian menggunakan metode penelitian kepustakaan dan metode
penelitian lapangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perusahaan berada pada kelas
menengah, dilihat dari aset terhadap premi nettonya. Hasil analisis SWOT bila dikaitkan
dengan Balanced Scorecard menunjukkan bagian internal perusahaan yang paling
kuat adalah perspektif pelanggan, sementara perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran adalah yang paling lemah. Strategi yang sesuai bagi perusahaan adalah
strategi peningkatan pendapatan & peningkatan produktivitas. Perusahaan telah
memiliki konsep dan manual Balanced Scorecard, namun hal tersebut belum
disosialisasikan ke seluruh pegawai.

ABSTRACT
This thesis explores about Balanced Scorecard, a performance measurement technic
which can measure the success of the company in translating goals and strategies so that
the company can survive in the long term. This study is a qualitative research. This study
aims to determine the strengths and weaknesses of PT AJII as a national private insurance
companies to take advantage of opportunities and overcome the threats that exist in the
insurance industry, and provide input that allows for PT AJII to be able to implement the
Balanced Scorecard as a whole because the concept of the Balanced Scorecard can be
used by companies to outlines the vision, mission and strategy into every element. This
research using library research and field research methods. This study concludes that the
company is in the middle class, seen from the premium disposable assets. SWOT analysis
results when associated with a Balanced Scorecard showing the internal parts are the most
powerful corporate customer perspective, while learning and growth perspective is the
weakest. Appropriate strategy for the company is a strategy to increase revenue and
increase productivity. The company already has the concept of Balanced Scorecard and
manual, but it has not been disseminated to all employees."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A.A. Bagus Paramartha Rai
"Metode balanced scorecard yang berperan dalam Sistim Manajemen Strategik, pada tahap awal penerapannya dapat digunakan sebagai alat pengukuran secara komprehensif kinerja organisasi. Balanced scorecard merupakan perbaikan atas Sistim Pengukuran Kinerja suatu organisasi dengan memperluas ukuran kinerja ke kinerja non keuangan sehingga ukuran kinerja menjadi lebih komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menilai kinerja manajemen Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dengan analisis balanced scorecard. Tujuan lain dari karya akhir ini adalah untuk mengetahui hubungan antar kinerja dalam variabel-variabel balanced scorecard terhadap kinerja manajemen Undiksha. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier. Model yang digunakan adalah dengan persamaan regresi berganda dengan pertimbangan bahwa variabel-variabel yang digunakan dalam model tersebut sesuai dengan kondisi variabel balanced scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistim pengulruran kinerja berbasis balanced scorecard dapat diterapkan di lingkungan Undiksha terbukti dengan terukurnya capaian kinerja Undiksha dengan perolehan hasil status baik. Hasil analisis regresi berganda, uji t dan uji F menunjukkan bahwa kinerja manajemen Undiksha dalam empat perspektif balanced scorecard, berpengaruh serta memberi kontribusi yang berbeda-beda terhadap kinerja Undiksha."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26983
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grace Juliana
"Karya akhir ini membahas mengenai analisis perancangan dan implementasi sistem penilaian kinerja manajemen industri ritel, ditinjau dari pendekatan audit kinerja dan konsep Balanced Scorecard (BSC). Problematika utama dalam audit kinerja manajemen industri ritel diantaranya adalah rujukan atas kinerja pesaing yang sulit diperoleh, kinerja manajemen yang sangat rentan dengan aspek perilaku dalam menyiasati ukuran kinerja yang ditetapkan, kinerja manajemen yang merupakan kolektifitas multi dimensi sedangkan penilaian kinerja saat tertentu hanyalah merupakan pengulcuran terminal. Oleh karena itu, penelitian ini bersifat studi kasus pada PT X, perusahaan publik sektor ritel yang sedang agresif berkembang di Indonesia dewasa ini.
Audit kinerja manajemen PT X bertujuan untuk mengevaluasi efisiensi dan efelctifitas organisasi baik untuk keseluruhan (korporat) maupun hanya untuk departemen/unit atau fungsi-fungsi tertentu raja seperti divisi dan took/gerai.
Pengembangan tolok ukur berbasis BSC dilihat dari 4 perspektif yakni perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran-pertumbuhan. Disamping itu tolok ukur BSC dilandasi pula oleh strategi, hubungan sebab-akibat, pemacu kinerja dan keterkaitan keuangan. Dalam pengembangan ini, diperhatikan pula kharakteristik industri ritel, dimana digunakan pendekatan strategis model laba kotor, yakni untuk mengukur kinerja persediaan (GMROI), produktivitas karyawan (GMROL) dan produktivitas tempatlruang (GMROS) yang bersifat sebagai pemacu kinerja (performance drivers).
Dalam karya akhir ini dibahas pula hasil evaluasi terhadap Indeks Kinerja Manajemen PT X untuk unit gerai/toko, dan usulan pengembangan lanjutan dengan menerapkan kerangka BSC berbasis auditabilitas dan strategis.
"
2001
T15579
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Frinda Firania
"Penelitian ini membahas mengenai pengukuran kinerja yang merupakan salah satu faktor sangat penting bagi perusahaan karena dapat dipergunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengukur kinerja sumber daya manusia di salah satu perusahaan MIGAS melalui penetapan prioritas sasaran strategis beserta Key Performance Indicator (KPI) pada Peta Strategi melalui metode Analytical Network Process. Hasil penelitian ini diperoleh 16 sasaran strategis, dan terdapat 20 leading indicator dan 17 lagging indicator. Hasil pembobotan prioritas menunjukkan bahwa perusahaan lebih memfokuskan kepada perspektif operasional, baru kemudian perspektif finansial, perspektif strategis, dan terakhir adalah perspektif pelanggan. Dari hasil perancangan dan pengukuran ini diperoleh perencanaan perancangan Human Resource Scorecard yang dapat digunakan oleh perusahaan.

This study discusses the importance of performance measurement in a company because it can be used to assess the success of the company. The purpose of this study is to design and measure the performance of a MIGAS company using the Human Resource Scorecard approach by establshing the priority weight of strategic objectives and Key Performance Indicators on the Strategy Map through the Analytical Network Process. Results of this study are acquiring 16 strategic objectives, and 20 leading indicators and 17 lagging indicators. Results of the priority weight show that the company is more focused on the operational perspective, then the financial perspective, strategic perspective, and the last is the customer perspective. From the design and measurement results obtained from this study, a plan of the Human Resoure Scorecard design was created that can be used by the company.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58949
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kalalembang, Lyra Bellatrix
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membantu PT. Tongkonan Trans Utama untuk menganalisis kesesuaian antara strategi yang dijalankan dengan visi dan misi PT. Tongkonan Trans Utama serta membantu untuk merancang strategy map dan balanced scorecard yang sesuai dengan strategi PT. Tongkonan Trans Utama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data primer. Penelitian ini membahas rancangan strategy map dan balanced scorecard yang dapat diajukan kepada PT. Tongkonan Trans Utama sebagai pertimbangan dalam penentuan strategi dan alat ukur kinerja. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa strategi PT. Tongkonan Trans Utama sudah sesuai dengan visi dan misi PT. Tongkonan Trans Utama dan menyarankan bahwa PT. Tongkonan Trans Utama perlu memperbaiki dan mengembangkan sistem manajemen yang ada ke dalam bentuk strategy map dan balanced scorecard.

ABSTRACT
This research aims to help PT. Tongkonan Trans Utama to analyze the organization rsquo s mission, vision, and strategy using Strategy map and Balanced Scorecard as a strategic tool for successful strategy execution. The method used in this research is descriptive method with the primary data. This study is focus on designing a Strategy Map and Balanced Scorecard for PT. Tongkonan Trans Utama which can be used as a consideration in determaining the strategy and performance measurement of the organization. The conclusion of the research is that PT. Tongkonan Trans Utama strategy is in line with its mission and vision. This research can be used as a reference for improving and developong strategic management using the Strategy Map and Balanced Scorecard concept."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khanti Paramita
"Penelitian ini berupa studi kasus pada sebuah perusahaan instalasi dan recovery jaringan (system integrator), yaitu PT Mitra Sinergi Adhitama. Persaingan yang semakin ketat belakangan ini menyebabkan perusahaan dituntut untuk memiliki strategi dan dapat mengimplementasikannya dengan baik. Perencanaan dan pengimplementasian strategi menjadi hal yang penting bagi perusahaan, begitupula bagi PT Mitra Sinergi Adhitama. Selain itu, pengukuran kinerja juga penting untuk diterapkan oleh perusahaan.
Hasil studi kasus pada PT Mitra Sinergi Adhitama menunjukkan beberapa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi perusahaan dan didapat hasil bahwa perusahaan berada pada posisi growth di industrinya. Dari analisis kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, serta posisi perusahaan, akan dibuat strategi berdasarkan empat perspektif pada balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Strategi yang dirancang tersebut harus sesuai dengan misi dan visi perusahaan. Bagi PT Mitra Sinergi Adhitama, misi dan visi perusahaan masih relevan digunakan dalam mendukung usulan strategi yang dibuat.
Studi kasus ini berakhir dengan perancangan strategy map dan balanced scorecard untuk PT Mitra Sinergi Adhitama yang dapat digunakan sebagai alat implementasi strategi dan pengukuran kinerja perusahaan.

This research examines a company in network installation and recovery (system integrator) called PT Mitra Sinergi Adhitama. Tight competition that occurs recently has led all of companies to have effective strategic plan and implementation. Therefore, strategic plan and implementation become important for companies, included PT Mitra Sinergi Adhitama. Moreover, performance measurement is also important to be implemented by the company.
This study showed strengths, weaknesses, opportunities, threats, and growth position for PT Mitra Sinergi Adhitama. This study also examines proposed strategies for the company based on four perspectives of the balanced scorecard called financial perspectives, customer perspectives, internal business process perspectives, and learning and growth perspectives. Those strategies must align to company’s mission and vision. For PT Mitra Sinergi Adhitama, the company's mission and vision are still relevant to support the proposed strategy.
This study will be concluded by making the proposed strategy map and balanced scorecard as strategic implementation tool and performance measurement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T35150
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thomas Malvin Turangan
"Balanced scorecard merupakan pengukuran kinerja yang tidak hanya mempertimbangkan faktor finansial sebagai tolak ukurnya, melainkan juga melibatkan perspektif pelanggan. Dengan Balanced scorecard, pihak-pihak yang berkepentingan dalam perusahaan dapat memandang perusahaan dari berbagai perspektif secara simultan serta menghubungkan antar tolok ukur bisnis dengan strategi perusahaan sehingga tercipta apa yang disebut dengan organisasi yang berfokus pada strategi (strategy focused organization).
Hasil penelitian diperoleh kerangka Balanced scorecard yang terdiri dari sasaran strategis, tolok ukur, target yang ingi dicapai dan action plan yang akan dilakukan untuk perspektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan.

Balanced scorecard is performance measurement that not only consider financial factor as its yardstick but also entangle in perspective customer in perspective internal business process and in company can look into company from various of in perspective simutaneous and connective between business measuring rod and corporate strategy so its created what are called and organization that focus at strategy (strategy focused organization).
Research result is obtained balanced scorecard framework that consist of strategic target, measuring rod, goals that wish reached by nad action plan that will be conducted company for in perpective financial customer, internal bussiness process, and study and growth.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27054
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>