Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 198865 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdul Gowi
"Perkembangan anak usia sekolah dikenal dengan fase industri dimana anak memasuki dunia sekolah, tumbuh rasa kemandirian anak, ingin terlibat dalam tugas yang dapat dilakukan sampai dengan selesai. Jumlah anak usia sekolah yang mendapatkan terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga sebanyak 24 orang. Tujuan penulisan yaitu menggambarkan hasil pelaksanaan Terapi Kelompok Terapeutik : anak usia sekolah dari psikoedukasi keluarga terhadap peningkatan perkembangan anak usia sekolah di RW O3 dan RW 11 Kelurahan Baranangsiang Bogor Timur. Metode penulisari adalah Studi serial kasus dengan pemberian dua paket terapi. Evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan perkembangan anak usia sekolah melalui menstimulasi tumbuh kembang anak usia sekolah. Rekomendasi laporan ini adalah dapat dijadikan standar terapi spesialis keperawatan jiwa dan disosialisasikan pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan di kmunitas. Selain itu, laporan ini menjadi data dasar dari penelitian selanjutnya.

School aged development known as industrial phase is a phase when the child entered the school environment, growth their independency, and wanted to involve tasks that can be done until it was finished by them. The amount of school aged child that was given therapeutic group therapy and family psychoeducation were twenty four child. The purpose of this report is to explain the results of school aged therapeutic group therapy and family psychoeducation to school aged development's increase at RW O3 and RW ll Baranangsiang village Bogor Timur district. The method of this report was serial case study using two therapy package. The result showed development increased in school aged child through growth and development stimulation. Based on the result, it's important to recommended that community health nursing can be made standard of therapy of nursing specialist to client in the communty."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Reknoningsih
"Perkembangan mental yang sehat pada anak mencerminkan kualitas kepribadian anak sebagai masa depan dan generasi penerus cita-cita suatu bangsa. Guna membentuk dan mengembangkan kepribadian anak, diperlukan stimulasi untuk mencapai perkembangan yang optimal terutama pada usia lima tahun pertama kehidupan atau usia prasekolah. Tujuan karya ilmiah akhir (KIA) ini adalah memperoleh gambaran tentang Efektivitas Terapi Kelompok Terapeutik Pra Sekolah terhadap perkembangan inisiatif anak usia pra sekolah di RW 06 Kelurahan Suka Damai Tanah Sareal Bogor Tahun 2014.
Karya ilmiah akhir ini menggunakan pendekatan model konseptual keperawatan Hildegard Peplau dan manajemen CMHN (Community Mental Health Nursing). Hasil KIA menunjukkan peningkatan perkembangan inisiatif anak usia pra sekolah dan kemampuan ibu dalam melakukan stimulasi perkembangan. Terapi kelompok terapeutik pra sekolah direkomendasikan untuk dilakukan pada tatanan pelayanan kesehatan di masyarakat sebagai bentuk pelayanan keperawatan kesehatan jiwa pada anak pra sekolah beserta keluarga dengan melibatkan kader kesehatan di masyarakat guna mengoptimalkan perkembangan inisiatif anak.

The mental health in children show the good qualities of child as the nation future generation.To establish and develop the children, required stimulation to achieve optimal growth, especially in the first five years of age or preschool age. The purpose of this study was to obtain an overview of the effectiveness of group therapy Therapeutic Pre-School initiative on the development of pre-school children in RW 06 Suka Damai Bogor in 2014.
Recent scientific work uses a conceptual model approach Hildegard Peplau nursing and management CMHN (Community Mental Health nursing). Therapeutic preschool group therapy is recommended in order to do health care in the community as a form of mental health nursing services to pre-school children and their families by involving the cadre in order to optimize the initiatives of child's development
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Setyaningsih
"Upaya-upaya kesehatan anak prasekolah di masyarakat masih bersifat fisik, sedangkan upaya– upaya kesehatan psikologi seperti stimulasi perkembangan anak prasekolah belum terlihat. Tujuan penulisan karya ilmiah akhir untuk mendesiminasikan hasil tentang upaya Health Promotion di masyarakat bagi peningkatan kemapuan inisiatif anak prasekolah lewat terapi spesialis keperawatan jiwa, terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga. Terapi kelompok terapeutik adalah terapi spesialis keperawatan jiwa yang membantu mencegah masalah kesehatan, mendidik dan mengembangkan potensi anggota kelompok dan meningkatkan kualitas antar anggota kelompok untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun dengan karakteristik dan masalah anggota yang berbeda, selain itu para keluarga biasanya enggan mengungkapkan masalah anak maupun keluarga di depan umum maka diperlukan terapi tambahan sesuai dengan masalah yang tengah dihadapi oleh keluarga terutama yang berhubungan dengan anak prasekolah. Keluarga anak usia Prasekolah selanjutnya diberikan terapi keluarga yaitu psikoedukasi keluarga. Analisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan model konsep Health Promotion dari Nola J.Pender. Hasil penulisan ini adalah Terapi kelompok terapeutik anak usia prasekolah dan psikoedukasi keluarga direkomendasikan untuk dilakukan perawat spesialis dan di pantau perawat generalis pada tatanan pelayanan kesehatan di masyarakat sebagai bentuk pelayanan kesehatan jiwa promotif bagi anak prasekolah di masyarakat

Preschool health efforts at community is still physical but psychological health as stimulation has not been seen. The purpose of this paper is desimination of Health Promotion effort at community to initiative ability with the other specialis therapeutic of nursing. Therapeutic Group Therapy is one of the mental of nursing therapy to help the member prevent from health problem, educate and develop of potention and increase ability group of member to solve the health problem. But, with the kind of characteristic problem group of member, so needed the other therapy to share how to give stimulation in motoric, cognitive, language, emotion, personality, morality, spiritual and psikosocial aspect between group of member preschool. Analysis utilized concepts of Health Promotion from Nola J.Pender. This study result explain about the application of therapeutic group therapy increase family abilty in take early preschool stimulation. It recommended to do regulary of therapeutic group therapy in the community based as promotif community mental health nursing for preschool development stage.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anny Rosiana Masithoh
"Defisit perawatan diri merupakan diagnosa perawatan jiwa yang terjadi pada semua pasien gangguan jiwa. Tujuan penulisan karya ilmiah akhir untuk Menggambarkan Efektifitas Terapi spesialis perilaku “Token Ekonomi” dan terapi Psikoedukasi Keluarga terhadap pasien Defisit Perawatan Diri di RW 08 dan RW 13 Kelurahan Baranangsiang Bogor Timur dengan pendekatan model Self Care Orem. Terapi Perilaku "token ekonomi" adalah bentuk dari reinforcement positif yang digunakan baik secara individu maupun kelompok pasien di ruang psikiatri atau dimasyarakat. Reward diberikan secara konsisten terhadap pasien misalnya dengan tanda, poin atau tiket. Terapi perilaku ini dapat mengubah perilaku yang ditargetkan, target perilaku dapat meliputi : tentang personal hygine. Psikoedukasi keluarga adalah untuk mencegah kekambuhan pasien gangguan jiwa, dan untuk mempermudah kembalinya pasien ke lingkungan keluarga dan masyarakat dengan memberikan penghargaan terhadap fungsi sosial dan okupasi pasien gangguan jiwa. Indikasi dilakukannya family psychoeducation therapy adalah keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan masalah psikososial dan gangguan jiwa. Analisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan model Self Care dari Orem. Hasil penulisan ini adalah Terapi Perilaku”Token Ekonomi” dan Psikoedukasi Keluarga efektif untuk meningkatkan kemampuan perawatan diri pada pasien dengan defisit perawatan diri dan direkomendasikan untuk dilakukan pada tatanan pelayanan kesehatan di masyarakat sebagai bentuk pelayanan kesehatan jiwa preventif tersier bagi pasien defisit perawatan diri di masyarakat.

Self-care deficit is a psychiatric diagnosis that occurs in all patients with mental disorders. The purpose of writing a scientific paper to describe the end behavior specialist Therapeutic Effectiveness "Token Economy" and the treatment of patients Psikoedukasi Family Self-Care Deficit in RW 08 and RW 13 Sub Baranangsiang East Bogor by Orem's Self Care Model approach. Behavior Therapy "token economy" is a form of positive reinforcement is used either individually or in groups of patients in the psychiatric or community. Reward is consistently given to patients with signs for example, points or tickets. Behavioral therapy can change the behavior of targeted, the target behavior can include: about personal hygine. Psikoedukasi family is to prevent the recurrence of mental patients, and to facilitate the return of patients to family and community environment by providing an appreciation of social and occupational functioning of patients with mental disorders. Indications are doing family therapy family psychoeducation have family members with psychosocial problems and mental disorders. The analyzes were performed using a model approach to Self Care of Orem. The results of this paper is Behavior Therapy "Token Economy" Psikoedukasi Family and effective way to increase self-care abilities in patients with self-care deficits and recommended to be done in the framework of health care in the community as a form of tertiary preventive mental health services for the patient self-care deficits in the community.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Pase, Muslimah
"Tahun 2010 populasi lansia bertambah hingga 10% dari sekitar 13,85 juta jiwa (DitjenRehsos/kemensos, 2012). Setiap individu tidak bisa menghindari penuaan.Terapi Kelompok Terapeutik Lansia (TKT) dan Psikoedukasi Keluarga (PEK) merupakan salah satu sebagai intervensi yang dapat membantu meningkatkan pencapaian Integritas diri lansia.
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh TKT-PEK terhadap integritas diri dan dukungan keluarga lansia di RW I dan RW XI Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Bogor Utara. Desain penelitian quasi experimental pre-post test group design. Sampel 79 lansia meliputi 40 klien kelompok TKT dan PEK, 39 klien kelompok TKT. Analisis data dengan t test dan regresi linier ganda.
Hasil penelitian ditemukan ada peningkatan integritas diri lansia secara bermakna pada kelompok yang mendapatkan TKT- PEK dan TKT secara bermakna p value ≤ 0,05. Peningkatan pada kelompok yang mendapat TKT dan PEK lebih tinggi secara bermakna dibandingkan dengan TKT saja (p value ≤ 0,005). Dukungan keluarga berhubungan secara bermakna dengan integritas diri lansia. TKT- PEK direkomendasikan diterapkan sebagai terapi keperawatan lanjutan dalam merawat lansia di komunitas.

In 2010 the elderly population increases up to 10% of the 13.85 million people (Directorate General of Social Rehabilitation / Ministry of Social Affairs, 2012). The aging process is inevitable, every individual must be able to deal with it. The ability to adapt to changes affecting the integrity of the elderly themselves. Psychotherapy can help seniors achieve personal integrity is TKT-PEK.
This study aims to determine the effect of TKT-PEK the integrity of self and family support elderly in RW I and RW XI New Lands Village North Bogor. Quasiexperimental research design pre-post test design group. Sample amounted to 79 elderly client groups that include 40 TKT-PEK, TKT 39 client groups. Analisia data by Independent Test and multiple linear regression.
The result is no difference between a given integrity TKT-PEK and TKT in his family to be given to the significance of 0.001. There is a significant relationship between family support with integrity elderly. TKT-PEK is the most contributing factor that increases the ability of elderly people to reach self-integrity characteristics of the elderly and other factors. TKT-PEK recommended to be applied as a therapy in advanced nursing care for the elderly in the community."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T36032
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Slametiningsih
"Perkembangan anak usia bayi perlu dilakukan stimulasi yang optimal, terapi kelompok terapeutik adalah terapi spesialis keperawatan jiwa yang membantu stimulasi perkembangan rasa percaya bayi. Tujuan dari Karya Tulis Ilmiah adalah mengidentifikasi efek terapi kelompok terapeutik terhadap perkembangan rasa percaya bayi. Metode yang digunakan adalah studi serial kasus dengan jumlah responded sebanyak 20 bayi dan ibunya yang di dapatkan secara purpose. Terapi kelompok terapeutik dilakukan tujuh sesi yang diberikan secara bertahap dan berkesinambungan kepada bayi bayi dan melatih ibu. Hasil studi mengatakan adanya peningkatan perkemampuan ibu dalam menstimulasi perkembangan aspek motorik, kognitif, bahasa, emosi, moral, kepribadian, spiritual dan psikososial dan psikomotor yang berdampak peningkatan pada perkembangan bayi. Terapi kelompok terapeutik bayi disarankan digunakan untuk menstimulasi rasa percaya diri.

Infant development needs to be optimally simulated. Therapeutic Group Therapy is one of psychiatric nursing specialist therapy to help stimulate trust on infant. The aim is to identify effect of Therapeutic Group Therapy to the trust on infant. Method used a case serial with 20 respondent of baby and her/his mother obtained with purposive sampling. Therapeutic Group Therapy conducted with seven session and done gradually and simultaneously to the baby and her/his mother. The result shows that there is an increased ability of mother to stimulate her baby on motoric, cognitive, language, emotion, moral, personality, spiritual and psychosocial aspect that affect to increased the baby's development. Infant Therapeutic Group Therapy suggest to stimulate self confidence.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tiveni Elisabhet
"Anak usia sekolah merupakan tahapan perkembangan psikososial yang berada pada tahap Industry vs Inferiority. Analisa yang dilakukan sesuai dengan pendekatan teori Eric Ericson yaitu berkaitan dengan aspek perkembangan dan tugas perkembangan psikososial di tahapan Industry. Hasil dari pemberian terapi pada karya ilmiah ini adalah adnya perubahan aspek perkembangan, tugas perkembangan dan kecerdasan emosional pada anak usia sekolah. Rekomendasi untuk karya ilmiah berikutnya adalah melakukan analisa dengan kombinasi pendekatan teori psikoanalisa Sigmun Freud dan menganalisa peran kader dalam pendidikan kesehatan di kelompok sehat serta faktor-faktor yang memicu tumbuh kembang anak usia sekolah.

School-aged children are a stage of psychosocial development that is at the stage of industry and inferiority. The method used is the series of cases. The analysis was carried out in accordance with Eric Ericson’s theoretical approach, which is related to developmental aspects and psychosocial development tasks at the industrial stage. The results of therapy in this scientific work are changes in the aspects of development, developmental tasks and emotional intelligence in school-aged children. The recommendation for the next scientific work is to carry out an analysis using a combination of the psychoanalytic theory of Sigmund Freud and to analyze the role of executives in health education in healthy groups and the factors that trigger the growth and development of the school- age children
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Susanti
"Anak usia sekolah merupakan generasi masa depan bangsa yang perlu diperhatikan tumbuh kembangnya. Perkembangan anak usia sekolah meliputi aspek motorik, kognitif, bahasa, kepribadian, emosi, moral, spiritual, dan psikososial yang dapat distimulasi dengan TKT. Karya ilmiah akhir ini bertujuan menguraikan penerapan terapi kelompok terapeutik terhadap peningkatan pencapaian tugas perkembangan industri anak usia sekolah. Penerapan TKT anak sekolah di komunitas ini menggunakan pendekatan interpersonal Peplau dan perkembangan Erickson. Pemberian TKT meningkatkan kemampuan anak secara motorik, kognitif, bahasa, moral, spiritual, emosi, kepribadian dan psikososial serta kemampuan industri anak usia sekolah. Terapi kelompok terapeutik anak sekolah direkomendasikan untuk dilakukan pada tatanan pelayanan kesehatan di masyarakat sebagai bentuk pelayanan keperawatan kesehatan jiwa pada anak usia sekolah dan keluarga dengan melibatkan kader kesehatan yang ada guna mengoptimalkan perkembangan industri anak sekolah.

School age children are the future generation of the nation. It is important to pay attention to their growth and development. Children?s growth are including motoric, cognitive, language, moral, personality, spiritual, emotional, and psychosocial aspects which can be stimulated using Therapeutic Group Theraphy (TKT). The purpose of this scientific paper was to elaborate the application of TKT in facilitating the achievement of industry developments task of school-age children. TKT was applied to school age children living with their families of selected community area. The Interpersonal theory of Peplau and Erikson were used as an integrated approach. It showed that TKT has increased all aspects of children?s abilities in motoric, cognitive, language, moral, personality, spiritual, emotional, and psychosocial, and also school age children industry abilities. School?s TKT was recommended to be applied in public health service system by integrating the mental health nursing services to school age children and families as well as by involving health cadre to optimize the school age children industry developments sustainability.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Uswatun Hasanah
"Usia remaja sangat labil dalam proses pencarian identitas diri. Hambatan dalam pencapaian identitas diri dapat menimbulkan perilaku menyimpang. Tujuan penulisan yaitu menggambarkan hasil pelaksanaan Terapi Kelompok Terapeutik, Latihan Asertif dan Psikoedukasi Keluarga terhadap peningkatan perkembangan remaja. Terapi Kelompok Terapeutik adalah terapi spesialis keperawatan jiwa yang membantu mengembangkan potensi dan meningkatkan kualitas antar anggota kelompok untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun dengan karakteristik dan masalah anggota yang berbeda diperlukan terapi tambahan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh remaja. Remaja dengan kesulitan bersikap asertif diberikan tambahan terapi Latihan Asertif serta diberikan Psikoedukasi keluarga pada keluarga remaja. Evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan aspek dan tugas perkembangan remaja. Analisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan model Stuart dan King. Rekomendasi laporan ini dapat dijadikan standar terapi spesialis keperawatan jiwa dan disosialisasikan pada tatanan pelayanan kesehatan jiwa komunitas.

During adolescent age, the teenagers are struggling for their self identity. The obstacle of teenagers to gain their self identity to some extent can be manifested through their deviant behaviors. The purpose of this scientific paper was to explore the result of Therapeutic Group Therapy, Assertiveness Training, and Family Psycho Education to improve adolescence growth and development. Therapeutic Group Therapy was mental health-psychiatric nursing specialization treatment with the purpose to assist the adolescence to develop their potential capacity and to improve the quality of group members to deal with their health problems. However, the different characteristics and problems of each group member required additional therapy which was appropriate with the problems they were facing. Teenagers with a difficulty of being assertive were given Assertiveness Training and Family Psychoeducation for their family. The results of these interventions showed the improvement particularl on diferrent aspects and developmental task of teenagers. Stuart and King Model were used for writing this scientific paper, and it was recommended that this report would be utilized as a standard of mental health-psychiatric nursing specialized treatment and to be socialized at all community mental health care settings.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
SP-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yefta Primasari
"Tugas perkembangan anak usia sekolah berlangsung selama anak berada di tahapan usia 6-12 tahun, pada usia ini anak memasuki tahapan tugas perkembangan psikososial Industry versus inferiority. Anak usia sekolah yang menjadi korban Bullying berdampak pada terganggunya tugas perkembangan psikososial anak. Intervensi yang digunakan adalah Terapi Kelompok Terapeutik anak usia sekolah dan Psikoedukasi Keluarga. Aplikasi TKT anak usia sekolah dan Psikoedukasi Keluarga dapat membantu meningkatkan dan mengoptimalkan tugas perkembangan psikososial anak usia sekolah korban Bullying. Analisa dilakukan pada 30 klien anak usia sekolah korban Bullying. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan tugas perkembangan psikososial anak usia sekolah korban Bullying. Saran dari Karya Ilmiah Akhir ini adalah penerapan terapi kelompok terapeutik (TKT) anak usia sekolah dengan ditambah dengan intervensi lain untuk meningkatkan kemampuan asertif pada perilaku Bullying baik untuk korban Bullying dan pelaku Bullying.

The developmental tasks of school-age children take place during the age stage of 6-12 years, at this age children enter the stage of the psychosocial developmental task of Industry versus inferiority. School-age children who are victims of Bullying have an impact on the disruption of children's psychosocial developmental tasks. The interventions used are Therapeutic Group Therapy for school-age children and Family Psychoeducation. The application of TKT for school-age children and Family Psychoeducation can help improve and optimize the psychosocial developmental tasks of school-age children who are victims of Bullying. Analysis was conducted on 30 school-age child clients who were victims of Bullying. The results of the analysis show that there is an increase in the psychosocial developmental tasks of school-age children who are victims of Bullying. The suggestion of this Final Scientific Work is the application of therapeutic group therapy (TKT) for school- age children coupled with other interventions to improve assertive skills in Bullying behavior for both Bullying victims and Bullying perpetrators."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>