Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 184307 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktifitas bermain terhadap
penurunan stress pada anak toddler yang dirawat di rumah sakit Islam Jakarta. Untuk
mendapatkan responden yang sesuai, peneliti hanya mengambil 30 orang responden
terdiri dari 15 orang responden kelompok perlakuan dan 15 orang responden
kelompok kontrol.
Setelah data terkumpul kemudian data tersebut dianalisa reaksi anak sebelum dan
setelah dilakukan aktilitas bermain dengan menggunakan uji statistik quasi
eksperimen dan uji kemaknaan T-test. Berdasarkan uji statistik antara variabel
aktilitas bermain dengan penurunan stress pada anak toddler yang dirawat di rumah
sakit Islam Jakarta didapatkan hasil uji statistik nilai p = 0,001 yang bermakna bahwa
ada pengaruh antara aktlfitas bermain terhadap penurunan stress pada anak toddler
yang dirawat di rumah samit Islam Jakarta.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, diharapkan pada pelaksanaan asuhan
keperawatan terutama di ruang perawatan anak rumah sakit Islam Jakarta dapat
melaksanakan aktifltas bermain untuk meningkatkan pelayanan keperawatan yang
diberikan pada anak toddler yang dirawat di rumah sakit Islam Jakarta"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
TA5203
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hillsdale, N.J. : L. Erlbaum Associates,, 1984
155.418 CHI
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yuniawati
"Bermain sangat penting untuk perkembangan anak-anak karena memiliki peran terhadap kognitif, fisik, sosial dan emosional anak-anak. Bermain dapat dilakukan baik di sekolah maupun di lingkungan pemukiman. Untuk memahami masalah ini, tulisan ini berusaha untuk membahas tentang aktivitas bermain anak dan implikasi spasialnya melalui penelitian literatur terutama dari dua jurnal artikel relevan yang ditulis 1) oleh Casey dkk yang melakukan penelitian terkait perkembangan kognitif seperti aktivitas block-building di dalam kelas yang melibatkan cerita dongeng yang memicu siswa taman kanak-kanak di Boston, Massachusetts dan Houston, Texas untuk belajar sambil bermain; dan 2) oleh McKenzie dkk yang melakukan penelitian terkait perkembangan fisik seperti aktivitas fisik yang dilakukan di lingkungan sekolah oleh siswa sekolah dasar di San Diego County, Caifornia Selatan saat sebelum sekolah, saat jam istirahat, dan saat jam makan siang.
Temuan penelitian literatur ini telah menunjukkan bahwa peran perbedaan gender dalam studi literatur berbeda dalam hal perkembangan kognitif; perbedaan gender tampak pada kemampuan rotasi mental dalam kemampuan spasial anak; dalam hal perkembangan fisik, perbedaan gender terlihat pada intensitas aktivitas fisik yang dilakukan anak perempuan dan anak laki-laki. Ekspresi spasial anak secara nyata dapat kita lihat, ekspresi tersebut tidak terlepas dari kemampuan spasial anak karena merupakan hasil dari proses spasial yang terjadi di dalam benak anak.

Play is essential to children's development because it contributes to the cognitive, physical, social, and emotional well-being of children and youth. Playing can be done both in school and in the residential areas. To understand the issue, this Skripsi or academic essay seek to discuss of children playing and its spatial implication through literature research especially those from two relevant article journals written 1) by Casey et al, that research related to cognitive development such as block-building activities in classes involving storytelling that triggered kindergarten students in Boston, Massachusetts and Houston, Texas to learn while playing, and 2) by McKenzie et al that research related to physical development such as physical activity that carried out in the school surroundings by elementary school students in San Diego County, South California before school, during recess, and during lunch time.
Findings of this literature research have shown that the role of gender differences in the literature study differs in terms of cognitive development; there is a gender difference in mental rotation abilities in the spatial abilities of children; in terms of physical development, gender differences are seen in the intensity of physical activity performed by girls and boys. The spatial expression of the child can be clearly seen, the expression can not be separated from the spatial ability of the child because it is the result of spatial process that occurs in the childs mind.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rohani
"Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi mekanisme koping yang digunakan
oleh orang tua dengan anak toddler yang pertama kali dirawat di rumah sakit.
Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah “ Mekanisme koping apa yang
digunakan oleh orang tua dengan anak toddler yang pertama kali dirawat di rumah
sakit ‘? “.
Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptis Sederhana Responden yang
diteliti sebanyak 30 orang tua yang sedang mendampingi atau menunggu di rumasa sakit
Kriteria responden ditetapkan secara ketat, yang mempunyai anak toddler yang pertama
kali dirawat di rumah sakit.
Instrumen pengumpulan data berupa kuisioner yang diolah dari variabel
penelitian mekanisme koping adaptif 10 item dan mekanisme koping maladaptif 10 item,
yang dibuat sendiri oleh peneliti.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme
koping yang sering digunakan oleh orang tua toddler yang pertama kali dirawat di rumah
sakit adalah : mencari informasi dengan nilai rata -rata : 3,9, memecahkan masalah
dengan anggota keluarga yang lain dengan nilai rata - rata : 3,71 , dan over proteksi
dengan nilai rata - rata: 3,55.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : mekanisme koping yang sering digunakan
oleh orang tua toddler yang pertama kali dirawat di rumah sakit adalah : mekanisme
koping adaptif dengan tingkat variabel atau Standar Deviasi sebesar : 2,81.
Peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya, dengan menambah
jumlah sample, mengembangkan variabel yang lebih spesifik dan diujicobakan beberapa
kali agar lebih valid. Metode kuasi eksperimen dapat juga digunakan agar diketahui
faktor - faktor apa yang menyebabkan orang tua menggunakan mekanisme koping
tertentu."
Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
TA4981
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Scandett, W. George
Thousand Oaks: Sage publications, 2005
649.5 SCA c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kim, Jung Man
Seoul: Babosae, 2007
KOR 790.519 KIM j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Munthe, Yosefini Rasyanti
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1990
S2233
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuni Rosalinda
"ABSTRAK
Peningkatan jumlah dan partisipasi aktif ibu dalam dunia kerja mengakibatkan penambahan peran dalam pekerjaan dan keluarga yang dapat memicu konflik peran dan
mengakibatkan stres. Mayoritas dari wanita yang bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit adalah ibu bekerja. Agar tidak mengalami stres baik dalam pekerjaan dan keluarga perlu adanya usaha untuk dapat mengendalikan atau mengurangi stres yang dikenal dengan coping stress, karena kondisi tersebut dapat mempengaruhi interaksi dan peran di dalam anggota keluarga (family functioning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara coping stress dan family functioning pada ibu bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengukuran Coping Stress dilakukan dengan alat ukur yaitu Ways of Coping (WAYS) edisi revisi (Folkman & Lazarus, 1985) dan pengukuran Family Functioning yaitu alat ukur McMaster Family Assessment (FAD) (Epstein, Ryan, Bishop, Miller & Keitner,
2003). Desain penelitian ini adalah studi lapangan dengan menggunakan teknik non probability sampling sebagai metode pengambilan sampel. Hasil penelitian yang dilakukan pada 60 partisipan menunjukkan adanya hubungan yang positif antara coping stress dan family functioning pada ibu bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit (r = .131; p = 0.05).

ABSTRACT
The increasing number and active participation of mother in work life resulted additional roles either in work and family which can lead to stress and role conflict. Most of working woman as a nurse in hospital are working mothers. In order not to run into stress both at work and family needed effort to control or reduce stress known as coping stress, because these condition can affect the interaction and roles of family members (family functioning). This research is aimed to examine the relationship between coping stress and family functioning in working mother as a nurse in hospital. Quantitative method is applied in this research. Measured coping stress using Ways of Coping (WAYS) Revised (Folkman & Lazarus, 1985) and to measure family functioning using Family Assessment Device (FAD) (Epstein, Ryan, Bishop, Miller & Keitner, 2003). The research design is field study, with non probability sampling technique. Result from 60 participants shows that there is a positive relationship between coping stress and family functioning in working mother as a nurse in hospital (r = .131; p = 0.05)."
2014
S53598
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Sebagai makhluk sosial individu tidak terlepas dari stressor. Setiap individu akan berusaha mengatasi stressor tersebut dengan respon perilaku dan emosional melalui suatu mekanisme koping. Pada umumnya mekanisme koping yang digunakan adalah negosiasi, konfrontasi, perbandingan positif, devaluasi tujuan, substitusi, denial, supresi dan proyeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola koping yang umumnya digunakan oleh sibling yang memiliki saudara dengan gangguan jiwa yang dirawat di Rumah Sakit Marzoeki Mahdi Bogor. Desain yang digunakan adalah deskriptif sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sederhana di empat ruangan yang paling sering dikunjungi oleh keluarga klien. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 36 responden. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan tabulasi data untuk melihat proporsi pola koping yang digunakan oleh setiap responden. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pola koping yang paling banyak digunakan oleh sibling adalah yang berfokus pads masalah (81,3%). Sedangkan sumber koping yang paling banyak digunakan berasal dart sistem nilai dan keyakinan (84,7%). Rata rata usia responden adalah lebih dart 30 tahun (47,2%). Disarankan untuk dilakukan penelitian lanjutan yang lebih spesifik pada sibling dengan usia remaja."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
TA5422
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yunie Armiyati
"Masuknya anak kedalam ancaman peran sakit pada rentang hidup dan mati dapat mengancam dan mengubah homeostasis keluarga untuk beberapa alasan. Demikian pula keadaan anak yang dirawat di ruang perawatan intensif (ICU) dapat menyebabkan stres pada orang tua. Reaksi orang tua terhadap anak yang dirawat di ruang perawatan intensif ini akan lebih besar dibandingkan dengan reaksi orang tua terhadap anak yang dirawat di bangsal biasa. Lebih dari rasa takut yang nyata tentang kematian, pengaruh akibat anak dirawat di ruang perawatan intensif sangat dirasakan oleh orang tua. Keadaan tersebut akan mengakibatkan terjadinya krisis pada orang tua yang pada akhirnya dapat menimbulkan stres, dan untuk mempertahankan keseimbangan dalam keluarga , maka orang tua perlu beradaptasi terhadap stres. Adaptasi tersebut diwujudkan dengan melakukan strategi / mekanisme koping. Wacana inilah yang mendorong untuk dilakukannya penelitian dengan judul “ Mekanisme koping yang digunakan oleh orang tua dengan anak yang dirawat di ruang perawatan intensif (ICU) RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta” Penelitian ini dilakukan dari tanggal I2 - 31 Desember 2001 menggunakan desain diskriptif sederhana dengan desain di diskriptif tipikal, yang bertujuan menggambarkan mekanisme koping yang digunakan oleh orang tua dalam menghadapi masalah akibat anak yang dirawat di ruang perawatan intensif (ICU). Alat pengumpul data yang di gunakan adalah kuesioner dan angket yang diberikan pada 31 responden yang sesuai dengan kriteria. Proses analisa data dilakukan dengan penghitungan skore terhadap koping orang tua kemudian dianalisa dengan mencari nilai mean serta standar deviasinya, dan akhirnya data disajikan dalarn bentuk tabel distribusi frekuensi dengan membuat kesimpulan umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua orang tua dengan anak yang di rawat di ruang perawatan intensif menggunakan mekanisme koping yang konstruktif dengan nilai rata-rata 4,18. Skor rata-rata tertinggi strategi koping yang digunakan orang tua ditunjukkan dengan menghadapi masalah dan melakukan kegiatan ibadah (4,87) dan bemerah diri pada Tuhan serta berdoa selama menunggu anak yang sakit (4,87), sedang skor rata-rata terendah adalah meminta bantuan dan kemurahan hati tetangga (3,35). Seharusnya penelitian ini tidaklah berhenti sampai disini, maka untuk pengembangan terhadap penelitian ini agar dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dengan skala yang lebih besar atau dilakukan penelitian lebih lanjut den gan memperhatikan hasil-hasil penelitian ini. Sehingga diharapkan dapat mendukung perbaikan pelayanan keperawatan dimasa datang."
Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
TA5254
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>